50+ Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

Adam Muiz
Adam Muizhttps://adammuiz.com/
The only thing I know is that on the other side of a decision, I'm there. And if I'm there, no matter what path I go, there'll always be something to love.

Salam Kenal

Artikel Pilihan

Dalam komputer Perangkat keras mengacu pada bagian komponen fisik suatu sistem. Ada banyak jenis perangkat keras yang dapat dipasang di dalam ataupun disambungkan di luar bagian sistem komputer.

Baca Juga : Pengertian Perangkat Keras – Cara Kerja, Macam Jenis dan Contoh

Selain dibedakan berdasarkan jenis tempat pemasangan atau installasinya, perangkat keras komputer juga dibedakan berdasarkan klasifikasi kegunaannya. Terdapat lima kategori yang membedakan fungsi dari masing masing perangkat keras komputer, yaitu :

  1. Perangkat keras masukan (input),
  2. Perangkat keras pemrosesan (Processing),
  3. Perangkat keras keluaran (Output),
  4. Perangkat keras penyimpanan (Storage) dan
  5. Perangkat keras kelistrikan.

Baca Juga : Macam Macam Hardware Komputer

50 Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

Setiap kategori perangkat keras komputer tersebut memiliki berbagai macam contohnya. Setiap perangkat keras yang dibuat difungsikan untuk masing masing sesuai tujuan alasan dibuatnya. Untuk mengetahui mengenai detail lengkap Contoh 50 Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya dapat dilihat melalui point serta penjelasan dibawah ini :

  1. Monitor adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk menampilkan output video dari komputer.
  2. Keyboard adalah perangkat input yang difungsikan untuk memasukkan karakter dan fungsi ke dalam sistem komputer dengan cara menekan tombol.
  3. Mouse adalah perangkat input perangkat keras genggam yang berfungsi mengontrol kursor dalam GUI dan dapat memindahkan dan memilih teks, ikon, file, dan folder yang terdapat didalam antarmuka komputer.
  4. Webcam adalah kamera yang berfungsi untuk memproses gambar video secara real time melalui jaringan komputer, seperti Internet.
  5. Printer merupakan perangkat output yang difungsikan untuk mengubah data digital menjadi media cetak bisa berupa teks terformat ataupun gambar grafis.
  6. Scanner berfungsi untuk memindai atau mengambil gambar dokumen, mendigitalkan informasi dan menampilkannya di layar komputer.
  7. Speaker adalah transduser yang berguna untuk mengubah gelombang elektromagnetik menjadi gelombang suara.
  8. Headphone memungkinkan satu pengguna mendengarkan sumber audio secara pribadi, berbeda dengan loudspeaker, yang memancarkan suara ke udara terbuka untuk didengar oleh siapa pun di sekitarnya.
  9. Microphone adalah perangkat yang berfungsi menangkap audio dengan mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik.
  10. USB Wifi Adapter adalah perangkat keras yang terpasang ke komputer atau laptop dan berfungsi untuk membuat komputer dapat terhubung ke jaringan wireless.
  11. Motherboard merupakan perangkat komputer berupa PCB yang berguna untuk menghubungkan semua komponen berbeda di dalam komputer sehingga perangkat lainnya dapat saling bekerjasama dalam menjalankan sistem komputer.
  12. Processor merupakan otak komputer yang berfungsi melakukan operasi aritmatika, logika, pengontrolan, dan input/output (I/O) dasar, yang ditentukan oleh instruksi dalam program.
  13. Random Access Memory (RAM) berfungsi untuk memberikan aplikasi tempat untuk menyimpan dan mengakses data dalam jangka pendek.
  14. Power Supply berfungsi untuk mengubah listrik AC utama menjadi tegangan DC yang diatur menjadi tegangan lebih rendah dan didistribusikan sebagai daya komponen internal komputer.
  15. VGA Card berfungsi untuk membantu mengubah sinyal digital yang dihasilkan oleh komputer menjadi tampilan layar grafis pada monitor.
  16. Sound Card merupakan kartu ekspansi yang memungkinkan komputer mengirim informasi audio ke perangkat audio, seperti speaker, headphone, dll.
  17. Hard Disk Drive (HDD) merupakan komponen perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan semua konten digital dalam waktu permanen.
  18. Solid-State Drive (SSD) berfungsi sebagai perangkat menyimpanan data digital secara permanen yang lebih canggih dan lebih cepat daripada hdd.
  19. Optical Drive (CD-ROM dan DVD-ROM) adalah disk drive komputer internal atau eksternal yang menggunakan teknologi sinar laser untuk membaca dan menulis data.
  20. Memory Card Reader (SD/SDHC, CF, etc.) adalah perangkat untuk mengakses data pada kartu memori seperti CompactFlash (CF), Secure Digital (SD) atau MultiMediaCard (MMC).
  21. LCD Projector adalah perangkat output video yang menggunakan kristal cair untuk menampilkan gambar bergerak, atau informasi komputer di layar.
  22. SD Card (Secure Digital card) adalah jenis kartu memori yang dapat dilepas yang digunakan untuk membaca dan menulis data dalam jumlah besar di berbagai macam perangkat elektronik seperti kamera, gadget, laptop dan banyak lagi.
  23. USB Flash Drive adalah perangkat penyimpanan kecil dan portabel yang terhubung ke komputer dan perangkat lain menggunakan colokan USB Tipe-A.
  24. External HDD merupakan perangkat penyimpanan yang dapat dihubungkan ke komputer untuk menambah ruang penyimpanannya dan sebagai tempat penyimpan data permanen.
  25. External SSD adalah alternatif perangkat penyimpanan eksternal yang baik untuk flash drive dengan teknologi yang lebih canggih, kapasitas penyimpanan lebih besar, transfer data yang lebih cepat dan aman.
  26. CD-R dan DVD-R merupakan disk penyimpanan yang digunakan untuk menulis data hanya sekali dan data pada disk tersebut dapat dibaca melalui optical drive.
  27. Pen Tablet adalah perangkat input yang untuk seniman dan fotografer yang berfungsi menggantikan mouse dengan stylus (Pen) dan papan gambar digital.
  28. Fan (CPU, GPU, Case) merupakan kipas yang dipasang di dalam casing komputer untuk membantu sirkulasi udara sehingga perangkat lain di dalam casing tidak terlalu panas.
  29. CMOS Battery digunakan untuk menjaga dan memelihara RTC (Jam Waktu Nyata), yang merupakan jam sistem dan memberi daya pada chip memori yang berisi file konfigurasi sistem komputer.
  30. Battery Backup (UPS) adalah perangkat yang memungkinkan komputer untuk tetap berjalan setidaknya untuk waktu yang singkat ketika sumber daya listrik utama hilang (mati lampu).
  31. USB Modem merupakan perangkat USB portabel kecil, biasanya seukuran USB flash drive, yang berfungsi untuk membaca dan menjalankan SIM Card sebagai modem.
  32. USB Bluetooth adalah adaptor USB nirkabel yang dirancang khusus untuk dihubungkan ke port Universal Serial Bus (USB) yang tersedia untuk terhubung ke PC desktop atau laptop.
  33. Network Interface Card (NIC) adalah perangkat jaringan dengan interface yang diperlukan untuk kabel Ethernet dan juga menyediakan terjemahan yang diperlukan untuk mengubah data menjadi bentuk yang dapat ditransmisikan melalui kabel.
  34. TV Tuner Card adalah sejenis tuner televisi yang memungkinkan komputer dapat menerima sinyal televisi sehingga komputer dapat digunakan untuk menonton TV.
  35. Router adalah perangkat jaringan yang berfungsi untuk terhubung ke Internet dan mendistribusikan koneksi internet ke beberapa perangkat lainnya baik itu Komputer, Laptop, Smartphone ataupun Router yang lain.
  36. Hub merupakan perangkat jaringan lapisan fisik yang difungsikan untuk menghubungkan beberapa perangkat dalam jaringan.
  37. Switch adalah perangkat keras jaringan yang menyaring dan meneruskan paket jaringan dari satu perangkat (switch, router, komputer, server, dll.) ke perangkat jaringan lainnya.
  38. Laser Pointer Wireless adalah perangkat genggam kecil seperti pena yang menggunakan sumber daya (biasanya baterai) dan laser dioda yang biasanya digunakan untuk presentasi pengganti mouse.
  39. Touchpad adalah perangkat input pengganti mouse yang umumnya digunakan pada laptop untuk mengarahkan (mengontrol pemosisian input) pada layar tampilan komputer.
  40. Joystick adalah perangkat input yang dapat digunakan untuk mengontrol pergerakan kursor atau pointer serta penggunaan beberapa tombol keyboard pada perangkat komputer yang dikhususkan untuk bermain game.
  41. Steering Wheel merupakan pengontrol game periferal yang dikhususkan untuk menggantikan fungsi kontrol melalui mouse dan keyboard pada game balap atau program mengemudi di komputer.
  42. Heatsink/PC Cooler adalah perangkat logam konduktif termal yang dirancang untuk menyerap dan menyebarkan panas dari objek suhu tinggi seperti prosesor komputer.
  43. Liquid Cooler adalah metode pengurangan panas dalam perangkat komputer khususnya CPU melalui pemanfaatan sifat-sifat cairan.
  44. Barcode Scanner berfungsi untuk memindai atau membaca simbol barcode dan kemudian memberikan data tersebut ke komputer melalui decoder dan kabel.
  45. Floppy Disk Drive (FDD) merupakan metode utama yang berfungsi mentransfer data antar komputer dan mencadangkan file secara eksternal, populer digunakan dari akhir 1900-an hingga awal abad ke-21.
  46. Disket adalah disk magnetik kecil yang digunakan untuk menyimpan data dan program komputer.
  47. VR-Box merupakan penggunaan pemodelan dan simulasi komputer yang memungkinkan seseorang berinteraksi dengan lingkungan visual tiga dimensi (3-D) buatan atau lingkungan sensorik lainnya.
  48. Power Cable merupakan kabel yang menghubungkan sumber listrik AC ke power supply komputer. Catatan : Perangkat ini jarang sekali disebutkan pada pembelajaran perangkat keras komputer padahal funsginya sangat penting. Kabel baik yang digunakan diluar casing ataupun didalam casing sistem komputer juga merupakan bagian dari perangkat keras komputer.
  49. RJ45 Cable digunakan untuk menghubungkan perangkat melalui koneksi Ethernet. Misalnya, komputer, printer, perangkat penyimpanan jaringan, dan modem kabel atau DSL, adalah beberapa perangkat yang mampu menggunakan koneksi RJ45.
  50. Coaxial Cable adalah jenis kabel tembaga terlindung dan terisolasi yang digunakan dalam jaringan komputer untuk terhubung ke perangkat lainnya.

Baca Juga : 20 Contoh Perangkat Keras Komputer dan Penjelasannya

Sebenarnya masih ada banyak perangkat keras yang belum disebutkan. Mengikuti kemajuan teknologi yang terus berkembang, akan selalu ada perangkat keras baru yang muncul dipasaran. Perangkat keras baru akan terus bermunculan karena fungsinya yang dibutuhkan pasar dalam penggunakan komputer.

Beberapa perangkat yang tercantum di atas disebut perangkat periferal. Perangkat periferal adalah bagian dari perangkat keras (baik internal maupun eksternal) yang sebenarnya tidak terlibat dalam fungsi utama komputer. Contohnya termasuk monitor, kartu video, drive disk, dan mouse.

Salam kenal dari Adam Muiz !
Support mencapai 10K Subscriber yuk
😁 Terimakasih
Follow Adam Muiz on WordPress.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis