25 C
Semarang
Thursday, December 1, 2022

Pengertian Akomodasi – Macam Jenis dan Bentuk

Artikel Pilihan

Akomodasi merupakan proses atau usaha yang dilakukan untuk meredakan ketegangan atau konflik yang terjadi di tengah kehidupan bermasyarakat.

Pengertian Akomodasi Menurut Para Ahli

  • Menurut Soerjono Soekanto: Akomodasi merupakan usaha manusia yang dilakukan untuk meredakan atau menghindari konflik supaya kestabilan bisa didapat.
  • Menurut Gillin and Gillin: Akomodasi merupakan hubungan sosial yang mengarah ke adaptasi sehingga di antara individu atau kelompok bisa terjalin hubungan yang saling menyesuaikan untuk mengatasi ketegangan.

Jenis Akomodasi

1. Hotel

Hotel merupakan salah satu jenis akomodasi yang memakai sebagian atau bahkan seluruh bangunan. Hotel menyediakan jasa pelayanan penginapan, makanan dan minuman serta jasa lainnya yang dikelola secara komersil.

2. Motel

  • Motel juga merupakan salah satu jenis akomodasi yang memiliki beberapa pengertian seperti berikut:
  • Bangunan yang ada di luar pusat kota serta dekat jalan raya. Umumnya dipakai untuk tempat tinggal tidak lebih dari 24 jam dengan pintu sendiri dan 1 garasi atau tempat parkir mobil.
  • Kombinasi dari 2 kata yakni motor dan hotel yang menyediakan fasilitas khusus yakni kendaraan bermotor.
  • Motor hotel yakni akomodasi antara 2 kota besar. Ini merupakan tempat pengendara untuk beristirahat setelah perjalanan jauh dan baru akan meneruskan perjalanannya kembali.

3. Guest House

Salah satu jenis akomodasi yang dimiliki instansi atau perusahaan untuk para tamu yang menginap serta memperoleh pelayanan seperti makan dan minum.

Sedangkan dalam pengertian aslinya, guest house adalah akomodasi yang memiliki fasilitas sederhana.

4. Youth Hostel

Ini merupakan akomodasi berbentuk bangunan yang diperuntukkan bagi pejalan muda, pengguna sepeda dan lainnya. Nantinya, mereka juga akan mendapatkan makanan atau bisa juga menyediakan makanan sendiri dengan harga terjangkau.

5. Apartemen

Apartemen merupakan akomodasi bangunan yang menyediakan jasa akomodasi jangka lama untuk sejumlah orang di dalam unit tersendiri dengan ruang tunggal atau ruang makan.

6. Apartemen Hotel

Bangunan yang bercorak hotel yang terdiri dari beberapa apartemen namun tidak menyediakan jasa catering atau pelayanan.

7. Pension

Bentuk lain akomodasi untuk wisatawan yang umumnya juga menyediakan penginapan serta makan pagi dengan biaya terjangkau khususnya di Eropa.

Pension juga bisa dikatakan sebagai hotel kecil yang menyediakan makan pagi untuk tamu dengan tarif yang sudah ditentukan.

Untuk perlengkapannya sudah diatur menurut tingkat serta kepentingan tamu. Usaha penginapan yang menyediakan makanan dalam bentuk kecil ini umumnya hanya akan menempati 1 hingga 2 lantai sebuah bangunan bertingkat. Akomodasi ini biasanya juga akan menyediakan ruangan umum.

8. Bungalow

Bungalow merupakan jenis akomodasi selanjutnya yang memiliki bentuk seperti rumah. Lokasinya ada di area pegunungan yang disewakan untuk keluarga saat liburan.

Penginapan serta jasa lain tanpa catering akan disediakan pada akomodasi ini adalah untuk beberapa orang dalam waktu yang bersamaan.

9. Ryokan

Akomodasi bergaya Jepang yang sangat khas disesuaikan dengan adat istiadat negara tersebut. Untuk pelayanan serta pelengkapannya juga disesuaikan denan tata cara kehidupan Jepang. Contohnya seperti duduk bersila atau bersimpuh di lantai, upacara minum teh, memakai kimono dan sebagainya.

10. Mess

Mess merupakan sejenis akomodasi yang disediakan serta dibangun sebagai tempat tinggal untuk pegawai, karyawan atau anggota instansi pada sebuah kelompok tertentu.

Sedangkan dalam pengertian lainnya, mes merupakan penginapan dengan atau tanpa makan yang disediakan untuk pejabat resmi dari salah satu instansi, perusahaan atau jawatan tertentu dengan pembayaran terjangkau dan diatur sendiri oleh instansi.

11. Home Stay

Home stay merupakan jenis akomodasi dari rumah rakyat yang fasilitas dan sarananya sudah ditingkatkan sehingga sudah memenuhi syarat kesehatan untuk disewakan pada wisatawan.

12. Logement

Logement adalah akomodasi yang memakai sebagian atau juga bisa seluruh bangunan rumah. Logement menyediakan penginapan dengan atau tanpa makan dan minum untuk orang yang ingin beristirahat sementara waktu.

13. Inn

Inn merupakan akomodasi yang menyediakan makan dan minum serta pelayanan umum lain. Inn biasanya akan disewakan pada orang yang singgah untuk sementara waktu dengan jangka waktu yang juga terbatas.

14. Hospiz

Hospiz merupakan jenis akomodasi yang ada di pegunungan khususnya pada daerah Pegunungan Alpen. Ini juga menjadi penginapan yang diselenggarakan.

15. Rooming House

Ini merupakan akomodasi berbentuk bangunan tanpa perlengkapan atau peralatan. Bangunan ini disewakan untuk jangka waktu pendek untuk 2 orang lebih yang bukan anggota dari pemilik bangunan.

Bentuk Akomodasi

Bentuk akomodasi sebagai sebuah proses umumnya terdiri dari beberapa bentuk, yakni:

1. Mediasi atau Mediation

Ini merupakan akomodasi yang dilakukan dengan memakai bantuan pihak ketiga yakni pihak netral. Bentuk mediasi ini hampir serupa dengan arbitrasi akan tetapi pihak ketiga hanya bertugas untuk membantu dan bukan untuk memaksa pada kedua pihak yang sedang bertikai.

Bantuan ini bisa berbentuk pendapat atau saran. Salah satu contoh dari mediasi adalah pemerintah Finlandia yang membantu menyelesaikan konflik diantara pemerintah Indonesia dengan G4M.

2. Kompromi atau Compromise

Kompromi merupakan akomodasi yang dilakukan setiap pihak yang sedang berkonflik. Tujuannya adalah untuk mengurangi tuntutannya sampai masalah bisa terselesaikan.

Ketika sedang melakukan kompromi, maka kedua belah pihak harus bisa saling memahami kondisi antara setiap pihak. Contohnya seperti partai politik ketika sedang Pemilihan Umum.

3. Toleransi atau Toleration

Toleransi merupakan akomodasi yang dilakukan dengan cara pihak masing-masing yang saling menerima antara yang satu dengan yang lain sehingga perselisihan bisa diselesaikan.

Umumnya, toleransi tidak terjadi langsung dan tidak ada paksaan. Ini disebabkan karena toleransi terjadi karena kesadaran setiap pihak. Contoh dari toleransi adalah toleransi antar umat beragama.

4. Koersi atau Coercion

Koersi merupakan akomodasi yang dilakukan akibat ada paksaan. Koersi bisa dilakukan pada saat ada salah satu pihak yang jauh lebih lemah. Paksaan yang dilakukan tersebut bisa secara psikologi atau fisik.

Contoh dari koersi diantaranya adalah perbudakan. Budak merupakan seseorang yang dianggap lebih lemah dibandingkan tuannya. Dengan begitu, tuan budak tersebut akan melakukan apa pun pada budaknya.

5. Arbitrasi atau Arbitration

Arbitrasi merupakan akomodasi yang dilakukan dengan memakai pihak ketiga yang tidak terlibat langsung di dalam suatu konflik. Pihak ketiga tersebut juga harus punya wewenang yang lebih untuk bisa menyelasikan masalah di antara pihak yang sedang bertikai.

Salah satu contoh dari pihak ketiga untuk arbritasi adalah pemerintah. Contoh masalah arbritasi adalah menyelesaikan masalah antara buruh serta pengusaha yang dilakukan pemerintah.

6. Pengadilan atau Ajudication

Ajudikasi merupakan penyelesaian pertikaian yang terjadi di antara kedua pihak di pengadilan. Di dalam pengadilan, hakim akan mengadili sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Semua pihak nantinya harus bisa menerima keputusan dari pengadilan. Atau juga bisa mengajukan banding sesuai dengan peraturan. Contoh dari ajudikasi diantaranya adalah penyelesaian kasus sengketa tanah pada pengadilan.

7. Stalemate

Stalemate merupakan kondisi perselisihan terhenti sebab tidak ada yang mau berusaha mengakomodasi. Selain itu, kedua pihak juga punya kekuatan yang seimbang.

Kondisi tersebut terjadi sebab kedua pihak tidak mungkin maju sebab memiliki kekuatan yang seimbang atau mundur. Contoh dari kondisi stalemate diantaranya adalah antara Rusia dan Amerika Serikat mengenai nuklir.

8. Konsilisai atau Concilliation

Konsiliasi merupakan akomodasi yang dilakukan dengan cara mempertemukan keinginan kedua pihak sehingga bisa diperoleh tujuan bersama. Pertemuan ini hanya bisa dilakukan pada lingkungan formal saja.

Sumber Referensi

https://www.dosenpendidikan.co.id/akomodasi-adalah/
https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-akomodasi.html
https://dosenpintar.com/pengertian-akomodasi/
https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-akomodasi/

Salam kenal dari Adam Muiz !
Support mencapai 10K Subscriber yuk
😁 Terimakasih
Follow Adam Muiz on WordPress.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis