Pengertian Akuntan – Keahlian dan Macam Jenis

Salam Kenal

Artikel Pilihan

Akuntan merupakan gelar atau julukan yang diberikan untuk orang yang sudah menempuh pendidikan sarjana di fakultas ekonomi jurusan akuntansi serta sudah lulus Pendidikan Profesi Akuntansi atau PPAk.

Profesi akuntan bisa disejajarkan dengan profesi ahli hukum, notaris, insinyur, ahli hukum dan sebagainya. Ini disebabkan karena tugas akuntan adalah untuk menghitung, mengawasi serta membuat laporan keuangan instansi, lembaga atau perusahaan.

Pengertian Akuntan

Akuntan merupakan orang yang mengawasi serta mencatat alur keuangan di organisasi atau perusahaan. Seluruh alur keuangan serta transaksi nantinya harus diverifikasi validitasnya supaya keuangan organisasi bisa sehat dan sesuai dengan ketentuan perusahaan.

Pencatatan serta perhitungan data keuangan harus dilakukan runut serta teliti supaya kesalahan yang berakibat fatal bisa dihindari.

Karena posisi akuntansi butuh tanggung jawab yang besar serta banyak dibutuhkan di Indonesia, maka ada organisasi yang menaungi. Di Indonesia, profesi akuntan seluruh Indonesia dinaungi Ikatan Akuntan Indonesia yang disingkat IAI.

Ini adalah organisasi yang didirikan tahun 1957 untuk membimbing perkembangan akuntansi yang ada di Indonesia sekaligus meningkatkan mutu kualitas pekerjaan.

Keahlian Akuntan

Orang yang berprofesi sebagai akuntan umumnya punya banyak keahlian seperti berikut ini:

  • Pengauditan.
  • Akuntansi biaya.
  • Teori akuntansi.
  • Akuntansi keuangan.
  • Akuntansi biaya.
  • Perpajakan.
  • Sistem informasi manajemen.

Jenis-jenis Profesi Akuntan

1. Akuntan Perusahaan

Jenis profesi akuntan yang pertama adalah akuntan perusahaan. Ini adalah akuntan yang bekerja di sebuah organisasi atau perusahaan. Ada beberapa tugas yang harus dilakukan akuntan perusahaan seperti menyusun laporan akuntasi tertuju untuk pihak diluar perusahaan, menyusun anggaran perusahaan, mengurus permasalahan pajak serta menyusun sistem akuntansi.

2. Akuntan Publik

Akuntan publik adalah akuntan yang memiliki tugas melayani masyarakat di dalam lingkup publik serta sedang butuh jasa seorang akuntan.

Ada beberapa tugas yang harus dilakukan oleh akuntan publik seperti memeriksa laporan keuangan, menyusun sistem akuntansi serta jasa lain secara independen.

3. Akuntan Pemerintah

Akuntan pemerintah merupakan akuntan yang bekerja pada perusahaan milik pemerintah. Umumnya, akuntan pemerintah akan bekerja untuk mengawasi serta memeriksa aliran keuangan negara serta membuat rancangan sistem akuntansi tertuju untuk pemerintah.

4. Akuntan Pendidik

 Akuntan pendidik merupakan akuntan yang bekerja pada lembaga bidang pendidikan. Ada beberapa tugas yang harus dilakukan akuntan pendidik, seperti membuat serta merancang kurikulum pendidikan akuntansi, mengajar akuntansi serta melakukan penelitian dalam bidang ilmu akuntansi.

Sumber Referensi

https://kamus.tokopedia.com/a/akuntan/
https://www.linovhr.com/akuntan-tugas-dan-kode-etik/
https://www.idntimes.com/life/education/kiki-amalia-6/akuntan-adalah
https://www.jurnal.id/id/blog/profesi-dan-manfaat-akuntan-untuk-perusahaan/
https://id.wikipedia.org/wiki/Akuntan
https://glints.com/id/lowongan/akuntan-accountant-adalah/#.YdgD-jNBzMw
https://finata.id/akuntan-pengertian-tugas-dan-tanggung-jawabnya/

Salam kenal dari Adam Muiz !
Support mencapai 10K Subscriber yuk
😁 Terimakasih
Follow Adam Muiz on WordPress.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis