Pengertian Ambisi – Macam Jenis, Manfaat dan Contoh

Salam Kenal

Artikel Pilihan

Ambisi merupakan keinginan kuat untuk mendapatkan sesuatu, mendapatkan tujuan pribadi atau untuk melakukan suatu hal. Ambisi merupakan salah satu dari sekian banyak karakteristik yang ada pada diri manusia.

Seseorang yang punya ambisi akan memiliki dorongan internal yang memberi motivasi supaya bisa berhasil melakukan atau mendapatkan sesuatu. Orang dengan sifat ini biasanya punya rasa percaya diri yang lebih tinggi dibandingkan orang lain.

Pengertian Ambisi

Bisa dikatakan jika ambisi seperti pedang bermata dua karena tidak selamanya buruk namun juga tidak selamanya baik. Ambisi menggambarkan orang yang mendapatkan kesuksesan berdasarkan keinginan batin untuk melakukannya dan keyakinan pada diri sendiri.

Istlah ambisi berasal dari kata dalam bahasa Perancis Kuno yakni ambision dan berasal dari kata Latin yakni Ambitionem yang berarti mencari bantuan dan berkeliling khususnya untuk memperoleh suara.

Jenis Ambisi

1. Ambisi Ekstrinsik

Contohnya seperti seorang musisi yang termotivasi dengan penghargaan seperti ketenaran dan uang. Pekerjaan orang dengan ambisi ekstrinsik ini didorong oleh keinginan serta keberhasilan yang ditentukan dengan tercapai atau tidaknya sesuatu yang diinginkan.

2. Ambisi Intrinsik

Contohnya seperti seseorang yang hanya fokus pada tujuan. Seseorang yang memiliki ambisi intrinsik akan didorong oleh keinginan untuk menciptakan sesuatu yang mau diciptakan. Sedangkan kesuksesan hanya akan ditentukan dari motivasi atau kemampuan diri sendiri.

Manfaat Ambisi

1. Memberikan Makna Untuk Hidup

Dengan memiliki ambisi, maka seseoran bisa memiliki target yang mau dicapai. Penelitian juga mengaitkan ambisi dengan kesehatan yang positif, tidur lebih baik, mengurangi risiko serangan jantung dan stroke serta risiko demensia.

2. Menentukan Arah Tujuan Hidup

Ketika memiliki ambisi, maka seseorang bisa menentukan arah tujuan hidupnya. Ambisi akan membantu seseorang untuk menentukan sekaligus berusaha untuk meraih sesuatu yang memang menjadi ambisinya.

3. Memberi Kebahagiaan dan Kepuasan Mental

Mempunyai ambisi dalam pikiran akan membebaskan seseorang dari rasa kehilangan yang menakutkan yang bisa mengarah pada kecemasan dan depresi.

Dengan memiliki ambisi, maka akan ada ketenangan pikiran, kebahagiaan serta kepuasan selama menjalani kehidupan. Namun, bukan berarti tidak akan ada halangan dan tantangan atau tanpa perjuangan. Ambisi tetap merupakan sesuatu yang harus diperjuangkan supaya akhirnya bisa terwujud.

4. Memotivasi untuk Tumbuh dan Berkembang

Orang dengan ambisi akan punya pikiran yang dirancang untuk penemuan diri serta peningkatan diri yang konstan serta termotivasi sepanjang hidup untuk mengembangkan diri di banyak bidang.

Seseorang dengan ambisi akan terus mencari cara supaya bisa mengembangkan serta meningkatkan kepribadian, perilaku, keterampilan, bahasa tubuh serta semua yang bisa diubah atau ditingkatkan.

Ketika sudah mempunya tujuan, maka ambisi akan membantu untuk mendorong seseorang untuk terus tumbuh dan berkembang selama hidup.

5. Membangun Keberanian Untuk Menghadapi Tantangan

Ambisi merupakan sesuatu yang kuat yang bisa berpengaruh pada emosi, sikap serta pelajaran. Ambisi akan membuat seseorang terus meraih tujuannya meski ada tantangan yang menghalangi.

Cara Menjadi Lebih Ambisius

1. Bersaing Dengan Diri Sendiri

Dibandingkan fokus dengan pencapaian yang diperoleh orang lain, sebaiknya fokus pada peningkatan kehidupan serta karier diri sendiri. Sebenarnya, pesaing yang paling besar dibandingkan dengan orang lain adalah diri sendiri.

Saat fokus dengan pada tujuan serta pencapaian dibandingkan dengan yang sudah diperoleh orang lain, maka mungkin bisa merasa lebih mudah untuk tetap positif dan termotivasi sehingga sifat ambisi juga bisa ditingkatkan.

2. Berada di Sekeliling Orang yang Ambisius

Ketika berada di sekeliling orang yang ambisius, maka mungkin akan merasa lebih terinspirasi untuk memotivasi diri sendiri sehingga bisa lebih ambisius.

Cari dukungan lainnya lewat jaringan atau bersama mentor. Ketika memilih mentor, maka pastikan untuk memilih yang sesuai dengan keinginan supaya bisa lebih membantu untuk menjadi orang yang lebih ambisius.

3. Tetapkan Tujuan Terus Menerus

Sesudah menetapkan salah satu dari goal atau tujuan, maka segera ganti dengan yang baru. Dengan begitu, anda bisa terus menerus memperbaiki diri lebih baik lagi. Berikut adalah beberapa metode yang bisa dilakukan:

  • Persempit semua tujuan supaya perencanaan bisa lebih efektif.
  • Temukan cara untuk mengukur kemajuan dan kesuksesan yang sudah diraih.
  • Tetapkan tujuan yang selaras dengan nilai serta tujuan jangka panjang.
  • Pilih tanggal akhir untuk tujuan anda supaya bisa lebih termotivasi.

4. Ambil Risiko yang Menarik

Menjadi ambisius adalah tentang segala hal untuk mengambil risiko. Untuk itu, sebaiknya mulailah belajar merasa nyaman pada diri sendiri untuk mengambil risiko. Berikan kesempatan pada diri sendiri untuk mengeksplorasi peluang baru.

Bahkan jika memang sampai membuat kesalahan, maka jadikan hal tersebut sebagai bagian penting dalam proses pembalajaran supaya menjadi orang yang lebih ambisius. Saat mulai mengambil suatu tindakan, maka nantinya anda akan melihat banyak perubahan nyata di dalam hidup.

5. Gunakan Imajinasi

Ketika sedang menghadapi suatu tantangan, maka pakai imajinasi sehingga bisa selalu berpikir dengan positif. Pikirkan semua kemungkinan masa depan dan bagaimana harus melewati kerja keras yang dilakukan sekarang untuk memperoleh hasil yang jauh lebih baik.

6. Belajar Untuk Berpikir Positif

Berlatih dengan pola pikir yang positif bisa sangat membantu untuk tetap fokus dan meningkatkan sifat ambisius. Selalu memakai pikiran yang positif sangat baik untuk meningkatkan suasana hati serta rasa percaya diri.

7. Renungkan Pencapaian Sebelumnya

Jika merasa bukanlah orang yang terlalu ambisius, maka hal yang sebaiknya dilakukan adalah merenungkan semua hal yang sudah pernah dicapai sejauh ini. Hal ini akan sangat membantu untuk mengingatkan diri sendiri jika sebenarnya anda sudah bisa bekerja menuju ke tujuan dan masih bisa terus melakukannya.

8. Temukan Cara Untuk Tetap Termotivasi

Semua orang mempunyai cara yang berbeda supaya bisa tetap termotivasi. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga motivasi anda lebih tinggi:

  • Buat sistem penghargaan pribadi.
  • Ingatkan diri sendiri tentang tujuan yang sudah ditetapkan.
  • Minta umpan balik dari orang lain.
  • Belajar untuk bersabar pada saat bekerja untuk mendapatkan goal atau tujuan.
  • Lakukan kebiasaan sehat seperti makan makanan sehat, olahraga dan tidur dalam jumlah yang cukup.
  • Lihat semua momen sebagai kesempatan untuk mempelajari suatu hal yang baru.
  • Dengarkan podcast atau lagu yang bisa memberikan motivasi.
  • Beralih ke tugas yang jauh lebih menarik.
  • Berhubungan dengan orang yang punya tujuan sama.

Contoh-contoh Ambisi

Meski ambisi memiliki tujuan yang berbeda-beda untuk setiap orang, namun tetap memiliki kesamaan yakni cenderung berkembang di mana ada persaingan yang ketat. Berikut adalah beberapa contoh dari ambisi:

  • Ambisi materi: Contohnya seperti ingin memiliki banyak uang, pergi berlibur ke tempat yang bagus dan sebagainya.
  • Ambisi karier: Orang yang ingin mencapai puncak tangga karier seperti musik, akting, bisnis pertunjukan, bisnis dan sebagainya.
  • Ambisi olahraga: Seorang atlet yang memiliki mimpi supaya suatu saat bisa memenangkan medali emas di olimpiade.
Sumber Referensi

https://marketbusinessnews.com/financial-glossary/ambition-definition/
https://www.betterhelp.com/advice/ambition/what-does-ambition-mean-an-overview/
https://www.wikihow.com/Be-Ambitious

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis