31 C
Semarang
Monday, September 20, 2021

Bing Search Engine : Pengertian, Sejarah, Fitur, Kelebihan dan Perbedaan dengan Google

Artikel Pilihan

Bing Search Engine yang dulunya bernama Live Search, MSN Search atau Windows Live Search adalah salah satu jenis situs mesin pencari di bawah naungan Microsoft. Bing adalah bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft untuk tiga mesin pencari terdahulunya yakni Windows Live Search, Live Search dan MSN Search.

Pengertian Bing Search Engine

Bing merupakan Search Engine yang secara resmi diperkenalkan pada 28 Mei 2009 oleh CEO Microsoft Steve Ballmer. Ini dilakukan pada konferensi All Things Digital, San Diego, Amerika Serikat dan secara resmi mulai diluncurkan pada tanggal 1 juni untuk menggantikan mesin pencari sebelumnya yakni Live Search.

Bing Search Engine diciptakan memakai teknologi bernama PowerSet yang dibeli Microsoft di tahun 2008. Teknologi ini membuat para pengguna bisa mendapatkan hasil pencarian yang jauh lebih akurat. Selain itu, Bing juga dilengkapi dengan kemampuan menyimpan serta membagi historis pencarian lewat Facebook, Skydrive serta email. Bing mengelompokkan pencarian menjadi 4 kategori, yakni:

  • News untuk pencarian berita.
  • Web untuk pencarian website atau halaman situs.
  • Images untuk pencarian gambar.
  • xRank untuk pencarian siapa serta apa yang paling banyak dicari pengguna Bing.

Di tanggal 29 Juli 2009, Yahoo serta Microsoft mengumumkan penawaran yakni menggerakan Yahoo! Search. Seluruh pengguna serta mitra Yahoo! Search diharap sudah mengalami transisi ini di awal 2012.

Di bulan Oktober 2011, Bing Search Engine juga mengumumkan sedang mengerjakan sebuah infrastruktur pencarian baru yang bertujuan supaya bisa mempercepat hasil pencarian serta sedikit lebih relevan untuk pengguna.

Teknologi pengindeksan ini disebut dengan Tiger dan dimasukkan ke Bing secara global pada bulan Agustus 2011. Sedangkan di bulan Mei tahun 2012, Bing Search Engine juga mengumumkan rancangan ulang lain yakni mesin pencari yang mencakup sidebar, fitur sosial untuk mencari jejaring sosial supaya bisa memperoleh informasi relevan dengan kata kunci pencarian.

Sejarah Bing Search Engine

Microsoft sebelumnya sudah memproduksi 3 mesin pencari yakni Live Search, MSN Search serta Windows Live Search. Akan tetapi, Microsoft beranggapan jika kinerja dari ketiga mesin pencari tersebut kurang maksimal untuk menarik pengguna sehingga tidak bisa menyaingi kedudukan Google Search sebagai mesin pencari yang berkuasa pada dunia internet.

Gagalnya ketiga mesin pencari sebelum Bing Search Engine ini membuat Microsoft terus berinovasi dengan mengevaluasi serta menganalisis kelemahan dari ketiga mesin pencari tersebut. Microsoft juga menganalisis kelemahan yang ada pada mesin pencari pesaing khususnya Yahoo Search serta Google Search.

Sesudah beberapa usaha, Microsoft kemudian berusaha memperbaiki serta mengaplikasikannya ke produk pencari terbaru yakni Bing Search Engine. Sejarah diciptakannya Bing Search Engine tidak lepas dari ketiga mesin pencari produksi Microsoft yang sebelumnya. Berikut adalah kronologis terbentuknya Bing selengkapnya:

1. MSN Search

MSN Search adalah mesin pencari pertama ciptaan Microsoft yang untuk pertama kalinya diluncurkan pada tahun 1998. MSN Search terdiri dari indeks, mesin dan juga web crawler.

Sejak mulai diluncurkan, mesin pencari tersebut terus berkembang serta mengalami penyempurnaan. Di bulan November 2004, Microsoft kemudian melakukan upgrade untuk mesin pencari tersebut dengan cara bekerja sama dengan Picsearch khusus untuk menampilkan hasil dari pencarian gambar.

2. Windows Live Search

MSN Search merupakan mesin pencari yang nyatanya belum bisa menyaingi dominasi Google Search. Dari kegagalan itulah, Microsoft kemudian menghadirkan Windows Live Search di tanggal 11 September 2006.

Mesin pencari Windows Live Search ini mempunyai kemampuan untuk mencari informasi dengan lebih spesifik baik itu berbentuk berita, website, musik, gambar dan sebagainya.

3. Live Search

Microsoft terus melakukan pengembangan dan akhirnya menghasilkan keputusan untuk memisahkan mesin pencari dengan Windows Live. Akhirnya Microsoft mengubah nama mesin pencari menjadi Live Search yang dikonsolidasikan dengan Microsoft adCenter.

Reorganisasi yang dilakukan tersebut membuat banyak perubahan pada kebijakan. Contohnya seperti menghentikan beberapa produk seperti Live Search Macros, Windows Live Expo dan lain sebagainya.

Namun, berbagai perubahan yang sudah dilakukan tersebut nyatanya masih belum membuahkan hasil. Microsoft sadar jika pemakaian brand name untuk produk mesin pencari sangat penting. Akhirnya demi menciptakan identitas yang baru, Microsoft menghadirkan sebuah mesin pencari baru di tanggal 3 Juni 2009 yakni Bing untuk semua pengguna internet di seluruh dunia.

Fitur Bing Search Engine

Bing Search Engine diharapkan bisa menjadi mesin pencari yang bisa diandalkan untuk mencari segala informasi sehingga bisa menggeser dominasi dari Google Search. Harapan ini diwujudkan lewat beberpa fitur yang dibangun pada Bing Search Engine. Beberapa fitur tersebut membuat Bing Search Engine diprediksi bisa menggeser Google Search dan berikut diantaranya:

Baca Juga :  DuckduckGo Search Engine : Pengertian, Sejarah, Kelebihan, Kekurangan dan Fitur
Baca Juga :  Yandex Search Engine : Sejarah, Fungsi, Layanan, Kelebihan dan Kekurangan

1. Best Match

Best Match adalah fitur untuk menampilkan hasil pencarian relevan sesuai dengan kata kunci yang telah dimasukkan. Link yang paling relevan nantinya akan ditampilkan di bagian atas daftar atau pada list pencarian. Fitur Best Match ini membuat para pengguna bisa mendapatkan hasil pencaria yang sesuai dan disertai juga dengan link situs yang serupa.

2. Interface Features

Interface Features berguna untuk menampilkan gambar background dan akan mengalami perubahan setiap hari. Gambar yang ditampilkan adalah gambar unik yang diambil dari seluruh dunia. Selain itu, gambar yang ditampilkan juga dilengkapi dengan informasi yang berhubungan dengan gambar tersebut.

Gambar background di mesin pencarian tersebut bersifat fleksibel sehingga bisa aktif atau dinon aktifkan. Di interface hasil pencarian akan menampilkan bagian hasil panel navigasi di sidebar kiri serta preview di bagian kanan hasil pencarian yang berkaitan atau Related Searches.

3. Media Features

Media Features adalah fitur yang membuat pengguna bisa mencari gambar serta video yang diinginkan. Halaman hasil pencarian akan menampilkan semua hasil pencarian berbentuk thumbnail di satu halaman. Ini membuat pengguna tidak perlu pindah halaman selanjutnya yang tentu memerlukan waktu lebih lama. Sedangkan untuk memutar video, pengguna tidak perlu klik thumbnail video namun hanya cukup dengan mengarahkan kursor mouse ke thumbnail video.

4. Instant Answer

Instant Answer merupakan fitur yang membuat pengguna bisa mendapatkan informasi yang akurat sekaligus tepat. Bing juga bisa digunakan sebagai kalkulator untuk mesin penghitung.

Fitur Instant Answer ini juga bisa dipakai untuk melihat harga saham, jadwal penerbangan, harga tiket pesawat, informasi lalu lintas, pengiriman barang lewat kapal oleh sebuah perusahaan, kamus, review restoran dan masih banyak lagi

5. Bing Maps

Fitur Maps yang ada pada Bing Search Engine adalah virtual earth yang berarti bisa membuat para penggunanya untuk mengetahui lokasi dari banyak daerah dan negara di dunia. Fitur Bing Maps ini juga bisa digunakan untuk penunjuk jalan pada saat sedang melakukan perjalanan ke luar kota atau luar negeri.

6. Bing Travel

Fitur yang terakhir adalah Bing Travel. Fitur ini berguna untuk menampilkan angaran ketika ingin melakukan perjalanan. Anggaran yang dibuat diantaranya anggaran untuk hotel, transportasi, sewa mobil dan masih banyak lagi.

7. Bing Rewards

Bing Rewards kembali diluncurkan di tahun 2010 yang lalu. Bing Rewards ini membuat pengguna bisa mendapatkan kredit setiap mencari menggunakan Bing. Ini dilakukan sebagai bentuk insentif supaya pengguna bisa terus memakai Bing Search Engine. Strategi tersebut sudah terbukti bisa meningkatkan pangsa pasar Bing khususnya di Amerika Serikat.

Pengguna hanya perlu masuk menggunakan akun Microsoft di Tablet atau PC. Anda nantinya bisa memperoleh akses ke jumlah poin yang kemudian bisa ditukarkan. Selain itu, aplikasi Bing Search Engine juga sudah tersedia di Google Play dan Apple Store. Anda nantinya bisa memakai aplikasi ini untuk mencari apapun sekaligus memperoleh poin hanya dengan menggunakan ponsel.

8. Pencarian Visual Bing

Salah satu fitur selanjutnya yang ada pada Bing Search Engine adalah pencarian visual. Pengguna bisa mengambil gambar seperti suku cadang kendaraan tertentu, masalah matematika dan sebagainya agar bisa memperoleh hasil yang pasti serta otentik.

Intinya adalah pengguna bisa hanya memakai gambar untuk mencari apa pun pada Bing Search Engine. Mode pribadi juga bisa diaktifkan supaya bisa menyembunyikan seluruh pencarian pribadi dari riwayat browser.

9. Bing Timeline

Bing Timeline merupakan fitur yang berguna untuk filter hasil sehingga bisa menampilkan informasi penting lewat garis waktu yang sudah terperinci secara baik. Algoritma Bing akan menghasilkan Timeline mengenai kepribadian terkenal serta menangkap seluruh pencapaian dengan cara yang rumit.

Contohnya ketika pengguna mencari nama ikonis individu seperti dari latar belakang atletik, maka Bing Search Engine akan menjabarkan daftar yang lengkap dari semua pencapaian di sepanjang perjalanan karir atlet tersebut.

10. Video Pop Out Hover

Fitur dari Bing Search Engine selanjutnya adalah Video Pop Out Hover. Umumnya, Bing Search Engine akan menyuguhkan video beresolusi tinggi dari beberapa platform terkenal seperti Hulu, YouTube, MTV, MSN, CBC dan lain sebagainya.

Sistem navigasi Bing Search Engine juga fleksibel serta mudah dipakai ketika sedang memeriksa pratinjau. Bing mempunyai filter pencarian canggih sehingga pengguna bisa mengklasifikasikan video atas dasar sumber, resolusi, tanggal atau panjang.

11. Bing Ads

Microsoft selalu waspada serta mengetahui seluruh tren terbaru. Dengan prevelansi iklan Google, maka membuat Microsoft terus ikut mengalami perkembangan. Ikan berbayar dari Bing bisa membantu pengguna untuk menjangkau jaringan online dengan pengetahuan yang luas serta cara yang cerdas. Dengan memasang iklan Microsoft, maka pengguna juga bisa mengimpor kampanye lainnya seperti iklan Google namun dengan cara yang lebih sederhana.

Baca Juga :  Pengertian Kaskus : Sejarah, Fitur, Forum, Cara Buat Akun, Kelebihan dan Kekurangan

12. Integrasi Bing Search Engine

Sekarang ini, Bing sudah membagi hasil pencarian seperti salah satunya yang berguna untuk mencantumkan teman Facebook. Sedangkan jika menggunakan Windoes 10, maka Bing bisa menampilkan hasil dari seluruh permintaan yang dikirim lewat internet di Windows Start Sceen memakai Smart Search.

Baca Juga :  Yahoo Mail : Pengertian, Sejarah, Fitur, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Bing Search Engine

Sama seperti situs pencarian lain, Bing Search Engine tentunya memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya berbeda dengan mesin pencari lain. Berikut adalah beberapa kelebihan dari Bing Search Engine:

1. Gambar Latar Belakang Lebih Bervariasi

Pada saat sedang mengakses halaman dengan dari situs Bing.com di hari ini akan berbeda dengan tampilan gambar background yang digunakan esok hari begitu pun selanjutnya.

2. Memiliki Fasilitas Instant Answer

Ini adalah fasilitas dari inovasi pertama yang sukses dikembangkan serta diintergrasikan pada sistem sehingga membuat Bing bisa memberikan jawaban. Performa lainnya yang ada pada Bing Search Engine adalah kemampuan untuk menginterpretasikan kalimat pertanyaan bahkan hingga ke beberapa hal yang berhubungan dengan masalah di bidang hitungan atau matematika.

3. Hasil Pencarian Video dan Image Ditampilkan dan Disaring Dengan Detail

Jika pengguna melakukan pencarian halaman web atau situs berisi konten image, maka Bing Search Engine bisa memberikan daftar hasil pencarian dengan detail dan spesifik. Hasil pencarian nantinya akan ditampilkan dalam bentuk thumbnail dan bisa diperbesar atau diperkecil.

Ini dilakukan dengan menggunakan fasilitas Zoom yang dibagi menjadi Zoom Small, Zoom Medium dan Zoom Large yang juga disertai dengan Show Image detail. Show Image detail ini digunakan ketika menyajikan image thumbnail serta informasi mengenai gambar tersebut.

4. Kotak Detail di Link Hasil Pencarian

Apabila pengguna harus klik link yang ditampilkan di halaman pada situs Search Engine lain, maka pada Bing pengguna tidak harus klik link kembali namun hanya perlu mengarahkan kursor di link untuk menampilkan kotak detail. Dengan kotak detail tersebut, maka pengguna bisa melihat sekilas informasi tentang link itu.

5. Tampilan Bing Maps Jauh Lebih Interaktif

Bing Maps mempunyai akses loading yang terbilang cepat. Pengguna juga bisa mengubah penyajian dan peta geografis ke banyak mode penampilan. Bing Maps juga bisa membuat para pengguna menampilkan beberapa area atau daerah dalam bentuk 3 dimensi.

6. Fasilitas Related Searches

Kecerdasan sistem pencarian Bing Search Engine tidak hanya sekedar dari penampilan daftar situs, halaman web dan juga link yang berkaitan dengan kata kunci yang diketik. Pengguna juga bisa menemukan banyak pilihan untuk alternatif yang bisa dipilih lewt sidebar Related Searches. Tujuan utama dari fitur ini adalah untuk memperbanyak pencarian yang sedang dilakukan.

7. Fasilitas Smart Video Preview

Kecepatan loading serta akses menjadi beberapa kelebihan khusus yang ada di Bing Search Engine termasuk juga untuk konten video. Microsoft yang merupakan pengembang Bing Search Engine menekankan jika pengguna hanya perlu menunggu kurang dari 30 detik untuk bisa memperoleh preview tayangan di Bing Videos.

Kecepatan sistem buffering yang diintegrasikan pada direktori Bing Videos bisa memutar sebuah tayangan video dalam waktu singkat. Caranya adalah dengan mengarahkan kursor ke kotak player video yang dikehendaki.

Perbedaan Bing Search Engine dan Google

Bing serta Google sama sama merupakan mesin pencari yang memiliki tugas penting untuk web browser. Akan tetapi, tetap ada perbedaan dari keduanya yang akan dijelaskan selengkapnya sebagai berikut:

1. Tampilan Antarmuka Sistem

Perbedaan pertama dari Bing dan Google adalah dari tampilan antarmuka sistem. Untuk halaman pencarian utama Google mempunyai desain minimal sekaligus sederhana. Sementara Bing berbanding terbalik yang bahkan sering dipenuhi fotografi indah serta tautan dari berita yang paling baru.

2. Opsi Pencarian Lanjutan

Perbedaan berikutnya antara Bing dengan Google adalah dari opsi pencarian lanjutan. Bing dan Gogle sama sama menyediakan opsi filter dan pencarian untuk mempersempit hasil pencarian. Akan tetapi untuk filter serta opsi lanjutan dari Google terbilang lebih mudah ditemukan dibandingkan dengan Bing.

3. Program Pemakaian Insentif Serta Reward

Perbedaan terakhir dari Bing dan Google adalah dari program pemakaian insentif serta reward. Bing mempunya program berhadiah sehingga bisa berpenghasilan dari pencarian web.

Sumber Referensi :

http://www.alexa.com/siteinfo/bing.com
http://www.microsoft.com/presspass/press/2009/may09/05-28NewSearchPR.mspx?rss_fdn=Press%20Releases
http://nuruzwah22.blogspot.com/2015/04/pengertian-bing.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa