Pengertian Blogspot  – Sejarah, Fungsi Kelebihan dan Kekurangan

Blogspot (sering juga disebut sebagai Blogger) adalah penyedia layanan sub domain gratis yang dimiliki oleh perusahaan Google.

Sebuah blog yang dibangun menggunakan Blogger menggunakan hosting dan subdomain blogspot.com.

Apa Itu Blog ?

Sebuah blog (dulu juga dikenal sebagai “weblog”) adalah jurnal online atau situs web yang menampilkan informasi dalam urutan tersistematis, yaitu dengan menempatkan posting terbaru pada bagian pertama. Blog merupakan platform yang umumnya digunakan oleh seorang atau sekelompok penulis untuk berbagi pandangan mereka tentang subjek individu.

Apa Itu Blogspot

Secara umum definisi Blogspot adalah platform penerbitan blog gratis yang dimiliki oleh Google.

Layanan ini memungkinkan pengguna untuk membuat blog sederhana dengan hosting gratis di subdomain blogspot.com.

Perbedaan Blogger.com dan Blogspot.com

Blogger.com dan Blogspot.com pada dasarnya sama, Blogger.com lebih diartikan sebagai platform yang dapat digunakan untuk membuat blog.

Sementara Blogspot.com adalah layanan domain gratis tempat pengguna dapat menghosting blog.

Pengertian Blogspot

Pengertian Blogspot

Internet penuh dengan berbagai macam jenis platform situs pembuatan blog gratis seperti Blogspot, WordPress, Ghost, Wix, Weebly, dll.

Blogspot adalah platform Blogger gratis milik Google, tempat dimana kita bisa mempublikasikan sebuah artikel, gambar, audio dan video ke internet melalui sebuah postingan.

Blogger.com memungkinkan kita membuat blog gratis di blogspot.com. Sangat mudah untuk membuat website Blogspot gratis.

Sejarah Blogspot

Pada tahun 1999 Pyra Lab membuat Blogspot (yaitu Blogger) sebagai salah satu alat penerbitan blog khusus yang paling awal pada masa itu.

Tahun 2003, blogspot telah mengalami akuisisi oleh perusahaan google, desain ulang, dan mendapatkan banyak liputan media yang kontroversial.

Salah satu fakta yang saat ini masih sama yaitu blogspot dari dulu kala konsisten memberikan layanan sebagai platform blogging dengan mempublikasikan artikel dan membuat blog gratis.

Pengguna dapat memilih dari pilihan terbatas template yang mudah digunakan; semua dengan tata letak yang fleksibel dan berbagai ratusan gambar latar belakang yang tersedia.

Blogspot merupakan platform blogging yang mudah dipelajari, dan bagus untuk pemula ataupun untuk profesional.

Pengertian Blogspot  - Sejarah, Fungsi Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Blogspot

Sebagai bahan pertimbangan apakah kamu akan menggunakan Hosting berbayar atau Blogspot ataupun platform pembuatan blog lainnya seperti weebly, wordpress, wix mungkin kelebihan berikut ini dapat jadikan referensi untuk menentukan apakah blogspot tepat untuk kamu gunakan.

1. Kualitas Server

Pernahkah mendengar kabar server blogspot down atau mengalami gangguan ? Hampir tidak pernah terdengar ditelinga kita.

Tidak heran jika server yang digunakan oleh blogspot sangat kuat dan ampuh karena dimiliki oleh perusahaan besar google.

Umumnya untuk memiliki server yang tangguh dan mampu melayani pengguna aktif yang banyak dalam satu waktu memerlukan server kuat dengan harga mahal.

2. Keamanan

Dari segi keamanan blogspot berbeda dari CMS yang terus dikembangkan oleh sebuah komunitas, yang terkadang terdapat bug atau celah keamanan sehingga dapat membayahakan kelangsungan website.

Blogspot memiliki sistem keamanan yang sangat baik sehingga sangat jarang ada kabar terdapat sebuah blogspot yang terkena hack.

Sedangkan jika kamu menggunakan hosting pribadi tentu harus memperhatikan kemanan web yang tentunya mengharuskan kamu perlu mempelajari banyak hal baru terkait system security.

3. Kecepatan

Perusahaan besar seperti google selalu berusaha memberikan layanan terbaik untuk produk yang mereka miliki, seperti youtube, google drive begitu juga blogger.

Blogspot sudah menggunakan server terbaik bahkan dalam melakukan layanan pada user yang banyak sekalipun.

Mungkin saat memilih menggunakan blogspot yang perlu diperhatikan yaitu lebih kepada tema atau template yang digunakan serta upaya kita dalam mempublikasikan konten dengan ukuran seminim mungkin.

Artinya hal hal seperti gambar kita bisa kompress sehingga memiliki ukuran yang lebih kecil dan akan membantu visitor memuat halaman lebih cepat karenanya.

4. Serba Gratis

Hal hal seperti tema, gambar latar belakang, dan server yang kuat tersedia gratis untuk para pengguna blogspot.

Banyak pilihan tema gratis yang bisa digunakan untuk mempercantik tampilan pada blog yang dikelola.

Kita juga tidak perlu menyewa orang lain untuk melakukan maintance seperti upgrade OS Web Server, Database, menjaga sistem keamanan web dan lain sebagainya.

Blogspot sangat direkomendasikan untuk digunakan oleh para blogger pemula yang sedang belajar blogging.

Kekurangan Blogspot

Kekurangan

1. Kita Hanya Meminjam Hosting dan Tidak Benar Benar Memilikinya

Sebagaimana yang kita tau bahwa pada layanan blogging gratis sebenarnya kita hanya meminjam hosting dan nama domain saja.

Walaupun benar memang kita bebas menggunakannya namun kita tidak memiliki wewenang penuh atas blog tersebut.

Blogspot memiliki kehendak penuh untuk menghapus blog yang kamu buat, jika blog tersebut terindikasi melakukan sebuah pelanggaran, blog dapat dihapus tanpa peringatan atau pemberitahuan terlebih dulu.

Berkalu juga untuk postingan dimana jika postingan yang kamu buat dianggap sebagai pelanggaran maka bisa ditakedown tanpa sepengetahuanmu.

2. Seberapa Besar Komitmen Google dalam Mempertahankan Blogspot

Kita tahu bahwa produk google merupakan sebuah layanan yang memiliki kualitas sangat baik sebagaimana Gmail, Google Drive, Youtube, dll.

Namun pernahkah kamu mendengar berita ada layanan dari google yang dihentikan seperti Google+ (Google Plus) sebuah media sosial yang pernah dimiliki google.

Layanan tersebut kurang populer karena tidak semenarik media sosial terkenal lainnya, yang saya asumsikan karena jarang ada pembaruan atau inovasi pada produk tersebut.

Mempertimbangkan hal ini tidak menutup kemungkinan bahwa bisa saja lanyanan blogging gratis blogspot dapat dihentikan dikemudian hari.

3. Alamat Nama Domain yang Terbatas

Nama alamat url sebuah web merupakan salah satu hal terpenting bagi seorang blogger ataupun influencer. Alamat web ini nantinya yang akan diingat oleh para pengguna web juga.

Tentunya dalam memilih nama alamat domain kita menginginkan sebuah nama sesuai dengan apa yang kita butuhkan.

Namun jika hanya menggunakan subdomain dari blogspot saja kita tidak bisa bebas menentukan nama alamat web karena mungkin tidak tersedia disebabkan sudah ada yang menggunakannya.

4. Kustomisasi Terbatas

Walaupun blogspot memiliki kebebasan yang lebih dalam kustomisasi daripada penyedia layanan pembuatan blog gratis lainnya namun ini tidak sebebas apabila memiliki hosting server sendiri.

Selalu ada batasan dimana kita tidak lebih bebas seperti jika memiliki server sendiri dimana bisa menambahkan banyak fitur yang mungkin saat ini belum tersedia pada platform blogging blogspot.

5. Tidak Banyak Pembaruan Layanan

Jika dibandingkan platform blogging gratis seperti wordpress.com ataupun wix, blogspot tidak mengalami banyak pembaruan pada fitur-fiturnya.

Selain itu usulan dari komunitas ataupun para penggunanya mungkin tidak begitu dipertimbangkan karena ini merupakan platform blogging yang sepenuhnya gratis.

Padahal kita tau bahwa salah satu hal terpenting dari keberlangsungan sebuah layanan yaitu harus mau beradaptasi dengan perubahan sehingga tetap relevan dari waktu kewaktu.

Misalnya saja banyaknya harapan supaya blogspot menyediakan fitur untuk mengkustom posting sesuai keingingan pemilik blog, hal ini belum terwujud hingga sekarang.

Karena saran dan masukan dari komunitas dan pengguna tidak begitu diperhatikan sehingga membuat platform ini terlihat tertinggal jika dibandingkan dengan platform blogging lainnya yang lebih inovatif.

Alasan Blogspot Mungkin Tidak Cocok untuk Kamu

Jika kita ngeblog untuk uang, membangun otoritas, atau merek sendiri, Blogspot bukanlah pilihan yang ideal.

Alasan untuk ini adalah karena kita akan memiliki kontrol yang sangat terbatas atas visibilitas di mesin pencari, akan memiliki akses terbatas untuk menambahkan fitur baru, dan akan menghadapi kesulitan lebih lanjut dalam hal memiliki blog.

Perlu dicatat, bahwa ini bukan untuk mengatakan bahwa Blogger tidak boleh digunakan. Dalam banyak kasus, ini bisa menjadi platform yang bagus untuk membiasakan diri dengan dunia blogging.

Namun, jika kamu serius dalam dunia blogging, akan jauh lebih baik jika menggunakan hosting server dan domain sendiri karena akan lebih bebas dalam mengelolanya.

Cara Daftar Blogspot

Untuk mendaftar di blogger.com kita memerlukan akun google. Akun google dapat dibuat baik dengan menggunakan gmail ataupun email lainnya.

  1. Buka situs blogger.com
  2. Pilih “Buat Blog” jika belum pernah mendaftar maka akan diminta untuk mendaftar terlebih dulu degan menggunakan akun google.
  3. Berikan judul pada blog.
  4. Tentukan alamat subdomain blog. Pastikan alamat domain yang didaftarkan masih tersedia.
  5. Jika sudah pilih konfirmasi dan buat blog.
  6. Blog sudah terbuat, dan kita akan diarahkan ke dasboard.

Blogspot memiliki banyak menu yang dapat kamu pelajari melalui penjelasan dibawah ini.

Baca Juga : Cara Membuat Blog Gratis di Google

Macam Jenis Fitur Blogspot

Macam Jenis Fitur Blogspot

Supaya dapat menggunakan blogspot lebih maksimal berikut ini penjelasan detail mengenai fitur fitur yang terdapat di platform blogging blogspot.

1. Post

Post merupakan tempat dimana kita membuat konten dan mempublikasikanya ke blog. Post ini sering juga disebut artikel.

Pada bagian ini kita bisa menuangkan kreatifitas dalam bentuk tulisan, mengupload gambar, menambahkan audio dan embed video kedalam post.

Pentingnya Post Blogger

Bagian terpenting dari sebuah blog yaitu konten yang ditempatkan pada post, pada bagian ini tempat dimana visitor berinteraksi dan menggunakan website. Memahami cara membuat struktur post yang tepat dapat memberikan pengalaman baik pada pengguna blog sehingga berpengaruh pada kualitas SEO.

Mini Avatar WEBP - Adam Muiz

Adam Muiz

Judul

Bagian judul bisa kita isi dengan tema konten yang sedang dibuat. Bagian judul sangat penting karena yang akan ditampilkan pada mesin pencarian google dan preview pada saat link post di share ke sosial media.

Tools

Blogspot menawarkan banyak fitur dengan editor konten yang sangat lengkap. Kita dapat menggunakan tools yang tersedia untuk memformat tulisan teks, paragraf, gambar, dan video.

Selain itu kita juga bisa mengedit konten dengan menggunakan kode HTML yang memungkinkan untuk mengedit sesuai dengan keinginan kita bagaimana konten tersebut akan tampil di blog.

Isi

Umumnya mesin pencarian akan mengambil data informasi yang terdapat di isi posting dan menggunakannya sebagai bahan pertimbangan dalam algoritma search engine.

Sebagai contoh jika seseorang mengentik sebuah kata kunci yang terdapat pada isi posting maka search engine akan merekomendasikannya karena dianggap relevan dengan pencarian yang diminta.

Tag

Blogspot menyediakan sebuah fitur Tag pada posting yang berguna untuk memisahkan antara kategori satu dengan yang lain.

Sampai artikel ini dibuat blogspot belum memiliki fitur kategori yang terpisah sebagaimana wordpress, jadi untuk memberikan kategori pada blogspot saat ini masih memanfaatkan tag post.

Permalink

Permalink berguna untuk mengedit alamat artikel sesuai dengan apa yang kita inginkan.

Dengan memanfaatkan fitur ini kita bisa mengganti nama alamat post dengan url yang kita anggap lebih menarik.

2. Page

Halaman berfungsi sebagaimana fitur pada postingan, yaitu mempublikasikan konten tulisan gambar dan video pada blog yang dikelola.

Umumnya bagian halaman ini digunakan untuk bagian khusus pada blog contohnya seperti halaman tentang, halaman kontak, peraturan situs disclaimer, terms of services, terms of use, privacy policy, dan lain sebagainya.

3. Statistik

Fitur setatistik merupakan fitur yang umum kita jumpai di platform ataupun CMS manapun untuk melihat data visitor pada blog.

Kita dapat melihat secara detail visitor mulai dari harian, mingguna, bulanan hingga data sepanjang waktu.

Kita juga bisa mengetahui posting atau halaman mana yang paling banyak mendapatkan kunjungan, dengan begini kita bisa memonitoring pefroma blogging yang dilakukan dari waktu ke waktu.

4. Komentar

Pada bagian ini kita bisa melihat komentar masuk dan melakukan pengaturan seperti menghapus, menyetujui komentar yang dimoderasi, menandai spam dan juga menghapus komentar yang ada.

5. Penghasilan

Dengan menghubungkan blogspot ke google adsense, jika blog disetujui untuk melakukan monetisasi maka blogspot dapat menampilkan iklan dari Google Adsense.

Google Adsense sendiri merupakan sebuah layanan pengiklanan yang menghubungkan antara publisher (pemilik web) dengan pengiklan.

Kita bisa mendapatkan uang dengan menampilkan iklan di situs blog, iklan akan dihitung pertampilan dan perklik.

Untuk mengaksesnya secara detail terkait penghasilan di google adsense maka bisa membuka halaman dashoard untuk melihat detail penghasilan dan pengaturan lebih lanjut dalam monetisasi.

Video Cara Buat Konten dan Publish Posting Artikel dengan Blogspot

6. Tataletak

Pada bagian ini kita bisa mendambahkan widget dan menu untuk melengkapi navigasi pada tampilan blogspot.

Dengan fitur ini, pengaturan penambahan widget ataupun menu akan lebih mudah dipahami oleh para pengguna blogspot yang baru.

Kita bisa meleakan Teks, Gambar, Video, Kode HTML, JavaScript dan CSS dengan menggunakan widget yang tersedia pada menu tataletak.

7. Tema

Fitur Tema digunakan untuk berbagaimacam keperluan seperti mengganti template, backup (membuat cadangan), restore (melakukan pemulihan dari template yang sudah pernah disimpan), dan sesuaikan untuk mengedit tema secara langsung.

Selain itu terdapat menu Edit HTML yang berguna untuk melakukan pengeditan template dengan menggunakan kode HTML.

Fitur HTML akan sangat berguna jika kamu ingin menyisipkan HTML, CSS ataupun menggunakan JavaScript pada blogspot yang kamu miliki.

8. Setelan

Terdapat banyak fitur yang tersedia pada menu setelan atau settings di blogger.com. Pada bagian ini merupakan dimana seorang blogger, content creators atau webmaster menerapkan setelan pada situs blog yang dibuat.

Visibility

Pada bagian ini kita bisa mengatur blog apakah diizinkan untuk tampil di halaman mesin pencarian atau tidak.

Selain itu kita juga bisa melakukan pengaturan untuk membuat blog menjadi privat dan hanya dapat diakses oleh pengguna tertentu saja.

Eksport

Salah satu fitur yang tidak kalah penting pada sebuah website yaitu fitur backup. Backup berguna untuk menyimpan data konten yang telah kita buat.

Import

Adanya fitur eksport tentu tidak lepas dari fitur import yang berguna untuk memuat konten dari hasil backup yang pernah dibuat. Tujuan utama dari fitur ini sendiri yaitu supaya konten dapat dicadangkan atau juga dipindahkan.

9. Daftar Baca

Daftar bacaan sendiri sebanarnya fitur dimana kita bisa terhubung dengan mengikuti sebuah akun atau blog untuk mendapatkan kabar terbaru.

Dengan fitur ini memungkinkan blogger untuk lebih mudah terhubung dengan teman blogger lainnya dan dapat menciptakan komunitas yang kuat.

Itulah penjelasan lengkap detail fitur dan tutorial mengenai blogspot sebagai platform blogging terbaik. Jika kamu memiliki pendapat tentang pembahasan blogspot ini atau memiliki pertanyaan silahkan tinggalkan dikolom komentar untuk sharing.

Baca Juga : Cara Membuat Blog di HP

Kenalan dengan Adam yuk !
Mohon bantu saya mencapai 1000 Subscriber
😁 Terimakasih
Adam Muiz
Adam Muizhttps://adammuiz.com/
The only thing I know is that on the other side of a decision, I'm there. And if I'm there, no matter what path I go, there'll always be something to love.

1 COMMENT

  1. Jadi gimana sob ? mudah bukan membuat dan ngeblog menggunakan blogspot.
    Jika ada pertanyaan ataupun ingin sharing jangan ragu tinggalkan komentar 😀

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Rekomendasi

1 Pengertian Tips Reksadana Untuk Pemula Biar Untung

Tips Reksadana Untuk Pemula Biar Untung

0
Bagi sebagian orang yang awam, investasi acap kali dianggap menjadi suatu hal yang rumit untuk dilakukan dan memerlukan modal besar. Padahal belum tentu demikian. Reksadana...
Cara Menabung yang Benar Untuk Pelajar

Cara Menabung yang Benar Untuk Pelajar

2
Ungkapan “menabung pangkal kaya” sudah sangat akrab dikenal oleh berbagai lapisan masyarakat. Ungkapan tersebut memang sangat masuk akal dan terdengar mudah. Tapi cukup sulit...
Pentingnya Investasi di Usia Muda

Pentingnya Investasi di Usia Muda dan Tips Invest Bagi Pemula

0
Kata investasi kini semakin akrab terdengar di telinga berbagai kalangan termasuk anak muda seperti kamu. Pada saat ini juga banyak orang membicarakan tentang investasi...
Mending Deposito atau Reksadana, Pilih Mana

Mending Deposito atau Reksadana, Pilih Mana ?

0
Tingginya minat masyarakat terhadap investasi dalam kurun beberapa tahun terakhir, secara tidak langsung menempatkan investasi sebagai komoditas yang sangat penting. Terbukanya akses terhadap informasi,...
Cara Memilih Investasi Saham di Indonesia Keuntungan dan Resiko

Cara Memilih Investasi Saham di Indonesia : Keuntungan dan Resiko

0
Begitu kata kunci “investasi saham” terbesit dalam benakmu, lantas kemudian menelusurinya di mesin pencari dan tertuju ke halaman di website ini, apakah itu berarti...

Artikel Terkait

Free Download Driver Printer Versi Terbaru Gratis Unduh Last Version Untuk Komputer PC Laptop Windows Vista XP 7 8 10 11 32 64 Bit

Download Driver Canon i-SENSYS MF6560PL [Terbaru 2022]

0
Unduh Juga : Download Office 2021 Gratis Model printer Canon i-SENSYS MF6560PL menggunakan model mesin flatbed laser untuk klasifikasi all-in-one. Dengan kata lain, mesin ini...