Pengertian Bluetooth – Macam Versi, Fungsi dan Contoh Penggunaan

Adam Muiz
Adam Muizhttps://adammuiz.com/
The only thing I know is that on the other side of a decision, I'm there. And if I'm there, no matter what path I go, there'll always be something to love.

Salam Kenal

Artikel Pilihan

Kita sering menemukan fitur bluetooth ini tersedia baik di perangkat smartphone, tablet, Mac, atau laptop PC.

Fitur ini juga sering dimanfaatkan oleh pengguna untuk saling berbagi data atau file pada perangkat gadget.

Tentu kita semua tahu bluetooth ada hubungannya dengan komunikasi nirkabel atau periferal.

Tapi apa sebenarnya Bluetooth itu? apakah itu sama seperti Wi-Fi? nah, berikut ini penjelasan lengkapnya.

Apa Itu Bluetooth ?

Bluetooth adalah teknologi komunikasi pada jaringan tanpa kabel yang memungkinkan perangkat seperti gadget, komputer, dan periferal lainnya mampu mengirimkan data secara nirkabel melalui jarak yang pendek.

Tujuan Bluetooth yaitu untuk mengganti kabel yang biasanya digunakan menghubungkan perangkat, dan mampu menjaga komunikasi di antaranya tetap aman.

Nama “Bluetooth” diambil dari raja Denmark abad ke-10 bernama Harald Bluetooth, yang dikatakan menyatukan faksi-faksi regional yang berbeda dan berperang.

Sebagaimana namanya, teknologi Bluetooth memungkinkan menyatukan perangkat dari berbagai macam industri yang berbeda dengan standar komunikasi.

Pengertian Bluetooth

Definisi Arti Bluetooth

Bluetooth adalah standar komunikasi nirkabel jarak pendek yang dirancang khusus untuk menggantikan koneksi kabel di perangkat periferal seperti headset, speaker, game controller, mouse, dan keyboard.

Bluetooth umumnya juga dapat digunakan untuk mentransfer file antar perangkat di ruangan yang sama.

Bluetooth berasal sebagai proyek untuk menghubungkan ponsel ke komputer laptop pada pertengahan 1990-an.

Dengan beberapa protokol komunikasi radio berdaya rendah dalam pengembangan di Intel, Ericsson, dan Nokia, seseorang mengusulkan agar mereka bergabung menjadi standar industri.

Standar tersebut dipadatkan pada tahun 1998 sebagai “Bluetooth” dan telah dikelola oleh Bluetooth Special Interest Group, sebuah perusahaan nirlaba, sejak saat itu.

Sejarah Bluetooth

Sejarah Bluetooth

Pada tahun 1988 Bluetooth Special Interest Group (SIG) dibentuk, yang sampai hari ini menerbitkan dan mempromosikan standar dan revisi selanjutnya.

Bluetooth SIG awalnya hanya mencakup Ericsson, IBM, Intel, Nokia, dan Toshiba, tetapi mencapai 4.000 anggota pada akhir tahun pertama.

Grup ini sekarang berisi lebih dari 30.000 perusahaan anggota di berbagai tingkat.

Standar Bluetooth disusun oleh Dr. Jaap Haartsen di Ericsson pada tahun 1994. Pada saat itu, Bluetooth dirancang untuk menggantikan kabel telekomunikasi RS-232.

Meskipun Bluetooth menempati frekuensi yang sangat mirip dengan Wi-Fi, Bluetooth selalu dirancang sebagai jangkauan yang jauh lebih pendek dan alternatif daya yang lebih rendah.

Bluetooth konsumen pertama diluncurkan pada tahun 1999 yang merupakan headset mobile hands-free yang mendapatkan teknologi “Best of Show Technology Award” di COMDEX.

Spesifikasi Bluetooth 1.0 juga diluncurkan secara resmi tahun itu, yang mengarah pada peluncuran chipset, dongle, mouse, kartu PC nirkabel, dan ponsel pertama yang dilengkapi Bluetooth pada tahun 2000.

Ponsel Bluetooth pertama adalah Sony Ericsson T36, tetapi model T39 yang direvisi benar-benar berhasil masuk ke pasar pada tahun 2001.

Model ini menawarkan layar LCD Monokrom 101 x 54 kepada pelanggan, konektivitas GSM tri-band, internet WAP, dan memori yang cukup untuk menyimpan hingga 1.000 kontak.

Macam Jenis Bluetooth

Macam Jenis Versi Perkembangan Bluetooth

Spesifikasi Bluetooth telah mengalami banyak revisi sejak 1999 untuk meningkatkan kecepatan data standar dan kualitas koneksi, set fitur, dan untuk membantu mengakomodasi semua kebutuhan penggunaan dan permintaan pasar.

Baru-baru ini, Bluetooth SIG telah berfokus pada audio, jaringan mesh, penggunaan sumber daya yang lebih rendah, dan jangkauan yang lebih jauh untuk IoT. Singkatnya, standar ini lebih cepat dan lebih aman, dengan lebih banyak fitur daripada sebelumnya.

Meski begitu, kemampuan inti Bluetooth tidak pernah sepenuhnya dirombak, untuk menjaga agar platform tetap kompatibel. Sebagai gantinya, setiap iterasi menambahkan fitur baru, beberapa opsional, di atas yang sudah ada.

Penambahan opsional yang paling menonjol untuk spesifikasi termasuk Enhanced Data Rate hingga 3 Mbps sejak versi 2.0, transfer Kecepatan Tinggi melalui Wi-Fi menggunakan pemasangan Bluetooth sejak versi 3.0, dan pengenalan Energi Rendah sejak versi 4.0. Bluetooth 5.0 memperkenalkan Slot Available Masking untuk mengurangi interferensi dengan 4G LTE dengan menjadwalkan transmisi data.

Tabel di bawah ini menunjukkan kapan fitur utama ini diperkenalkan, dan bagaimana kasus penggunaan umum untuk kecepatan dan jangkauan telah berkembang dari waktu ke waktu.

Versi BluetoothKecepatan Transfer DataRentang Maks khasFitur Baru Utama
Bluetooth 1.0
(1999)
0,7 Mbps10m
Bluetooth 2.0
(2004)
1 Mbps core
3 Mbps dengan EDR
30mSecure Simple Pairing (BT 2.1)
Enhanced Data Rate (EDR)
Bluetooth 3.0
(2009)
3 Mbps dengan EDR
(24 Mbps melalui HS 802.11)
30mEnhanced Power Control
L2CAP Enhanced Modes
High Speed (HS)
Bluetooth 4.0
(2013)
3 Mbps dengan EDR
1 Mbps Rendah Energi
60mFitur IoT (BT 4.2)
Core Specification Addenda 1-4 (BT 4.1)
Rendah Energi (BLE)
Bluetooth 5
(2017)
3 Mbps dengan EDR
2 Mbps Penggunaan Rendah Energi
240mLE Audio (BT 5.2)
Core Specification Addenda 6 (BT 5.1)
LE Long Range
Slot Available Masking (SAM)

Fungsi Bluetooth

Bluetooth adalah teknologi nirkabel yang menggunakan frekuensi radio untuk berbagi data melalui jarak pendek sehingga untuk bisa saling terhubung tidak memerlukan kabel.

Pengguna dapat menggunakan Bluetooth di perangkat seluler atau gadget yang dilengkapi perangkat ini untuk berbagi dokumen atau terhubung dengan perangkat berkemampuan Bluetooth lainnya.

Untuk alasan keamanan, perangkat Bluetooth harus dipasangkan sebelum dapat mulai mentransfer informasi.

Proses memasangkan perangkat akan bervariasi, tergantung pada jenis perangkat yang sambungkan.

Contoh Penggunaan Bluetooth

Contoh Penggunaan Bluetooth

1. Komputer

Saat diintegrasikan ke komputer pribadi dan periferal, Bluetooth dapat menghubungkan laptop atau desktop ke perangkat seperti mouse, keyboard, atau speaker tanpa harus menggunakan kabel.

Selain itu, Bluetooth dapat digunakan untuk mentransfer file antara dua komputer yang memiliki chip Bluetooth dan mengirim dokumen ke printer nirkabel yang diaktifkan.

Jangkauan pendek Bluetooth membuatnya ideal untuk situasi kantor dengan beberapa perangkat yang diaktifkan dalam jarak dekat.

Teknologi ini juga dapat digunakan untuk mentransfer file dari komputer ke perangkat seluler seperti tablet dan smartphone untuk mengirimkan informasi secara wireless.

2. Rumah dan Mobil

Perangkat berkemampuan Bluetooth yang terdapat dirumah memungkinkan pengguna mengontrol pengaturan termostat, alarm, peralatan rumah tangga, dan lampu secara nirkabel dari satu lokasi pusat.

Untuk hiburan rumah, teknologi ini dapat menghubungkan semua elemen home theater tanpa kabel atau streaming audio atau video dari perangkat seluler atau komputer ke TV atau speaker.

Saat berada dalam perjalanan, Bluetooth juga dapat menghubungkan perangkat yang diaktifkan ke panel elektronik mobil, sehingga dapat menjawab telepon seluler, memutar musik dari perangkat seluler, atau mendapatkan petunjuk arah dari perangkat GPS langsung dari tampilan navigasi mobil.

3. Kesehatan

Koneksi nirkabel yang dimungkinkan oleh Bluetooth dapat secara otomatis mencatat informasi dari peralatan medis seperti stetoskop, alat pacu jantung atau monitor glukosa ke komputer atau log elektronik, untuk menghemat waktu bagi dokter dan pasien serta membuat peralatan medis lebih mudah diakses.

Peralatan kebugaran berkemampuan Bluetooth dapat mempermudah mengikuti rutinitas olahraga, dengan monitor detak jantung dan pelacak GPS yang secara otomatis melaporkan rute atau menginformasikan perhitungan kalori yang terbakar dengan bantuan aplikasi ke smartphone.

4. Elektronik Konsumen

Elektronik konsumen berkemampuan Bluetooth seperti ponsel, kamera, televisi, speaker, dan headphone menyederhanakan berbagi data antar perangkat.

Ponsel dengan Bluetooth misalnya, dapat terhubung secara nirkabel ke headset untuk membuat panggilan handsfree lebih mudah atau dapat mengirim gambar ke ponsel serta komputer lain.

Dalam kasus ponsel dengan koneksi Internet, Bluetooth dapat digunakan untuk mengumpulkan informasi di ponsel yang kemudian dikirimkan melalui Web — dengan berbagai aplikasi seperti mengirim gambar kepada teman seperjalanan atau secara otomatis mengirimkan panggilan darurat setelah kecelakaan mobil.

Perbedaan Bluetooth dan Wi-Fi

Perbedaan Bluetooth dan Wi-Fi

Bluetooth dan WiFi keduanya merupakan teknologi nirkabel untuk menghubungkan perangkat, tetapi keduanya sangat berbeda.

Sementara WiFi terutama digunakan untuk menghubungkan perangkat ke internet, Bluetooth umumnya hanya digunakan untuk menghubungkan perangkat satu sama lain.

Sumber Referensi

https://www.lifewire.com/what-is-bluetooth-2377412
https://www.howtogeek.com/748634/what-is-bluetooth/
https://www.androidauthority.com/history-bluetooth-explained-846345/
https://www.hellotech.com/blog/what-is-the-difference-between-bluetooth-and-wifi

Salam kenal dari Adam Muiz !
Support mencapai 10K Subscriber yuk
😁 Terimakasih
Follow Adam Muiz on WordPress.com

4 COMMENTS

  1. Terima kasih kak atas penjelasan apa itu Bluetooth. Dan dilengkapi dengan Pengertian Bluetooth, sejarah Bluetooth, macam jenis Bluetooth, fungsi Bluetooth, contoh penggunaan Bluetooth, serta perbedaan Bluetooth dengan Wi-Fi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis