Home Unduh Browser Download Brave 32 / 64-bit (Terbaru 2022)

Download Brave 32 / 64-bit (Terbaru 2022)

0
Brave

Brave merupakan peramban web gratis, memiliki sumber terbuka dan berbasis Chromium dari Brave Software Inc. Brave adalah peramban yang fokus ke privasi tidak seperti peramban lain yakni dengan memblokir iklan daring serta pelacak situs web secara baku.

Brave merupakan browser yang menyediakan cara untuk menyalakan iklan opsional yang memberi imbalan pada pengguna untuk perhatiannya dalam bentuk token utulitas Basic Attention Token atau BAT.

Pengguna nantinya bisa berkontribusi pada situs web serta pembuat token bersamaan dengan kemampuan untuk menyimpan token yang diperoleh. Per bulan Agustus tahun 2021, Brave sudah punya 34.4 juta pengguna aktif bulanan serta 1.2 juta pembuat konten yang terdaftar.

Baca Juga : Pengertian Browser – Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, Fitur, Contoh

Sejarah Brave

Di tanggal 28 Mei tahun 2015, Brendan Eich yakni direktur utama serta Brian Brondy yakni direktur teknologi mendirikan Brave Software. Brave Software lalu merilis versi pertama Brave di tanggal 20 Januari 2016 dengan kemampuan memblokir iklan serta mengumumkan rencana untuk fitur iklan yang menghargai privasi serta program pembagian hasil.

Brave merilis versi tes dari fitur iklan pada peramban miliknya di bulan Juni tahun 2018. Ini adalah versi yang hadir dengan sekitar 250 iklan pramuat serta mengirimkan log mendetail dari aktivitas pemakaian ke Brave dengan tujuan singkat pengujian fungsi.

Brave juga menambahkan dukungan untuk Tor di mode penjelajahan pribadi pada browser untuk desktop di bulan yang sama. Hingga bulan Desember 2018, Brave sudah berjalan memakai Muon yakni cabang dari Electron ang dipasarkan sebagai cabang yang lebih aman.

Meski begitu, pengembang Brave beralih ke Chromium karena kebutuhan untuk mempermudah beban pemeliharan. Brave Software merilis versi terakhirnya berbasis Muon dengan tujuan jika versi ini akan berhenti bekerja dan memberi instruksi pengguna untuk beralih ke versi terbaru.

Di bulan Juni 2019, Brave mulai menguji algoritma pencocokkan aturan pemblokir iklan baru yang diimplementasikan di Rust. Ini bertujuan untuk menggantikan algoritma sebelumnya yang memakai C++.

Algoritma uBlock Origin serta Ghostery memberikan inspirasi logika baru yang diklaim lebih cepat sekitar 69 kali dari algoritma sebelumnya.

Brave merilis versi stabil 1.0 di tanggal 13 November 2019 dengan 8.7 juta pengguna aktif bulanan secara menyeluruh. Ketika itu, diperkirakan ada 3 juta pengguna aktif harian.

Brave versi 1.0 ini berjalan untuk iOS, Android, macOS, Windows serta Linux. Selain itu, versi ini juga mengintegrasikan hampir seluruh fitur unggulan pada semua serambi.

Di bulan November 2020, Brave dikabarkan sudah memiliki 20 juta pengguna aktif bulanan serta melewati angka 25 juta pengguna aktif bulanan di Februari 2021.

Baca Juga : Download Google Chrome 32 / 64-bit

Fitur-fitur Brave

1. Pemblokir Iklan atau Brave Shields

Salah satu fitur unggulan dari Brave adalah pemblokir iklan. Fitur Brave Shields ini berguna untuk memblokir iklan pihak ketiga, pelacak serta video autoputar. Ini merupakan fitur pemblokir iklan aktif secara baku.

Pengguna akan diberikan kendali untuk mengatur setelan pemblokir iklan, skrip serta kuki pada bagian Shields dan Privasi dari peramban.

2. Privasi

Dengan fitur ini, semua data pengguna akan disimpan secara pribadi di peranti pengguna serta tidak bisa diakses pihak ketiga.

Pengguna Brave tidak akan bisa melihat atau menyimpan data penjelajahan sehingga data tetap bersifat pribadi serta tidak bisa dilihat orang lain selain pengguna.

Studi yang dilakukan Profesor Douglas J. Leith dari Universitas Dublin menganalisa privasi browser serta menempatkan Brave di tingkat tertinggi untuk privasi dari beberapa browser yang dilakukan tes.

Brave tidak punya penggunaan pengidentifikasi yang mengizinkan pelacak alamat IP terus menerus. Selain itu, Brave juga tidak membagikan detail laman web yang dikunjungi pada pengguna atau orang lain.

Browser Brave akan melindungi privasi penggunanya dari sidik jari. Dengan begitu, pengguna tidak bisa dilacak berdasarkan properti pirantinya dengan membuat semua sesi penjelajahannya unik.

Tes yang dilakukan Digital Trends menemukan jika Brave merupakan satu-satunya peramban arus utama yang berhasil pada tes Cover Your Tracks dari Electronic Frontier Foundation.

3.Basic Attention Token

Basic Attention Token atau BAT merupakan serambi pertukaran iklan terdesentralisasi serta sumber terbuka berbasis Ethereum.

Kurang dari 30 detik, Brave Software International  SEZC sudah menjual 1 miliar BAT untuk total 156.250 Ethereum atau sekitar 35 juta Dollar Amerika dalam penawaran koin awal di 31 Mei 2017 lalu.

500 juta BAT tambahan dipertahankan oleh perusahaan yang akan dipakai saat promosi pengadopsian serambi. Pada awal bulan Desember 2017, perusahaan mencairkan tahan pertama dari hibah kolam pertumbuhan pengguna.

Ada sebanyak 300 ribu BAT yang didistribusikan ke pengguna baru dalam basis siapa cepat dia dapat.

Baca Juga : Download Mozilla Firefox 32 / 64-bit

4. Brave Rewards

Sejak bulan April tahun 2019, pengguna Brave bisa memilih untuk menyalakan fitur Brave Rewards yang akan mengirimkan pembayaran mikro BAT ke situs web serta pembuat konten.

Pertama-tama, pemilik situs serta pembuat konten diharuskan mendaftar ke Brave sebagai penerbit. Pengguna nantinya bisa menyalakan kontribusi otomatis yang juga akan secara otomatis membagi kontribusi bulanan secara proporsional berdasarkan waktu yang dihabiskan.

Pengguna juga bisa mengirimkan jumlah yang dipilih atau disebut dengan tip ketika mengunjungi situs atau pembuat konten.

Pengguna bisa memilih untuk memperoleh BAT dengan melihat iklan yang ditampilkan sebagai notifikasi sistem. Kampanye iklan akan disesuaikan dengan pengguna berdasarkan riwayat penjelajahan pengguna.

Penargetan tersebut dilakukan secara lokal, tanpa transmisi data personal, menghilangkan kebutuhan pelacakan pihak ketiga. Selain itu, pengguna bisa membeli atau menjual BAT lewat kerjasama Brave dengan Upload Inc yakni penyelenggara pertukaran mata uang digital.

5. Fitur Tambahan

Selain beberapa fitur yang sudah dijelaskan diatas, masih ada beberapa fitur Brave lain yang bisa digunakan oleh pengguna, seperti:

  • Tor: Brave menawarkan dukungan Tor untuk versi desktop. Pengguna nantinya bisa beralih ke penjelajahan dengan Tor yakni dengan klik menu di sudut kanan atas.
  • InterPlanetary File System atau IPFS: Brave menjadi peramban web pertama yang menawarkan dukungan bawaan protokol jaringan antar sejawat dimulai pada bulan Januari 2021.
  • Nama domain Blockchain: Brave mendukung domain terdesentralisasi yakni yang disediakan Unstoppable Domains serta Ethereum Name Services [EBS] per Maret 2021.
  • Agregator berita: Di bulan Desember 2020, Brave mengintegrasikan pembaca berita dipersonalisasi yang fokus pada privasi pengguna dalam browsernya. Fitur ini kemudian berubah nama dari Brave Today menjadi Brave News di tahun 2021.

Baca Juga : Download Opera 32/64bit Update Terbaru

Keuntungan Memakai Brave

  • Kecepatan memuat halaman: Brave mempunyai kecepatan loading halaman yang cepat bahkan lebih cepat dari Google Chrome.
  • Melindungi privacy: Brave punya privasi yang sangat baik. Tanpa perlu memakai incognito mode, Brave sudah bisa melakukan semuanya yaitu melindungi privasi pengguna sebab tracker di website akan diblokir.
  • HTTPS Update: Ini merupakan kemampuan untuk melindungi data pribadi pengguna, data pembayaran dan sebagainya.
  • Hemat waktu: Karena kecepatan Brave memuat halaman, maka bisa menghemat waktu para penggunanya.
  • Bisa menghindari ancaman virus: Selain untuk memblokir iklan dan tracker, Brave juga memberi perlindungan lebih sehingga mengurangi risiko terkena ransomware, malware atau spyware.

Baca Juga : Download Vivaldi 32 / 64-bit untuk Komputer

Download Brave

Brave Browser v1.36.112 (Versi Terbaru)

Brave Browser 64 bit / 92 MBGoogle Drive
Brave Browser 32 bit / 88 MBGoogle Drive
Brave Browser All VersionGithub Assets

Brave Browser v1.33.105 (Versi Lama)

Brave v1.33.105 64bit (Offline Installer) / 52.7MBGoogle Drive
Brave v1.33.105 32bit (Offline Installer) / 82MBGoogle Drive
Brave Setup (Online Installer – Last Version) Google Drive
Brave Linux, MacOS, Android, iOS (Offline Installer)Github Assets
Brave All Version – CompleteBrave Official Link
Sumber Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Brave_(peramban_web)
https://hosteko.com/blog/tentang-web-browser-brave-dan-keuntungan-dalam-penggunaanya
https://en.wikipedia.org/wiki/Brave_(web_browser)
https://www.groovypost.com/explainer/what-is-brave-browser-and-what-makes-it-unique/
https://www.howtogeek.com/449046/what-is-the-brave-browser-and-how-does-it-compare-to-chrome/

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version