22.5 C
Semarang
Wednesday, January 19, 2022

Cara Kerja Internet – Penjelasan Jaringan Sederhana

Adam Muizhttps://adammuiz.com/
The only thing I know is that on the other side of a decision, I'm there. And if I'm there, no matter what path I go, there'll always be something to love.

Artikel Pilihan

Sederhananya Internet merupakan jaringan antar komputer yang saling berkomunikasi. Diawali pada tahun 1960-an sebagai proyek penelitian yang didanai militer AS, kemudian berkembang menjadi infrastruktur publik pada tahun 1980-an dengan dukungan banyak universitas negeri dan perusahaan swasta di Amerika kala itu. Berbagai teknologi pendukung Internet juga ikut berkembang dari waktu ke waktu, tetapi cara kerjanya tidak banyak berubah.

Memahami Jaringan Sederhana

1 Memahami Jaringan Sederhana  P2P
Jaringan Komputer Point- Ke Point

Ketika kita memiliki 2 perangkat komputer baik PC dan laptop kita dapat menghubungkannya dengan menggunakan 2 media, baik secara fisik (biasanya dengan kabel Ethernet) atau secara nirkabel (misalnya dengan sistem WiFi atau Bluetooth). Saat ini semua komputer modern medukung untuk bisa terhubung dengan dua cara koneksi tersebut.

2 Full Network Mesh Topology
Jaringan Komputer Kuno

Jaringan yang dapat saling terhubung seperti itu tidak terbatas pada dua komputer saja. Kita dapat menghubungkan komputer sebanyak yang diinginkan. Tentu saja untuk menghubungkan banyak perangkat akan membutuhkan waktu lebih lama. Jika ingin mencoba menghubungkan, misalnya 10 komputer, dengan cara kuno maka setidaknya memerlukan 45 kabel, dengan sembilan colokan per komputer. Terlalu repot bukan ? mari kita persingkat.

3 Gambar Topologi Bintang Router Jaringan Komputer
Kemajuan Peralatan Jaringan Komputer

Untuk lebih sederhana, komputer di jaringan perlu terhubung ke perangkat kecil khusus yang disebut router. Router ini hanya memiliki sebuah pekerjaan: seperti pemberi sinyal di stasiun kereta api, router ini memastikan bahwa pesan yang dikirim dari komputer tertentu tiba di komputer tujuan yang tepat. Untuk mengirim pesan ke komputer B, komputer A harus mengirim pesan ke router, yang selanjutnya meneruskan pesan ke komputer B dan memastikan pesan tidak terkirim ke komputer C. Setelah menambahkan router ke dalam sistem, untuk menghubungkan jaringan 10 komputer maka hanya akan membutuhkan 10 kabel saja.

Jaringan Dalam Jaringan

Menghubungkan 10 komputer saja mungkin tidak begitu repot, lalu bagaimana jika kita harus menghubungkan ratusan, ribuan atau bahkan miliaran komputer yang tersebar di dunia. Tentu saja dibutuhkan pengaturan jaringan yang lebih kompleks untuk membuat seluruh dunia untuk bisa saling terhubung.

4 Jaringan Komputer Koneksi Antar Router
Terhubung ke Lebih Banyak Jaringan

Sebelum menjelaskan lebih jauh kita akan membahas terlebih dulu cara menghubungkan router ke router lainnya yang juga terhubung dengan banyak komputer. Jadi kita bisa membuat jaringan komputer di dua bangunan yang berbeda saling terhubung dengan bantuan satu router di tiap bangunan. Dengan begitu kitab isa membuat jaringan ruangan antar ruangan ke bangunan antar bangunan pada suatu wilayah kecil seperti di sekolah, tempat kerja dan lainnya. Kita perlu mempelajari cara kerja jaringan kecil terlebih dulu sebelum memahami ke jaringan yang lebih luas seperti internet.

Siapa saja bisa membuat komputernya terhubung ke internet, namun tentu tidak mungkin setiap orang satu persatu menghubungkan jaringannya sendiri ke jaringan orang lain di seluruh dunia. Komputer yang dijadikan sebagai host dan komputer yang difungsikan untuk mengakses internet saja berbeda. Jika kamu berencana ingin menjadikan komputermu menjadi menampung webserver yang bisa diaskes oleh publik, maka bisa memperoleh jatah IP publik yang diatur IANA (Internet Assigned Numbers Authority), namun sangat jarang seseorang menggunakan komputernya sendiri untuk terhubung ke internet dan menjadikannya web server. Umumnya orang membuat situs web dan menginstall web server dengan menyewa melalui penyedia hosting yang banyak ditemukan diinternet. Biasanya untuk komputer peribadi menghubungkan jaringan memiliki tujuan untuk mengakses internet saja, dan bukan menjadikannya menjadi host.

Menghubungkan Jaringan Komputer Lokal ke Internet dengan Modem ISP
Menghubungkan Jaringan Komputer Lokal ke Modem Internet

Jika ingin menggunakan komputer untuk mengakses internet saja, kita perlu menghubungkan jaringan ke ISP (Internet Service Provider). ISP atau lebih dikenal sebagai Penyedia Layanan Internet adalah perusahaan yang mengelola beberapa router khusus yang semuanya terhubung dan juga dapat mengakses router ISP lain. Jadi nantinya jaringan kita dibawa melalui jaringan jaringan ISP ke jaringan tujuan yang terhubung dengan dunia. Internet terdiri dari seluruh infrastruktur jaringan yang terhubung ke seluruh dunia.

Menemukan Jaringan Komputer

Jika ingin mengirim pesan ke komputer, kita perlu menentukan tujuan. Jadi setiap komputer yang terhubung ke jaringan memiliki alamat unik yang mengidentifikasinya, yang disebut “alamat IP” (di mana IP adalah singkatan dari Internet Protocol). IP Address merupakan alamat yang terbuat dari rangkaian empat angka yang dipisahkan oleh titik, sebagai contohnya : 192.168.2.10. Umumnya saat kita mengunjungi sebuah web, jaringan yang kita gunakan akan menirim pesan informasi untuk mengakses jaringan yang dituju, yang nantinya web tersebut akan merespon balik dengan mengirimkan data yang akan kita muat pada aplikasi browser yang digunakan.

IP Server dan Nama Domain Web

Alamat semacam itu mungkin awam bagi manusia, dan akan lebih kesulitan untuk mengingatnya. Untuk mempermudah, kita bisa membuat alias alamat IP dengan nama yang bisa dibaca manusia yang disebut nama domain. Misalnya google.com adalah nama domain yang digunakan di oleh alamat IP 216.239.38.120. Jadi menggunakan nama domain untuk mengunjungi server situs yang kita tuju merupakan cara termudah untuk mengingatnya.

Internet dan web

Seperti yang sering kita perhatikan, ketika menjelajahi Web dengan browser, umumnya pengguna internet menggunakan nama domain untuk membuka situs web. Apakah itu berarti Internet dan Situs Web merupakan hal yang sama? tidak bisa disamakan sesederhana itu. Seperti yang kita lihat, Internet merupakan infrastruktur teknis yang memungkinkan miliaran komputer terhubung bersama-sama. Di antara komputer tersebut, beberapa komputer digunakan sebagai Web Server dapat mengirim data yang diminta oleh pengguna melalui browser web. Internet merupakan infrastruktur, sedangkan Web termasuk layanan yang dibangun di atas infrastruktur. Kalau di ibaratkan, internet merupakan infrastruktur seperti jalan yang menghubungkan dunia, sementara web bisa dibayangkan seperti sebuah alamat tempat atau bangunan yang ingin kita tuju.

Perbedaan Intranet dan Ekstranet

Intranet merupakan jaringan pribadi yang dibatasi untuk anggota organisasi tertentu saja. Jaringan ini biasanya digunakan untuk menyediakan portal bagi anggota sehingga dapat mengakses sumber daya bersama, berkolaborasi, dan berkomunikasi dengan aman. Misalnya, intranet organisasi mungkin menghosting halaman web untuk berbagi informasi kepada anggota departemen atau tim.

Extranet sangat mirip dengan Intranet, bedanya jaringan Extranet membuka semua atau sebagian dari jaringan pribadi untuk memungkinkan berbagi dan berkolaborasi dengan organisasi lain. Jaringan ini biasanya digunakan untuk berbagi informasi dengan aman kepada klien dan pemilik kepentingan yang bekerja sama dengan bisnis. Seringkali fungsinya mirip dengan yang disediakan oleh intranet: berbagi informasi dan file, alat kolaborasi, papan diskusi, dll.

Perbedaan Internet, Intranet dan Ekstranet

Baik intranet maupun ekstranet berjalan pada jenis infrastruktur yang sama dengan Internet, dan menggunakan protokol yang sama. Oleh karena itu mereka dapat diakses oleh anggota yang berwenang dari lokasi fisik yang berbeda.

[Total: Rata-rata: ]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa