Download Cisco Packet Tracer – 2022 Terbaru – Original Gratis

Adam Muiz
Adam Muizhttps://adammuiz.com/
The only thing I know is that on the other side of a decision, I'm there. And if I'm there, no matter what path I go, there'll always be something to love.

Salam Kenal

Artikel Pilihan

Banyak orang saat ini sangat mengandalkan internet untuk membantu dalam bidang apapun. Bagaimana tidak? internet mampu menghubungkan orang diseluruh dunia untuk bisa saling berkomunikasi dan bertukar informasi. Kemudahan ini terjadi karena adanya perkembangan jaringan komputer yang menjadi akar dari sejarah internet.

Awalnya dari sistem jaringan yang sederhana antara dua komputer hingga tersusun menjadi jaringan bersekala besar. Untuk mempelajari bagaimana proses menghubungkan jaringan antar komputer kita tidak perlu repot memiliki banyak komputer dan peralatan penghubungnya. Saat ini untuk mempelajari jaringan kita bisa memanfaatkan aplikasi simulator. Salah satu aplikasi simulator jaringan komputer yang terkenal yaitu Cisco Packet Tracer.

Pengertian Cisco Packet Tracer

Secara umum definisi Cisco Packet Tracer adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk simulator merancang sebuah jaringan komputer. Dengan Packet Tracer kita mampu mensimulasikan mulai jaringan paling dasar hingga tingkat paling kompleks. Saat ini aplikasi Cisco Packet Tracer tersedia dan dapat digunakan untuk banyak perangkat sistem operasi seperti windows, linux dan macos. Kita dapat mendownload Packet Tracer secara gratis melalui link resminya yaitu di web netacad.com.

Cisco Systems Inc merupakan perusahaan teknologi informasi ternama dunia yang menerbitkan sebuah sertifikasi internasional di bidang jaringan komputer bernama CCNA (Cisco Certified Network Associate). Sertifikat CCNA digunakan untuk membuktikan bahwa seseorang memiliki keahlian dalam bidang jaringan komputer dengan kemampuan dapat melakukan instalasi, konfigurasi dan troubleshooting pada infrastruktur sebuah jaringan komputer. Sertifikasi ini biasanya diperlukan jika kita ingin melamar pekerjaan di sebuah peruasahaan pada bagian IT.

Download Cisco Packet Tracer

Untuk mendownload cisco melalui web resminya maka kamu perlu mendaftarkan akun untuk mengikuti kursus gratis. Dengan mendaftarkan akun maka kita bisa memiliki akses untuk mengunduh aplikasi Cisco Packet Tracer.

  1. Daftar akun untuk mengikuti kursus gratis melalui web netacad.com.
  2. Pada form pendaftaran isikan kolom dengan data sesuai yang diminta.
  3. Lakukan aktivasi akun melalui email yang diterima.
  4. Buat Password dan kunjungi halaman Download Packet Tracer
  5. Jika kamu kesulitan download Cisco Packet Tracer melalui official link, silahklan gunakan alternatif link dibawah ini.

Free Download Cisco Packet Tracer v8.0.1 English

Cisco Packet Tracer 32Bit (Windows)Download
Cisco Packet Tracer 64Bit (Windows)Download
Cisco Packet Tracer (Linux Ubuntu)Download
Cisco Packet Tracer (macOS)Download

Jika kamu masih bingung untuk detail langkah download cisco original silahkan simak video tutorial dibawah ini.

Setelah kamu berhasil medownload cisco melalui official link di netacad silahkan lakukan instalasi dan kemudian packet tracer siap untuk digunakan sebagai simulator jaringan komputer.

Fungsi

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cisco memiliki tiga fungsi utama yaitu instalasi, konfigurasi dan troubleshooting sebuah jaringan komputer. Dengan menggunakan software Cisco Packet Tracer kita mampu mensimulasikan sebuah jaringan mulai dari melakukan instalasi antar perangkat dan peralatan jaringan, konfigurasi sistem dan juga trobleshooting menemukan masalah yang terjadi pada jaringan.

Cisco Packet Tracer digunakan untuk belajar mengenai jaringan komputer, disini kita bisa mensimulasikan jaringan sederhana seperti P2, topologi star, topologi bus, topologi tree, topologi mesh, dan berbagai macam topologi jaringan lain yang lebih kompleks.

Contoh Cara Menggunakan

Setelah kita memiliki akun dengan cara mendaftar kurus di situs netacad dan telah mendownload software cisco kemudian kita bisa menggunakannya. Akun yang kita daftarakan tersebut nantinya juga akan kita gunakan untuk login saat akan menggunakan aplikasi cisco.

1. Memilih Perangkat Jaringan

Setelah menginstal Packet Tracer, pertama kita perlu mengenal menu dan fitur yang akan digunakan untuk mesimulasikan sebuah jaringan nantinya. Sembari mengenal antarmuka aplikasi cisco, kita juga akan belajar cara menghubungkan dua computer melalui sebuah router.

Untuk mulai mengonfigurasi router, buka Packet Tracer dan pilih router dari sudut kiri bawah. Seret router ke tengah kanvas.

Selanjutnya kita akan menyiapkan jaringan dasar yang memungkinkan dua komputer untuk berkomunikasi satu sama lain. Sekarang pilih End Devices dari sudut kiri bawah dan menyeret ikon PC ke kanvas utama. Tambahkan satu lagi sehingga total terdapat dua komputer dan posisikan di bagian bawah dan diantara router seperti gambar berikut.

Pada tahap ini, kita akan menghubungkan perangkat dengan kabel. Untuk menghubungkan router dan komputer, kita perlu menggunakan kabel crossover. Pilih Connections dari sudut kiri bawah, lalu pilih jenis kabel Copper Cross-Over. Sekarang klik pada Router0 dan sambungkan kabel melalui FastEthernet0/0:

Setelah selesai melakukannya, klik PC0 dan pilih FastEthernet. Tautan akan dibuat antara kedua perangkat. Terlihat sebuah titik-titik merah di setiap sisi kabel menandakan bahwa jaringan tersebut belum berfungsi. Setelah koneksi berhasil dibuat, kita perlu mengubah titik merah menjadi warna hijau yang menunjukan bahwa koneksi yang kita buat berhasil.

Menghubungkan Perangkat Jaringan Dengan Kabel Koaksial (Copper Cross-Over)

Sekarang hubungkan PC1 dan sambungkan kabel ke FastEthernet0/1 (Jangan menggunakan FastEthernet0/0 karena sudah digunakan oleh PC0). Jaringan akan terlihat seperti gambar berikut:

2. Mengonfigurasi Router

Pada poin ini, router perlu kita aktifkan dan konfigurasi terlebih dulu. Untuk setting router, klik ikon router akan muncul sebuah menu konfigurasi. Tekan On hingga lampu hijau kecil di bawah sakelar aktif untuk menyalakan Router:

Saat ini semua prangkat tersebut terhubung secara fisik dan belum aktif sepenuhnya. Langkah selanjutnya yaitu membuka port Ethernet untuk menghubungkan jaringan. Klik pada tab CLI untuk memunculkan menu konfigurasi. Menu konfigurasi bertindak sama seperti Cisco IOS:

Tekan RETURN untuk memulai sesi

Ketik enable untuk mengaktifkan

Ketik config terminal (atau singkatnya config t) untuk mengakses menu konfigurasi.

Ketik interface fastethernet0/0 untuk mengakses Ethernet0/0.

Ketik IP address 192.168.10.1 255.255.255.0 untuk menetapkan alamat IP dan subnet mask ke antarmuka.

Ketik no shutdown untuk menyelesaikan.

Jika sudah akan muncul beberapa informasi mengenai hasil konfigurasi.

Sekarang kita perlu mengulangi proses untuk mengkonfigurasi fastethernet0/1 mengaktifkan koneksi ke PC1. Di sini nanti kita akan menginputkan alamat IP yang berbeda.

Tekan Ctrl + Z untuk kembali ke mode sebelumnya

Ketik config terminal (atau singkatnya config t) untuk mengakses menu konfigurasi.

Ketik interface fastethernet0/1

Ketik IP address 192.168.20.1 255.255.255.0

Ketik no shutdown

Setelah menyelesaikan langkah-langkah ini, router telah dikonfigurasi! Namun, jika kita menjalankan tes ping, akan menemukan bahwa komputer tidak berkomunikasi karena kita belum setting computer  PC0 dan PC1.

3. Konfigurasi Gateway Di Packet Tracer

Langkah terakhir yaitu mengkonfigurasi gateway pada setiap komputer desktop. Gateway merupakan alamat yang ditetapkan ke port Ethernet yang terhubung dengan desktop. Gateway memungkinkan komputer untuk berinteraksi dengan jaringan lain, dan tes ping tidak akan berfungsi tanpanya.

Klik pada PC0 untuk membuka menu konfigurasi. Buka Tab Config > Global > Setting dan temukan kolom gateway. Di bagian gateway, masukkan alamat IP antarmuka router, yaitu 192.168.10.1.

Selanjutnya klik tab FastEthernet di kolom sebelah kiri untuk mengatur alamat IP komputer di jaringan. Masukkan 192.168.10.2 untuk alamat IP dan 255.255.255.0 untuk subnet mask.

Ulangi proses untuk PC1 tetapi gunakan 192.168.20.1 untuk alamat gateway, 192.168.20.2 untuk alamat IP, dan 255.255.255.0 untuk subnet mask.

Untuk memastikan bahwa jaringan berfungsi, kita dapat mengirim paket dari PC0 ke PC1 dan PC1 ke PC0. Untuk melakukan ini perlu mengklik ikon paket (ikon amplop) dari menu di sisi kanan layar:

Mensimulasikan mengirim pesan dari PC ke PC melalui Router

Sekarang klik pada PC0 dan PC1. Di kanan bawah layar akan terlihat kotak pesan yang mengatakan “Sucess”. Jika koneksi tidak berhasil, periksa kembali alamat IP atau perintah konfigurasi router yang dimasukkan sebelumnya. Kesalahan sintaks sering dapat menyebabkan koneksi gagal.

Test Koneksi Jaringan dengan Ping Melalui Command Prompt PC

Setelah menyelesaikan semua langkah ini, sekarang kita memiliki jaringan fungsional. Meskipun ini merupakan topologi sederhana dengan dua komputer saja sedangkan jaringan perusahaan jauh lebih kompleks. Namun penjelasan ini akan membantu mengajari kita beberapa prinsip dasar yang dapat dijadikan wawasan saat mengelola jaringan yang lebih besar.

Soal Latihan Cisco Packet Tracer

terdapat sejumlah topologi yang dapat digunakan untuk membangun jaringan yang aman, kuat, dan mudah dikelola. Beberapa konfigurasi yang paling banyak digunakan antara lain yaitu:

Contoh Macam Macam Topologi Jaringan Sederhana
  • Topologi Bus – Juga dikenal sebagai topologi jaringan backbone, konfigurasi ini menghubungkan semua perangkat ke kabel utama melalui jalur drop. Keuntungan topologi jaringan bus terletak pada kesederhanaannya, karena kabel yang dibutuhkan lebih sedikit daripada topologi alternatif, yang tentunya akan memudahkan pemasangannya.
  • Topologi Mesh — Koneksi point-to-point khusus menghubungkan setiap perangkat di jaringan ke perangkat lain yang hanya membawa data antara dua perangkat. Saat ini jarang digunakan karena membutuhkan terlalu banyak kabel.
  • Topologi Ring – Dua tautan point-to-point khusus menghubungkan perangkat ke dua perangkat yang terletak di kedua sisinya. Jaringan ini berbentuk mirip cincin dengan model dimana data diteruskan melalui repeater hingga mencapai perangkat target.
  • Topologi Star – Topologi jaringan yang paling banyak digunakan, topologi bintang menghubungkan setiap perangkat dalam ke hub pusat. Perangkat hanya dapat berkomunikasi satu sama lain secara tidak langsung melalui hub pusat.
  • Topologi Hybrid – merupakan kombinasi dari dua atau lebih topologi dalam sebuah jaringan.

Untuk soal latihannya yaitu buat model jaringan topologi yang sudah disebutkan tersebut. Dengan menggunakan cisco kita bisa mempraktekan membuat sebuah jaringan.

Salam kenal dari Adam Muiz !
Support mencapai 1000 Subscriber yuk
😁 Terimakasih
Follow Adam Muiz on WordPress.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis