Pengertian Distributor : Tugas, Fungsi, Jenis dan Strategi

Salam Kenal

Artikel Pilihan

Dalam dunia bisnis, kata distributor seringkali terdengar. Distributor ini adalah penyalur barang dari produsen ke konsumen. Distributor merupakan bagian yang tidak lepas dari sebuah proses distrbusi barang sebab aktivitasnya penting sebagai penyalut ke konsumen akhir.

Pengertian Distributor

Jika dilihat secara umum, pengertian distributor merupakan pihak yang membeli produk langsung dari produsen lalu dijual kembali ke retauler atau pengecer dan pada konsumen end user. Sedangkan kegiatan yang dilakukan distributor dinamakan dengan distribusi.

Dari KBBI, definisi distribusi adalah pembagian pengiriman barang ke konsumen di beberapa tempat. Pengertian lainnya adalah pergerakan barang dari suatu perusahaan manufaktur sampai ke pasar sehingga nantinya bisa dibeli konsumen.

Tugas dan Fungsi Distributor

Fungsi utama distributor adalah sebagai perantara produsen dengan retailer atau pengecer atau konsumen. Dari fungsi utama ini, fungsi distributor bisa dibagi kembali menjadi beberapa bagian, yakni:

  • Membeli produk: Distributor memiliki tugas membeli produk dari pedagang atau produsen yang lebih besar.
  • Menyimpan produk: Distributor bertugass menyimpan produk yang sudah dibeli di dalam gudang sampai batas waktu tertentu dan akan disalurkan ke konsumen atau pengecer.
  • Menjual produk: Distributor bertugas menjual produk ke konsumen akhir atau pengecer dengan harga lebih tinggi dari pembelian supaya bisa memperoleh keuntungan.
  • Pemindahan produk: Distributor bertugas untuk mengangkut atau memindahkan produk dari gudang untuk diserahkan ke konsumen atau pengecer. Sedangkan biaya proses pemindahan akan dimasukkan ke harga jual produk.
  • Klasifikasi produk: Distributor bertugas mengklasifikasikan atau memilah produk atas dasar ukuran, jenis, kualitas dan sebagainya sesuai dengan produk yang ada.
  • Informasi produk: Distributor wajiba memberi informasi berhubungan dengan perkiraan harga serta pemasaran barang di waktu tertentu yang dilakukan pelaksana lapangan.
  • Promosi produk: Distributor bertugas melakukan kegiatan promosi untuk memperkenalkan produk yang dijual ke konsumen dengan cara menjelaskan mutu, jenis, manfaat serta harga.

Jenis Distributor

Distributor bisa dikelompokkan menjadi beberapa jenis berdasarkan proses distribusinya. Berikut adalah pengelompokkan dari jenis distributor tersebut:

  • Distributor barang: Distributor yang melakukan kegiatan dengan cara menyalurkan barang fisik. Produsen nantinya akan mempercayakan langsung barang yang di produksi untuk disalurkan ke konsumen atau pengecer.
  • Distributor jasa: Tidak menyalurkan produk secara fisik namun dalam bentuk jasa. Distributor ini bisa menargetkan konsumen secara langsung tentang jasa yang ditawarkan. Contohnya seperti jasa keuangan dari bank ke nasabah.
  • Distributor perorangan: memiliki proses distribusi yang sedikit berbeda namun tetap memiliki kemiripan dalam dengan distributor jasa. Distributor perorangan sering ada di bisnis MLM dimana proses penyaluran dari produsen ke distributor pribadi kemudian disalurkan menuju konsumen.

Perbedaan Distributor, Supplier, Agen dan Reseller

Distributor, supplier, agen dan juga reseller punya peran yang hampir sama yakni menyalurkan produk dari suatu produsen ke konsumen. Meski begitu, ada beberapa perbedaan dari keempat jenis tersebut, seperti:

  • Distributor: Kelompok atau individu yang membeli produk dari produsen kemudian dijual ke pedagang lain atau konsumen langsung. Perantara lain tersebut bisa beragam seperti reseller dan agen.
  • Supplier: Perusahaan atau individu yang menjual barang mentah untuk diolah kembali oleh pabrik seblum siap menjadi barang jadi. Ini menjadi pembeda utama dari distributor dan supplier yakni dari jenis barang yang dijual.
  • Agen: Kelompok atau individu yang menjadi perpanjangan tangan distributor. Agen memiliki tugas menjangkau konsumen yang tidak dapat dijangkau distributor secara langsung. Umumnya, agen akan mengambil barang dari distributor.
  • Reseller: Individu yang mengambil barang untuk dijual kembali secara langsung ke konsumen. Jumlah produk penghasilan dari reseller lebih sedikit dibandingkan dengan agen dan distributor. Akan tetapi sekaragn iini reseller menjadi pekerjaan yang disenangi karena efisien pada sistem penjualan online.

Cara Pemasaran Terbaik Untuk Distributor

Proses distribusi yang dilakukan distributor berguna untuk mempercepat pemasaran produk. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan distributor untuk memasarkan produk tersebut, seperti:

  • Rantai distributor: Kunci dalam pemasaran produk dimana distributor harus memperluas rantai distribusi ke semua arah. Distributor harus menawarkan pada orang lain agar bisa menjadi pengecer atau distributor sehingga akan banyak distributor dan pengecer yang menjual suatu produk.
  • Persaingan harga: Konsumen akan lebih mencari barang yang terjangkau ketika memiliki jenis dan kualitas yang hampir sama. Distributor harus bisa mengerti kondisi pasar serta memikirkan harga yang ditawarkan supaya tidak terlalu tinggi.
  • Perputaran produk: Dengan bekerjasama di dalam penyaluran barang dengan pengecer, distributor lain, agen dan reseller, maka proses penyaluran produk ke konsumen bisa lebih cepat dan bagus untuk produsen.

Kemampuan yang Harus Dimiliki Distributor

Jika ingin memulai sebuah bisnis distribusi, maka ada beberapa hal yang harus dimiliki supaya usaha distribusi yang dilakukan bisa berjalan dengan sukses. Berikut adalah beberapa hal yang harus dimiliki ditributor supaya bisnisnya bisa berjalan dengan lancar:

1. Kemampuan Negoisasi

Jika ingin menghasilkan profit, maka pertimbangkan untuk membeli barang dengan harga yang lebih rendah dibandingkan nilai grosir rata-rata di pasar. Ini mengharuskan distributor untuk bernegoisasi dengan produsen.

Tujuannya adalah supaya bisa memperoleh harga yang baik sehingga bisa menjual barang kembali dengan harga pasar dan margin yang diperoleh semakin tinggi.

2. Kemampuan Manajemen Logistik

Pekerjaan yang utama dari seorang distributor adalah mengangkut produk serta diantarkan ke klien. Ini berarti perusahaan memiliki tanggung jawab untuk mengambil barang dari produsen, menyimpan di gudang serta dikirimkan tepat waktu ke klien.

Jika manajemen logistik tidak diterapkan dengan baik dan pengiriman tepat waktu tidak dilakukan, maka klien bisa berpindah ke distributor lainnya. Manajemen logistik bisa dikatakan menjadi hal yang penting untuk mempertahankan hubungan dengan klien.

3. Kemampuan Key Account Management

Ini merupakan keterampilan untuk mempertahankan serta meningkatkan reputasi pada klien. Key account management merupakan usaha membangun hubungan baik serta sustainable dengan klien.

4. Kemampuan Pemasaran

Agar bisa memperoleh konsumen yang tepat, maka cara memasarkan produk pada klien baru dan cara mendekati klien harus bisa dikuasai. Pelajari tentang cara distributor lain melakukan usaha pemasaran yang efektif, tepat dan juga efisien.

Strategi Distributor

1. Melakukan Promosi Produk

Produk yang ditawarkan serta dijual ke konsumen harus lebih dulu diperkenalkan pada konsumen. Kegiatan ini harus dilakukan secara menarik yang biasanya disebut dengan istilah promosi.

Salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah melakukan kegiatan promosi produk ini untuk memikat para konsumen. Dengan begitu, daya beli konsumen bisa meningkat dan membuat proses distribusi serta produksi semakin lancar.

2. Memberi Potongan Harga

Harga yang lebih murah tentunya disenangi konsumen sehingga tidak keberatan mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli produk tersebut. Untuk itulah, distributor harus bisa menyiasati permainan harga tersebut.

Potongan harga bisa diberikan untuk beberapa produk seperti produk baru. Dengan begitu, kegiatan distribusi bisa dilakukan dengan lebih mudah.

3. Cara Belanja yang Mudah

Proses belanja yang mudah untuk konsumen juga bisa diberikan seperti belanja online sehingga bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja oleh konsumen.

Proses belanja yang cepat nantinya bisa membuat konsumen puas. Contohnya seperti metode pembayaran cepat dan praktis sehingga konsumen bisa melakukan pembayaran tanpa kendala yang berarti.

Sumber Referensi

https://finata.id/pengertian-distributor-fungsi-dan-jenisnya/
https://pendidikan.co.id/pengertian-distributor-fungsi-jenis-tugas-dan-rantai-distribusi/
https://jagad.id/pengertian-distributor/
https://www.sosial79.com/2021/08/Pengertian%20Distributor.html
https://www.bola.com/ragam/read/4642335/pengertian-distribusi-jenis-sistem-lembaga-dan-fungsinya

Kenalan dengan Adam yuk !
Mohon bantu saya mencapai 1000 Subscriber
😁 Terimakasih
Follow Adam Muiz on WordPress.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis