32 C
Semarang
Wednesday, December 8, 2021

Download Elementary OS 6 Free ISO Last Version

Artikel Pilihan

Elementary OS adalah distro Linux berbasis Ubuntu. Ini adalah distro yang memakai desktop manager sendiri bernama Pantheon. Didalamnya sudah terintegrasi dengan aplikasi bawaan elementary OS yang lain seperti Plank, peramban web GNOME web serta Scratch.

Pada awalnya, Elementary OS berawal dari satu paket tema serta aplikasi yang ditujukan untuk Ubuntu. Sesudah itu baru berubah fungsi menjadi distro Linux tesendiri. Sebagai turunan Ubuntu, maka Elementary OS kompitabel dengan repositori serta paket Ubuntu.

Baca Juga : Pengertian Linux – Sejarah, Fitur dan Contoh Distro

Filosofi Desain Elementary OS

Pedoman antarmuka dari proyek Elementary OS ini fokus pada kegunaan langsung dibandingkan kustomisasi penuh. Ada 3 aturan inti yang ditetapkan pengembang yakni ringkas, konfigurasi yang bisa diakses dan dokumentasi minimal.

Sejak awal, Elementary OS sudah mendaat pujian dan kritik dari segi desainnya. Wired mengklaim jika itu sangat mirip dengan macOS secar visual dan pengalaman pengguna.

Pengembang dasar terus mempertahankan jika kesamaan apa pun tidak terjadi karena disengaja. Cangkang utama Pantheon sangat terintegrasi dengan aplikasi Elementary OS yang lain. Contohnya seperti Plank, Web dan juga Code. Distribusi ini memakai Gala sebagai pengelola jendelanya yang berbasis di Mutter.

Baca Juga : Download Linux Ubuntu Desktop ISO 32 64-bit Gratis

Perilisan Versi Elementary OS

1. Jupiter

Ini merupakan versi stabil pertama dari Elementary OS yang dirilis pada tanggal 31 Maret 2011 dan berdasarkan Ubuntu 10.10. Di bulan Oktober 2012, Elementary OS ini tidak lagi didukung sehingga tidak lagi tersedia untuk diunduh dari situs web Elementary OS resmi kecuali dalam kapasitas historis.

2. Luna

Di bulan November tahun 2012, versi beta pertama dari Elementary OS dengan kode Luna dirilis memakai Ubuntu 12.04 LTS sebagai basisnya.

Versi beta kedua dari Luna kemudian dirilis pada tanggal 6 Mei 2013 dengan membawa lebih dari 300 perbaikan bug serta beberapa perubahan. Contohnya seperti meningkatan dukungan untuk beberapa perlokalan, dukungan beberapa tampilan serta aplikasi yang diperbarui.

Di tanggal 7 Agustus 2013, jam hitung mundur muncul pada situs resmi dengan hitungan mundur sampai tanggal 10 Agustus 2013. Versi stabil kedua dari Elementary OS Luna dirilis pada hari yang sama bersamaan dengan perombakan total serta desain ulang situs web Elementary OS.

3. Freya

Isis adalah nama versi ketiga dari Elementary OS yang diusulkan pada bulan Agustus 2013 oleh Danielle Fore yakni pemimpin proyek. Sesudah itu, baru diubah menjadi Freya untuk menghindari hubungan dengan kelompok teroris ISIS.

Baca Juga :  Web Developer : Pengertian, Profesi, Macam Jenis, Gaji, Tugas, Skill dan Tips

Versi ini didasarkan dengan Ubuntu 14.04 LTS yang rilis pada April 2014. Beta pertama dari Freya dirilis tanggal 11 Agustus 2014. Sedangkan beta kedua Freya dirilis tanggal 8 Februari 2015.

Kemudian, versi final dirilis tanggal 11 April 2015 sesudah jam hitung mundur muncul pada situs web 8 hari sebelumnya. Freya sudah diunduh 1.2 juta kali.

Sejalan dengan niat Elementary OS untuk memperluas jangkauan perangkat lunak sumber terbuka, 73% unduhan Freya berasal dari sumber sistem operasi tertutup. Di tahun 2015, pengembang Elementary OS mengubah halaman unduhan ke default.

Baca Juga : Download Peppermint OS Versi Terbaru Gratis

4. Loki

Elementary OS 0.4 yang dikenal dengan nama kode Loki rilis pada tanggal 9 September 2016. Loki ini dibangun di atas versi dukungan jangka panjang Ubuntu yag rilis awal tahun serta beberapa kernel yang juga diperbarui.

Loki mengubah notifikasi sistem opersi serta menambahkan beberapa perangkat lunak dasar yang baru. Ini memungkinkan pengguna untuk mengatur preferensi tampilan notifikasi.

Selain itu, indikator bilah menu notifikasi juga diperbarui sehingga menampilkan informasi dari notifikasi seperti judul email.

Sistem operasi juga menambahkan integrasi semua sistem untuk akun online Last.fm serta FastMail denga layanan lain dalam pengembangan. Loki juga menggantikan browser web Midori Freya dengan Epiphany yakni browser berbasis Webkit2 denan kinerja yang jauh lebih baik.

Sesudah Yorba Foundation yang mengembangkan klien email Geary dibubarkan, Elementary OS bercabang Geary sebagai Mail sekaligus menambahkan fitur visual serta integrasi yang baru.

Pada fitur kalender baru, nantinya pengguna bisa mendeskripsikan acara dalam bahasa yang alami, ditafirkan serta ditempatkan oleh program kalender pada bidang waktu serta deskripsi yang tepat ketika membuat acara.

Elementary OS juga membuat toko aplikasinya sendiri yang lebih menyederhanakan proses penginstalan serta pembaruan aplikasi. Pendiri proyek yakni Danielle Fore menyebut AppCenter sebagai fitur terbesar pada perilisan Loki.

Ia juga mencatat peningkatan kecepatannya dibandingkan metode instalasi yang lain serta manfaat pengembangan internal untuk alat pemutakhiran Ubuntu.

5. Juno

Elementary OS 5.0 yang dinamakan dengan kode Juno ini rilis pada tanggal 16 Oktober tahun 2018 yang lalu. Pembaruan membawa perubahan di sistem bayar apa yang anda inginkan dari AppCenter dan fitur Lampu Malam untuk mengubah warna layar pada malam hari.

Ditambah juga ubin jendela yang bisa disesuaikan serta beberapa fitur baru lainnya untuk desktop Pantheon serta aplikasi Elementary OS. Pembaruan juga berisi fitur Housekeeping baru pada pengaturan yang berguna untuk menghapus file sampah dan file sementara sesudah interval waktu tertentu.

Baca Juga :  Download Windows 11 Gratis Ori Terbaru

Jack Wallen yang menulis untuk TechRepublic memberi pujian untuk pembaruan tersebut karena membawa perubahan halus serta ikut meningkatkan Loki.

Jason Evangelho yang menulis untuk Forbes juga mengatakan jika pembaruan tersebut terlihat elegan dan membuat Juno semakin berfungsi dengan baik.

Di bulan November tahun 2018, Juno sudah diunduh lebih dari 160 ribu kali dengan 1% orang yang memilih untuk membayar.

Baca Juga : Download Debian 11 ISO 32/64bit Last Version

Pemasangan Elementary OS

Elementary OS tersedia gratis atau bebas biaya lewat pengunduhan berkas ISO, BitTorrent atau Live CD/USB. Ini akan mengizinkan pengguna untuk bisa mencobanya tanpa harus melakukan pemasangan di harddisk.

Sedangkan installernya adalah Ubiquilty yakni installer standar untuk Ubuntu dan sistem operasi turunannya.

Baca Juga : Download Linux Mint 20.2 Lengkap Versi Terbaru

Daftar Rilis Elementary OS

Versi Elementary OS yang dirilis adalah Jupiter yakni pada bulan Maret 2011 berbasis Ubuntu 10.10. Sejak bulan oktober 2012, versi ini tidak lagi didukung dan tidak lagi bisa diunduh pada situs resmi elementary OS.

Di bulan November 2012, versi beta pertama Elementary OS yakni Luna dirilis memakai Ubuntu 12.04 LTS sebagai dasarnya. Versi beta kedua Luna dirilis 6 Mei 2013 dan sudah dilakukan perbaikan 300 bug serta beberapa perubahan seperti meningkatkan dukungan untuk banyak localization, dukungan layar ganda serta pembaruan beberapa aplikasi.

Kemudian di tanggal 7 Agustus 2013, jam hitung mundur muncul di situs resmi Elementary OS yang berakhir di 10 Agustus 2013. Versi stabil kedua dari Elementary OS Luna ini dirilis pada 10 Agustus 2013 dengan perubahan total serta desain ulang situs resmi.

Di tanggal 11 April 2015, Elementary OS dengan kode Freya dirilis dengan beberapa peningkatan. Di tanggal 13 Juni 2016, Elementary OS Loki dirilis  dan menjadi rilis tidak stabil pertama dari Elementary OS Loki serta mengimplementasikan lebih dari 20 cetak biru serta lebih dari 800 bug ditutup dan peningkatan lainnya. Terakhir di tanggal 4 Juni 2020, Elementary OS 5.1.5 Hera dirilis dengan beberapa perbaikan bug berdasarkan Ubuntu 18.04 LTS.

Baca Juga : Download Lubuntu ISO 32/64bit

Download Elementary OS

===* Elementary OS Installer *===
Elementary OS 6 / 2.2 GBGoogle Drive (Alt Link)
Elementary OS 6 / 2.2 GBOfficial Link Lubuntu

Tidak Bisa Download dari Google Drive dan Server Official ? Laporkan link rusak pada admin melalui email [email protected] atau Unduh File lewat Torrent

===* Elementary OS Downloader *===
Elementary OS 6 / Need Torrent DownloaderOfficial Link Lubuntu

Note : Lapor Admin dengan komen atau lewat halaman kontak di bawah jika ada link rusak atau tidak dapat diakses.

Baca Juga : Langkah Cara Instal Linux Ubuntu Desktop

Sumber Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Elementary_OS
https://jagad.id/elementary-os/
https://www.dirga.id/2020/07/elementary-os.html

[Total: 1 Rata-rata: 5]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa