Download Debian 11 ISO 32/64bit Terbaru

Salam Kenal

Artikel Pilihan

Ada 3 jenis sistem operasi komputer yang sekarang ini banyak dipakai yakni Windows, MacOS dan juga Linux. Debian menjadi salah satu jenis sistem operasi Linux yang banyak dipakai. Meski memang kurang terkenal, namun sistem operasi Linux Debian tetap punya daya tarik tersendiri untuk kalangan tech user.

Pengertian Linux Debian

Linux Debian merupakan sistem operasi yang memakai Linux sebagai basisnya. Untuk versi pertamanya sendiri dirilis di tahun 1996. Sistem operasi ini memiliki nama kode unik yang diambil dari karakter film Toy Story seperti Bo, Rex, Buzz dan lainnya.

Tidak hanya memberikan sistem operasi untuk perangkat pengguna, namun Linux Debian juga menyediakan ribuan software yang bisa digunakan secara gratis. Software ini ada pada repositori dan bisa diinstal jika diperlukan.

Baca Juga : Langkah Cara Instal Linux Ubuntu Desktop

Perintah Dasar Linux Debian

Sistem operasi berbasis Linux sebetulnya punya perintah dasar yang sama. Perintah ini dijalankan lewat Terminal sama seperti command prompt Windows. Berikut beberapa perintah dasar dari Linux Debian:

1. su

Perintah Su dipakai pengguna Linux Debian untuk masuk ke akses root dan menjadi super user. Sesudah memasukkan perintah ini, maka pengguna akan diminta mengetik password sebagai autentikasinya.

2. cd

Perintah cd berfungsi untuk berpindah folder atau direktori. Ini adalah perintah yang bisa dipakai sesudah pengguna masuk ke dalam sistem root dengan perintah pertama. Pada terminal cd, maka harus diikuti dengan nama folder tujuannya.

3. is

Ini biasanya perintah yang dilakukan pengguna sesudah masuk ke direktori atau folder untuk melihat daftar atau isi dari file. Untuk itulah, perintah is dipakai. Sama halnya seperti cd, penulisan is juga harus diikuti nama folder tujuannya.

4. cp

Ini adalah perintah yang dipakai untuk copy atau menyalin file dari satu folder ke folder yang lainnya. Untuk formatnya sendiri adalah cp <alamat lengkap file yang akan dicopy> <folder tujuan>.

5. mv

Jika ingin melakukan fungsi cut di file, maka perintah mv ini bisa dipakai. Tidak hanya untuk memindahkan file, namun perintah ini juga bisa digunakan untuk merubah nama file yang sudah ada. Format mv ini sama seperti cp yakni Mv <alamat lengkap file yang akan dipindah> <alamat lengkap lokasi tujuan>.

6. mkdir

Ini adalah perintah yang berguna untuk membuat folder baru. Perintah ini digunakan tanpa harus masuk ke super user lebih dulu.

7. rmdir

Ini adalah perintah yang berfungsi untuk menghapus folder kosong. Apabila ada file didalamnya, maka folder tidak akan dihapus jika menggunakan perintah ini.

8. rm-r

Jika ingin menghapus seluruh folder baik yang berisi atau tidak, maka perintah ini bisa dipakai. Penulisan perintahnya sendiri harus diikuti dengan nama direktori atau folder yang sudah ditargetkan.

9. ip address

Semua komputer pastinya punya ip address baik saat terhubung dengan jaringan atau tidak. Untuk melihat daftar jaringan dan alamat IP pada komputer, maka perintah ini bisa diketik lalu tekan enter dan hasilnya bisa dilihat.

10. exit

Dari namanya, tentunya sudah bisa disimpulkan fungsi dari perintah ini. Jika ingin keluar dari pengguna aktif pada terminal, maka perintah ini bisa dipakai.

Baca Juga : Upgrade Windows 11 Gratis Online Resmi

Langkah Konfigurasi Linux Debian

Web server yang umumnya dipakai di sistem operasi berbasis Linux Debian adalah LAMP. LAMP sendiri adalah kepanjangan dari Linux, Apache, MySQL dan PHP. Berikut adalah langkah konfigurasi Linux Debian:

Baca Juga : Langkah Cara Instal Linux Ubuntu Desktop

1. Install MySQL

  • Silahkan buka terminal lalu ketik perintah aptitude install mysql-server mysql-client.
  • Sesudah itu, pengguna akan diminta membat password untuk root.

2. Install Apache

  • Untuk install Apache, maka silahkan pakai perintah aptitude install apache2 lalu tekan enter.

3. Instal PHP

  • Untuk instal PHP, silahkan masukkan perintah untuk menginstall PHP5 bersama modulnya memakai baris perintah aptitude install php5 libapache2-mod-php5.
  • Jika sudah, maka silahkan restart Apache memakai perintah /etc/init.d/apache2 restart.

4. Dukungan MySQL untuk PHP5

  • Silahkan cari modul PHP5 lebih dulu menggunakan perintah aptitude search php5.
  • Silahkan pilih salah satu modul untuk diinstall lalu restart Apache kembali.

5. Install phpMyAdmin

  • Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah install phpMyAdmin memakai perintah aptitude install phpmyadmin.

Baca Juga : Download Windows 8.1 ISO Original Terbaru

Fungsi Linux Debian

Selain berfungsi sebagai sistem operasi untuk komputer, Linux Debian juga memiliki banyak fungsi yang lain dan berikut diantaranya:

  • Menyediakan layanan server seperti mail server, DNS server, proxy server, NTP server dan jaringan server yang lain.
  • Melakukan troubleshooting yang dapat mendeteksi kesalahan serta error di software, hardware atau jaringan.
  • Mengatur proses jaringan di sistem pengaturan jaringan seperti repeater, router dan lainnya.

Baca Juga : Windows 7 ISO Download – 32 dan 64 Bit

Kelebihan Linux Debian

  • Sangat Stabil: Linux Debian dikenal sebagai sistem operasi yang sangat stabil. Ini berarti OS Linux Debian jarang mengalami sistem error walau menjalankan program yang berat.
  • Tahan lama: Linux Debian tidak punya jadwal update yang reguler. Biasanya versi terbaru Linux Debian ini akan keluar 2 hingga 3 tahun sekali. Dengan begitu, pengguna bisa terhindar dari bug dan tetap dipakai dalam jangka waktu lama.
  • Kompitabel untuk sever: Karena stabil dan siklus update panjang, maka Linux Debian menjadi pilihan distro Linux terbaik untuk server. Pengguna tidak perlu memakai versi Linux Debian khusus namun sudah bisa memakai versi reguler dengan alat server yang mendukung.
  • Support yang bagus: Karena banyak yang memakai Ubuntu, maka format DEB Debian menjadi aplikasi umum di dunia Linux. Meski tidak semua format DEB di Ubuntu bekerja pada Linux Debian, akan tetapi kemungkinan bisa menemukan DEB untuk keduanya.
  • Open source: Linux Debian bersifat open source sehingga pengguna dapat memakai serta memodifikasi dengan bebas serta gratis sesuai kebutuhan.
  • Tidak butuh koneksi internet kuat: Biasanya, Linux membuat software gratis serta bisa diakses meski sebagian butuh akses koneksi internet yang bagus. Linux Debian ini menyediakan versi DVD yang didalamnya banyak perangkat lunak sehingga bisa diunduh dari repositori kapan saja dan dimana saja.

Baca Juga : Windows 10 Pro 64 Bit Download Gratis

Download Linux Debian

===* Debian 11 Desktop Bullseye *===
Debian-11.2.0-amd64-DVD-1.iso (64Bit) / 3.7 GBGoogle Drive (Alt Link)
Debian-11.1.0-amd64-DVD-1.iso (64Bit) / 3.7 GBGoogle Drive (Alt Link)
Debian-11.1.0-i386-DVD-1.iso (32Bit) / 3.7 GBGoogle Drive (Alt Link)
Debian All Version (Latest Update)Debian Official Link

Note : Lapor Admin dengan komen atau lewat halaman kontak di bawah jika ada link rusak atau tidak dapat diakses.

Sumber Referensi

https://qwords.com/blog/debian-adalah/
https://www.goldenfast.net/blog/debian-adalah/
https://id.wikipedia.org/wiki/Debian
https://www.niagahoster.co.id/blog/apa-itu-debian/
https://www.selamatpagi.id/apa-itu-debian/

Kenalan dengan Adam yuk !
Mohon bantu saya mencapai 1000 Subscriber
😁 Terimakasih
Follow Adam Muiz on WordPress.com

2 COMMENTS

  1. Perbandingan Debian vs Ubuntu,
    penulis blog ini tidak paham sistem pembaruan/update Linux Ubuntu,
    di poin nomor 2 disebut ubuntu update tiap 6 bulan sekali
    tetapi di point 3 disebut lagi pembaruan setiap 5 tahun sekali, ini tulisan lucu karena pebulis tak paham linux.
    Ubuntu itu sistem operasi yg stabil dan tidak banyak bug, bahkan server ubuntu paling banyak digunakan di data center ketimbang debian, saya pekerja di datacenter.
    Saya beritahu ya om, bahwa ubuntu versi LTS itu mendapat dukungan security dan update package selama 5 tahun
    tetapi non-lts mendapat dukungan security dan update package selama 9 bulan, jadi versi non-lts mendapatkan dukungan lebih singkat daripada versi LTS, versi non-lts mendapatkan package yang selalu baru sebagai sarana ujicoba, dan software yang telah stable akan di bungkus kedalam paket LTS dan mendapatkan support panjang yaitu 5 tahun, kedua versi itu sama2 stabil dalam penggunaan sehari2 tetapi yang membedakan adalah dukungan perusahaan canonical selama 5 tahun untuk versi LTS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis