27 C
Semarang
Wednesday, January 26, 2022

Download Linux Ubuntu Desktop ISO 32 64-bit Gratis

Artikel Pilihan

Linux adalah keluarga sistem operasi yang serupa dengan UNIX bersifat sumber terbuka serta gratis untuk semua orang.  Linux Ubuntu juga bisa dikatakan sebagai sistem operasi terpopuler yang banyak dipakai pengguna komputer.

Bahkan, penerapan sistem operasi ini tidak hanya untuk smartphone dan komputer. Ada banyak jenis perangkat keras seperti alat rumah tangga, mobil, destip sampai server perusahaan yang juga menggunakannya.

Walau Linux Ubuntu masuk ke bagian distribusi Linux, akan tetapi ada beberapa hal yang membedakan sistem operasi ini dengan versi Linux yang lain. Baik dari pengoperasiannya atau segi tampilannya berbeda.

Pengertian Linux Ubuntu

Linux Ubuntu menjadi salah satu distribusi Linux berbasis Debian yang didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas dari sumber terbuka. Linux Ubuntu ini dirilis di 20 Oktober 2004 yang lalu dalam 3 edisi berbeda atas dasar fungsinya.

Pertama adalah Desktop untuk komputer pribadi, Server untuk komputasi awan dan server serta Core untuk perangkat loT serta robot. Seluruh edisi Linux Ubuntu ini bisa dijalankan pada komputer dan mesin virtual saja.

Proyek ini dikembangkan Canonical Ltd serta beberapa komunitas pengembang yang lain. Canonical Ltd adalah suatu perusahaan milik penguasah Afrika Selatan yakni Mark Shuttleworth.

Ini adalah perusahaan yang menyediakan pembaruan keamanan serta dukungan untuk semua rilis Ubuntu. Dari mulai tanggal rilis sampai tanggal akhir masa pakai atau EOL yang ditentukan.

Baca Juga : Windows 10 Pro 64 Bit Download Gratis

Sejarah Linux Ubuntu

Tujuan awal dari Linux Ubuntu adalah menciptakan suatu sistem operasi desktop Linux yang mudah digunakan pengguna komputer. Semenjak perilisan pertama yakni 20 Oktobwe 2004, Canonical sudah merilis versi Linux Ubuntu setiap 6 bulan sekali.

Setiap perilisannya, maka akan menerima dukungan gratis selama 9 bulan dengan pembaruan sistem, perbaikan keamanan serta perbaikan bug yang berdampak tinggi serta berisiko rendah konservatif.

Linux Ubuntu adalah salah satu proyek dari Debian. Paket sistem operasi ini didasari dengan paket cabang Debian yang tak stabil. Linux Ubuntu memakai format paket serta manajemen paket Debian yakni APT serta Synaptic.

Paket Linux Ubuntu serta Debian biasanya tidak kompitabel antara yang satu dengan yang lain. Ini artinya, paket mungkin harus dibangun ulang dari sumber yang dipakai di Debian dan Linux Ubuntu.

Baca Juga : Windows 7 ISO Download – 32 dan 64 Bit

Jenis Linux Ubuntu

Biasanya, sistem operasi Linux Ubuntu terdiri dari beberapa jenis yang bisa dipilih pengguna sesuai kebutuhan. Semua jenis tersebut punya kegunaan serta fungsi yang berbeda. Berikut beberapa diantaranya:

1. Linux Ubuntu Desktop

Linux Ubuntu Desktop adalah sistem operasi khusus pengguna perangkat desktop. Bisa dikatakan jika ini merupakan versi terstandar dibandingkan sejenisnya dan sangat mudah dioperasikan.

Sama seperti Windows, dengan sistem operasi ini, maka pengguna bisa menjalankan rangkaian software untuk kebutuhan harian. Contohnya produktivitas pekerjaan, web browser sampai software multimedia.

2. Linux Ubuntu Server

Seperti namanya, Linux Ubuntu dikhususkan untuk sistem operasi server. Yang berbeda dari jenis ini dengan jenis lain adalah tidak punya tampilan desktop environment.

3. Linux Ubuntu TV

Untuk jenis ini dikhususkan untuk smart TV yang bisa menjalankan sistem operasi untuk pengoperasiannya. Tujuannya adalah karena melihat kebutuhan pasar akan smart TV yang terus berkembang dengan pesat.

4. Linux Ubuntu Touch

Ini adalah jenis Linux Ubuntu yang dikembangkan khusus Gadget smartphone. Pada awalnya, jenis ini dianggap bisa menjadi pesaing Android. Akan tetapi beberapa tahun berikutnya, ternyata tidak sesuai dengan prediksi.

Ini disebabkan karena Android sudah memperoleh banyak dukungan serta popularitas di kalangan sistem operasi smartphone. Dengan begitu, perusahaan Canonical secara resmi membatalkan proyek ini pada tahun 2017 yang lalu.

5. Linux Ubuntu Studio

Ini adalah jenis yang fungsi serta kegunaannya diperuntukkan bagi pengguna yang bekerja di bidang multimedia. Contohnya editor foto, video editor serta audio.

Linux Ubuntu Studio ini menyediakan beberapa fitur yang bisa dipakai untuk menunjang produktivitas editor dengan profesional. Beberapa fitur tersebut diantaranya adalah lob latency kernel, real time kernel, tampilan khusus sampai akses khusus ke repository Ubuntu.

Baca Juga : Download Windows 8.1 ISO Original Terbaru

6. Linux Ubuntu Kubuntu

Kubuntu adalah singkatan dari KDE dan Ubuntu. Dengan begitu, maka Kubuntu ini memakai KDE untuk desktop environment. Pada awalnya, Kubuntu ini mendapat sponsor dari Canonical Ltd. Akan tetapi dari tahun 2012 sudah beralih sponsor ke Blue System.

7. Linux Ubuntu Lubuntu

Lubuntu adalah salah satu proyek dari Ubuntuk yang dikembangkan memakai sistem yang lebih ringan, memakai sedikit sumber daya ditambah juga efisien.

Sistem operasi ini memakai LXDE sebagai desktop environmentnya sendiri. Jenis ini bisa dikatakan merupakan saingan Xubuntu yang juga merancang sistem memakai spesifikasi rendah. Dengan begitu, jenis ini masih bisa dipakai di komputer lama.

8. Linux Ubuntu Gobuntu

Linux Ubuntu adalah jenis Linux Ubuntu yang memberi distribusi seluruhnya dari perangkat lunak bebas. Namun sayangnya di tahun 2008, proyek ini dianggap terlalu berlebihan.

Dengan begitu, Canonical Ltd secara resmi mengakhiri proyek ini dengan versi 8.04. Akan tetap pada tahun 2009 yang lalu kembali diumumkan jika Gobuntu 8.04.1 adalah rilis terakhir dari Gobuntu.

9. Linux Ubuntu Edubuntu

Ini adalah jenis Ubuntu yang khusus dipakai di ruang kelas atau sekolah. Tampilannya sendiri masih memakai GDM serta GNOME sebagai display manager.

Beberapa aplikasi yang ada disini adalah kombinasi dari aplikasi GNOME serta KDE. Tentunya, hal yang diutamakan dari jenis Ubuntu ini adalah tentang aplikasi pendidikan sekolah.

10. Linux Ubuntu Xubuntu

Tidak berbeda jauh dengan Lubuntu, Xubuntu masuk ke distribusi Linux berbasis Ubuntu. Versi ini diperuntukkan bagi pengguna yang memakai komputer spesifikasi rendah yang lebih efisien. Xubuntu ini memakai Xfce untuk tampilan desktop environmentnnya.

Baca Juga : Upgrade Windows 11 Gratis Online Resmi

Kelebihan dan Kekurangan Linux Ubuntu

Sama seperti sistem operasi yang lain, Linux Ubuntu juga punya beberapa kelebihan dan kekurangannya. Berikut beberapa diantaranya:

1. Kelebihan Linux Ubuntu

  • Open source serta gratis: Pengguna bisa memakai Linux Ubuntu dengan gratis tanpa biaya sama sekali. Bahkan pengguna dibebaskan untuk mengubah kode sumber untuk kebutuhan pribadi.
  • Lebih mudah dipakai: Kelebihan lain dari Linux Ubuntu adalah lebih mudah untuk dioperasikan. Namun pada kenyataannya, ada beberapa distribusi Linux yang didesain agar bersifat user friendly. Salah satunya termasuk Ubuntu tersebut.
  • Keamanan yang baik: Jika berbicara tentang keamanan pada sistem operasi, maka tentunya akan berpikir apakah ini aman dari virus atau tidak. Namun Ubuntu memberi Firewall serta perlindungan dari virus yang kuat.
  • Dukungan luas: Karena Linux Ubuntu bersifat open source, maka banyak dukungan komunitas yang bisa membantu pengguna ketika mengalami masalah.
  • Bisa dikostumisasi: Pengguna bisa memilih dari banyak desktop environment yang sudah disedikan. Bahkan juga dapat mengatur agar terlihat seperti Windows atau sistem operasi lain yang dikehendaki.

2. Kekurangan Linux Ubuntu

  • Aplikasinya terbatas: Walau beberapa software Windows sudah mendukung sistem operasi ini, namun tetp saja sangat terbatas.
  • Kompabilitas software serta hardware: Ada kalanya driver tidak dapat berfungsi dengan baik. Kemungkinan disebabkan karena hardware yang tidak teridentifikasi.
  • Game kurang bagus: Ada beberapa game yang disediakan untuk sistem operasi ini. Namun pada dasarnya sistem operasi ini tidak didesain untuk penggemar game.

Download Linux Ubuntu

===* Ubuntu Desktop *===
Ubuntu Desktop 20.04.3 LTS / 2.9 GBGoogle Ddrive (Alt Link)
Ubuntu Desktop 20.04.3 LTS / 2.9 GBOfficial Link Ubuntu
Ubuntu Desktop 21.10 / 2.9 GBOfficial Link Ubuntu
Ubuntu Desktop 18.04.6 LTS ISO 64-bit (AMD64) Bionic Beaver 2.3 GBOfficial Link Ubuntu
Ubuntu Desktop 16.04.7 LTS Xenial Xerus ISO 64-bit (AMD64) / 1.6 GBOfficial Link Ubuntu
Ubuntu Desktop 16.04.7 LTS Xenial Xerus ISO 32-bit (i386) / 1.6 GBOfficial Link Ubuntu
===* Ubuntu Server *===
Ubuntu Server 20.04 LTS / 1.2 GBOfficial Link Ubuntu

Note : Lapor Admin dengan komen atau lewat halaman kontak di bawah jika ada link rusak atau tidak dapat diakses.

Baca Juga : Langkah Cara Instal Linux Ubuntu Desktop

Sumber Referensi

https://dianisa.com/pengertian-ubuntu/
https://lamnesia.com/pengertian-linux-dan-ubuntu/
https://id.wikipedia.org/wiki/Ubuntu
https://www.dewaweb.com/blog/berkenalan-dengan-ubuntu/
https://jogjaweb.co.id/blog/tentang-ubuntu-linux
https://blog.cilsy.id/2018/04/pengertian-ubuntu.html

[Total: 1 Rata-rata: 5]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa