27 C
Semarang
Wednesday, January 26, 2022

Download Peppermint OS Versi Terbaru Gratis

Artikel Pilihan

Peppermint OS merupakan OS Linux berbasis Lubuntu yakni turunan sistem operasi Linux Ubuntu memakai lingkungan desktop LXDE. Ini berguna untuk menyediakan lingkungan yang akrab untuk pendatang baru di Linux yang memerlukan sumber daya perangkat keras relatif rendah.

Baca Juga : Upgrade Windows 11 Gratis Online Resmi

Sejarah Peppermint OS

Pada awalnya, Peppermint OS dibuat di Black Rose Pub, Hendersonville, North Carolina, Amerika Serikat. Peppermint OS pada awalnya dirancang untuk distribusi media sosial sentris.

Pembangunan pra alfa terdiri dari banyak arah potensial sebelum keputusan fork Lubuntu dibuat. Pembuatan alfa memakai basis kode Lubuntu 10.04 yang dimulai di bulan Maret 2010.

Peppermint OS kemudian dirilis ke kelompok kecil penguji beta pribadi di bulan April 2010 dan tetap pribadi hingga rilis ke publik untuk pertama kalinya.

Di tanggal 9 Mei 2010, Peppermint One dirilis. Dalam waktu tidak sampai 1 minggu sudah menerima lebih dari 25 ribu unduhan. Kemudian di tanggal 20 Juni 2010, Peppermint Ice dirilis menggunakan Chromium sebagai browser default serta menampilkan tema biru dan hitam sebagai pembeda dengan Peppermint One.

Di tanggal 10 Juni 2011, Peppermint Two dirilis yakni gabungan dari 2 edisi sebelumnya. Ini juga menjadi edisi pertama Peppermint yang tersedia dalam versi 32 serta 64 bit.

Kemudian di tanggal 23 Juli 2012, Peppermint Three dirilis dimana repositori stabil Chromium diaktifkan secara default. Temanya sangat ringan serta karya seni default.

Berlanjut ke tanggal 13 Juni 2013, Peppermint Four dirilis yang didasarkan pada basis kode Ubuntu 13.04 memakai lingkungan desktop LXDE namun dengan Xfwm4.

Di tanggal 23 Juni 2014, Peppermint Five dirilis dan tanggal 31 Mei 2015, Peppermint Six kembali dirilis. Ini sekaligus juga menjadi waktu diumumkannya peluncuran sistem operasi terbaru yang ringan serta dirancang untuk kecepatan.

Tanggal 24 Juni 2016, Peppermint Seven kembali dirilis yang hadir dalam ediri 32 bit serta 64 bit dengan terakhir mempunyai dukungan UEFI/GPT/Boot yang aman.

Terakhir di tanggal 14 Januari 2020, CEO Peppermint yakni Mark Greaves meninggal dunia. Peppermint kemudian diambil alih dari Shane Remington serta Kendall Weaver. Kemudian, lebih banyak lagi versi Peppemint yang dirilis sampai Peppermint 10 serta respon dari Peppermint 10.

Baca Juga : Pengertian MacOS – Sejarah, Versi, Kelebihan dan Kekurangan

Siklus Pengembangan Peppermint OS

Peppermint OS secara aktif dikembangkan serta dipelihara. Ini merilis versi peningkatan signifikan segera sesudah Ubuntu merilis pembaruan LTS sebab menjadi turunan sistem berbasis Ubuntu.

Selain itu, ini juga mengikuti semacam siklus rilis bergulir yang disebut Respin mencakup beberapa perbaikan bug kecil serta pembaruan perangkat lunak terintegrasi.

Baca Juga : Download Linux Ubuntu Desktop ISO 32 64-bit Gratis

Versi Peppermint OS

1. Peppermint Satu

Untuk Peppermint Satu dirilis awal pada 9 Mei 2010. Kemudian, Kernel diperbarui ke 2.6.35 sehingga HAL sepenuhnya dihapus. Untuk aplikasi tangkapan layar diganti dengan PyShot.

Sedangkan beberapa utilitas tingkat rendah serta aplikasi tingkat pengguna diperbarui yakni GNU Coreutils, Samba, LXTerminal, PCManFM, Firefox dan sebagainya.

2. Peppermint Dua

Peppermint Dua ini dirilis pada 10 Juni 2011. Chromium merupakan browser web default dengan kerangka kerja Ice SSB yang ditulis untuk bekerja dengan Chromium.

Semua tampilan dan nuansanya sudah diubah, integrasi Dopbox juga sudah ditingkat. Sedangkan untuk pemutar musik Guayadeque menjadi default sistem. LXKeymap juga sudah disertakan pada instalasi default dan Gedit menggantikan Leafpad sebagai editor teks default.

3. Peppermint Tiga

Ini dirilis pada 23 Juli 201. Respositor Chromium Stable sudah diaktifkan secara default. Selain itu, tema yang ringan dan karya seni default juga digunakan. Jumlah aplikasi web default pada menu terbilang lebih sedikit.

4. Peppermint Empat

Peppermint Empat dirilis pada 13 Juni 2013 yang lalu. Dukungan sistem file sudah lebih baik, didukung mtpfs dan tidak ada lagi kesalahan ketik di layar.

Untuk pengelola file sudah tidak terlalu buggy dan sebagian besar pembaruan sistem yang tersedia berbasis kode Ubuntu 13.04 hulu sudah terinstall.

5. Peppermint Lima

Peppermint Lima dirilis pada 23 Juni 2014 yang didasarkan pada rilis Linux Ubuntu 14.04 Long Term Support atau LTS. Basis kode upstream akan menerima pembaruan selama 5 tahun.

Untuk Peppermint Ice juga sudah ditulis ulang dari awal sehingga lebih stabil dan lebih kaya fitur dibandingkan versi pendahulunya. Fitur baru yang paling utama sudah mendukung Chrome serta Chromium sebagai backend.

Baca Juga : Download Linux Mint 20.2 Lengkap Versi Terbaru

6. Peppermint Enam

Peppermint Enam rilis pada 31 Mei 2015 yang dibangun di atas basis Ubuntu 14.04 LTS namun sudah dipindahkan ke point release Ubuntu 14.04.2.

Ini mencakup kernel 3.16 serta tumpukan grafik yang sudah diperbarui. PCManFM juga sudah diganti dengan pengelola file Nemo. Ditambah lagi, Update Manager sudah diganti dengan MintUpdate namun denngan pengatuan sama seperti update manager.

7. Peppermint Tujuh

Peppermint Tujuh dirilis pada 24 Juni 2016. Panel pengaturan Peppermint sudah ditambahkan untuk menggabungkan seluruh pengaturan ke satu paket kohesif bersama dengan perangkat lunak internal.

Peppermint Tujuh ini punya tampilan baru yang lebih datar dari versi sebelumnya dengan tema GTK gelap secara default serta pilihan ikon warna warni.

8. Peppermint Delapan

Peppermint Delapan dirilis pada 28 Mei 2017 yang masih didasarkan pada basis kode Ubuntu 16.04 LTS. Namun ser kernelnya 4.8 dan tumpukan grafis yang sudah ditingkatkan.

Untuk Mesa 17.0.2 diimplementasikan dengan tujuan meningkatkan pengalaman bermain game. Ditambah lagi, kegunaan OS sudah diperluas dengan penanganan tata letak keyboard yang ditingkatkan.

9. Peppermint Sembilan

Peppermint Sembilan dirilis 22 Juni 2018 dimana lxrandr diganti dengan xfce4 display setting untuk pengaturan layar. Menulibre juga sudah diinstal sebagai default dan file manajer Nemo ditambah item baru pada menu konteks klik kanan ‘Kirim melalui surat”.

10. Peppermint Sepuluh

Peppermint Sepuluh dirilis pada 17 Mei 2019. Sedangkan Respin 20191210 dirilis pada 18 Desember 2019. Peppermint Sepuluh ini didasarkan pada versi ubuntu 18.04 LTS.

Baca Juga : Download Debian 11 ISO 32/64bit Last Version

Persyaratan System Peppermint OS

Ada beberapa jenis perangkat keras yang sudah tersedia di pasar. Tujuan dari Peppermint OS ini adalah untuk mendukung sebanyak mungkin. Peppermint OS merupakan distro Linux yang cepat sehingga menuntut pemakaian sumber daya rendah untuk kinerja maksimum yang optimal di mesin kelas bawah.

Persyaratan Minimum Mutlak

  • 512 MB RAM.
  • Berbasis prosesor arsitektur Intel x86.
  • Setidaknya 3.8 GB ruang disk yang tersedia.

Baca Juga : Windows 10 Pro 64 Bit Download Gratis

Proses Instalasi Peppermint OS

Proses instalasi Peppermint OS sebenarnya sangat mudah sama seperti Linux yang lainnya. Karena mendukung arsitektur 32 bit dan 64 bit, maka bisa file ISO bisa diunduh dari situs resminya.

Sesudah file ISO diunduh, maka buat disk USB yang bisa diboot memakai Rufus atau unetbootin pada sistem Linux atau Windows. Sama seperti Ubuntu, distro Peppermint Linux memakai installer Ubiquity untuk mempermudah proses instalasi.

Baca Juga : Windows 7 ISO Download – 32 dan 64 Bit

Panel Pengaturan Peppermint OS

Untuk instal software pada Peppermint OS, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan. Ini mendukung paket Deb serta PPA untuk instal perangkat lunak yang tidak tersedia pada repositori dan harus diperoleh dari luar.

Manajer perangkat lunak serta manajer paket sinaptik tersedia sebagau GUI untuk memudahkan instalasi perangkat lunak. Selain itu, ini juga mendukung Snap serta Flatpak sebagai pengelola paket universal, Peppermint OS ini hadir dengan Gdebi untuk instal paket Deb.

Download Peppermint OS

===* Linux Peppermint OS Installer *===
Download Peppermint 10 Respin (32 bit) ISO / 1.5 GBGoogle Drive
Download Peppermint 10 Respin (64 bit) ISO / 1.5 GBGoogle Drive

Tidak Bisa Download dari Google Drive ? Unduh lewat Torrent

===* Linux Peppermint OS Downloader *===
Download the Peppermint 10 Respin (32 bit) / TorrentOfficial Link Peppermint
Download the Peppermint 10 Respin (64 bit) / TorrentOfficial Link Peppermint

Note : Lapor Admin dengan komen atau lewat halaman kontak di bawah jika ada link rusak atau tidak dapat diakses.

Baca Juga : Langkah Cara Instal Linux Ubuntu Desktop

Sumber Referensi

https://en.wikipedia.org/wiki/Peppermint_OS
https://distrowatch.com/table.php?distribution=peppermint
https://www.ubuntupit.com/everything-you-need-to-know-about-peppermint-linux-os/

[Total: 1 Rata-rata: 5]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa