Download Windows 8.1 ISO Original Terbaru

Windows 8 merupakan salah satu dari versi Microsoft Windows yakni rangkaian sistem operasi dari Microsoft. Windows 8 ini tidak hanya berguna untuk komputer rumah, namun juga untuk bisnis, netbook, server, tablet PC serta PC pusat media.

Sistem operasi Windows 8 memakai mikroprosesor ARM tidak hanya mikroprosesor x86 tradisional dari Intel serta AMD. Antarmuka pengguna juga diubah supaya bisa dipakai di peralatan layar sentuh selain keyboard dan mouse sehingga juga didesain untuk gadget seperti tablet sentuh.

Baca Juga : Free Download Windows 11 64 Bit Terbaru Original

Sejarah Pengembangan Windows 8

Pengembangan Windows 8 sebetulnya telah dimulai sebelum Windows 7 dirilis pada tahun 2009. Di akhir Januari 2011 pada Consumer Electronics Show [CES], Microsoft membuat pengumuman jika Windows 8 akan mendukung mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 Intel, AMD sert via Technologies.

Di tanggal 1 Juni 2011, Microsoft secara resmi merilis antarmuka pengguna baru Windows 8 serta fitur tambahan lain di Taipei Computex 2011 di Taipei yang dipresentasikan oleh Mike Angiulo serta D9 conference in California oleh Julie Larson Green dan Steven Sinofsky.

Baca Juga : Cara Upgrade Windows 11 Gratis Online Resmi

Kelebihan Windows 8

1. Sudah Dioptimalisasi untuk Layar Sentuh

Windows 8 memiliki interface yang dijuluki Metro yang sudah dioptimalkan untuk sentuhan dengan wujud seperti interface Windows Phone.

2. Mendukung Chip ARM

Windows 8 mendukung perangkat yang menggunakan infrastruktur chip ARM. Ini bertujuan untuk memperluas jangkauan Windows 8 pada arena tablet mengingat tabel umumnya yang  beredar di pasaran sekarang ini menggunakan chip ARM.

3. Waktu Boot yang Singkat

Pada demonya, Windows 8 hanya berlangsung selama 8 detik sehingga jauh lebih singkat dibandingkan versi Windows yang sebelumnya.

4. Tidak Butuh Upgrade PC

Microsoft membuat pernyataan jika komputer yang bisa menjalankan Windows 7 juga bisa menjalankan Windows 8. Dengan begitu, tidak memerlukan upgrade PC.

Microsoft berpendapat jika prosesor Intel Atom serta RAM 1 GB sudah cukup untuk menjalankan sistem operasi ini.

5. Toko Aplikasi Windows Store

Windows 8 juga akan punya toko aplikasi sendiri bernama Windows Store. Di Windows Store ini menyediakan banyak aplikasi yang dioptimalkan untuk Windows 8.

6. Mendukung Near Filed Communications [NFC]

Windows 8 juga akan mendukung NFC yakni teknologi yang memiliki banyak kegunaan seperti transaksi keuangan digital. Tablet yang menggunakan Windows 8 juga kemungkinan besar secara otomatis memiliki fitur ini.

7. Penampilannya Terlihat Lebih Dinamis

Sama halnya seperti ponsel atau telepon seluler dan tablet, komputer yang memakai sistem operasi Windows 8 juga dilengkapi dengan fitur notifikasi serta informasi terbaru.

Contohnya kotak masuk surat elektronik atau email. Selain itu, pengguna secara otomatis juga akan terhubung dengan situs penyimpanan data milik Windows yakkni Skydrive.

8. Sistem Pencarian Data yang Lebih Universal

Dengan menggunakan Windows 8, maka pengguna akan lebih mudah saat mencari data yang diinginkan. Hanya dengan mengetik nama data pada tampilan awal, maka akan langsung ditampilkan beberapa pilihan data yang berhubungan.

9. Kemudahan dan Ketersediaan Aplikasi Pendukung

Pengguna akan mempunyai banyak kemudahan serta pilihan untuk memperoleh aplikasi pendukung apabila komputer memakai sistem operasi Windows 8.

Baca Juga : Windows 10 Pro 64 Bit Download Gratis

Kekurangan Windows 8

1. Tumpang Tindih Antara Metro UI dan Aero UI

Developer menemukan jika ada pergantian terus menerus yang terjadi antar tile based Metro UI serta glassy Aero UI. Ini dinilai tidak masuk akal serta sangat membingungkan. Berpindah aplikasi Metro serta aplikasi desktop menjadi sangat sulit dilakukan.

2. Tidak Ada Pilihan Untuk Mengubah Tile Menjadi Icons

Untuk ukuran tiles terkecil pada Windows 8 tampilannya tetap masih terlalu besar. Ketika nantinya diinstall, maka akan banyak aplikasi sehingga screen metro terlihat berantakan.

3. Sulit Berpindah Antar Screen

Dengan fungsi Alt Tab yang tidak ada seperti di desktop serta keyboard untuk berganti dari satu app ke app lain, maka kemungkinan bisa mempersulit.

Sebagai gantinya, pada Windows 8 Metro UI tidak dapat memakai pointer atau finder untuk meletakkan screen pada sisi kiri serta melakukan drag.

Meski kedengarannya sepele, akan tetapi tetap akan ada masalah yang terjadi ketika pengguna memakai banyak aplikasi. Tidak ada cara yang cepat serta mudah untuk berganti antar aplikasi. Apabila menggerakkan mouse ke kiri, maka icon akan popup. Jika tidak tepat, maka harus klik beberapa jali atau dicoba kembali.

4. Metro Multitasking

Kemampuan metro dengan multitasking hanya untuk dua aplikasi dan menjadi kelemahan yang fatal.

5. Metro

Metro memang dapat bekerja dengan baik di tablet. Namun UI tersebut tidak kompitabel ketika dipakai untuk desktop. Akan sulit dilakukan jika memakai Notebook.

Dengan begitu secara default, maka Windows 8 tidak mungkin bisa booting ke Metro UI. Dengan kata lain, Microsoft harus memberikan kill switch untuk mematikan Metro UI.

6. Konten Flash di Tablet PC

Microsoft memang sengaja membuat Windows 8 tidak mendukung konten flash pada tablet PC. Alasannya adalah untuk menghemat baterai tablet.

Selain itu, ini juga berguna untuk melindungi privasi tablet pengguna sekaligus meningkatkan keamanan. Ini disebabkan karena di beberapa aplikasi serta perangkat elektronik lainnya, pemakaian konten Flash hanya menyebabkan crash atau data rusak.

7. Tidak Ada Tombo Start dan Close X

Tidak adanya tombol start serta Close X juga terjadi di tampilan muka Windows 8. Ini disebabkan karena ketika beroperasi, hanya tersedia dua data atau aplikasi yang dapat dibuka secara bersamaan.

Sedangkan data lainnya masih tersembunyi. Pengguna nantinya harus memakai fitur pencarian universal ketika ingin membuka data yang lainnya.

8. Power Options

Hal yang paling menganggu dari Windows 8 adalah tidak adanya akses langsung ke power options yang menjadi bagian terpenting dari operating sistem. Untuk sekarang ini, pengguna harus mengakses pilihan tersebut dari settings charm.

Baca Juga : Windows 7 ISO Download

Versi Windows 8

1. Windows 8

Ini merupakan versi yang paling dasar untuk kalangan pengguna biasa. Beberapa fitur yang ada pada Windows 8 diantaranya adalah tampilan Start Screen yang baru, aplikasi utama seperti Music, Mail, Calendar, Windows Store, Internet Explorer 10 serta Desktop.

2. Windows 8 Pro

Windows 8 Pro memiliki semua fitur dari Windows 8 standar ditambahkan dengan beberapa fungsi lainnya. Contohnya seperti client hyper v, BitLocker, domain join, dukungan group policy, enkripsi file sistem serta remote desktop hosting.

3. Windows RT

Windows RT merupakan versi dari Windows 8 yang dipakai pada perangkat tablet berbasis ARM. Berbeda dengan dua versi lainnya, Windows RT tidak dapat menjalankan aplikasi yang didesain untuk komputer desktop [x86 / 64]. Versi ini hanya bisa menjalankan aplikasi yang didapat dari Windows Store saja.

Hardware Windows 8

Agar bisa menjalankan Windows 8, maka komputer setidaknya harus memiliki beberapa komponen hardware, seperti:

  • Prosesor dengan kecepatan 1 GHz atau lebih tinggi.
  • RAM 1 GB untuk versi 32 bit atau 2 GB untuk versi 64 bit.
  • Ruang hard disk kosonng 16 GB untuk versi 32 bit atau 20 GB untuk versi 64 bit.
  • Pemroses grafis kompitabel dengan DirectX 9.

Untuk menjalankan aplikasi yang didapat dati Windows Store, maka para pengguna harus punya monitor resolusi 1024×768 atau bahkan lebih. Sedangkan untuk resolusi minimalnya adalah 1366×768 dibutuhkan untuk menjalankan fungsi snap sehingga aplikasi dari Windows Store akan lebih mudah diorganisasi.

Tampilan Windows 8

Salah satu perubahan yang besar untuk Windows 8 adalah tombol Start yang dihilangkan dari desktop. Sebagai gantinya, Start Screen disediakan Microsoft yang berisi daftar aplikasi yang terpasang di komputer yang tersusun di dalam pola kotak-kotak dengan tiles atau thumbnail.

Jika dilihat secara umum, interface baru di Windows 8 lebih tepat digunakan pada notebook dibandingkan desktop. Ini disebabkan karena touchpad di notebook menyediakan pilihan input touch gesture seperti di perangkat tablet yang bekerja lebih baik di interface Windows 8 dibandingkan mouse.

Toko Aplikasi Windows Store

Di dalam Windows 8, pengguna bisa menemukan ikon toko aplikasi Windows Store yang serupa dengan Apple App Store di Mac OS. Disini, nantinya pengguna bisa downlad aplikasi yang memang didesain khusus untuk Windows 8.

Free Download Windows 8

Windows 8 InstallerOfficial Link (Microsoft)
Windows 8 AIO 32bit 64bit.iso / 4GBAlt Link (Google Drive)
Windows 8.1 AIO With Update 3 32bit 64bit.iso / 6GBAlt Link (Google Drive)

Baca Juga : Cara Instal Windows dengan Flash Disk atau CD – Tutorial

Sumber Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Windows_8
http://rengkiwindows8.blogspot.com/2013/10/pengertian-windows-8_4911.html
http://muhamad-irvansah.blogspot.com/2013/01/pengertian-dan-sejarah-windows-8.html
https://gabrielwambrauwtkj.wordpress.com/operating-system-os/windows/tentang-windows-8/

Kenalan dengan Adam yuk !
Mohon bantu saya mencapai 1000 Subscriber
😁 Terimakasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Rekomendasi

Cara Memilih Investasi Saham di Indonesia Keuntungan dan Resiko

Cara Memilih Investasi Saham di Indonesia : Keuntungan dan Resiko

0
Begitu kata kunci “investasi saham” terbesit dalam benakmu, lantas kemudian menelusurinya di mesin pencari dan tertuju ke halaman di website ini, apakah itu berarti...
Mending Deposito atau Reksadana, Pilih Mana

Mending Deposito atau Reksadana, Pilih Mana ?

0
Tingginya minat masyarakat terhadap investasi dalam kurun beberapa tahun terakhir, secara tidak langsung menempatkan investasi sebagai komoditas yang sangat penting. Terbukanya akses terhadap informasi,...
Pentingnya Investasi di Usia Muda

Pentingnya Investasi di Usia Muda dan Tips Invest Bagi Pemula

0
Kata investasi kini semakin akrab terdengar di telinga berbagai kalangan termasuk anak muda seperti kamu. Pada saat ini juga banyak orang membicarakan tentang investasi...
1 Pengertian Tips Reksadana Untuk Pemula Biar Untung

Tips Reksadana Untuk Pemula Biar Untung

0
Bagi sebagian orang yang awam, investasi acap kali dianggap menjadi suatu hal yang rumit untuk dilakukan dan memerlukan modal besar. Padahal belum tentu demikian. Reksadana...
Cara Menabung yang Benar Untuk Pelajar

Cara Menabung yang Benar Untuk Pelajar

2
Ungkapan “menabung pangkal kaya” sudah sangat akrab dikenal oleh berbagai lapisan masyarakat. Ungkapan tersebut memang sangat masuk akal dan terdengar mudah. Tapi cukup sulit...

Artikel Terkait

Free Download Driver Printer Versi Terbaru Gratis Unduh Last Version Untuk Komputer PC Laptop Windows Vista XP 7 8 10 11 32 64 Bit

Download Driver Canon TS5150 [Terbaru 2022]

0
Unduh Juga : Download Office 2021 Gratis Canon PIXMA TS5150 adalah versi hitam dari seri printer multifungsi. Rekannya adalah model Canon PIXMA TS5151 yang berwarna...