Download Windows Vista Gratis untuk Komputer

Salam Kenal

Artikel Pilihan

Windows Vista merupakan sistem operasi berbasis grafis dari Microsoft yang dipakai di komputer pribadi atau PC. Ini bisa digunakan untuk pengguna rumahan atau bisnis di komputer laptop atau media center.

Sebelum diumumkan menjadi nama Windows Vista di tanggal 22 Juli 2005, maka sistem operasi tersebut dikenal dengan codename Longhorn. Microsoft sendiri merilis Windows Vista ini di tanggal 8 November tahun 2006 yang lalu.

Pengembangan Windows Vista

Untuk pertama kalinya, Microsoft mengumumkan Longhorn di bulan Juli tahun 2001. Awalnya, Longhorn diharapkan untuk dijual mulai tahun 2003 sebagai batu loncatan antara Windows XP dengan Blackcomb yang sekarang disebut Windows 7.

Secara bertahap, Longhorn ternyata dibangun dengan banyak fitur serta teknologi baru yakni Blackcomb. Dengan begitu, tanggal peluncurannya juga berulang kali diundur. Microsoft lalu mengumumpukan jika perusahaan tersebut melakukan perubahan signifikan di 27 Agustus 2004.

Pembangunan Longhorn diulang kembali dan didasari dengan basis program Windows Server 2003 relase candidate SP1. Sedangkan beberapa fitur sebelumnya juga diumumkan seperti WinFS juga dibatalkan.

Fitur Windows Vista yang Baru dan Diperbarui

Ada cukup banyak fitur baru dan yang diubah pada Windows Vista dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan sistem operasi ini. Untuk sekarang, daftar fitur memang belum dipublikasikan Microsoft secara lengkap dan hanya beberapa diantaranya yang sudah dipublikasikan seperti berikut ini:

1. Fitur End User

  • Windows Aero

Ini merupakan desain baru antarmuka pengguna yang berasal dari singkatan Authentic, Energetic, Reflective and Open. Antarmuka yang baru ini bertujuan supaya lebih terlihat estetis serta bersih dibandingkan antarmuka Windows yang sebelumnya.

Ini sudah termasuk jendela transparan, animasi serta tampilanyang terlihat bagus. Animasi di Windows Aero bisa terlihat ketika aplikasi sedang ditutup, diminimalisasikan, dimaksimalisasikan serta di tombol rekomendasi.

  • Windows Shell

WindowsShell yang baru sangat berbeda dengan Windows XP. Contohnya Start Menu yang sudah diubah dan bahkan diganti dengan tombol Windows Pearl biru yang baru.

2. Teknologi Inti

Windows Vista dirilis sebagai produk berbasis teknologi sebagai sistem solid mencakup teknologi baru tingkat tinggi. Ada banyak diantaranya adalah teknologi yang berhubungan dengan cara sistem berfungsi, yang bekerja di belakang layar serta tidak terlihat pengguna akhir.

3. Teknologi Untuk Developer

.NET Framework 3.0 sebelumnya bernama WinFX adalah set teknologi yang disediakan untuk Windows XP serta Windows Server 2003. Untuk itu, teknologi ini bukan teknologi yang eksklusif hanya untuk Vista namun juga untuk yang lainnya.

Alasannya adalah lebih mudah diperkenalkan ke developer serta end user. Ini kemungkinan menjadi dasar kenapa Microsoft melakukan backport teknologi untuk sistem operasi sebelumnya.

Edisi Windows Vista

1. Windows Vista Starter

Hampir serupa dengan Windows XP Starter Edition, namun edisi ini masih menggunakan teknologi 32 bit yang dibatasi hanya untuk area lokal.

Pemakaian edisi ini sangat dibatasi. Contohnya hanya bisa menggunakan 3 program sekaligus dalam waktu yang bersamaan. Selain itu, koneksi jaringan juga dibatasi serta physical memory yang dibatasi hanya 256 MB saja.

2. Windows Vista Home Basic

Sama seperti Windows XP Home Edition yang memakai teknologi 64 bit, fiturnya juga ditambahkan meski tidak sebanyak edisi yang lainnya. Windows Vista Home Basic diperuntukkan bagi pengguna rumahan yang tidak butuh fasilitas tinggi.

Tema Aero Glass dengan efek transparan juga tidak ada dalam edisi ini. Windows Vista Home Basic hanya mendukung sampai 8 GB physical memory saja.

3. Windows Vista Home Premium

Edisi Windows Vista Home Premium ini sudah ditambahkan dengan fitur lebih tinggi untuk segmen pengguna rumahan. Contohnya seperti pembuatan menu DVD serta dukungan HDTV.

Ada juga beberapa tambahan lainnya seperti games yang lebih banyak, dukungan untuk komputer tablet serta mobile, sistem enkripsi file hingga aplikasi manajemen foto.

Edisi ini serupa dengan Windows XP Media Center serta Tablet PC Edition. Windows Vista Home Pemium juga mendukung sampai 16 GB physical memory.

4. Windows Vista Business

Sama seperti Windows XP Professional, Windows Vista Business juga ditujukan untuk pengguna bisnis. Fitur Media Center pada Home Premium memang tidak masuk dalam edisi ini.

Namun dalam edisi ini ada fasilitas IIS web server, offline files, dukungan faksimili, dukungan physical processor, kolaborasi P2P, remote desktop serta bisa menangani sampai 128 GB memori.

5. Windows Vista Enterprise

Edisi Windows Vista Enterprise ditujukan untuk segmen enterprise serta edisi tingkat tinggi dari edisi Business. Beberapa fitur tambahan diantaranya adalah versi sesi tunggal Virtual PC, BitLocker, dukungan antarmuka multi bahasa, Drive Encryption serta dukungan aplikasi UNIX. Namun, edisi ini tidak tersedia lewat saluran retail atau OEM dan hanya lewat Microsoft Software Assurance.

6. Windows Vista Ultimate

Ini merupakan edisi gabungan semua fitur Home Premium serta Enterprise. Pada edisi ini juga ditambahkan dengan dukungan pembuatan podcast yang dialihbahasakan Microsoft menjadi blogcasting.

Selain itu, ada juga program peningkat kinerja game, layanan online khusus media yang bisa diunduh serta fasilitas DVD ripping. Ditambah lagi, ada juga pilihan layanan pelanggan tambahan lain.

Edisi Windows Vista Ultimate ini ditujukan untuk edisi Vista paling impresif, pengguna high end, pemain game, para profesional multimedia dan pecandu PC. Sama seperti edisi Business serta Enterprise, aktivasi produk juga tidak dibutuhkan.

Kelebihan Windows Vista

1. Security

Pada saat layanan jaringan berfungsi, maka sistem tidak bisa diakses dari luar. Ini disebabkan karena Windows Vista akan secara otomatis bisa mengaktifkan Firewall yang sudah terintegrasi.

Pada saat melakukan browsing internet, maka proteksi security Windows Vista terbilang lebih aman. Ini disebabkan karena Windows Vista sudah memakai konsep Secure Development Lifescycle atau SDL yang akan memberi informasi virus aktif yang sering menyusup seperti worm sehingga penyebabnya bisa terdeteksi.

2. Data Disimpan Lebih Aman

Kelebihan dari Windows Vista selanjutnya adalah data yang tersimpan akan lebih aman. Selain itu, risiko kehilangan data pada perangkat penyimpanan juga lebih kecil sebab chace mode jauh lebih baik untuk removable storage seperti di flash disk.

3. Bisa Mengenkripsi Drive

Windows Vista juga bisa dipakai untuk enkripsi drive serta partisi lainnya. Selain itu, edisi ini juga bisa dikunci dengan Multi Factor Authentification memakai TPM Module atau PIN serta UFD.

4. Lebih Stabil

Windows Vista bisa dipakai untuk menampilkan preview setiap tipe file. Saat mencari data, maka Windows Vista bisa lebih cepat meski pada struktur susunan yang kompleks dengan aplikasi pencarian tepat bernama spotloght.

Dengan memakai sistem file exFAT, maka Windows Vista nantinya bisa membaca media. Selain itu dengan memakai teknologi SD ADMA atau Advanced DMA, maka Windows Vista bisa membaca SD Card.

Ditambah lagi, sharing data juga bisa dilakukan secara cepat di area jaringan. Windows Vista bisa melakukan transfer data dari harddisk sampai 25 MB per second.

Baca Juga : Cara Instal Windows dengan Flash Disk atau CD – Tutorial

Download Windows Vista

Windows Vista Service Pack 1 All Language Standalone CD ISOOfficial Link (Microsoft)
Windows Vista Ultimate 64Bit English / 3 GBAlt Link (Google Drive)
Windows Vista Ultimate 32Bit English / 2 GBAlt Link (Archive.org)

Note : Lapor Admin dengan komen di bawah jika ada link rusak atau tidak dapat diakses.

Sumber Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Windows_Vista
http://rahmawatydirah.blogspot.com/2015/06/pengertian-windows-vista.html
https://www.teorikomputer.com/2013/03/kelebihan-dan-kelemahan-windows-vista.html
http://okiwibawa.blogspot.com/2016/02/pengertian-windows-vista-serta.html
https://galuhwardhani.wordpress.com/2010/04/06/windows-vista/

Salam kenal dari Adam Muiz !
Support mencapai 1000 Subscriber yuk
😁 Terimakasih
Follow Adam Muiz on WordPress.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis