Download Windows XP PRO (ISO 32 & 64 bit)

Artikel Pilihan

Windows XP merupakan sistem operasi berbasis grafis yang dibuat Microsoft. Sistem operasi ini dipakai untuk komputer pribadi seperti komputer rumah serta desktop bisnis, laptop dan pusat media.

XP sendiri merupakan kependekan dari Experience. Windows XP adalah penerus dari Windows 2000 Professional serta Windows Me. Ini menjadi versi sistem operasi Windows pertama yang berorientasi konsumen yang dibangun di atas kernel serta arsitektur Windows NT.

Baca Juga :  Cara Upgrade Windows 11 Gratis Online Resmi

Sejarah Windows XP

Sebelumnya, Windows XP dikenal dengan kode sandi Whistler yang dikembangkan pengembang Microsoft pertengahan tahun 2000. Bersama dengan proyek tersebut, Microsoft juga menggarap proyek Windows generasi baru sebagai penerus Windows Me atau Millennium Edition berkode sandi Windows Neptune yang diproyeksikan sebagai Windows NT versi rumahan.

Sesudah Windows ME dianggap tidak terlalu sukses bersaing dengan kesuksesan Windows 98, maka Microsoft memutuskan untuk menyatukan 2 sistem operasi Windows menjadi Windows XP.

Baca Juga :  Free Download Windows 11 64 Bit Terbaru Original

Jenis Windows XP

1. Windows XP Professional

Windows XP Professional merupakan sistem operasi XP yang memang dibuat khusus untuk komputer desktop yang terhubung ke jaringan dengan domain yang dikelola Active Directory dari Windows 2000 server atau Windows Server 2003.

Selain itu, ini adalah versi yang bisa dikatakan memiliki fitur lebih lengkap dibandingkan Windows XP Home Edition. Ini menjadi suatu komputer server meski hanya dapat menampung maksimal 10 client yang dapat login bersamaan.

2. Windows XP Home Edition

Windows XP Edition merupakan sistem operasi Windows XP yang berguna untuk pengguna rumahan. Sebenarnya, tidak ada perbedaan signifikan dari Windows XP Home Edition dengan Windows XP Professional sebab basis pembuatannya yang sama.

Perbedaannya adalah Windows XP Edition tidak didesain untuk sistem dengan banyak pengguna seperti Windows XP Professional. Fitur jaringannya juga dihilangkan juga banyak seperti tidak bisa bergabung dengan sistem domain Active Directory, tidak punya sistem berkas terenkripsi, tidak bisa menjadi sebuah server dan tidak ada fitur Internet Connection Sharing.

Windows XP Home Edition ini bertujuan untuk menggantikan versi Windows sebelumnya yakni Windows ME serta Windows 98. Ini disebabkan karena kedua versi tersebut masuk dalam kelas Windows untuk pengguna rumahan.

3. Windows XP Media Center Edition

Windows XP Media Center Edition merupakan versi Windows XP yang khusus untuk perangkat seperti PC dan Hi-Fi. Pada dasarnya, Windows XP Media Center adalah Windows XP Home Edition yang sudah ditambah dengan dukungan perekam video pribadi.

4. Windows XP Tablet PC Edition

Windows XP Tablet PC Edition merupakan versi Windows XP yang khusus untuk PC ultra portabel bernama Tablet PC. Bentuknya minimalis seperti Asisten Digital Pribadi dengan kemampuan setara laptop atau notebook.

Windows XP Tablet PC Edition dibangun dengan basis Windows XP Professional yang ditambah fitur pengenalan tulisan tangan lebih bagus dibandingkan Windows XP Professional biasa. Biasanya, suatu Tablet PC juga sudah dilengkapi dengan layar sentuh.

Baca Juga : Windows 10 Pro 64 Bit Download Gratis

5. Windows XP Professional X64 Edition

Windows XP Professional X64 Edition adalah versi Windows XP yang khusus untuk prosesor arsitektur x86 – 64. Sekarang ini, prosesor yang memakai arsitektur ini terbatas untuk prosesor AMD dengan arsitektur AMD64 seperti Opteron dan Athlon 64.

Sedangkan dari keluarga Intel, ada Intel Pentium 4 dengan ekstensi EM64T serta beberapa seri Intel Pentium M serta D. Selain itu, ada juga beberapa varian keluarga Intel Core.

Perbedaan dengan Windows XP Professional yang dirilis sebelumya adalah dukungan pada akses memori lebih besar dibandingkan 4 Gigabytes seperti Windows XP sebelumnya.

Sebetulnya, prosesor 64 bit dari Intel atau AMD bisa mengakses 16 Eksabyte memori. Namun Microsoft membatasi kemampuan sistem operasi Windows ini hanya sampai 16 Terabyte saja.

Pada dasarnya, sistem operasi ini berbeda dengan versi dengan versi Windows XP yang lain. Ini disebabkan karena basis kode yang dipakai adalah Windows Server 2003, standar Edition untuk x64.

6. Windows XP Professional 64 bit Edition for Itanium

Ini adalah versi yang sangat terbatas penjualannya. Namun, produk ini sudah mendukung teknologi mikroprosesor yang sangat baik yakni IA-64 yang dipakai prosesor Intel Itanium serta Intel Itanium 2.

Dukungan yang diberikan Microsoft adalah dukungan untuk seluruh fitur dari prosesor Itanium. Namun karena hanya sedikit aplikasi yang didesain untuk prosesor Itanium, maka penyebaran produknya juga sangat sedikit.

Perbedaan fitur Windows XP Professional x64 Edition merupakan dukungan pada prosesor Itanium dengan semua arsitektur bawaan seperti EFI [Extensible Firmware Interface] serta GPT [GUIF Partition Table].

Meski posesor Itanium adalah prosesor yang memiliki kinerja paling efisien, akan tetapi Itanium tidak bisa menjalankan program yang didesain untuk Windows XP versi 32-bit atau Windows XP x64 Edition.

Pada saat menjalankan program yang tidak didesain untuknya, maka kinerjanya juga sangat rendah. Untuk aplikasi yang didukung juga sangat sedikit serta terbatas untuk aplikasi yang berguna untuk komputasi tingkat tinggi.

Contohnya seperti aplikasi ilmiah serta aplikasi basis data. Apabila Windows versi x64 serta 32 bit mendukung akselerasi multimedia, maka Windows XP ini tidak dibekali dengan fungsi tersebut sebab prosesornya tidak dibekali instruksi khusus untuk akselerasi multimedia.

7. Windows XP Starter Edition

Windows XP Starter Edition adalah versi Windows XP Home Edition yang diterjemahkan menjadi bahasa lokal memakai Language Interface Pack.

Bahasa yang dipakai juga beragam seperti Melayu, Bahasa Indonesia, Thailand, Rusia, Turki, India, Rusia, Brazil sampai bahasa Amerika Latin.

Menurut banyak sumber, Microsoft membuat Windows XP Starter Edition bertujuan untuk memerangi sistem operasi GNU / Linux sebab sistem operasi tersebut populer di beberapa negara dunia ketiga tersebut.

Baca Juga : Windows 7 ISO Download – 32 dan 64 Bit

Fitur dan Peningkatan Windows XP

Windows XP merupakan sistem operasi yang kestabilannya sudah ditingkatkan dibandingkan pendahulunya. Selain itu, Windows XP juga punya efisiensi yang lebih baik dibandingkan Windows 98, Windows ME serta Windows 2000 Professional.

Ini disebabkan karena Windows XP sudah menggunakan teknik manajemen software yang bisa menghindari DLL HELL. Selain itu, tampilan Windows XP juga telah dirombak sehingga semakin mudah digunakan. Berikut adalah beberapa fitur dari Windows XP:

Baca Juga : Download Windows Vista Gratis untuk Komputer

1. Dukungan Sistem Domain Active Directory

Active Directory merupakan sistem domain yang dipakai pada Windows Server 2000 serta Windows Server 2003. Dengan memakai Active Directory, maka sistem Microsoft Windows bisa diatur dari satu lokasi saja yakni dari sistem yang menjalankan Active Directory.

Fitur ini sangat penting apabila diaplikasikan pada perusahaan besar sebab bisa membuat semua proses autentikasi semakin sederhana.

2. Pengaturan Kontrol Akses Ditingkatkan

Sebagai sistem operasi yang diperuntukkan bagi pengguna korporasi, tentu Windows XP sudah dilengkapi dengan fitur pengaturan kontrol akses.

Fitur ini dipakai untuk membatasi akses pada siapa pun yang tidak punya akses pada objek tertentu. Meski bukan teknologi baru, namun fitur pada Windows XP ini sudah diterapkan dengan lebih canggih dibandingkan UNIX.

Untuk sistem operasi sebelumnya seperti Windows 9x belum dilengkapi dengan fitur ini. Dengan begitum setiap orang masih punya akses ke berkas tanpa mengalami kesulitan.

Baca Juga : Cara Instal Windows dengan Flash Disk atau CD – Tutorial

Download Windows XP

Windows XP Professional x64 Edition SP2 ISO-9660 / 475 MBOfficial Link (Microsoft)
Windows XP Home x64 With SP2 Vl English ISO / 600 MBAlt Link (Archive.org)
Windows XP Professional ISO SP3 x86 / 500 MBAlt Link (Archive.org)
5/5 - (2 votes)
Beri Nilai

Note : Lapor Admin dengan komen atau lewat halaman kontak di bawah jika ada link rusak atau tidak dapat diakses.

Sumber Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Windows_XP
https://recinay.wordpress.com/2010/04/03/windows-xp/
https://haloedukasi.com/jenis-windows-xp
https://dosenit.com/software/sistem-operasi/kelebihan-dan-kekurangan-windows-xp
https://jagad.id/kelebihan-dan-kekurangan-windows-xp/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis