DuckduckGo Search Engine : Pengertian, Sejarah, Kelebihan, Kekurangan dan Fitur

Salam Kenal

Artikel Pilihan

Sekarang ini, mesin pencari atau search engine terus berevolusi dengan tujuan untuk mempermudah pengguna menemukan informasi yang diperlukan tanpa harus melewati situs web yang berbeda beda. Meski berbagai fitur yang dimiliki Google memang berguna, akan tetapi tetap ada kekurangan yang dimiliki oleh Google. Jika ini masalah yang anda alami, mungkin salah satu search engine populer lain juga bisa anda gunakan yakni DuckduckGo Search Engine.

DuckduckGo Search Engine merupakan satu dari sekian banyak mesin pencari internet yang memakai informasi dari segala sumber. DuckduckGo Search Engine merupakan perusahaan yang berbasis di Paoli, Pennsylvania, Amerika Serikat. Nama perusahaan ini diambil dari mainan anak berupa bebek.

DuckduckGo Search Engine merupakan mesin pencari yang fokus pada privasi dan akan menunjukkan hasil yang sama untuk istilah pencarian ke seluruh pengguna. Hal ini tentu berbeda dengan Google yang menyaring hasil pencarian berdasarkan situs yang sudah dikunjungi.

Pengertian DuckduckGo Search Engine

DuckduckGo Search Engine sebenarnya sama seperti search engine lain namun tidak melacak aktivitas online para penggunanya. DuckduckGo Search Engine tidak mengumpulkan cookies, informasi pribadi dan juga alamat IP pengguna yang disembunyikan.

DuckduckGo Search Engine juga memiliki versi terenkripsi yang akan mengubah tautan dari beberapa situs ke versi terenkripsi dari situs web secara otomatis. Dengan begitu, pencarian yang dilakukan pengguna akan semakin terlindungi.

Meski sekarang ini sebagian besar orang memakai Google, akan tetapi DuckduckGo tetap menjadi alternatif mesin pencari dengan performa bagus khususnya jika anda mau menjaga privasi ketika sedang online.

Ketika sedang menggunakan DuckduckGo Search Engine, maka anda akan terhindar dari filter bubble yang umumnya dipakai kebanyakan search engine. Untuk itu ketika anda melakukan pencarian dengan DuckduckGo Search Engine, maka anda akan mendapatkan rekomendasi atau hasil yang sama dengan pengguna lain. Hasil pencarian tidak akan disesuaikan dengan riwayat pencarian serta preferensi setiap pengguna.

Sejarah DuckduckGo Search Engine

DuckduckGo Search Engine didirikan Gabriel Weinberg yang berprofesi sebagai seorang pengusaha. Pada awalnya, search engine ini didanai sendiri oleh Weinberg. Namun untuk sekarang juga sudah didukung dengan berbagai iklan.

DuckduckGo Search Engine dibangun pada pencarian APIs dari banyak vendor. Ia menjelaskan jika nama search engine ini diambil dari mainan anak berbentuk bebek meski sebenarnya tidak ada hubungan antara search engine ini dengan mainan anak anak.

Di bulan Juli tahun 2010, Weinberg mengawali situs komunitas DuckduckGo agar masyarakat bisa melaporkan masalah, membahas tentang sarana pemakaian mesin pencari, berdiskusi tentang open sourcing the code dan juga fitur permintaan.

Kemudian di bulan September tahun 2011, Tighe Caine dipekerjakan di DuckduckGo sebagai karyawan yang pertama. Bulan selanjutnya, Union Square Ventures melakukan investasi di DuckduckGo. Mereka berinvestasi karena yakin DuckduckGo Search Engine bisa mengubah dasar kompetisi dalam hal pencarian.

Di bulan Mei tahun 2012, DuckduckGo Search Engine berhasil menarik 1.5 juta pencarian di setiap satu harinya. Weinberg mengatakan jika mereka juga sudah memperoleh US$ 115.000 per tahun 2011 dan mempunyai 3 karyawan serta beberapa kontraktor.

Pada bulan November 2012, menurut sebuah situs dikatakan jika pencarian memakai DuckduckGo Search Engine mencapai 45.000.000 per bulan di bulan Oktober 2012. Pencapaian tersebut dikarenakan fitur DuckduckGo Search Engine yang menawarkan hampir semua yang tidak diberikan pada fitur di Bing atau Google.

Kelebihan DuckduckGo Search Engine

1. Menjaga Privasi Pengguna

Kelebihan pertama dari DuckduckGo Search Engine adalah bisa menjaga privasi penggunanya yang membuat mesin pencari ini semakin populer digunakan. DuckduckGo Search Engine tidak mengumpulkan informasi pengguna karena menjadi bagian dari kebijakan privasi DuckduckGo.

Pencarian yang dilakukan menggunakan DuckduckGo Search Engine akan sepenuhnya anonim. Selain itu, pengguna juga tidak akan menemukan riwayat pencarian sehingga seluruh pencarian terlihat seperti belum pernah dilakukan sebelumnya.

2. Memiliki Fitur Bang

Bang adalah shortcuts atau jalan pintas yang bisa membawa pengguna ke hasil pencarian dari situs web lain dengan cepat. Fitur ini ada di sebelah tombol search berbentuk panah kecil yang bisa dipakai untuk memilih dari beberapa situs web populer.

Contohnya saat anda mau melakukan pencarian pada situs Amazon, maka hanya perlu memilih !a kemudian memasukkan kata kunci yang mau dicari. Untuk melihat situs website yang populer serta perintah [!] yang tersedia, anda bisa berkunjung ke halaman fitur bang di DuckduckGo.com.

3. Iklan Tidak Terlalu Banyak

Saat anda sedang melakukan pencarian di Google, maka tentunya anda melihat banyak iklan yang umumnya ditampilkan pada halaman pertama. Hal ini berbeda dengan DuckduckGo yanng menjaga iklan di hasil pencarian seminimal mungkin. Iklan yang ditampilkan hanya berdasarkan kata kunci yang dicari dan bukan dari pelacakan riwayat pencarian atau profil pribadi.

4. Memiliki Layanan Logique Digital Indonesia

Logique Digital Indonesia menyediakan layanan digital marketing serta optimasi SEO yang bisa membantu meningkatkan keuntungan bisnis. DuckduckGo juga menyediakan banyak solusi untuk kebutuhan bisnis seperti web design, web development, penetration, app development dan sebagainya.

5. Memberikan Hasil Pencarian yang Tidak Bias

Dengan menggunakan DuckduckGo Search Engine, pengguna akan mendapatkan hasil pencarian yang tidak bias. Ini disebabkan karena DuckduckGo Search Engine menghindari filter bubble yang membuat pencarian dipersonalisasi atas dasar informasi mengenai pengguna seperti riwayat penelusuran sebelumnya atau perilaku klik.

Saat anda sedang melakukan penelusuran, DuckduckGo Search Engine akan menampilkan hasil tanpa harus mengetahui latarbelakang dari para penggunanya. Inilah yang membuat DuckduckGo Search Engine menjadi search engine terbaik untuk mencari sumber informasi topik penelitian yang biasanya mudah dipengaruhi bias budaya atau politik.

6. Tidak Memiliki Google Remarketing

Google remarketing atau biasa disebut dengan retargeting merupakan cara yang dipakai pengiklan pada Google Ads untuk mengikuti calon pelanggan kemana saja di internet sesudah pengunjung mengunjungi situs web yang mereka punya. Namun ketika anda memakai DuckduckGo Search Engine, maka anda tidak akan diganggu dengan berbagai iklan sebab DuckduckGo tidak menyimpan riwayat pencarian pengguna.

Kekurangan DuckduckGo Search Engine

1. Fasilitasnya Kurang Lengkap

Apabila dibandingkan dengan Google Search Engine, fasilitas pada DuckduckGo Search Engine terbilang lebih sedikit. Untuk Google memiliki beberapa fasilitas seperti Google Flights, Google Maps, Google Books dan Google Finance. Sementara untuk DuckduckGo Search Engine belum mempunyai layanan seperti itu.

2. Terkadang Kurang Nyaman Digunakan

Tujuan Google mengumpulkan data adalah untuk meningkatkan layanan dan user experience pengguna sehingga hasil pencarian bisa disesuaikan dengan profil atau minat penggunanya. Untuk itu ketika sedang mencari informasi, Google akan memberi jawaban yang sesuai dengan pengguna tersebut.

Contohnya pada saat anda mencari kueri “rumah makan Korea”, maka Google bisa mengetahui lokasi pengguna serta memperlihatkan rekomendasi rumah makan Korea paling dekat berdasarkan peta ke rumah makan tersebut.

Hal ini berbeda dengan DuckduckGo Search Engine yang tidak akan mengingat profil pengguna. Dengan begitu ketika pengguna mencari informasi seperti “rumah makan Korea”, maka pengguna akan mendapatkan informasi secara umum. Apabila anda tidak bermasalah dengan pengumpulan data, maka menggunakan Google menjadi pilihan yang tepat dan nyaman untuk dipakai.

Fasilitas DuckduckGo Search Engine

Karena tidak mempersonalisasi hasil, maka jawaban instan dari DuckduckGo Search Engine akan bekerja untuk semua orang dan memiliki komunitas pengembang untuk menambahkan sumber baru sebagai jawaban.Selain itu, ada beberapa fasilitas lain yang ada pada DuckduckGo Search Engine dan tidak bisa dilakukan pada mesin pencari lain seperti Google. Berikut beberapa diantaranya:

1. Bio Media Sosial

DuckduckGo Search Engine membuat pengguna bisa melihat profil media sosial orang lain tanpa harus meninggalkan mesin pencari. Anda nantinya bisa melihat informasi profil secara lengkap pada halaman yang sama.

Ini juga berlaku untuk Google+ serta Gravatar. Jika ingin mencari bio Twitter, maka anda harus mencari handle. Untuk Google+, silahkan anda ketik G+ kemudian lanjutkan dengan mengetik nama penggunanya. Sedangkan untuk Gravatar, anda hanya perlu mengetik Gravatar kemudian nama pengguna yang mau dicari.

Fitur bagus lain yang masih berhubungan adalah membuat pengguna bisa mencari pada situs lainnya. Jika menggunakan Google, maka pengguna bisa memakai pengubah situs untuk mencari halaman tertentu meski masih harus membuka tautan untuk melihat hasilnya. Sedangkan jika memakai DuckduckGo Search Engine, maka anda bisa memakai fungsi pencarian situs tersebut.

Contohnya ketika anda mau mencari detail seseorang pada LinkedIn, maka anda tidak harus membuka situsnya. Anda hanya perlu mengetik “!Linkedin” yang diikuti dengan nama penggunanya. Nantinya anda akan melihat halaman pencarian dengan banyak situs web.

2. Pencarian Toko Aplikasi

Anda bisa mencari aplikasi populer di DuckduckGo Search Engine dan akan menemukan banyak aplikasi dengan nama yang serupa. Anda bisa klik pada salah satu korsel dan anda sudah bisa melihat harga aplikasi, tautan ke toko dan juga deskripsinya.

3. Membuat Kata Sandi

Jika menggunakan DuckduckGo Search Engine, maka pengguna tidak harus mencari kata sandi yang kuat. Anda sebagai pengguna hanya perlu membuka DuckduckGo kemudian cari “Password 20”.

Nantinya akan ditampilkan kata sandi 20 karakter yang kuat. Selain itu, anda juga bisa mengganti nomor untuk mengubah jumlah dari karakter pada kata sandi tersebut.

Apabila anda susah mengingat kata sandi yang acak tersebut, maka anda juga bisa membuat kata sandi bergaya XKCD. Ini adalah kata sandi yang terdiri dari 4 kata umum yang dijadikan satu sehingga lebih mudah diingat namun sulit untuk dipecahkan.

4. Quick Stopwatch

Baik Google Search Engine dan juga DuckduckGo Search Engine sama sama mengizinkan pengguna untuk membuat quick timer. Namun pada DuckduckGo Search Engine ada tambahan lainnya yakni stopwatch.

5. Mengubah Huruf Besar dan Memeriksa Jumlah Karakter

Jika anda mau mengubah kalimat menjadi Title Case, Uppercase atau lowercase, maka juga bisa dilakukan pada DuckduckGo Search Engine. Anda hanya perlu menambahkan salah satu dari ketiga istilah ini sebelum kalimat kemudian dimasukkan ke DuckduckGo Search Engine.

Fitur menarik lainnya yang bisa dipakai adalah jumlah karakter. Pengguna bisa dengan cepat memeriksa ada berapa banyak karakter pada kueri penelusuran dengan cara menambahkan “karakter” sebelum atau sesudah kueri tersebut.

6. Memeriksa Ketika Situs Sedang Down

Apabila anda tidak bisa membuka sebuah situs web, maka kemungkinan anda mau memeriksa apakah situs tersebut memang tidak bisa terbuka di semua tempat atau hanya pada komputer yang anda punya. Ini bisa dilakukan di DuckduckGo Search Engine dengan memasukkan kata kunci, contohnya seperti “Is hewan.com down for me”.

7. Memberikan Jawaban Instan Dengan Kata Berima

Ketika menggunakan DuckduckGo Search Engine, anda juga akan diberikan jawaban instan dengan kata yang berima. Contohnya jika ingin mencari “berima pohon”, maka anda bisa melihat jawaban instan dengan kata yang berima.

8. Kalender

DuckduckGo Search Engine dan juga Google Search Engine sama sama bisa menunjukkan waktu serta tanggal saat ini. Akan tetapi pada DuckduckGo Search Engine jauh lebih baik karena sudah mendukung kalender sebagai jawaban instan.

Contohnya, cari “kalender” untuk melihatnya dengan tanggal saat ini. Selain itu, kalender untuk bulan serta tahun lainnya juga bisa diperlihatkan. Contohnya seperti cari “kalender Januari 1898”.

9. Loan Calculator

Loan calculator bisa digunakan ketika anda mau melihat berapa banyak cicilan bulanan yang anda miliki serta total bunga yang harus dibayarkan.

10. Menambahkan Jawaban Instan ke Mesin Pencari Lain

Apabila anda menyukai seluruh jawaban instan namun tidak mau meninggalkan mesin pencari favorit, maka anda hanya perlu mengunduh ekstensi DuckduckGo. Ini bisa dilakukan pada Firefox, Chrome dan juga Safari. Dengan begitu setiap kali anda melakukan pencarian, maka anda juga akan mendapatkan jawaban instan dari DuckduckGo Search Engine di atas hasil pencarian mesin pencari lainnya.

Fitur DuckduckGo Search Engine

Selain bisa menyembunyikan detail pribadi milik pengguna dan cookie, DuckduckGo Search Engine juga memiliki beberapa fitur lain yang bisa berguna untuk setiap penggunanya. Berikut adalah beberapa fitur dari DuckduckGo Search Engine yang penting untuk diketahui:

1. Mengubah Case

Ada kalanya anda harus mengubah huruf besar atau kecil pada beberapa teks dari atas ke bawah atau mengubah huruf besar dan kecil. Ini memang bisa dilakukan di Excel atau Word. Namun jika anda ingin cara yang cepat dan praktis, maka pada DuckduckGo Search Engine anda hanya perlu menambahkan huruf besar atau huruf kecil sebelum frasa yang anda buat.

2. Password Generator

Jika anda kehabisan inspirasi ketika ingin membuat password, maka anda bisa memakai fitur password generator yang ada pada DuckduckGo Search Engine. Secara default, disini anda bisa mendapatkan 8 digit kata sandi dengan kekuatan rata rata.

Anda nantinya bisa menentukan sendiri jumlah digit dengan cara menambahkan nomor pada bagian akhir. Selain itu, anda juga bisa menentukan apakah mau memakai kata sandi yang lemah atau kuat.

3. Anagram Solver

Fitur selanjutnya di DuckduckGo Search Engine yang bisa anda pakai adalah anagram solver. Caranya adalah dengan menambahkan “anagram” sebelum mengetik kata misteri yang akan dipakai.

4. Character Count

Fitur berikutnya pada DuckduckGo Search Engine adalah character count. Dengan fitur ini, anda bisa menambahkan karakter secara cepat baik di ponsel atau pada perangkat lainnya. Caranya adalah dengan menambahkan “karakter” di setiap akhir teks untuk melihat jumlah dari karakter tersebut.

5. !Bangs

Bisa dikatakan jika !Bangs adalah salah satu fitur terbaik yang bisa ditemukan pada DuckduckGo Search Engine. Fitur ini membuat anda bisa mencari di dalam situs secara langsung dari DuckduckGo Search Engine. Dengan mengetik ! pada kotak pencarian, maka akan ditampilkan daftar seluruh situs dengan jumlah lebih dari 9 ribu.

Silahkan pilih situs yang anda mau kemudian tambahan kueri pencarian. Nantinya, anda akan langsung dibawah ke hasil pencarian pada situs tersebut.

Sumber Referensi:

https://gadgets.ndtv.com/internet/features/12-things-duckduckgo-can-do-that-google-cant-596526
https://sagittarius.agency/en/our-thinking/blog/6-features-of-duckduckgo-that-might-make-your-life-easier
https://www.searchenginejournal.com/google-vs-duckduckgo/301997/
https://www.logique.co.id/blog/2020/01/28/duckduckgo-search-engine/
https://www.logique.co.id/blog/2021/01/14/apa-itu-duckduckgo/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis