Pengertian Energi – Bentuk, Macam, Sumber dan Contoh Manfaat

Salam Kenal

Artikel Pilihan

Antara makhluk hidup dan energi sama-sama tidak bisa dipisahkan. Ini disebabkan karena energi penting untuk hidup makhluk hidup dari mulai manusia, hewan sampai tanaman. Energi yang ada pada makanan nantinya akan menghasilkan energi untuk manusia dan akan digunakan untuk berbagai aktivitas sama seperti jenis energi lainnya.

Pengertian Energi

Energi merupakan sesuatu yang dapat dilakukan dengan gaya tertentu. Contohnya seperti gaya elektromagnetik, gaya gravitas dan lainnya. Berdasarkan ilmu fisika, satuan energi adalah Joule atau J karena energi berkaitan dengan usaha.

Pada saat usaha dilakukan di sistem, maka energi sistem nantinya akan meningkat. Hal ini juga berlaku sebaliknya, ketika sistem sedang melakukan usaha, maka energi akan berkurang.

Bisa dikatakan jika usaha adalah energi yang dipakai atau energi yang dipindahkan. Untuk itu, energi punya satuan yang sama seperti usaha.

Pengertian Energi Menurut Para Ahli

  • Menurut Mitchell, Reece dan Campbell: Energi merupakan kemampuan mengatur ulang materi. Secara singkat, energi diartikan sebagai kemampuan atau kapasitas untuk melakukan pekerjaan.
  • Menurut Arif Aalfatah dan Muji Lestari: Energi merupakan sesuatu yang diperlukan tubuh supaya bisa melakukan suatu objek bisnis. Pada kenyataannya, semua usaha yang dilakukan akan menghasilkan perubahan.
  • Menurut Michael J. Moran: Energi merupakan konsep dasar termodinamika yang menjadi salah satu aspek penting analisis teknik.
  • Menurut Aip Saripudin: Energi merupakan kemampuan untuk melakukan bisnis.
  • Menurut Young: Pekerjaan merupakan energi yang sudah dihasilkan. Dengan begitu, untuk bisa melakukan pekerjaan maka dibutuhkan energi.
  • Menurut Robert L. Wolke: Energi merupakan kemampuan untuk membuat sesuatu bisa terjadi.
  • Menurut Pardiyono: Energi merupakan bentuk kekuatan yang dihasilkan sebuah benda.
  • Menurut Mikrajuddin: Energi merupakan kemampuan untuk melakukan pekerjaan objek.
  • Menurut Einstein: Energi merupakan produk dari massa serta kuadrat cepat cahaya.

Bentuk-bentuk Energi

Energi yang ada di bumi punya bentuk yang berbeda. Beberapa bentuk tersebut yang akan membuat energi bisa bekerja dengan baik dan berguna untuk makhluk hidup. Berikut adalah beberapa bentuk energi tersebut:

  • Energi kinetik: Energi yang ada pada benda bergerak yang membuat seseorang atau suatu benda bisa bergerak.
  • Energi potensial: Energi yang ada pada benda akibat kondisi atau kedudukannya. Energi potensial punya beberapa bentuk, seperti energi potensial pegas, gravitasi, listrik dan sebagainya.
  • Energi mekanik: Hasil dari penjumlahan energi potensial serta energi kinetis. Energi mekanik bisa dikatakan merupakan kombinasi dari energi potensial serta energi kinetis atau kinetik.
  • Energi termal: Jumlah energi potensial dan energi kinetik yang ada pada atom serta molekul yang membentuk zat.
  • Energi listrik: Energi yang ditimbulkan benda bermuatan listrik. Energi listrik juga terdiri dari beberapa bentuk seperti energi listrik dalam rangkaian dan energi potensial listrik.

Macam-macam Energi

1. Energi Kimia

Energi kimia merupakan energi yang diperlukan organisme hidup karena bentuk kimia dari energi bisa disimpan dalam waktu yang lama. Contohnya seperti energi kimia yang tersimpan di dalam bahan makanan.

Di dalam metabolisme sel, ATP adalah salah satu bentuk energi kimia yang paling penting dan bermanfaat untuk manusia.

Energi tersebut muncul sebagai proses memecah ikatan kimia pada struktur sehingga bisa menghasilkan energi.  Dari penjelasan tersebut bisa disimpulkan jika energi kimia merupakan energi yang terpenting di dunia.

2. Energi Panas

Energi panas merupakan bentuk energi yang diubah menjadi panas. Energi panas bisa terjadi karena perubahan bentuk energi sebagai energi kimia di dalam reaksi matahari yang menyebabkan terjadinya api serta radiasi panas bermigrasi.

3. Energi Suara

Energi merupakan salah satu bentuk perubahan energi. Suara bisa diproduksi dari tabrakan dan banyak kegiatan lain selama ada konduktor seperti udara atau benda yang lainnya.

4. Energi Listrik

Energi listrik merupakan energi yang paling banyak dipakai dan dianggap penting manusia di dunia. Energi tersebut terjadi karena perbedaan muatan antara dua titik konduktor.

Energi listrik yang dihasilkan pembangkit listrik bisa didapat dari perubahan banyak sumber energi seperti angin, air, cahaya, panas dan juga bahan bakar fosil.

Energi yang diubah menjadi energi listrik lewat turbin dinamo yang berputar nantinya bisa menghasilkan medan listrik. Untuk cahaya, energi listrik yang didapat reaksi fotovoltaik pada permukaan mengakibatkan perbedaan yang menghasilkan listrik.

5. Energi Gerak

Energi gerak merupakan salah satu bentuk dasar energi. Energi gerak muncul di objek yang bergerak atau substansi. Pada saat benda bergerak atau substansi, maka akan ada gerakan energi.

Ini sejalan dengan perubahan energi air yakni gerakan air pada sungai untuk memutar turbin sehingga menghasilkan energi listrik.

6. Energi Nuklir

Energi nuklir merupakan energi yang ada di substansi atau materi yang terdiri dari atom serta bahan subatomik seperti neutron, elektron dan proton. Energi nuklir sebetulnya merupakan energi kimia namun lebih spesifik serta memerlukan lebih banyak usaha supaya bisa dipakai.

Energi nuklir bisa didapat lewat proses yang cukup rumit. Untuk sekarang ini, energi nuklir hanya bisa diambil dari bahan radioaktif serta bahan tidak stabil dengan inti berat seperti plutonium dan uranium.

Sumber Energi

Selain bentuknya, energi juga punya berbagai sumber yaitu sumber tak terbarukan serta sumber terbarukan. Keduanya memiliki manfaat yang beragam untuk makhluk hidup.

Sumber energi tidak terbarukan merupakan energi yang tidak bisa diperbarui. Meski mau diperbarui, maka akan membutuhkan biaya yang sangat banyak. Contoh sumber energi tidak terbarukan diantaranya adalah gas alam, minyak bumi, nuklir, batu bara dan lainnya.

Sedangkan sumber energi terbarukan merupakan energi yang masih bisa diperbarui dan umumnya tidak akan mencemari lingkungan. Contoh dari sumber energi terbarukan diantaranya adalah air, angin dan matahari.

Manfaat Energi Untuk Kebutuhan Harian

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, energi merupakan tenaga. Energi dibutuhkan untuk melakukan kegiatan dan energi untuk tubuh manusia bisa didapat dari makanan sehingga manusia butuh makan dan minum. Berikut adalah beberapa manfaat energi untuk kebutuhan harian:

  • Energi panas bisa dirasakan: Matahari dan api bisa menghasilkan energi panas. Matahari merupakan sumber energi yang paling besar di bumi. Panas matahari bisa digunakan pada kehidupan dan energi panas juga bisa menghasilkan listrik.
  • Cahaya: Energi cahaya bisa digunakan untuk menerangi sebuah tempat sehingga bisa terlihat terang. Energi cahaya juga memancarkan panas sehingga jika dinyalakan terlalu lama juga akan terasa panas.
  • Bunyi: Bunyi merupakan energi yang bisa didengar. Contohnya seperti radio yang bisa menghasilkan suara yang bersumber dari listrik atau baterai.
  • Energi listrik: Energi listrik bisa digunakan dengan cara menghubungkan alat dengan sumber listrik yakni stop kontak. Listrik bisa dipakai untuk banyak kebutuhan seperti menghidupkan lampu, radio, mesin, televisi dan sebagainya.

Cara Mempertahankan Sumber Energi

Untuk bisa mempertahankan sumber energi yang ada di bumi, sebenarnya bisa dilakukan secara mudah. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempertahankan sumber energi:

  • Mulai memakai biogas.
  • Menanam pohon untuk menambah persediaan energi di bumi berbentuk air.
  • Mematikan lampu yang tidak dipakai untuk menghemat energi fosil.
  • Mulai memakai energi alternatif yang telah tersedia.
  • Menggunakan energi surya sebagai pengganti energi listrik.
  • Memanfaat air untuk PLTA sebagai pengganti dari batu bara.
  • Tidak memakai transportasi kendaraan bermotor jika jarak yang ditempuh masih dekat untuk menghemat energi minyak bumi.
  • Mematikan semua alat elektronik ketika sedang tidur.
  • Memakai barang elektronik yang memiliki daya kecil.
Sumber Referensi

https://tirto.id/mengenal-energi-pengertian-bentuk-sumber-cara-hemat-energi-gaHT
https://kumparan.com/kabar-harian/pengertian-energi-bentuk-bentuk-dan-sumbernya-1wft7oPVfIO
https://www.dosenpendidikan.co.id/pengertian-energi/
https://salamadian.com/pengertian-energi/

Kenalan dengan Adam yuk !
Mohon bantu saya mencapai 1000 Subscriber
😁 Terimakasih
Follow Adam Muiz on WordPress.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis