Pengertian Gizi : Ilmu, Asupan dan Contoh Cara Memenuhi

Salam Kenal

Artikel Pilihan

Kecukupan dari asupan gizi akan sangat menentukan kesehatan tubuh. Ini disebabkan karena gizi sangat berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh yang bertambah kuat, menurunkan risiko penyakit menular dan panjang umur.

Di dalam dunia medis dan ilmu pengetahuan, gizi diartikan sebagai ilmu atau praktik konsumsi dan penggunaan makanan. Pada struktur metabolisme, asupan gizi yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi bisa mencegah masuknya penyakit ke dalam tubuh.

Namun meski pada kenyataannya gizi sangat penting, terkadang banyak yang suka mengabaikan tentang gizi dari mulai pola makan buruk, intoleransi makanan sampai alergi makanan.

Pengertian Gizi

Gizi merupakan persediaan bahan atau makanan yang diperlukan organisme dan sel untuk bisa bertahan hidup. Dalam ilmu pengetahuan serta medis, gizi bisa merujuk ke praktik atau ilmu konsumsi dan pemakaian makanan.

Tidak hanya metabolisme, namun pengertian gizi juga fokus pada cara mengenali proses terjadinya penyakit yang disebabkan faktor bahan pangan. Dari mulai pola makan buruk, intoleransi makanan sampai alergi makanan.

Ilmu Gizi

Ilmu gizi atau nutrience science merupakan ilmu yang mempelajari tentang semua hal yang berkaitan dengan makanan dan kesehatan tubuh. Namun sayangnya, makanan sekarang ini kandungan gizinya hanya berjumlah sedikit.

Contohnya seperti banyak penggunaan bahan kimia seperti pestisida di sayuran. Meski ditanam secara organik, namun tetap akan menggunakan pestisida sehingga menyebabkan kandungan gizinya berkurang.

Pengertian Gizi Seimbang

Gizi seimbang merupakan susunan makanan harian yang mengandung zat gizi pada jenis serta jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Ini juga termasuk memperhatikan prinsip variasi makanan, kebersihan, aktivitas fisik serta berat badan yang ideal.

Di Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya, gizi seimbang divisualisasikan sebagai piramida gizi seimbang. Namun, tidak semua negara memakai piramida akan tetapi disesuaikan dengan budaya serta pola makan.

Contohnya seperti di Thailand, memakai piramida terbalik sebagai Bendera. Sedangkan di China sebagai Pagoda dengan tumpukkan rantang. Sementara untuk wilayah Indonesia sendiri memakai bentuk tumpeng dengan nampan yang dinamakan dengan Tumpeng Gizi Seimbang.

Tumpeng Gizi Seimbang ini digunakan untuk membantu semua orang ketika memilih makanan dengan jenis serta jumlah yang tepat sesuai dengan banyak kebutuhan menurut usia dan disesuaikan dengan kondisi kesehatan. Dalam Tumpeng Gizi Seimbang ini memperlihatkan 4 prinsip gizi seimbang, yakni:

  • Aktivitas fisik.
  • Kebersihan.
  • Aneka jenis makanan sesuai kebutuhan.
  • Memperhatikan berat badan ideal.

Selain itu, Tumpeng Gizi Seimbang juga terdiri dari beberapa potongan tumpeng, yakni:

  • Satu potongan besar.
  • Dua potongan sedang.
  • Dua potongan kecil.
  • Satu potongan terkecil yang berada di puncak.

Asupan Gizi yang Dibutuhkan Tubuh

1. Makronutrien

Markonutrien mengartikan nutrisi yang diperlukan dalam jumlah banyak oleh tubuh. Jenis gizi ini dibagi kembali menjadi makronutrien yang bisa menyumbang energi dan yang tidak menyumbangkan energi. Untuk makronutrien energi meliputi protein, karbohidrat dan juga lemak.

  • Karbohirat

Karbohidrat mempunyai molekul yang terdiri dari disakarida, monosakarida serta polisakarida. Polisakarida dianggap lebih baik dibandingkan monosakarida sebab lebih kompleks sehingga butuh waktu lebih lama untuk diserap ke dalam aliran darah dan tidak menyebabkan lonjakan gula darah.

Jika karbohidrat yang dikonsumsi semakin kompleks, maka nutrisi yang diperoleh juga semakin baik. Contoh dari karbohidrat kompleks yang bisa dikonsumsi adalah nasi merah, gandum utuh serta biji-bijian. Sementara untuk jenis karbohidrat sederhana meliputi, roti putih, nasi dan juga pasta.

  • Protein

Protein tersusun dari 20 jenis asam amino seperti histidine, isoleucine, leucine, methionine, lysine, trytophan, phenylalanine, theronine serta valine yakni contoh asam amino esensial.

Sedangkan untuk asam amino nonesensial meliputi acid, asparatic, glumatic acid, asparagine, alanine, ariginine, glycine, glutamine, serine, proline dan tyrosine.

Sebagian diantaranya tidak dapat diproduksi oleh tubuh sehingga harus diperoleh lewat makanan. Sedangkan untuk sebagian lainnya termasuk nonesensial bisa diproduksi sendiri oleh tubuh.

Untuk itu, ahli gizi merekomendasikan makanan yang mengandung protein seperti daging unggas, kacang-kacangan, gandum utuh dan juga ikan.

  • Lemak

Lemak merupakan salah satu gizi yang diperlukan tubuh supaya bisa berfungsi dengan baik. Dari mulai membantu organ menghasilkan hormon, menyerap vitamin tertentu, melumasi persendian dan menjaga kesehatan otak.

Ada banyak orang yang berusaha menghindari konsumsi lemak karena takut terkena penyakit. Namun sebenarnya, anda bisa mengganti dengan lemak sehat contohnya seperti keju, alpukat, kacang, telur dan minyak kelapa untuk memenuhi kebutuhan lemak dalam tubuh.

Sedangkan pada makronutrien tidak menyumbang energi namun tetap penting untuk tubuh. Contohnya seperti air dan serat.

  • Serat

Sebagian besar serat terdiri dari karbohidrat. Serat juga sangat penting untuk mendukung pertumbuhan bakteri baik di sistem pencernaan. Sumber serat bisa didapat dari berbagai jenis buah dan sayuran.

  • Air

Sekitar 70% tubuh mnusia terdiri dari air sehingga penting untuk menjaga fungsi tubuh. Kebutuhan air setiap individu bervariasi dan dipengaruhi banyak hal.

Contohnya dari usia, ukuran tubuh, suhu lingkungan, aktivitas fisik, pola makan dan kondisi kesehatan. Untuk itu sangat dianjurkan untuk minum air sekitar 2 liter per hari.

2. Mikronutrien

Mikronutrien merupakan nutrisi yang diperlukan tubuh namun jumlahnya sedikit yang terdiri dari vitamin dan mineral.

  • Mineral

Selain oksigen, hidrogen, karbon serta nitrogen, tubuh manusia juga butuh mineral yang berasal dari makanan. Ada banyak mineral yang penting untuk proses biokimia manusia. Contohnya seperti natrium, kalium, kalsium, klorida, magnesium, fosfor, zat besi, zinc, tembaga, mangan, iodin, molibdenum serta selenium.

Jika pola makan seimbang, maka kebutuhan mineral juga akan terpenuhi dengan baik. Terkadang, mineral juga ditambahkan dalam produk tertentu untuk memenuhi kebutuhan manusia yang disebut dengan fortifikasi.

  • Vitamin

Vitamin tidak bisa diproduksi dalam jumlah yang cukup sehingga harus dipenuhi dari bahan pangan. Vitamin dibagi dalam 2 kelompok yakni vitamin yang larut dalam air seperti A, D, E dan K serta vitamin yang larut dalam lemak seperti B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, B12 dan C.

Vitamin yang larut dalam air akan keluar lebih cepat bersama urine ketika dikonsumsi. Untuk itulah, vitamin ini harus dikonsumsi dengan teratur. Sementara vitamin yang larut dalam lemak akan mudah menumpuk di dalam tubuh sebab sulit dihilangkan. Penumpukkan vitamin terlalu berlebihan di dalam tubuh dinamakan dengan hipervitaminosis.

Cara Memenuhi Gizi yang Seimbang

Supaya bisa memenuhi gizi yang seimbang, maka panduan makan berikut ini bisa diikuti:

  • Konsumsi sumber protein dan lemak sehat seperti kacang-kacangan, ikan dan ayam sekitar ¼ piring.
  • Konsumsi sayur dan buah aneka warna sekitar ½ piring.
  • Konsumsi sumber karbohidrat kompleks seperti minyak kedelai, minyak zaitun, minyak kanola dan minyak jagung.
  • Konsumsi air putih dalam jumlah yang cukup.
  • Konsumsi susu setidaknya 1 hingga 2 gelas per hari serta jus 1 gelas per hari.
  • Lakukan pola hidup sehat tidak hanya mencukupi kebutuhan gizi harian namun juga diimbangi dengan olahraga.
  • Lakukan olahraga untuk membakar kalori berleih dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.
Sumber Referensi

https://www.kelaspintar.id/blog/inspirasi/pengertian-gizi-dan-mana-saja-yang-dibutuhkan-manusia-10322/
https://zdocs.tips/doc/upload-pengertian-gizi-secara-umum-ialah-zat-yang-dibutuhkan-oleh-tubuh-dalam-pertumbuhan-wp9nery8z415
https://www.sehatq.com/artikel/pengertian-gizi-yang-mungkin-belum-anda-pahami

Salam kenal dari Adam Muiz !
Support mencapai 10K Subscriber yuk
😁 Terimakasih
Follow Adam Muiz on WordPress.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis