Google Mail : Pengertian, Sejarah, Fitur, Manfaat, Kelebihan dan Kekurangan

Salam Kenal

Artikel Pilihan

Google Mail atau biasa disebut dengan Gmail merupakan layanan surel dari Google. Para pengguna bisa mengakses Google Mail tersebut dalam bentuk surat web HTTPS, IMAP4 atau protokol POP3. Untuk pertama kalinya, Google Mail dirilis memakai sistem undangan bentuk Beta di tanggal 1 April 2004 yang lalu.

Sedangkan untuk publik baru mulai bisa diakses pada tanggal 7 Februari 2007 yang masih memakai status Beta. Kemudian mulai tanggal 7 Juli 2009, seluruh produk Google Apps termasuk Google Mail sudah tidak lagi memakai status Beta.

Pengertian Google Mail

Google Mail atau Gmail merupakan layanan surel atau email dari Google berbentuk web HTTPS. Dengan menggunakan Google Mail tersebut, maka pengguna bisa saling mengirim pesan elektronik atau surat lewat jaringan internet.

Google Mail pertama kalinya dirilis pada tanggal 1 April 2004 yang masih berbentuk beta. Di tanggal 7 Februari 2007, Google Mail kemudian dirilis untuk publik meski masih berbentuk beta dan baru keluar dari status beta di tanggal 7 Juli 2009 yang lalu.

Pada awalnya ide pengembangan Google Mail dicetuskan Paul Buchheit yakni seorang insinyur komputer Google dengan kode proyek bernama Caribou. Selama proses pengembangan awal, ini adalah proyek yang dirahasiakan dari sebagian komputer Google.

Di awal tahun 2004, sistem Google Mail hanya dipakai karyawan internet dari perusahaan ini. Lalu mulai tanggal 1 April 2004, Google Mail secara resmi dirilis untuk publik berbentuk beta.

Pertama kali, layanan Google Mail hanya memberi kapasitas 1 GB untuk setiap pengguna. Google Mail menjadi standar dari penyimpanan gratis paling besar karena layanan lain hanya menyediakan 2 hingga 4 MB.

Sedangkan pada perkembangan baru sekarang ini, kapasitas Google Mail sudah ditingkatkan menjadi 15 GB. Integrasi dengan Google Drive membuat kapasitas penyimpanan Google Mail semakin besar untuk setiap penggunanya.

Sejarah Google Mail

Google Mail adalah layanan email milik Google yang didirikan Paul Buchheit. Di tanggal 1 April 2004, Google Mail secara resmi dirilis memakai sistem undangan berbentuk beta. Kemudian pada tanggal 7 Februari 2007, Google Mail sudah tersedia untuk umum atau publik. Anda sebagai pengguna nantinya bisa mengakses dalam bentuk protocol POP3, HTTPS serta IMAP4.

Fitur Google Mail

1. Kapasitas Penyimpanan yang Banyak

Google Mail menyediakan kapasitas penyimpanan untuk pengguna sebanyak 7.538 megabyte dan terus ditambahkan yang lebih banyak dibandinngkan jumlah yang disediakan situs lainnya. Dengan begitu, pengguna bisa menyimpan hingga ribuan surat elektronik yang membuat Google Mail menjadi email dengan kapasitas terbanyak sampai sekarang.

2. Menyediakan Teknologi Pencarian Google

Google Mail juga menyediakan teknologi pencarian Google yang mempermudah pengguna ketika sedang mencari email. Pada Google Mail juga ditampilkan iklan berdasarkan email yang sudah diterima pengguna. Iklan ini hanya akan diperlihatkan pada pengguna Google Mail dan tidak akan dikirimkan ke alamat eksternal.

3. Bisa Digunakan Untuk Mengirim Lampiran Sampai 25 MB per Email

Fitur lainnya yang ditawarkan Google Mail adalah bisa digunakan untuk mengirim lampiran dengan ukuran hingga 25 MB per email. Dengan begitu, email dari Google ini bisa digunakan untuk pengguna yang mau mengirimkan lampiran berukuran besar hanya dalam satu email saja.

4. Memiliki Conversation View

Fitur lainnya yang ada pada Google Mail adalah penyortiran email berbentuk Conversation View. Dengan adanya Conversation View ini, maka email yang diterima akan diurutkan atas dasar bentuk percakapannya sehingga seluruh topik serta balasan tidak terpisah pisah. Dengan begitu, pengguna bisa lebih mudah melihat email yang sudah diterima.

5. Label Email

Label email juga merupakan fitur lainnya yang ada pada Google Mail. Dalam satu buah email bisa memiliki lebih dari satu label. Ini adalah fitur yang berguna untuk menyortir email menyesuaikan dengan label yang diberikan. Selain itu, Google juga bisa menambahkan label secara otomatis memakai filter.

6. Teknologi Push Email

Untuk teknologi push email ini diterapkan Google Mail untuk perangkat Windows Mobile dan juga iPhone. Sementara untuk perangkat smartphone, teknologi push email dari Google Mail ini bervariasi tergantung dari aplikasi yang dapat dipasang pada smartphone dari banyak jenis dan merk.

7. Terintegrasi Dengan Seluruh Produk Google

Integrasi dengan seluruh produk Google membuat pengguna bisa mengakses semua layanan yang disediakan dengan lebih mudah. Para pengguna tidak perlu mendaftar layanan jika sudah memiliki Google Mail.

Contohnya seperti Google Play Store di perangkat android, pengguna bisa mencari serta mengunduh aplikasi dengan bebas tanpa harus mendaftarkan akun lebih dulu.

Selain itu, pengguna juga bisa memakai Google Meet yakni layanan konferensi video secara langsung tanpa mendaftarkan akun. Hanya dengan memakai akun Google Mail, maka pengguna bisa menggunakan semua produk dari Google.

8. Minim Spam

Google Mail adalah layanan email yang sangat cerdas karena bisa memetakan email spam dengan email lain yang bukan email spam. Ini adalah fitur yang sangat berguna bagi semua orang sebab tidak perlu khawatir dengan spam serta notifikasi yang masuk.

Untuk email spam sendiri akan dianggap spam oleh Google sehingga akan masuk ke label spam secara otomatis. Anda bisa memeriksa label ini untuk memastikan apakah email yang masuk adalah email spam atau bukan.

Apabila memang spam, maka anda bisa menghapus email tersebut. Namun jika tidak, maka bisa memasukannya ke kotak masuk atau inbox. Email yang dianggap spam akan dihapus sesudah lewat 30 hari secara otomatis.

9. Memberi Prioritas untuk Platform atau Layanan Lain

Saat memakai Google Mail, anda akan mendapatkan prioritas pada saat menggunakan atau mendaftar layanan lainnya. Contohnya pada saat anda mendaftar ke Pinterest, maka tidak perlu lagi menulis data diri, membuat username dan password dan lain sebagainya.

Ini bisa terjadi karena Pinterest sudah terintegrasi dengan akun Google sehingga anda hanya perlu login saja ke akun Google yang anda punya.

Platform Google Mail

1. Web Browser

Untuk HTML dasar dari Google Mail ini bisa berfungsi di hampir seluruh browser. Untuk versi AJAX modern secara resmi didukung pada rilisan utama sekarang ini. Sedangkan sebelumnya, dari Firefox, Google Chrome, Microsoft Edge, Internet Explorer dan juga Safari Browser Web dilakukan secara bergilir.

Pada bulan Agustus tahun 2011 yang lalu, Google juga memperkenalkan layanan Google Mail offline. Ini adalah sebuah aplikasi yang didukung HTML5 yang menyediakan akses pada layanan ketika sedang offline.

Google Mail offline ini berjalan pada browser Google Chrome dan bisa diunduh di Toko Web Chrome. Tidak hanya aplikasi asli pada iOS serta Android, namun pengguna juga bisa mengakses Google Mail lewat browser web yang ada di perangkat seluler.

2. Seluler

Google Mail mempunyai aplikasi asli untuk perangkat iOS seperti iPod Touch, iPhone dan juga iPad serta untuk perangkat Android.  Di bulan November tahun 2014. Google kembali memperkenalkan fungsi pada aplikasi Google Mail android yang membuat pengiriman serta penerimaan email dari alamat non Google Mail bisa dilakukan lewat IMAP atau POP.

Kemudian di bulan November tahun 2016 yang lalu, Google juga mendesain ulang aplikasi Google Mail untuk platform iOS. Di pembaruan tersebut ditambahkan lebih banyak pemakaian warna, transisi lebih halus serta fitur yang sangat diinginkan seperti Urungkan Pengiriman, pencarian lebih cepat dengan saran ejan serta hasil instan serta Swipe untuk Arsip atau Hapus.

Kelebihan dan Kekurangan Google Mail

Sama seperti layanan surel lainnya, tentunya Google Mail memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa dijadikan bahan pertimbangan. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan Google Mail yang penting untuk diketahui:

Kelebihan Google Mail

  • Memiliki penyimpanan cukup besar: Google Mail menyediakan cloud storage atau penyimpanan data yang besar yakni hingga 15 GB per akun. Ini adalah jumlah yang besar jika dibandingkan dengan layanan email lain.
  • Memiliki malware dan antivirus terbaik: Hingga saat ini, Google Mail adalah layanan email yang teraman dari serangan malware serta virus. Google Mail bisa melakukan konfirmasi setiap ada email atau pesan yang masuk yang dianggap berbahaya atau mencurigakan. Ditambah lagi, Google Mail juga bisa melakukan scanning dokumen atau data yang dikirim pengguna lainnya.
  • Tidak sering down: Google Mail memiliki sumber daya yang lumayan besar sehingga selalu berjalan dengan stabil. Dengan begitu, sangat jarang Google Mail mengalami masalah khususnya down.
  • Bisa login ke lebih dari 1 akun: Google Mail memberi izin pengguna supaya bisa login ke lebih dari satu akun. Dengan begitu, pengguna bisa berganti dari satu akun ke akun lainnya dengan lebih cepat.
  • Tidak perlu refresh untuk melihat email baru: Google memberikan fitur yang membuat pengguna bisa melihat email baru yang masuk ketika sedang membuka layanan Google Mail. Google Mail bisa refresh secara otomatis pada saat ada email yang baru saja masuk.

Kekurangan Google Mail

  • Mengandung iklan didalamnya: Di bagian tab promosi, anda akan melihat iklan Google Adsense. Umumnya, ada 2 jenis iklan yang akan ditampilkan namun bisa ditampilkan dan bisa juga tidak.
  • Email bisa salah diberi label spam: Ada sebagian email yang masuk terkadang dianggap spam meski sebenarnya bukan spam. Meski begitu, hal ini jarang terjadi karena tingkat keakurasian mengidentifikasi spam mencapai 99 persen sehingga tidak mengkhawatirkan.
  • Membutuhkan jaringan internet yang cepat: Jika ingin membuka Google Mail versi web, maka juga dibutuhkan jaringan internet yang cepat. Selain itu, loading yang dibutuhkan ketika ingin membuka Google Mail juga lumayan lama sehingga kurang efisien dari segi waktu.

Manfaat Google Mail

Ada banyak manfaat Google Mail yang bisa digunakan oleh pengguna selain untuk mengirim pesan atau email ke pengguna lainnya. Berikut adalah beberapa manfaat dari Google Mail:

1. Untuk Akses ke Seluruh Layanan Google

Dengan memakai akun Google Mail, pengguna nantinya bisa mengakses seluruh layanan yang sudah disediakan Google. Layanan Google yang dikhususkan untuk smartphone android juga bisa diakses dengan memakai akun Google Mail contohnya seperti Google Store dan juga Google Play.

2. Untuk Mendaftar Rekening Bank Online PayPal dan Lainnya

Akun Google Mail juga bisa dipakai untuk mendaftarkan rekening Bank Online PayPal serta rekening bank yang lain. Caranya adalah dengan memanfaatkan sistem online serta memakai akun Google Mail ketika pendaftaran.

3. Untuk Membuat Blog

Untuk pengguna yang sudah mempunyai akun Google Mail, maka juga bisa membuat blog sendiri. Ini disebabkan karena ketika mau membuat blog, pengguna harus mendaftarkan diri memakai akun Google Mail. Dengan memiliki akun Google Mail, maka tentunya akan mempermudah pengguna untuk menyalurkan hobi menulis dan membuat blog.

4. Untuk Mendaftar Akun Sosial Media

Kegunaan lain dari akun Google Mail adalah untuk mendaftarkan akun sosial media. Jika anda sudah mempunyai akun Google Mail, maka anda bisa mendaftarkan akun sosial media seperti Twitter, Instagram dan Facebook sehingga bisa digunakan dengan lebih nyaman.

5. Untuk Membuat Akun Youtube

Ketika anda mau membuat akun Youtube, maka salah satu syaratnya adalah harus sudah memiliki akun Google Mail. Jika anda tidak mempunyai akun Google Mail, maka secara otomatis anda tidak akan bisa membuat akun Youtube.

6. Untuk Mendaftar Kerja Online

Akun Google Mail juga bisa digunakan untuk melamar pekerjaan secara online. Dengan mengirim surat lamaran lewat email, maka anda sudah dapat mendaftar pekerjaan tanpa harus datang langsung ke lokasi.

7. Untuk Menerima Serta Berbagi Informasi

Untuk saling berbagi serta menerima informasi yang penting juga bisa dilakukan lewat akun Google Mail. Hanya dengan melakukannya lewat email, maka pekerjaan anda bisa semakin dipermudah.

Persiapan Mendaftar Google Mail

Sebelum mulai mendaftarkan akun Google Mail, maka dibutuhkan beberapa hal yang harus anda persiapkan. Berikut adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan untuk mendaftar Google Mail:

  • Nama yang akan digunakan: Sangat disarankan untuk memakai nama pengguna gabungan dari nama depan dan belakang. Kegunaannya adalah supaya anda bisa lebih mudah mengingat alamat Google Mail milik anda sendiri.
  • Nomor ponsel: Nomor ponsel dibutuhkan ketika anda mau mendaftar Google Mail. Sebaiknya, gunakan nomor ponsel yang masih aktif karena akan dipakai untuk verifikasi pendaftaran Google Mail.
  • Kata sandi: Kata sandi dipakai ketika ingin membuka layanan Google Mail. Untuk membuat kata sandi sebaiknya gunakan kata kata yang mudah diingat diri sendiri namun suit ditebak orang lain. Selain itu, sebaiknya gunakan kombinasi huruf dan angka serta simbol minimal 8 karakter.

Cara Mendaftar Akun Google Mail Baru

Jika semua data yang diperlukan sudah siap, maka anda sudah bisa mendaftar akun Google Mail. Berikut adalah tahap demi tahap yang harus dilakukan:

  • Silahkan buka aplikasi browser kemudian masuk ke halaman google.com.
  • Silahkan pilih menu Gmail yang ada di tampilan Google.
  • Lanjutkan ke halaman resmi Google Mail. Karena ingin membuat akun yang baru, maka pilih Buat Akun yang ada di kanan atas halaman.
  • Nantinya akan ditampilkan form pendaftaran dan anda diharuskan mengisi form tersebut dengan data yang sebelumnya sudah dipersiapkan.
  • Lanjutkan dengan mengisi data pribadi yang anda miliki seperti jenis kelamin dan nomor ponsel.
  • Verifikasi data pribadi anda. Google akan mengirim kode OTP ke nomor ponsel anda berbentuk SMS.
  • Silahkan masukkan kode OTP pada kolom yang sudah tersedia dan akun Google Mail yang baru sudah berhasil anda buat.
  • Pastikan untuk selalu menggunakan data asli dan tidak memberikan kode OTP yang dikirim Google pada orang lain. Ini penting karena orang lain bisa saja mengambil alih akun Google Mail yang anda miliki.
Sumber Referensi

https://www.groovypost.com/howto/what-is-gmail-a-starter-guide/
https://time.com/5613419/gmail-tips-tricks-email/
https://dianisa.com/pengertian-gmail/
https://kampusdosenjualan.com/pengertian-gmail-dan-manfaat-gmail/
https://www.computerhope.com/jargon/g/gmail.htm

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis