27.2 C
Semarang
Thursday, December 1, 2022

Pengertian Hobi – Macam Jenis, Manfaat dan Fungsi

Artikel Pilihan

Hobi merupakan kegiatan kasual yang dilakukan karena ketertarikan yang kuat yang berasal dari dalam diri. Hobi adalah kegiatan yang secara umum membuat seseorang menginvestasikan sesuatu baik materi atau waktu dengan tidak terpaksa. Kegiatan yang berhubungan dengan hobi umumnya dilakukan ketika seseorang memiliki waktu luang.

Pengertian Hobi

Hobi merupakan kegiatan yang dilakukan teratur serta dilaksanakan dengan senang hati. Hobi sendiri bisa meliputi banyak hal seperti melakukan kegiatan artistik dan kreatif, mengoleksi benda tertentu, olahraga dan lain sebagainya.

Jika seseorang melakukan hobi tertentu, maka umumnya juga akan mendapatkan keterampilan serta pengetahuan substansial dalam bidang tersebut. Secara umum, seseorang yang melakukan kegiatan hanya untuk bersenang-senang, maka dinamakan dengan amatir.

Orang tersebut akan melakukan suatu kegiatan untuk mendapatkan imbalan. Amatir mungkin memiliki keterampilan yang sama seperti profesional. Meski begitu, ada beberapa perbedaan prinsip dan yang paling mendasar adalah profesional akan mendapat kompensasi dari aktivitas yang dilakukan. Sedangkan seorang amatir tidak akan mendapatkan kompensasi dari aktivitas yang dilakukan.

Jenis-jenis Hobi

1. Analisis Data

Analisis data menjadi salah satu hobi yang bisa memberikan banyak manfaat namun sayangnya tidak terlalu banyak diminati. Hobi ini sangat membantu untuk menyelesaikan permainan yang berhubungan dengan analisis data seperti Sudoku.

Selain itu, hobi analisis data juga bisa membantu ketika mau kuliah di jurusan sosiologi, hubungan internasional, arkeologi dan lain sebagainya.

2. Bermain Game

Seiring perkembangan jaman, sekarang ini sudah ada begitu banyak jenis game diikuti juga dengan peminatnya. Ketika bermain game, strategi menjadi kunci terpenting untuk menyelesaikan permainan tersebut.

Inilah sebabnya salah satu jenis hobi ini sangat baik dilakukan untuk meningkatkan kecerdasan otak. Selain itu, ada juga beberapa jurusan yang bisa memberi wadah keterampilan bermain game seperti animasi, desain komunikasi visual [DKV] sampai teknik informatika.

3. Menggambar

Jenis hobi berikutnya adalah menggambar. Meski terlihat mudah untuk dilakukan, namun sebenarnya hobi yang satu ini cukup sulit dilakukan. Ini disebabkan karena menggambar memerlukan kreativitas yang tinggi dan juga ketekunan.

Untuk yang senang dengan hobi menggambar, maka ada beberapa jurusan yang bisa menjadi wadah keterampilan menggambar. Contohnya seperti jurusan desain interior, seni rupa, arsitektur, desain komunikasi visual dan sebagainya.

4. Musik

Musik adalah salah satu jenis hobi yang bagus dilakukan untuk melatih otak. Dengan bermain musik teratur, maka bisa memperkuat antara hubungan otak kanan dan kiri. Selain itu, bermain musik juga bagus dilakukan untuk mengoptimalkan fungsi otak.

5. Memasak

Memasak adalah salah satu jenis hobi yang disukai banyak orang. Memasak juga menjadi hobi yang bisa memberikan penghasilan yakni dengan cara menjual hasil masakan yang sudah dibuat. Sedangkan untuk menambah skill memasak, maka bisa memilih jurusan tata boga ketka SMA atau juga bisa ikut workshop memasak.

Peluang Usaha dari Hobi

Sebagian orang sekarang ini sudah memanfaatkan hobi sebagai sumber mata pencaharian kehidupan. Berikut adalah beberapa contoh peluang usaha yang bisa dilakukan lewat hobi:

  • Hobi memasak: Ada banyak kuliner Indonesia sehingga hobi memasak cocok dijadikan peluang bisnis. Beberapa diantaranya adalah membuka restoran, warung, warteg dan sebagainya.
  • Hobi menjahit: Contoh peluang usaha yang bisa dilakukan dari hobi menjahit adalah membuka usaha jasa jagitan pria serta wanita.
  • Hobi kerajinan tangan: Berbagai sampah yang sudah tidak lagi terpakai bisa disulap menjadi sesuatu yang menghasilkan lewat hobi kerajinan tangan. Contohnya seperti limbah kaca, kerajinan kain perca dan sebagainya.

Manfaat Hobi

Ada banyak orang yang beranggapan jika hobi hanya melakukan sesuatu kegiatan yang menyenangkan saja. Namun sebenarnya, hobi juga bisa memberikan banyak manfaat yang lain untuk kesehatan jasmani dan rohani seseorang. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapat dari hobi:

1. Memberikan Waktu Istirahat

Manfaat pertama dari hobi adalah untuk memberikan waktu istirahat sebentar dari pekerjaan yang sedang dilakukan. Dengan melakukan hobi, maka seseorang bisa kembali mengisi ulang energi serta motivasi dengan cara melakukan hobi yang disukai serta bertemu dengan orang lain yang memiliki hobi sama.

2. Hobi Membantu Mengurangi Stres

Dengan kesibukan yang bertambah ketika bekerja, maka bisa meningkatkan stres semakin tinggi. Dengan melakukan hobi, maka rasa stres karena pekerjaan tersebut bisa dikurangi. Dengan begitu, seseorang bisa lebih bersemangat dan produktif ketika kembali bekerja.

3. Hobi Bisa Meningkatkan Kemampuan Sosial

Manfaat berikutnya yang bisa diperoleh dari hobi adalah bisa menghubungkan anda dengan orang lain yang juga punya minat sama. Dengan berbicara tentang hobi, maka dukungan sosial bisa diperoleh untuk membantu menghilangkan stres serta menemukan arti dari kehidupan dengan cara yang menyenangkan.

Lewat komunitas yang punya ketertarikan, maka anda bisa bersenang-senang melakukan hobi yang sama sekaligus membangun solidaritas serta saling memberikan dukungan dan informasi.

4. Hobi Bisa Meningkatkan Energi Positif

Dengan melakukan hobi, maka seseorang bisa jauh lebih bersemangat ketika mengerjakan sesuatu. Jika sedang lelah, maka bisa mencoba istirahat sejenak dengan melakukan hobi seperti bersepeda, bercocok tanam atau bermain musik untuk meningkatkan energi positif sekaligus menghilangkan rasa lelah.

Fungsi Hobi Untuk Mengembangkan Karier

1. Untuk Menumbuhkan Ide Kreatif

Hobi bisa membantu seseorang untuk menumbuhkan ide kreatif. Semakin banyak hobi yang dimiliki, maka akan semakin tinggi juga peluang untuk menghasilkan sesuatu yang inovatif sekaligus unik untuk sebuah karya.

2. Untuk Menyalurkan Passion

Aktivitas yang dilakukan atas dasar passion seperti hobi bisa membantu meningkatkan self fulfillment sekaligus membuka networking yang semakin luas. Ini bisa dilakukan dengan cara ikut dalam organisasi atau komunitas sehingga bisa bertemu banyak orang dengan hobi yang sama serta melakukan kegiatan menyenangkan bersama-sama.

3. Untuk Membuat Rencana

Untuk mengubah suatu hobi menjadi peluang bisnis, maka dibutuhkan perencanan supaya bisa berhasil. Rencana yang dibuat tersebut juga harus dirancang dengan jelas dan diawali dengan hal yang kecil lebih dulu.

4. Untuk Meningkatkan Kemampuan Sosial

Dengan mengembangkan hobi, maka hubungan sosial yang ada juga bisa mengurangi stres serts menambah interaksi dan dukungan lewat komunitas yang punya ketertarikan sama. Dengan begitu, kemampuan yang dimiliki juga bisa ikut meningkat.

5. Untuk Menambah Pengetahuan dan Wawasan

Dengan mengembangkan keterampilan serta keinginan untuk belajar, maka bisa membantu mengembangkan suatu hobi. Contohnya ketika seseorang punya skill menulis, maka jangan hanya dijadikan hobi namun bisa mencoba menciptakan peluang ide baru seperti menulis yang disertai dengan gambar.

6. Menentukan Jenis Hobi yang Disukai

Sesudah menemukan hobi yang disukai, maka langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah menentukan hobi mana yang punya potensi untuk dikembangkan. Pilih hobi yang paling diminati banyak orang karena peluang untuk mendapatkan tambahan penghasilan nantinya juga lebih besar.

Contohnya jika punya hobi memancing, maka salah satu bisnis yang bisa dilakukan adalah membuka toko peralatan offline atau online.

7. Membangun Komunitas

Hobi bisa berkembang dengan pembentukan komunitas yang akan memberi pengaruh signifikan. Hobi akan lebih terasa menyenangkan jika dilakukan bersama orang yang juga memiliki hobi yang sama.

Cara Mengembangkan Diri Lewat Hobi

Meski hobi yang sedang dilakukan tidak berhubungan dengan pekerjaan, akan tetapi dampak dari hobi tetap bisa terasa ke dalam pekerjaan. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengembangkan diri lewat hobi seperti berikut ini:

1. Mengetahui Makna dan Manfaat Hobi

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengembangkan diri lewat hobi adalah dengan mengetahui makna serta manfaat yang bisa diperoleh dari hobi.

Caranya adalah dengan menekuni hobi tersebut yang nantinya akan membantu seseorang untuk proses pengembangan diri. Contohnya seperti membuat kerajinan tangan, menulis, seni seperti bermain musik dan menari atau hobi yang lainnya.

2. Bergabung Dengan Komunitas Sesuai Hobi

Dengan bergabung ke dalam komunitas yang sesuai hobi, maka akan banyak orang yang memiliki pandangan sama yang bisa ditemukan. Dengan begitu, seseorang bisa semakin berkembang karena akan saling berbagi pengalaman dan ilmu pada sesama anggota.

3. Mengikuti Perkembangan Seseorang yang Dijadikan Inspirasi

Contohnya seperti punya hobi menari, maka bisa mengikuti orang yang menggeluti bidang yang serupa. Nantinya, akan ada semangat, teknik terbaru, event yang dapat diikuti serta banyak kegiatan yang berhubungan dengan hobi yang bisa didapatkan.

Sumber Referensi

https://jagad.id/hobi-adalah-pengertian-dan-contoh/
https://www.gramedia.com/best-seller/macam-macam-hobi/
https://id.wikipedia.org/wiki/Hobi
https://www.androphedia.com/pengertian-hobi/

Salam kenal dari Adam Muiz !
Support mencapai 10K Subscriber yuk
😁 Terimakasih
Follow Adam Muiz on WordPress.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis