Home Teknologi Komputer Pengertian IDE : Manfaat, dan Contoh Fitur Terlengkap

Pengertian IDE : Manfaat, dan Contoh Fitur Terlengkap

0
1000

Paza zaman modern ini, para programmer telah tidak asing dengan platform atau tools untuk membuat kode program berupa IDE. Aplikasi ini merupakan singkatan dari Integrated Development Environment. Dengan berbagai fitur kekinian dan canggih, IDE pun terus berkembang karena terbukti menghasilkan manfaat khususnya bagi kinerja programmer.

Supaya Anda dapat memanfaatkan IDE, maka terdapat pengetahuan dasar seputar IDE yang harus dipahami. Hal ini bertujuan supaya tidak ada kebingungan atau kesalahan penggunaan terhadap fitur IDE yang kompleks. Adapun pemahaman ini dapat diperoleh melalui penjelasan seputar IDE: pengertian, manfaat, dan contoh fitur terlengkap sebagai berikut.

Pengertian IDE

IDE atau Integrated Development Environment adalah suatu aplikasi yang menyediakan fasilitas pengembangan perangkat lunak. Aplikasi ini dibuat untuk para programmer atau tim pengembangan produk digital seperti aplikasi, web, pemrograman untuk IoT, dan masih banyak lagi.

Pengertian IDE : Manfaat, dan Contoh Fitur Terlengkap

Integrated Development Environment pertama kali dikembangkan pada tahun 1983 oleh perusahaan asal Amerika Serikat yaitu Borland, Ltd. Karena berasal dari akuisisi Pascal, aplikasi yang dinamai TurboPascal masih hanya memuat teks editor dan compiler terintegrasi saja. Beberapa tahun kemudian, terdapat aplikasi Microsoft Visual Basic sebagai pelopor lingkungan pengembangan yang lebih nyata pada tahun 1991.

Hingga saat ini, para pengembang IDE terus berinovasi untuk fitur pendukung yang semakin baik. Berbagai aplikasi pun telah memiliki berbagai versi karena pembaruan tertentu dalam rangka mewujudkan experience terbaik bagi penggunanya.

Manfaat IDE

Adanya IDE memiliki berbagai manfaat untuk meningkatkan kualitas kerja para pengembang software. Adapun manfaat yang dimaksud terdapat dalam penjelasan sebagai berikut.

Manfaat IDE
  • Meningkatkan efisiensi kerja. Karena bersifat all-in-one mulai dari tahap penulisan kode, pengujian, dan deployment, maka kerja programmer menjadi lebih efisien. Anda tidak perlu berganti aplikasi, memindah file, atau melakukan pengujian kode secara terpisah.
  • Mendukung dokumentasi produk. Pada IDE yang terhubung dengan version code seperti Git, terdapat kemudahan untuk melakukan versioning atau penyimpanan berbagai versi program. Hal ini cocok bagi produk yang telah dirilis untuk berbagai versi.
  • Mewujudkan keamanan dan privasi produk. Berbagai aplikasi Integrated Development Environment baik versi desktop dan versi online telah menjamin keamanan source code yang telah dibuat. Hal ini penting diperhatikan karena source code kian menjadi aset bisnis yang rentan dicuri atau menjadi sasaran hacking.
  • Mendukung pengembangan produk secara mudah. Karena mengusung usability yang baik, aplikasi IDE tergolong โ€œramahโ€ atau mudah digunakan bagi programmer pemula.
  • Memfasilitasi tujuan spesifik. Berbagai aplikasi Integrated Development Environment dibuat secara spesifik untuk produk tertentu, misalnya Android Studio untuk pengembangan Android. Di dalamnya, Anda dapat menerapkan fitur bawaan seperti sistem build berbasis gradle, template yang sesuai dengan Google Services, serta fitur penunjang Google Cloud Platform.

Contoh dan Fitur IDE

Di dalam sebuah IDE terbaru, Anda akan menjumpai berbagai fitur yang bemanfaat dalam setiap tahap pengembangan software. Adapun contoh fitur beserta brand atau merk aplikasi yang memuat berbagai fitur terdapat pada penjelasan sebagai berikut.

Contoh dan Fitur IDE

Text Editor

Editor teks atau text editor merupakan platform atau menu untuk menuliskan kode program. Biasanya, editor teks menampilkan latar putih serta line atau baris posisi suatu syntax. Namun pada aplikasi Integrated Development Environment terkini telah memiliki mode terang atau latar putih serta mode gelap (dark mode) untuk latar berwarna hitam.

Pada text editor, terdapat fitur yang dapat mendukung penulisan kode program. Contohnya adalah fitur code completion atau penyelesaian sintaks secara otomatis. Fitur untuk melengkapi sintaks ini akan berjalan saat Anda baru mengetikkan sebagian kata saja. Nantinya, IDE akan menyediakan daftar kata yang sesuai dengan ekspektasi sehingga programmer dapat memilih sintaks secara cepat. Fitur ini terdapat pada aplikasi seperti IntelliJ IDEA, Visual Studio Code, dan masih banyak lagi.

Compiler

Compiler adalah tools untuk melakukan kompilasi pada kode program. Tools ini bertujuan untuk memastikan bahwa source code yang dibuat dapat berjalan dengan baik. Alat bantu untuk kompilasi program ini menjadi hal โ€œwajibโ€ pada berbagai aplikasi Integrated Development Environment. Hal ini karena proses kompilasi merupakan tahap yang selalu dijalankan setelah menulis source code.

Software Compiler

Library Code dan Extension

Library atau penyimpanan kode tertentu menjadi kebutuhan untuk membuat program tingkat lanjutan. Aplikasi IDE menyediakan paket extension yang dapat diunduh secara gratis. Adapun extension yang dimaksud adalah Azure CLI Tools, Node Debug, Java Extension Pack, dan masih banyak lagi. Selain itu, terdapat plugin atau komponen software individu yang sudah tersedia pada produk Integrated Development Environment seperti Eclipse.

Tools Pengujian

Aplikasi Integrated Development Environment telah dilengkapi dengan tools pengujian atau testing berupa debugging. Tools ini berguna untuk mendeteksi error dalam sebuah program. Error yang dimaksud dapat menimbulkan bug atau masalah pada program setelah dirilis. Adanya tools pengujian dapat melatih para programmer untuk membuat kode yang lebih baik karena terbiasa untuk mengikuti aturan sintaks.

Frame atau Views

Setelah program Anda melalui proses kompilasi, maka terdapat tools untuk menampilkan hasil eksekusinya. Tools yang dimaksud adalah frame atau views. Pada aplikasi tertentu, views mudah diatur sesuai keinginan atau customizable. Pengaturan yang dimaksud adalah tampilan data pada debugger. Frame juga cocok digunakan pada aplikasi multithread untuk mengakses informasi seputar thread.

Dari penjelasan seputar IDE : pengertian, manfaat, dan contoh fitur terlengkap di atas, kini Anda mulai terbantu dalam memilih aplikasi favorit. Anda dapat memilih berdasarkan reputasi, skala komunitas programmer, hingga fitur tertentu yang dapat mendongkrak performa pengembangan produk. Selamat menerapkannya, ya!

Kenalan dengan Adam yuk !
Mohon bantu saya mencapai 1000 Subscriber
๐Ÿ˜ Terimakasih

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here