24.7 C
Semarang
Wednesday, May 25, 2022

Pengertian Integritas – Ciri, Manfaat, Contoh dan Cara Membentuk

Artikel Pilihan

Integritas diambil dari bahasa Latin yakni integer yang berarti sikap teguh untuk mempertahankan prinsip dan tidak mau korupsi. Integritas tidak hanya sekedar bicara dan pemanis retorika, namun juga suatu tindakan.

Integritas berarti sifat, mutu atau kondisi yang memperlihatkan kesatuan utuh sehingga punya kemampuan serta potensi yang bisa memancarkan kejujuran dan kewibawaan.

Seseorang yang punya integritas pribadi akan terlihat penuh percaya diri, anggun, tidak gampang terpengaruh dengan sifat yang hanya mementingkan kesenangan sesaat. Sedangkan siswa yang punya integritas bisa berhasil pada saat menjadi seorang pemimpin baik pemimpin formal atau pemimpin nonformal.

Pengertian Integritas

Integritas merupakan konsistensi serta keteguhan yang tidak tergoyahkan dalam menjunjung tinggi nilai luhur serta keyakinan. Pengertian lain dari integritas adalah konsep yang memperlihatkan kejujuran serta kebenaran dari tindakan seseorang.

Sedangkan lawan dari integritas adalah hipocrisy atau hipokrit atau munafik. Seseorang bisa dikatakan memiliki integritas jika tindakannya sesuai dengan keyakinan, nilai serta prinsip yang dipegangnya.

Jika diartikan secara sederhana, ciri dari orang dengan integritas ditandai dengan kata serta perbuatan bukan seseorang dengan kata-kata yang tidak bisa dipegang.

Seseorang yang memiliki integritas bukan tipe manusia yang memiliki banyak wajah dan penampilan yang disesuaikan dengan motif serta kepentingan pribadinya.

Integritas menjadi karakter kunci untuk seorang pemimpin. Seorang pemimpin yang memiliki integritas bisa memperoleh kepercayaan atau trust dari para pegawainya. Pemimpin yang berintegritas juga akan dipercaya sebab apa yang diucapkan juga menjadi tindakannya.

Pengertian Integritas Menurut Para Ahli

1. Menurut Henry Cloud

Ia mengatakan jika berbicara tentang integritas, maka tidak akan lepas dari usaha untuk menjadi orang yang utuh serta terpadu pada setiap bagian diri yang berlainan yang bekerja dengan baik serta menjalankan fungsinya sesuai dengan apa yang sudah dirancang sebelumnya. Integritas sangat berhubungan dengan keutuhan serta keefektifan seseorang sebagai insan manusia.

2. Menurut KBBI

Menurut KBBI, integritas merupakan sifat, mutu serta kondisi yang menggambarkan kesatuan utuh sehingga punya potensi serta kemampuan untuk memperlihatkan kewibawaan serta kejujuran.

3. Menurut Ippho Santoso

Ia berpendapat jika integritas sering diartikan sebagai perkataan, pikiran serta perbuatan yang menyatu untuk melahirkan kepercayaan serta reputasi.

Ketika merujuk dari kata asalnya, maka integritas punya makna berbicara dengan utuh serta lengkap atau sepenuh-penuhna.

4. Menurut Andreas Harefa

Menurutnya, integritas adalah tiga kunci yang dapat diamati yakni memperlihatkan kejujuran, memenuhi komitmen serta mengerjakan sesuatu secara konsisten.

5. Menurut Stephen R. Covey

Kejujuran berarti menyampaikan kebenaran, ucapan yang sesuai dengan kenyataan. Seseorang yang punya integritas serta kejujuran merupakan orang yang mereka.

Mereka akan menunjukkan keautentikan dirinya sebagai orang yang berdedikasi serta bertanggung jawab.

6. Menurut Jacobs

Integritas diartikan dengan menekankan konsistensi moral, keutuhan pribadi atau kejujuran.

7. Menurut Butler dan Cantrell

Integritas diartikan sebagai reputasi yang bisa dipercaya serta jujur dari seseorang untuk menjelaskan istilah kepercayaan dalam konteks organisasi.

Ciri-ciri Integritas

  • Orang yang tidak menggunakan kedok.
  • Seseorang yang bertindak sesuai dengan apa yang diucapkan.
  • Sama antara di depan dan di belakang.
  • Konsisten dengan apa yang diimani dan kelakuannya.
  • Konsisten antara nilai hidup yang dianut serta hidup yang dijalankan.

Manfaat Integritas

  • Bisa membuat seseorang merasa bugar dan sehat dari segi fisiknya.
  • Secara intelektual, otak akan terlatih berpikir secara ilmiah.
  • Secara emosional, seseorang bisa menjadi manusia yang termotivasi, bisa menyesuaikan diri pada segala situasi.
  • Secara spiritual, bisa memaknai banyak pengalaman, bisa melihat banyak fenomena kehidupa dalam perspektif lebih dalam, utuh serta menyeluruh.
  • Secara sosial, bisa membuat seseorang mampu membangun hubungan kemanusiaan.

Contoh Integritas Karyawan

Hampir seluruh pemimpin di dunia setuju jika seorang yang berintegritas tinggi merupakan seseorang yang idaman untuk setiap organisasi serta perusahaan.

Integritas diri yang ada pada seseorang akan terceminkan untuk integritas kerja yang diberikan. Arti integritas kerja sendiri adalah komitmen, nilai serta konsistensi yang diberikan seseorang di setiap pekerjaan yang dimiliki. Berikut adalah beberapa contoh integritas seorang karyawan:

1. Selalu Datang Tepat Waktu

Salah satu contoh integritas karyawan yang pertama adalah selalu datang tepat waktu. Sikap ini mencerminkan jika seseorang punya komitmen serta konsistensi yang tinggi pada waktu.

Karena dengan selalu datang tepat waktu, maka artinya orang tersebut menghargai waktu yang dimiliki dan waktu yang dimiliki orang lain. Sikap seperti itu membuat orang yang ada di sekitarnya yakin jika orang tersebut adalah individu yang bisa diandalkan.

2. Menyampaikan Dengan Jelas Mengenai Komitmen yang Tidak Bisa Dilakukan

Integritas meliputi konsistensi serta komitmen yang dimiliki terhadap sesuatu. Inilah sebabnya, seseorang harus menyampaikan segala sesuatu dengan jelas apa yang tidak bisa dilakukan dari awal.

Dengan menyampaikan hal tersebut dari awal, maka orang yang ada di sekitarnya semakin yakin jika orang tersebut berintegritas tinggi. Ini disebabkan karena orang tersebut tetap berpegang teguh pada nilai yang dimiliki dalam kondisi apa saja, kapan saja dan dimana saja.

3. Selalu Memenuhi Tanggung Jawab yang Diberikan

Seseorang dengan integritas tinggi akan selalu berusaha untuk memenuhi tanggung jawab yang ada pada diri sendiri. Selain itu, orang dengan integritas juga akan selalu berusaha memberikan hasil yang maksimal tanpa melemparkan tanggung jawab pada orang lain.

Cara Membentuk Integritas di Tempat Kerja

1. Memberikan Penjelasan Rinci Tentang Arti Integritas di Tempat Kerja

Untuk pemilik perusahaan yang mau karyawannya punya integritas tinggi, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah memberi penjelasan tentang arti dari integritas yang sesungguhnya dalam perusahaan.

Penjelasan yang disampaikan harus jelas dan rinci. Dengan begitu, karyawan dan anggota tim bisa memahami apa yang diharapkan perusahaan khususnya dalam hal transparasi dan kejujuran.

2. Menciptakan Lingkungan Kerja Transparan dan Terbuka

Menciptakan lingkungan kerja yang transparan bisa membuat karyawan merasa lebih nyaman sebab bisa berdiskusi tentang banyak masalah dengan bebas tanpa takut harus melanggar hukum.

Saling berdiskusi mengenai masalah dengan transparan akan membuat karyawan merasa dirinya dihargai dan diakui dalam perusahaan. Ini akan membuat karyawan semakin tertantang untuk memberikan kinerja terbaik untuk perusahaan serta menjaga integritas.

3. Memimpin Dengan Memberi Contoh yang Baik

Pemimpin harus dapat memimpin dengan cara memberi contoh yang baik serta sesuai dengan yang diharapkan perusahaan.

Dengan kata lain tidak hanya karyawan yang harus menjaga integritas, akan tetapi pemimpin harus melakukan hal yang sama.

4. Menerapkan Penilaian Mandiri Tentang Integritas Secara Reguler

Karyawan harus bisa memberikan umpan balik pada diri sendiri. Contohnya cara menilai kinerja yang sudah dilakukan dalam beberapa minggu atau beberapa bulan terakhir.

Karyawan harus didorong untuk merefleksikan kinerja mereka sendiri. Dengan begitu, mereka bisa mengetahui apa yang kurang dan belum maksimal dalam kinerjanya.

Cara seperti ini bisa mendorong karyawan untuk terus bersikap jujur pada diri sendiri sehingga bisa mengetahui apa yang kurang dan belum maksimal dalam kinerja mereka.

Sumber Referensi

https://www.studilmu.com/blogs/details/integritas-pengertian-contoh-kebiasaan-dan-cara-membentuknya
https://id.wikipedia.org/wiki/Integritas
https://www.ekrut.com/media/pentingnya-integritas-bagi-perusahaan-dan-cara-penerapannya
https://www.gurupendidikan.co.id/integritas-adalah/
https://www.finansialku.com/integritas-adalah/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis