31 C
Semarang
Monday, September 20, 2021

Pengertian Internet : Sejarah, Tujuan, Fungsi, Jenis, Cara Kerja dan Contoh Manfaat

Artikel Pilihan

Adam Muizhttps://adammuiz.com/
Terus belajar hal baru dikehidupan ini, berbagi ilmu apa yang kita miliki. Terus melangkah menuju ke sukesan, walau berjalan Selangkah demi langkah yang penting terus maju ke depan.

Siapa yang tidak kenal apa itu Internet ? hampir semua orang dapat merasakan manfaatnya. Baik untuk berkomunikasi ataupun pencarian informasi yang sangat membantu dalam kehidupan ini. Dengan adanya internet, komunikasi jarak jauh menjadi lebih cepat dan efektif.

Sejarah Internet

Kemudahan akses informasi dan pengetahuan saat ini benar-benar tergantung pada sejarah temuan internet. Tanpa adanya internet, tidak akan ada kemampuan untuk memudahkan orang berkomunikasi dan menemukan informasi secara cepat dengan menggunakan internet Search Engine. Meskipun ada cara untuk menemukan database yang tidak ada hubungannya dengan internet, tidak akan ada Google atau Yahoo! tanpa World Wide Web. Sementara saat ini banyak orang hampir tidak dapat membayangkan hidup tanpa internet, terdapat zaman dimana internet belum dilahirkan. Semuanya dimulai pada tahun 1960-an ketika sebuah pemerintahan Amerika saat itu sedang meneliti cara-cara baru untuk berkomunikasi dengan orang lain.

1 Sejarah Perkembangan Internet di Seluruh Dunia

Ide internet sebenarnya muncul karena militer Amerika takut komunikasi mereka akan dimusnahkan oleh Uni Soviet. Menteri Pertahanan Amerika saat itu, Neil McElroy, awalnya meluncurkan proyek untuk menemukan media komunikasi tersebut pada tahun 1958. Awalnya internet dimulai sebagai cara bagi pemerintahan Amerika untuk mengkomunikasikan informasi yang aman dan lebih cepat daripada mengirimkan informasi melalui sistem telepon atau surat. Tidak ada yang mengantisipasi bahwa Internet saat ini menjadi begitu populer dan sangat berguna. Pada masa itu ARPANET merupakan jaringan pertama yang digunakan militer amerika untuk mengkomunikasikan informasi sensitif.

Pada tanggal 1 Januari 1983, internet yang telah ditemukan terus mengalami perkembangan sejak saat itu. Seiring berjalannya waktu Internet menjadi cara populer masyarakat internasional untuk berkomunikasi antar komputer. Http dibuat pada tahun 1989 dan pada tahun 1990 seorang ilmuwan dari CERN (Organisasi Riset Nukulir di Eropa) bernama Berners Lee, mulai mengembangkan HTML yang hingga saat ini hampir semua pengguna internet Internasional menggunakannya.

Selanjutnya, browser web komputer juga ikut dikembangkan, yang merupakan katalis untuk internet dan media untuk menggunakan mesin pencari yang bermanfaat bagi banyak orang. Hal yang tidak disangka, bahwa internet dimulai hanya sebagai ide kecil untuk penelitian militer dan saat ini telah berkembang untuk menghubungkan orang-orang secara global. Internet telah mengubah kehidupan seperti yang kita ketahui, dan saat ini terus dikembangkan untuk meningkatkan kualitas pengalaman penggunaan yang lebih baik.

Pengertian Internet

Secara umum definisi Internet adalah sebuah sistem arsitektur yang memungkinkan berbagai jaringan komputer yang terdapat di seluruh dunia untuk bisa saling terhubung. Internet juga sering disebut sebagai “jaringannya jaringan”, maksudnya internet merupakan kumpulan jaringan yang saling terhubung ke dalam jaringan lebih luas yang menghubungkan semuannya. Internet ditemukan di Negara Amerika Serikat yang awalnya diperuntukan sebagai sarana komunikasi rahasia militer, tetapi kemudian baru dapat digunakan publik dan lebih dikenal oleh masyarakat luas mulai awal 1990-an. Kini pada tahun 2020, diperkirakan sekitar 4,5 miliar orang atau lebih dari setengah jumlah populasi manusia dunia memiliki akses untuk terhubung ke Internet.

2 Pengertian Definisi Internet

Internet menyediakan kemampuan yang luar biasa di bidang informasi, serta dapat diakses oleh setiap orang di dunia ini yang terhubung ke dalam salah satu jaringan penyusunnya. Contoh nyata penggunaan internet dalam kehidupan sehari hari dapat dilihat seperti mampu digunakan untuk komunikasi manusia baik melalui media sosial, e-mail (pesan elektronik) seperti gmail, Aplikasi Chat, transmisi audio maupun video dan memungkinkan orang untuk bekerja secara kolaboratif dari lokasi yang berbeda. Internet telah terbukti menjadi tempat berkembang bisnis dengan banyaknya e-commerce saat ini yang melakukan sebagian besar penjualan dan layanan usaha mereka melalui Internet.

Tujuan Internet

Tujuan Internet sederhanannya untuk berbagi dan mendistribusikan informasi melalui jaringan komputer. Internet berawal dari penelitian yang ditugaskan oleh pemerintah federal Amerika Serikat pada tahun 1960-an untuk membangun komunikasi yang kuat dan anam terhadap kemungkinan kesalahan dengan jaringan komputer.

3 Tujuan Internet

Diawali ARPANET yang difungsikan sebagai sarana untuk interkoneksi jaringan akademik dan militer regional Amerika Serikat pada tahun 1980-an. Selanjutnya seperti yang sudah diketahui internet berkembang hingga hari ini dengan metode penyampaian informasi melalui jaringan yang kompleks dan beragam.

Internet saat ini menjadi landasan dari jaringan yang bisa saling terhubung. Dengan adanya fasilitas ini memungkinakan untuk dimanfaatkan guna membawa berbagai macam informasi dan layanan. Komunikasi, Sosialisasi, dan mencari informasi yang dibutuhkan seseorang merupakan tujuan dari internet. Internet terbukti sangat efektif dan efisien dalam menyampaikan informasi impersonal. Selain itu internet merupakan media untuk memberikan akses global ke data yang dibagikan. Peran internet saat ini tidak pernah bisa diabaikan begitu saja dalam banyak hal seperti membuat penelitian yang maju di bidang sains, kedokteran, teknik, dll.

Baca Juga :  Download Cisco Packet Tracer Terbaru Original Gratis
Baca Juga :  Cara Bikin NPWP Online Untuk Pribadi Dengan Cepat dan Mudah

Fungsi Internet

Internet memiliki satu fungsi utama yang sangat sederhana yaitu untuk memindahkan informasi terkomputerisasi (dikenal sebagai data) dari satu tempat ke tempat lain. Berbagai perangkat yang saling terhubung dan membentuk jaringan Internet meneruskan informasi sesuai dengan sistem yang digunakan. Dalam hal ini, Internet bekerja sedikit seperti layanan pos, untuk lebih mudah memahaminya kita ibaratkan data sebagai surat. Surat hanya berpindah dari satu tempat ke tempat lain, tidak peduli dari siapa atau pesan apa yang dikandungnya. Tugas layanan surat adalah memindahkan surat dari satu tempat ke tempat lain, tidak perlu khawatir mengapa orang menulis surat; hal yang sama berlaku untuk Internet.

4 Fungsi Internet

Sama seperti layanan surat, kesederhanaan Internet berarti ia dapat menangani berbagai jenis informasi yang membantu orang melakukan banyak pekerjaan berbeda. Sehingga data yang dikomunikasikan tidak hanya terfokus pada satu informasi seperti email, halaman Web, pesan obrolan, atau apa pun: semua informasi dapat ditangani dan diteruskan dengan cara yang sama. Dengan begitu kita bisa berbagi data apapun baik itu konten tulisan, gambar, audio, video dan lainnya.

Macam Jenis Internet Servis

Jenis layanan Internet yang dipilih akan sangat bergantung pada penyedia layanan Internet (ISP) mana yang digunakan, bersama dengan jenis layanan yang ditawarkan ISP. Berikut ini merupakan beberapa jenis layanan Internet yang sering digunakan oleh banyak orang.

5 Macam Jenis Internet Servis

Internet Dial-up : umumnya merupakan jenis koneksi Internet paling lambat dan bukan pilihan terbaik kecuali jika layanan ini hanyalah satu-satunya yang tersedia di wilayah kita. Internet Dial-up menggunakan saluran telepon, dengan servis layanan internet yang satu ini, pengguna tidak dapat menggunakan telepon rumah dan Internet secara bersamaan.

Internet DSL : Layanan DSL menggunakan koneksi broadband, yang membuatnya jauh lebih cepat daripada dial-up. DSL terhubung ke Internet melalui saluran telepon tetapi tidak mengharuskan pengguna memiliki telepon rumah di rumah. Dan tidak seperti dial-up, pengguna akan dapat menggunakan Internet dan saluran telepon secara bersamaan.

Internet Kabel : Layanan kabel biasanya terhubung ke Internet melalui kabel koaksial atau fiber optik, namun saat ini umumnya banyak ISP yang menawarkan penggunaan fiber optik karena pengguna akan mendapatkan konteksi internet yang lebih baik. Banyak ISP menawarkan paket internet ini beserta dengan pemasangan Telpon ataupun TV, namun tergantung kebijakan yang diberikan ISP pilihan kita, bisa juga kita hanya memasang internet dengan kabel dan menyewa router saja.

Internet Satelit : Internet satelit menggunakan koneksi broadband dengan ini pengguna tidak memerlukan kabel atau saluran telepon karena konteksi secara langsung terhubung ke Internet melalui satelit yang mengorbit planet Bumi. Sehingga, memungkinkan internet dengan layanan ini digunakan hampir di manapun, tetapi koneksi jenis ini mungkin dipengaruhi oleh pola cuaca bumi. Koneksi satelit juga biasanya memiliki kecepatan internet yang lebih lambat dari DSL atau kabel.

Internet 3G, 4G dan 5G : Layanan 3G, 4G dan yang terbaru 5G paling umum digunakan pada perangkat Gadget yang terhubung secara nirkabel melalui jaringan ISP yang digunakan. Namun, jenis layanan ini bisa jadi tidak selalu secepat DSL atau kabel. Semua tergantung pada paket data yang digunakan, seperti kecepatan, batasan kuota, dll.

Cara Kerja Internet

Internet memiliki sistem kerja yang sangat kompleks baik dari sisi hardware dan juga software. Jaringan komputer global yang disebut internet sering kita manfaatkan untuk kehidupan sehari-hari. Terdiri dari jutaan komputer di seluruh dunia yang terhubung secara digital satu sama lain melalui kabel, serat optik, ataupun nirkabel.

6 Cara Kerja Internet

Kita dapat menggunakan internet untuk menjelajahi situs web, berkomunikasi dengan orang lain, mengunduh gambar dan video, mendengarkan musik, atau melakukan banyak hal bermanfaat lainnya. Lalu bagaimana sebenarnya cara kerja internet, sehingga bisa menghubungkan computer di seluruh dunia.

1. Membuat Permintaan

Saat kita mengunjungi halaman web, bagaimana konten pada web tersebut bisa sampai ke komputer kita?

a). Mengirim Permintaan

Konten yang ingin kita muat tersimpan pada host di web server yang kita kunjungi. Komputer kita akan mengirimkan permintaan ke server web untuk meminta data yang akan dimuat. Permintaan dikirim dalam suatu istilah yang disebut “packet”. Packet tersebut merupakan sebuah paket virtual yang memiliki banyak informasi penting yang tersimpan. Dua informasi terpenting adalah alamat IP server web tempat konten disimpan dan alamat IP komputer yang kita gunakan. Perangkat khusus yang disebut router mengarahkan paket dari komputer kita ke server web. Server web bisa jadi berada pada lokasi yang dekat atau juga bisa berada di negara lain berbeda benua.

Baca Juga :  Protokol (Komputer) : Pengertian, Fungsi, Macam Jenis, Susunan, Tipe dan Contoh

b). Menghubungkan Dunia

Paket dapat dikirim ke seluruh dunia baik melalui kabel serat optik bawah laut atau bahkan melalui satelit yang menghubungkan jaringan local dari satu negara ke negara lain yang berbeda pulau dan benua.

2. Menerima informasi

Saat Packet telah terkirim, server web membukanya dan membaca permintaan komputer kita. Data yang diminta seringkali cukup besar sehingga perlu dipecah menjadi banyak paket, yang dapat dipisahkan menjadi ratusan atau ribuan. Semua paket ini mencakup informasi tentang bagaimana data tersebut harus disatukan kembali dan ke mana data akan dikirim dan dari mana asal pengirim permintaannya.

Baca Juga :  Download Cisco Packet Tracer Terbaru Original Gratis

a). Memilih Rute

Server web mengirimkan paket-paket ini kembali ke komputer peminta data dan selanjutnya router dan switch bertugas untuk mengarahkannya. Router memiliki fungsi untuk menemukan rute tercepat untuk setiap paket yang dikirimkan. Router juga mungkin mengambil rute yang berbeda dan bisa juga tiba dalam urutan yang tidak sama seperti saat paket dikirim.

b). Menyatukan Paket Kembali

Sekarang setelah semua paket telah diterima oleh peminta data, informasi yang dilampirkan memberi tahu komputer cara menyatukannya kembali untuk ditampilkan di layar computer kita. Hebatnya, seluruh proses pengiriman mulai permintaan dan penerimaan paket ini biasanya memakan waktu kurang dari satu detik.

Baca Penjelasan Lebih Lanjut : Cara Kerja Internet – Penjelasan Jaringan Komputer Sederhana

Contoh Manfaat Internet

7 Contoh Manfaat Internet

Berdasarkan survei lalu lintas Internet baru-baru ini, pemanfaatan dan penggunaan internet paling populer, dapat dilihat melalui point berikut ini :

  1. Email – Sekitar 85% masyarakat dunia maya memanfaatkan internet untuk mengirim dan menerima pesan melalui email. Terdapat sekitar 20 juta pesan email yang dilakukan oleh orang seluruh dunia setiap minggu.
  2. Riset – Pemanfaatan internet juga dilakukan dalam bidang sains penelitian, dengan mudahnya berkomunikasi, berinteraksi dan bertukar pengetahuan melalui internet menjadikannya media yang efektif untuk melakukan riset.
  3. Download File – Sudah sangat jelas jika mengunduh data file yang dibutuhkan orang menjadi manfaat internet yang sangat penting. Dengan internet kita bisa mendownload banyak data yang dibutuhkan, seperti konten dokumen, musik, aplikasi dan juga video.
  4. Forum diskusi – Internet juga dimanfaatkan untuk membuat grup publik. Seperti yang ada dibanyak situs web, masyarakat di seluruh negeri penjuru dunia dapat saling bertukar informasi dengan menggunkan platform diskusi yang ada. Contoh salah satu situs web forum diskusi paling terkenal di Indonesia yaitu Kaskus.
  5. Permainan interaktif – Hampir semua remaja tahu dengan apa itu game online. Internet juga dimanfaatkan dalam hal hiburan seperti bermain game online yang memanfaatkan internet untuk menghubungkan interaksi antara pemain game di dunia.
  6. Pendidikan dan self development – Sekarang ini internet juga dimanfaatkan dalam dunia pendidikan yang memungkinkan seseorang untuk belajar dari manapun dan kapanpun.
  7. Interaksi dan Sosialisai – Komunikasi menjadi manfaat penting dari adanya internet. Saat ini kita lebih mudah berbagi kabar dengan cepat. Kita juga bisa memanfaatkan media sosial untuk berbagi hobi dan berkenalan dengan orang baru.
  8. Berita dan Majalah Elektronik – Kategori ini mencakup berita terbaru, cuaca dan berbagai informasi penting lainnya. Saat ini semua surat kabar diketahui juga menjalankan bisnis ini dengan membuat media menjadi online dan mempu menjangkau ke target yang lebih luas.
  9. Finansial dan Pekerjaan – Kita bisa melihat saat ini banyak orang memanfaatkan internet dalam hal bisnis. Banyak pebisnis yang mengiklankan produk yang mereka di internet untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Selain itu internet juga bisa dimanfaatkan untuk mencari informasi seputar lowongan kerja. Tidak hanya itu, internet juga bisa dimanfaatkan untuk mencari lowongan kerja online yang memudahkan pemilik project untuk mendapatkan tenaga kerja yang dibutuhkan, dan worker mendapatkan pekerjaan fleksibel yang bisa dikerjakan dirumah.
  10. Belanja – Jika jaman dulu kita perlu datang ke toko untuk membeli produk yang kita inginkan, saat ini dengan adanya website online shop membuat kita bisa berbelanja dari rumah yang lebih praktis. Selain itu kita juga lebih mudah membandingkan harga antar toko dengan banyak pilihan jenis produk.

Dari hasil riset menunjukkan bahwa individu, kelompok, perusahaan, pebisnis menggunakan Internet terutama sebagai sarana komunikasi karena para pengguna ingin mengurangi penggunaan mesin, telepon, dan layanan pos. Dengan adanya internet segala sesuatu jadi lebih efektif dan menghemat waktu. Mengetahui banyaknya kegunaan yang bisa didapat dari internet, akan membuat internet terus berkembang dari waktu ke waktu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa