Pengertian Kaskus : Sejarah, Fitur, Forum, Cara Buat Akun, Kelebihan dan Kekurangan

0
52
Kaskus

Kaskus merupakan sebuah situs komunikasi dunia maya milik Indonesia dengan sebutan Kaskuser untuk penggunanya. Kaskus merupakan forum yang dikelola PT. Darta Media Indonesia dengan pengguna yang terdaftar sekitar 6 juta pengguna. Biasanya, Kaskus lebih sering digunakan untuk kalangan muda sampai orang dewasa baik dari Indonesia hingga luar negeri.

Pengertian Kaskus

Kaskus merupakan tempat para pengguna untuk saling berbagi hobi sekaligus komunitas pertama dan terbesar yang ada di Indonesia. Kaskus memberi ruang untuk semua orang sehingga bisa mengekspresikan sisi asli penggunanya. Ada banyak pengguna Kaskus yang mencari informasi, saling berbagi hobi, transaksi jual beli, berinteraksi di komunitas sampai menikmati berbagai platform yang sudah disediakan.

Sekarang ini, Kaskus sudah menyediakan 4 platform menarik yang bisa digunakan para penggunanya, yakni:

  • Podcast: Berisi konten audio seputar hobi, cerita bersambung, profil komunitas, ramalan yang bisa didengarkan kapan saja dan dimana saja.
  • Forum: Ruang untuk berdiskusi tentang segala hal seperti minat, hobi, review sampai informasi terbaru ditambah juga merpakan ruang interaksi para anggota komunitas.
  • Jual Beli atau disingkat JB: Area untuk saling bertransaksi berbagai kebutuhan yang berhubungan dengan hobi.
  • TV: Berisi konten video yang menghibur sekaligus interaktif tentang komunitas dan hobi. Contohnya seperti lifestyle, horor, entertainment, live show SANS dan lain sebagainya.

Sejarah Kaskus

Pada awalnya, Kaskus diciptakan di 6 November 1999 yakni oleh 3 mahasiswa Indonesia bernama Ronald Stephanus, Andrew Darwis dan juga Budi Dharmawan di Seatle, Amerika Serikat. Awalnya, tujuan Kaskus diciptakan adalah untuk forum informal mahasiswa asal Indonesia yang berada di luar negeri. Kaskus merupakan singkatan dari sebuah kata yakni kasak kusuk.

Di bulan Agustus tahun 2005, PC Magazine Indonesia memberi penghargaan untuk situs Kaskus tersebut sebagai sebuah situs terbaik serta komunitas yang paling besar. Sesudah itu, Kaskus kembali terpilih sebagai website yang paling baik pilihan dari para pembaca PC Magazine tersebut di tahun 2006.

Namun pada 23 Mei 2006, manajemen dari Kaskus secara terpaksa mengubah domain .com menjadi .us sebab virus brontok yang menyebar untuk menyerang berbagai situs besar di Indonesia dan Kaskus menjadi salah satu targetnya.

Karena pengunjungnya yang banyak, di awal bulan April tahun 2007, manajemen Kaskus kemudian menambah 2 server baru supaya performa situs Kaskus bisa semakin meningkat.  Di bulan Juli tahun 2008, pengelola Kaskus kemudian membuat keputusan untuk mengoperasikan server Kaskus di Indonesia.

Kaskus kemudian membeli 8 server Dell PowerEdge 2950 serta dioperasikan dengan jaringan open IXP. Dengan begitu, akses menuju Kaskus bertambah dan pengelola ingin menambah 8 server baru kembali sehingga ada 16 total server yang beroperasi pada bulan September.

Untuk di Indonesia sendiri, kantor Kaskus untuk pertama kalinya didirikan di Mangga Besat oleh 2 tenaga profesional. Langkah pertama yang dilakukan Kaskus adalah melakukan rebranding dibawah naungan PT. Darta Media Indonesia.

Kemudian di tahun 2009, kantor Kaskus pindah ke Melawai yang sekaligus juga membuat Kaskus menjadi pemain penting untuk dunia online Indonesia. Kaskus sudah berhasil menerima banyak penghargaan seperti The Best Innovation, In Marketing dan juga The Greatest Brand of the Decade. Kaskus juga menduduki peringkat pertama dalam kategori situs komunitas dan menjadi situs lokasi nomor satu di indonesia menurut Alexa.

Baca Juga :  7 Tips Programmer Handal dan Paling Mudah Bagi Pemula

Pada tahun 2011, Kaskus melakukan kemitraan dengan Global Digital Prima yakni perusahaan yang fokus dalam mengembangkan industri digital serta konten lokal Indonesia. Kemitraan tersebut membuat pertumbuhan Kaskus semakin besar dari sisi infrastruktur, tenaga profesional dan juga jaringan bisnisnya.

Kemudian di tanggal 26 Mei 2012, Kaskus kembali memakai alamat situs resmi kaskus.com serta kaskus.co.id dengan tujuan untuk menguatkan citra Kaskus sebagai situs yang memiliki visi global akan tetapi tetap beridentitas Indonesia.

Fitur Fitur Kaskus

Seperti situs komunikasi lainnya, ada beberapa fitur unggulan dari Kaskus sehingga membuat situs ini semakin banyak dikunjungi dan digunakan dari tahun ke tahun. Berikut beberapa fitur dari Kaskus yang bisa digunakan oleh para pengguna:

1. KasPay

Fitur pertama yang bisa digunakan oleh para pengguna Kaskus adalah KasPay. Ini adalah layanan paling baru dari Kaskus yang menyediakan sistem pembayaran Online. Layanan ini secara resmi dirilis pada 6 November 2009 yang lalu pada perayaan ulang tahun Kaskus yang ke-10. Layanan ini tidak hanya bisa dipakai pada Kaskus namun juga bisa dipakai untuk beberapa situs lain yang sudah berafiliasi dengan KasPay tersebut.

Untuk operasi KasPay sendiri sama seperti E Wallet yakni sebuah alat transaksi jual beli untuk semua transaksi online. Semua proses transaksi KasPay ini dilakukan lewat transfer uang sehingga aman dari modus penipuan serta pemalsuan kartu kredit serta keamanan transaksi yang dipastikan lewat konfirmasi email serta catatan transaksi.

2. E Pulsa

E Pulsa merupakan fitur selanjutnya yang bisa digunakan di Kaskus. Ini merupakan layanan yang menyediakan fasilitas mengisi pulsa. Apabila anda mau membeli pulsa, maka anda diharuskan membayar memakai KasPay dan semua layanan operator didukung pada Kaskus e pulsa.

3. Kaskus Ads

Layanan Kaskus berikutnya adalah Kaskus Ads atau disingkat KAD. Ini merupakan situs untuk beriklan di Kaskus. Pengguna nantinya bisa memasang iklan dan diharuskan membayar pada Kaskus. Fitur yang satu ini cukup banyak digunakan oleh para pengguna sebab biaya yang dibutuhkan tergolong murah.

4. Kaskus Radio

Kaskus Radio merupakan Radio Internet Indonesia yang berada di bawah naungan komunitas Kaskus. Kaskus Radio atau disingkat KR ini punya lebih dari 20 penyiar yang bekerja didalamnya. Kaskus Radio akan memutarkan lagu selama 24 jam dari mulai bahasa Indonesia, Inggris, Korea, Mandarin, Jepang dan lainnya.

5. Kaskus Mobile

Fitur selanjutnya yang bisa dipakai para pengguna Kaskus adalah Kaskus Mobile. Ini merupakan situs Kaskus yang tampilannya telah diubah sehingga lebih minimalis untuk menyesuaikan dengan layar pada perangkat ponsel. Untuk alamat Kaskus mobile sendiri adalah m.kaskus.co.od atau juga bisa kask.us dimana dalam versi ini sifatnya terbatas.

6. Kaskus Kreator

Kaskus juga punya program untuk membayar thread starter yang dimulai sejak bulan Oktober tahun 2017. TS yang dibayarkan adalah berdasarkan jumlah tayangan yang didapat dari thread tertentu yang sudah dibuat. Dulunya, program ini bernama Kaskus Creator yang kemudian diubah menjadi Kaskus Kreator.

Pengguna yang sudah bergabung nantinya bisa membuat thread seperti biasanya. Namun thread bisa ditinjau lebih dulu memakai poin. Setiap 1.000 tayangan, maka bisa ditukar menjadi 100 poin. Poin kemudian bisa ditukar kembali menjadi saldo KasPay yakni Rp.10 untuk setiap poinnya. Sedangkan batas penukaran minimalnya adalah sebanyak 5.000 koin atau senilai Rp.50.000. Dengan begitu, setiap satu kali tayang, maka dihargai sebesar Rp.1.

Baca Juga :  Situs Website Freelancer di Indonesia dan Luar Negeri

7. Lapak

Lapak Kaskus sekarang mempunya format dengan tampilan yang baru bernama Gallery Style sehingga penempatan gambar serta komposisi kontennya terlihat lebih terstruktur.

Kaskuser nantinya bisa memakai format tersebut sehingga semua pedagang bisa menjual 1 produk pada 1 lapak. Ini bertujuan supaya listing terlihat lebih rapi, produk lebih mudah untuk ditemukan serta calon pembeli mudah menemukan yang sedang dicari.

Format baru ini terlihat serupa dengan e commerce lain contohnya seperti Bukalapak dan juga Tokopedia. Informasi produk ditata dengan rapi dengan informasi penjual yang ada di sebelah kanan.

8. Quick Preview

Fitur selanjutnya adalah Quick Preview yang bisa digunakan untuk mencari produk dengan lebih cepat. Hanya dengan mengarahkan kursor ke gambar, maka kaskuser bisa melihat informasi singkat tentang produk pada lapak seperti lokasi, harga, kondisi, penjual serta tags.

9. Seller Info

Ini adalah fitur yang terbilang penting untuk mengurangi penipuan online. Dengan Seller Info, pengguna bisa melihat identitas dari penjual termasuk juga nomor telepon. Seller info diletakkan pada area kanan dan hanya akan terlihat di format lapak baru.

10. More From Seller

Sebelum mengeksplor lapak lain yang dijual, maka anda terlebih dulu harus masuk ke halaman profilnya. Dengan More From Seller, lapak lain yang dijual pedagang yang sama juga akan ditampilkan pada bagian sisi kanan Lapak tepat di bawah Seller Info.

11. Tanda Sold Out Serta Got It

Fitur selanjutnya yang ada di Kaskus adalah tanda Sold Out dan Got It. Tanda Sold Out berguna untuk produk yang sudah laku terjual, sedangkan Got It berguna untuk produk yang sudah ditemukan.

12. Similar Item

Similar Item adalah fitur yang berguna untuk menampilkan berbagai produk sejenis dari pedagang lainnya. Ini adalah fitur yang bisa memudahkan para pembeli ketika mencari produk yang diinginkan. Sedangkan para penjual bisa memantau kondisi dari pasar produk yang sedang dijual tersebut.

13. Hot Thread Archive

Terkadang kaskuser atau pengguna Kaskus sering mencari topik terbaaru yang biasa disebut dengan Hot Thread. Namun sekarang, ada laman khusus yang digunakan untuk menampung seluruh Hot Thread pada sejarah berdirinya Kaskus.

Forum dan Subforum Kaskus

Forum merupakan tepat pengguna untuk menemukan sekaligus membahas kegemaran atau hobi mereka. Agar lebih jelas, berikut adalah daftar forum dan juga sub forum yang ada di Kaskus selengkapnya:

  • Arsip Forum.
  • Fashionista.
  • Sista.
  • Welcome to KASKUS.
  • Beauty.
  • KASKUS Plus Lounge.
  • Women’s Health.
  • Kritik, Saran, Pertanyaan Seputar KASKUS.
  • Buat Latihan Posting.
  • Blacklist Jual Beli.
  • Jual Beli Feedback & Testimonials.
  • Official Testimonials Jual Beli.
  • Feedback & Testimonial.
  • Peraturan Jual Beli.
  • Tips & Tutorial Jual Beli.
  • Deals.
  • Gosip Nyok!. Dan lain sebagainya.

Syarat dan Ketentuan Kaskus

Kaskus merupakan situs komunitas online yang paling besar yang ada di Indonesia dengan prinsip kebebasan menyatakan pendapat namun tetap bertanggungjawab. Sebelum mengakses Kaskus, pengguna disarankan utuk membaca Peraturan Umum beserta Syarat serta Ketentuannya lebih dulu.

Dengan mengakses Kaskus, berarti anda sudah setuju untuk terikat dengan peraturan yang berlaku. Jika memang anda tidak menyetujui peraturan tersebut, maka sebaiknya jangan mengakses dan memakai Kaskus.

Ketentuan Penggunaan Kaskus

Sebelum mengakses Kaskus, maka ada beberapa ketentuan penggunaan Kaskus yang harus diketahui dan berikut beberapa diantaranya:

  • Menyetujui untuk terikat dengan Syarat dan Ketentuan yang sudah ditetapkan dan juga kebijakan tentang perubahan atau perbaikan Syarat dan Ketentuan di hari selanjutnya. Pengguna juga diperkenankan untuk tidak memakai atau mengunjungi Kaskus jika memang tidak setuju untuk terikat dengan ketentuan tersebut.
  • Jika pengguna dianggap belum cukup dewasa atas dasar ketentuan perundang undangan yang berlaku, maka diwajibkan untuk mendapat bimbingan serta pengawasan dari orang tua ketika mengakses Kaskus.
Baca Juga :  Apa Itu Web Designer ? Pengertian, Tugas, Keahlian, Tools Software dan Tips

Cara Membuat Akun Kaskus di Android

  • Silahkan kunjungi situs resmi dari Kaskus untuk melakukan register.
  • Ketik username atau nama pengguna yang ingin anda gunakan.
  • Isi nama dengan lengkap dan masukkan juga email.
  • Isi password dan masukkan kembali password.
  • Pilih tanggal ulang tahun dengan benar kemudian isi CAPTCHA dan silahkan klik Sign Up.
  • Klik kode aktivasi lewat email yang sudah didaftarkan ke Kaskus.
  • Silahkan periksa kotak masuk pada email atau jika tidak ada bisa dilihat pada spam.
  • Sesudah memperoleh kode aktivasi atau link, maka anda sudah bisa menggunakan Kaskus tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Kaskus Android

Aplikasi Kaskus sudah bisa didownload untuk android dengan ukuran yang cukup kecil yakni hanya 1.6 MB di Google Play Store. Sama seperti aplikasi lain, Kaskus juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa dijadikan bahan pertimbangan:

Kelebihan Kaskus Android

1. Anti Over Posting

Kelebihan pertama dari aplikasi Kaskus untuk Android adalah anti over posting. Pengguna nantinya bisa membuat thread serta comment pada thread apa saja. Meski ada notifikasi overpost, namun itu hanya sebatas notifikasi saja.

2. Anti Captcha

Kelebihan dari aplikasi Kaskus selanjutnya adalah anti captcha. Ada sebagian pengguna yang merasa terganggu dengan captcha yang muncul ketika memasuki aplikasi atau situs tertentu. Namun untuk aplikasi Kaskus, captcha ini tidak berlaku.

3. Loading Cepat dan Touchscreen yang Responsif

Loading Kaskus bisa dikatakan cukup cepat. Selain itu, aplikasi ini juga sensitif ketika di gulir ke semua menu yang tersedia di Kaskus. Ketika mengetik juga bisa dilakukan lebih mudah sebab respons aplikasi ini terbilang bagus.

4. Ukuran Kecil dan Ringan

Ukuran aplikasi Kaskus ini kecil yakni hanya 1.6 MB sehingga tidak akan menghabiskan memory internal anda.

Kekurangan Kaskus Android

1. Upload Gambar Sering Bermasalah

Karena aplikasi ini belum menyediakan update terbaru, maka ketika pengguna mengupload gambar akan sering bermasalah.

2. Tampilan Komentar Terbilang Standar

Kekurangan Kaskus selanjutnya adalah tampilan komentar yang bisa dikatakan masih standar. Jika pengguna masuk ke thread, maka hanya tampilan threadnya saja yang terlihat sempurna. Namun untuk komentar hanya terlihat huruf dan tidak ada emotion yang hidup. Meski sudah memasukkan emotion, tetap tidak akan ditampilkan pada thread.

3. Error Ketika Terlalu Lama Dipakai

Jika terlalu lama digunakan atau membuka thread yang cukup banyak, maka bisa terjadi error. Error yang dimaksud bisa terjadi ketika anda membuka thread kemudian membuka thread lainnya dengan cara keluar masuk secara cepat.

4. Menu Starter yang Kurang Lengkap

Apabila anda membuat thread yang baru, maka pada tampilan menu hanya tersedia kamera, spoiler, emotion, huruf miring dan huruf tebal. Untuk link gambar, link browser, quote, warna serta center tidak akan ditampilkan.

5. Tidak Bisa Mengedit Thread yang Sudah Dibuat

Kekurangan Kaskus yang terakhir adalah tidak bisa mengedit thread yang telah dibuat. Untuk itu, pengguna diharapkan berhati hati dan membaca kembali thread sebelum dipublish karena tidak bisa diedit.

Gratis Unduh Aplikasi Smartphone Kaskus

Free Download Kaskus Last Update VersionOfficial Download Link
Kaskus for AndroidGoogle Play Store
Kaskus for iOSApple App Store

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here