Pengertian Koki : Profesi, Tugas dan Gaji

Salam Kenal

Artikel Pilihan

Koki atau juru masak merupakan orang yang bertugas menyiapkan makanan untuk nantinya disantap oleh konsumen. Meski terkesan sama, namun istilah koki dan chef adalah dua jenis profesional yang tidak bisa disamakan.

Istilah koki di sebuah dapur rumah makan atau restoran umumnya merujuk ke orang dengan sedikit atau bahkan tanpa pengaruh kreatif untuk menu serta mempunyai sedikit atau tanpa pengaruh pada dapur.

Umumnya, koki merupakan seluruh anggota dapur yang ada di bawah chef atau kepala koki.

Pengertian Koki

Koki merupakan orang yang bertugas mempersiapkan makanan yang nantinya akan disantap pelanggan atau customer. Koki yang bekerja di hotel tidak hanya menyiapkan menu utama namun juga membuatmakanan pembuka serta makanan penutup.

Menjadi seorang koki harus bisa fokus pada masakan tertentu serta bisa menerima pelatihan formal dari suatu institusi. Koki yang belum berpengalaman serta handal nantinya bisa belajar lebih dulu dengan koki lain yang mahir.

Tugas Koki

  • Pekerjaan seorang koki tidak semudah seperti yang dibayangkan karena harus punya kemampuan teknik supaya rasa yang diciptakan berkali-kali tetap punya rasa yang sama.
  • Koki umumnya punya bidang keahlian berbeda seperti dalam masakan Indonesia, perancis, Italia, Cina, Jepang dan sebagainya.
  • Koki memiliki tugas membuat resep, menentukan masakan, menakar bahan masakan serta memasak.
  • Koki memiliki tugas menyajikan sebuah hidangan dengan rasa nikmat, indah serta layak untuk dibayar.

Pekerjaan Koki

  • Membuat kreasi makanan sesuai dengan bidang keahliannya masing-masing.
  • Melakukan eksperimen atau uji coba untuk menciptakan resep makanan serta evaluasi pada hasil kreasinya.
  • Bertanggung jawab untuk bahan serta biaya makanan.
  • Memasak sesuai dengan order atau pesanan.
  • Mengawasi karyawan dapur ketika memakai mesin atau fasilitas lain dengan efisien.
  • Bertanggung jawab pada pengelolaan dapur.
  • Menyusun menu makanan di cafe, restoran atau tempat makan.

Tugas Koki Berdasarkan Jenis dan Tingkatan

1. Executive Chef atau Head Chef

Mempunyai tanggung jawab penuh pada semua hal yang terjadi di dapur. Jika ada complain atau keluhan dari pelanggan, maka head chef yang akan maju serta menerima kritikan tersebut.

Tugas utama dari head chef adalah untuk mengkreasikan menu, bermain dengan bahan makanan serta menciptakan sensasi rasa baru. Pengalaman serta ilmu yang kuat sangat diperlukan agar bisa mencapai posisi koki yang satu ini.

2. Chef de Cuisine

Chef de cuisne bisa dikatakan memiliki tugas yang tidak terlalu berbeda dengan head chef. Hal yang menjadi pembeda dari head chef dengan chef de cuisine adalah head chef merupakan kepala dari seluruh restoran. Sedangkan chef de cuisine merupakan kepala suatu cabang restoran.

3. Sous Chef

Sous chef merupakan wakil atau asisten dengan tanggung jawab untuk menyusun jadwal head chef atau chef de cuisine atau mengganti beberapa pekerjaan ketika kedua peran tersebut berhalangan untuk hadir. Namun tidak semua restoran selalu memiliki sous chef ini.

4. Expediter atau Announcer

Tugas utama dari seorang expediter atau announcer mungkin terdengar sepele namun sebenarnya sangat penting. Announcer bertugas sebagai pelaku finishing touch atau garnishing serta mengantar makanan ke konsumen.

5. Chef de Partie atau Sation Chef

Chef de partie atau station chef memiliki tanggung jawab pada salah satu section dalam dapur. Contohnya pada bagian sup atau salad atau makanan yang dipanggang.

6. Saucier atau Saute Chef

Mempunyai spesialisasi mengolah makanan yang memakai teknik tumis atau saus pelengkap. Peran saucier atau saute chef ini sangat penting ketika menyajikan makanan India atau Perancis.

7. Poissonier atau Fish Chef

Seperti titlenya, poissonier atau fish chef memiliki tugas untuk mengolah berbagai makanan laut.

8. Boucher atau Butcher

Tugas utama dari butcher adalah mengolah daging hewan sehingga menjadi suatu olahan daging yang bisa dikonsumsi.

Beberapa jenis hewan yang ditangani oleh butcher diantaranya adalah babi, kalkun, sapi, ayam dan terkadang juga ikut membantu fish chef.

9. Rotisseur atau Roast Chef

Koki yang satu ini bertugas untuk mengolah makanan yang diroasted. Koki ini memang memiliki spesialisasi pada pengolahan makanan yang memakai oven atau makanan yang memang harus diroasting.

10. Grill Chef

Grill chef merupakan koki yang memiliki tugas grilling makanan para konsumen. Terkadang, grill chef juga akan bekerja sama dengan roast chef karena tugasnya yang hampir serupa.

11. Friturier atau Fry Chef

Tugas dari friturier atau fry chef adalag menggoreng termasuk menggoreng memakai teknik deep fryer. Apabila porsi yang diperlukan dalam masakan yang digoreng, maka tugas dari fry chef ini umumnya akan dilakukan roast chef.

12. Entremetier atau Vegetable Chef

Koki yang satu ini mempunyai spesialisasi pengolahan salad, sup, pasta dan nasi yang berunsur sayuran. Memilih, membersihkan serta menjaga kesegaran sayur menjadi tugas utama dari vegetable chef ini.

13. Tournant atau Roundsman

Roundsman atau tournant mempunyai tugas untuk menggantikan salah satu bagian yang memerlukan chef.

14. Cold Food Chef atau Pantry Chef

Cold food chef atau pantry chef memiliki tugas untuk menyiapkan berbagai makanan dingin. Contohnya seperti sosis, salad serta makanan beku yang lainnya.

15. Demi Chef

Demi chef merupakan divisi dapur yang memiliki tugas untuk menjaga kualitas menu makanan yang dihasilkan dari bahan baku.

Selain memiliki tugas sebagai quality controller, demi chef juga punya tanggung jawab mengontrol stok bahan baku dan memastikan seluruh pekerjaan divisi di dapur bisa berjalan dengan baik.

16. Commis Chef

Commis chef adalah divisi yang bernaung di bawag pengawasan chef departie, sous chef serta head chef. Jenis koki ini dibagi menjadi beberapa tingkatan yakni Commis 3, Commis 2 dan Commis 1 yakni yang paling tinggi.

Untuk beberpa kegiatan tertentu, commis chef juga akan diberi wewenang untuk bertindak sebagai chef de partie atau demi chef jika memang ada yang sedang berhalangan.

17. Cook Helper

Semua karyawan yang baru saja direkrut pada suatu restoran umumnya akan diposisikan pada cook helper lebih dulu. Tugas dari cook helper adalah menyiapkan bahan makanan yang nantinya akan diolah, membantu semua bagian pada divisi dapur jika memang diperlukan serta mencuci peralatan masak atau membersihkan dapur.

18. Pattissier atau Pastry Chef

Jenis koki yang terakhir adalah pattissier atau pastry chef. Koki ini punya spesialisasi pada pengolahan pastries, baked food dan juga dessert.

Variasi dish yang dibuat juga snagat beragam yang umumnya juga punya beberapa bawahan untuk memegang bagian confiseur atau permen, boulanger atau roti, glacier atau es serta decorateur atau dekorasi.

Gaji Koki

Perbedaan gaji yang didapat oleh seorang koki akan didasari dengan tingkat jabatan, tingkat pendidikan serta seberapa besar restoran tempat koki tersebut bekerja.

Namun untuk kisaran gaji koki dimulai dari 3.5 juta sampai 4.5 juta. Apabila sudah menjadi koki profesional, maka bisa mendapatkan gaji hingga puluhan juta seperti beberapa selebriti koki Farah Queen dan Arnold.

Sumber Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Koki
https://www.idntimes.com/food/dining-guide/gebialya-rahmani-1/ada-12-jenis-koki-yang-harus-kamu-ketahui-dan-layak-diapresiasi-c1c2-1
https://www.restofocus.com/2016/08/apa-saja-tugas-seorang-chef-di-restoran.html
https://jobskarir.id/profesi/koki/
https://www.qraved.com/journal/food-lol/15-tipe-chef-dan-tugasnya-yang-belum-kamu-kenali
https://www.digitalfood.id/chef-adalah-yuk-kenalan-sama-profesi-chef/

Salam kenal dari Adam Muiz !
Support mencapai 10K Subscriber yuk
😁 Terimakasih
Follow Adam Muiz on WordPress.com

2 COMMENTS

  1. Wah, aku baru ngeh nih ternyata level koki bermacam2 ya. Apalagi di zaman sekarang profesi koki sangat menjanjikan. Semakin meningkat travel, restoran dan sebagainya tentu semakin menambah gaji sang koki saking dibbutuhkan keahlian yang ga sekadar masak aja. TFS mas 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis