Pengertian Komedi – Sejarah, Patokan dan Jenis

Salam Kenal

Artikel Pilihan

Komedi atau disebut dengan lawakan merupakan karya lucu yang biasanya berguna untuk menimbulkan tawa dan menghibur. Di dalam seni teater khususnya teater Barat, komedia juga dijadikan salah satu genre teater yang berasal dari Yunani Kuno.

Satir atau satir politik memakai jenis komedi ironi untuk menggambarkan seseorang atau juga bisa sebuah intuisi. Sedangkan parodi memakai gaya ironi untuk memberikan kritikan dari dalam.

Pengertian Komedi

Komedi diambil dari bahasa Yunani yakni kōmōdía. Ini merupakan genre fiksi yang terdiri dari wacana atau karya yang bertujuan untuk menghibur, lucu, mengundang tawa khususnya pada film, teater, stand up komedi, radio, televisi, buku atau media hiburan lainnya.

Ini adalah istilah yang diambil dari Yunani Kuno. Dalam demokrasi Athena, opini publik pemilih dipengaruhi dengan sindiran politik yang dilakukan penyair komik pada teater.

Genre teater komedi Yunani bisa digambarkan sebagai pertunjukan dramatis yang mengadu dua kelompok, jenis kelamin, usia, jenis kelamin atau antar satu masyarakat dengan masyarakat lain dalam penderitaan atau konflik yang lucu.

Northrop Frye menggambarkan dua sisi yang berlawanan tersebut sebagai Masyarakat Muda serta Masyarakat Lama. Pandangan yang direvisi mencirikan penderitaan esensial komedi sebagai perjuangan antara pemuda yang relatif tidak berdaya serta konvensi masyarakat yang menghalangi harapannya.

Sejarah Komedi

Asal usul komedi biasanya disepakati dari gabungan dua kata Yunani Kosmos atau komai serta oda. Di dalam bahasa Indonesia, kosmos berarti mungkin, sedangkan komai diambil dari kata yang merujuk ke kampung di pedesaan. Kata oda disepakati sebagai lagu.

Para kritiks serta sejarawan kebanyakan setuju jika komedi adalah produk dari lingkungan pedesaan dibandingkan kawasan urban. Dengan begitu, akan dikaitkan dengan sejarah Yunani pada saat itu.

Salah satu tradisi komedi lama di Indonesia yang populer adalah sisik punakawan seperti semar, bagong, cepot, gareng dan petruk di dalam cerita pewayangan.

Aristoteles mengajarkan jika umumnya komedi bisa memberikan dampak positif untuk masyarakat. Ini disebabkan karena komedi menghasilkan kebahagiaan. Aristoteles berpendapat jika komedi tidak harus melibatkan humor seksual.

Komedi menurutnya merupakan kebangkitan dari karakter simpatik. Aristoteles membagi komedi menjadi 3 kategori atau subgenre yakni komedi romantis, simpati serta sindiran. Sedangkan Plato mengajarkan jika komedi merupakan penghancuran diri. Ia percaya jika komedi menghasilkan emosi yang bisa mengesampingkan kontrol diri serta pembelajaran yang rasional.

Patokan Komedi

Ada tiga patokan yang dapat dikatakan sebagai komedi seperti dalam definisi concise oxford dictionary, yakni:

  • Menerbitkan gelak tawa atau the generation of laughter.
  • Akhir bahagia atau the presence of happy ending.
  • Representasi dari kehidupan sehari-hari atau representation of everyday life.

Jenis-jenis Komedi

1. Slapstick

Jenis komedi yang pertama adalah slapstick. Ini adalah jenis komedi fisik yang mudah dicerna serta bermain pada lingkup yang luas.

Komedi slapstick ini bisa dilihat ketika seorang komedian jatuh dari kursi, salingmendorong, memasukkan benda asing ke mulut, melempar makanan ke wajah orang dan sebagainya.

Ini adalah jenis komedi yang dipakai Mr. Bean, Charlie Chaplin, Warkop DKI, Jackass crew sampai Opera van Java.

2. Self Desprecating atau Mencela Diri Sendiri

Jenis komedi yang kedua adalah self desprecating atau mencela diri sendiri. Ini merupaan jenis komedi yang sangat populer dalam ajang Stand Up Comedy.

Ada banyak komika yang mencela diri sendiri sebagai bentuk materi komedi yang mereka miliki. Komedi jenis ini juga banyak dipakai anak muda dalam sosial media Instagram.

Sebetulnya, komedi yang ada pada Stand Up Comedy serta Instagram merupakan konsep yang sama. Yakni merealisasikan sesuatu dengan diri sendiri sehingga bisa membuat tertawa dengan sendirinya.

3. Black Jokes atau Komedi Hitam

Black Jack atau komedi hitam merupakan jenis komedi yang didasari dari obervasi sisi gelap kehidupan harian. Untuk aspek yang dipakai adalah meliputi kejadian aktual dari dunia politik, olahraga, hiburan, agama, rasisme, terorisme sampai peperangan.

4. Komedi Biru

Selain warna hitam, ada juga komedi biru. Komedi biru merupakan komedi yang membahas tentang hal berbau seks serta tema tabu lain. Jenis komedi ini dapat ditemukan dalam karakter Louis C.K, Jimmy Carr, Jimmy Kimmel, Dave Chappelle, Chris Tucker dan Mike Myers.

5. Observasi

Jenis komedi observasi merupakan komedi yang berasal dari hal yang betul-betul terjadi dalam kehidupan harian. Sama seperti fenomena di dunia hiburan, masalah dengan pasangan bahkan politik juga dibahas dalam jenis komedi ini. Biasanya, jenis komedia ini dipakai juga di dalam acara Stand Up Comedy.

6. Komedi Karakter

Komedi karakter merupakan komedi yang didasari dari kepintaran seorang komedian untuk menciptakan karakter yang bertingkah lucu. Komedi karakter juga dapat menirukan karakter lucu seseorang.

Ciri utama dari komedi karakter ini adalah keunikan ekspresi komedian dalam menampilkan emosi, tingkah laku atau mimik muka yang menggelikan.

7. Komedi Romantis

Komedi romantis merupakan jenis komedi di mana penulis naskahnya tidak mengikuti konvensi komedi klasik. Penulisnya sebagian besar peduli dengan nasib imajinasinya serta menulis yang dipikirkan.

Ada perpaduan dari unsur komik serta tragis yang tidak ada dalam komedi klasik dan hanya unsur komik yang dimasukkan ke komedi.

8. Komedi Humor

Komedi humor merupakan jenis komedi khusus di mana penulisnya akan memikirkan sifat tertentu dari seorang karakter. Humor berarti sifat tertentu dari karakter contohnya seperti kebanggaan, ketamakan dan lainnya.

Orang dulu percaya jika tubuh manusia terbuat dari empat elemen yakni api, udara, tanah dan juga air. Peningkatan kuantitas salah satu dari elemen tersebut dinamakan dengan humor.

Setiap elemen tersebut mewakili sifat tertentu dari sifat manusia. Contohnya api yang berarti sifat pemarah, air yang berarti tempramen dingin, tanah berarti sifat bumi dan udara yang berarti tempramen manusia yang tinggi.

Komedi humor ini menyindir kebodohan serta keanehan, kekurangan serta kejahatan masyarakat kontemporer dan sindirannya biasanya kasar. Contohnya seperti komedi Volpone, Ben Johnson dan sebagainya.

9. Komedi Kesalahan

Dalam jenis komedi ini, penulis akan memikirkan kesalahan pada karakternya. Setiap karakter tidak akan menyadari tentang apa yang sedang terjadi.

Sebagian besar kesalahan terjadi karena kesalahan identitas dan cara lainnya yang diimpor dari Roma. Pada zaman Romawi, drama semacam ini ditulis Terrence.  Comedy of Errors berhubungan dengan kesedihan, pemisahan anak kembar serta identitas yang salah.  

10. Komedi Sentimental

Ini adalah jenis komedi khusus yang penulisnya fokus pada sifat sentimental serta emosional karakter. Jenis komedi ini muncul sebagai reaksi pada Comedy of Manner di abad ke-18.

Jenis komedi ini disusun oleh Hugh Kelley, Richard Steele dan sebagainya. Namun, kemudian komedi sentimental menjadi latar belakang serta komedi tata krama yang kembali dihidupkan.

11. Komedi Lelucon

Ini adalah jenis komedi yang penulisnya berkonsentrasi untuk menghasilkan tawa. Di dalam jenis komedi ini, penikmatnya bisa mengamati pemakaian eposiode komedi yang pendek.

Karakter satu dimensi akan dimasukkan ke dalam kondisi menggelikan untuk membangkitkan tawa yang maksimal. Contohnya seperti Fielding’s The Author’s Farce.

Sumber Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Komedi
https://beritabaik.id/read?editorialSlug=gaya-hidup&slug=1561437800554-cari-tahu-6-jenis-komedi-dan-penjelasannya-yuk
https://initu.id/amp/sejarah-dan-pengertian-komedi-serta-jenisnya/
https://www.kompasiana.com/dida38/56bfd75845afbd790f6c665d/apa-arti-komedi-sesungguhnya
https://en.wikipedia.org/wiki/Comedy
https://owlcation.com/humanities/What-is-a-Comedy-Detailed-Analysis-Explanation

Salam kenal dari Adam Muiz !
Support mencapai 10K Subscriber yuk
😁 Terimakasih
Follow Adam Muiz on WordPress.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis