29 C
Semarang
Wednesday, December 8, 2021

Pengertian Komputer : Sejarah, Fungsi, Komponen, Perkembangan, Macam Jenis Contoh

Artikel Pilihan

Komputer diambil dari kata Computare yang berarti menghitung. Jika dilihat dari segi bahasa, maka komputer memiliki arti alat untuk melakukan proses perhitungan aritmatika. Namun jika secara umum, komputer diartikan sebagai alat elektronik penghubung komponen satu dengan yang lain sehingga bisa menghasilkan informasi yang sudah diolah terlebih dulu sebelumnya.

Komputer sendiri terdiri dari 3 elemen. Elemen pertama adalah hardware atau perangkat keras seperti harddisk, processor, CPU, RAM dan motherboard. Elemen kedua adalah software yang terdiri dari aplikasi dan terakhir sistem operasi yang bekerja sesuai perintah yang diberikan pengguna atau brainware.

Pengertian Komputer

Komputer merupakan alat elektronik yang akan bekerja secara sistematis serta cermat dalam mengolah segala data seperti data gambar, suara dan angka. Sedangkan menurut Robert H Blissmer, komputer merupakan alat elektronik yang bisa melakukan banyak tugas. Contohnya seperti proses data sesuai instruksi yang diberikan, menerima input, menyimpan perintah dan hasil pengolahan serta menyediakan output berbentuk informasi.

Sementara menurut V.C Hamacher, komputer merupakan mesin penghitung elektronik yang sangat cepat serta bisa menerima informasi input digital. Sesudah itu, informasi akan diproses sesuai program yang sudah tersimpan pada memori serta menghasilkan output berbentuk informasi.

Sejarah Komputer

Sejarah dari komputer sangat erat kaitannya dengan perhitungan aritmatika. Awalnya, komputer berfungsi sebagai alat bantu hitung untuk manusia. Pakar matematika yakni Charles Babbage berkebangsaan Inggris menjadi orang pertama yang berani untuk mengirim surat ke ahli di kerajaan Inggris. Tujuannya adalah untuk mengembangkan alat hitung mekanik yakni komputer.

Pemikiran tersebut kemudian ia tuangkan dalam surat berjudul “Catatan Tentang Penggunaan Mesin pada Penghitungan Astronomi dan Tabel Matematika”. Surat tersebut dikirim di tanggal 14 Juni tahun 1822.

Ide Charles ini dilatarbelakangi persoalan banyak orang yang ketika itu salah menghitung meski sudah memakai tabel matematika. Charles kemudian memiliki ide untuk mengembangkan mesin hitung secara mekanik yang terinspirasi dari perkembangan mesin hitung Wilhelm Schickard, Gottfried Leibniz dan juga Blaise Pascal.

Charler terus berusaha untuk mengembangkan mesin komputer supaya bisa diprogram manusia meski sayangnya tidak selesai. Mesin tersebut kemudian dilanjutkan anaknya yakni bagian dari mesin differensial yang sekarang bisa dilihat di Museum Sains London. Selain dilakukan oleh anaknya, ide ini juga dikembangkan banyak pihak lain sampai menciptakan komputer canggih seperti yang sekarang digunakan.

Fungsi Komputer

Jika dilihat dari prinsipnya, komputer memiliki 4 fungsi dasar yakni data processing atau pengolahan data, data storage atau penyimpanan data, data movement atau pemindahan data data input. Berikut adalah penjelasan selengkapnya:

1. Data Processing atau Pengolahan Data

Komputer dipakai untuk mengolah data sehingga bisa menghasilkan output berbentuk informasi. Data yang diolah biasanya berupa teks, dokumen, kata, suara, video, objek, grafik serta gambar.

2. Data Storage atau Penyimpanan Data

Komputer berguna untuk pengamanan serta pemakaian kembali sebuah data. Komputer bisa berfungsi sebagai penyimpanan serta pengambilan data. Contohnya pada saat memakai Ms Word, anda bisa menyimpan atau save data ke harddisk serta mengambil kembali data tersebut atau disebut open.

3. Data Movement atau Pemindahan Data

Komputer bisa melakukan pemindahan data yang berasal dari satu komputer ke komputer lainnya.

4. Data Input

Fungsi dari komputer berikutnya adalah untuk menerima data yang berasal dari sumber lain. Contohnya seperti data yang diterima dari aktivitas pada mouse, keyboard serta komputer lainnya.

Komponen Komputer

Komputer terdiri dari rangkaian komponen yang dikelompokkan menjadi 3 jenis unit. Pertama adalah unit pemasukan atau input, unit pemrosesan atau process dan juga unit pengeluaran atau output. Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Komponen Input

Komponen input merupakan komponen hardware yang berguna untuk pintu masuk tugas yang diberikan komputer. Beberapa contohnya adalah sebagai berikut:

  • Keyboard: Keyboard adalah komponen yang berguna untuk memberi masukkan berbentuk data alfanumerik serta interpretasi ASCII lain. Di keyboard terdapat huruf dari A hingga Z, angka 0 hingga 9 serta perintah lain.
  • Mouse: Mouse merupakan penghubung layar monitor dengan user atau pengguna, Ketika dioperasikan, mouse akan terlihat seperti pointer pada layar monitor.
  • Trackpad: Trackpad memiliki fungsi yang sama seperti mouse namun berbeda dari segi bentuk.
  • Pen: Pen akan terlihat ketika layar yang dipakai berjenis layar sentuh. Fungsi dari pen sama seperti mouse yakni memberikan perintah yakni dengan menekan ujung pen ke layar.
  • Microphone: Microphone adalah komponen yang bertugas memberi masukan berbentuk suara.
  • Scanner: Scanner berguna untuk memindai gambar yang masuk ke sistem komputer menjadi file digital.

2. Komponen Proses

Komponen proses merupakan komponen yang berfungsi untuk proses perintah yang sudah diberikan user yang kemudian ditampilkan di komponen output. Berikut adalah beberapa jenis dari komponen proses:

  • Processor: Komponen utama yang berguna untuk memproses data.
  • Motherboard: Komponen yang berguna sebagai tempat seluruh komponen yang berkaitan. Contohnya seperti hubungan antar komponen proses, input dan juga output.
  • Harddisk: Berguna untuk menyimpan seluruh interpretasi yang dibutuhkan komputer dengan sifat permanen.
  • Memori atau RAM: Berguna untuk menyimpan seluruh aktivitas komputer sementara waktu.
Baca Juga :  EaseUS Partition Master Free 16.0 untuk Windows

3. Komponen Output

Komponen output merupakan alat yang berguna untuk menampilkan informasi dari perintah yang sudah diproses sebelumnya. Berikut adalah beberapa komponen dari output pada komputer:

  • Printer: Berguna untuk mencetak data sehingga bisa berbentuk hard copy.
  • Monitor: Komponen yang berguna untuk menampilkan proses yang sedang dikerjakan komputer.
  • Speaker: Berguna untuk memberi output berbentuk audio untuk pengguna.

Perkembangan Komputer

Perkembangan komputer sendiri dibagi menjadi 5 kelompok tahapan. Masing masing kelompok angkatan tersebut ditentukan komponen utama pada komputer. Semua kelompok angkatan menghasilkan komputer berukuran lebih simpel, lebih kecil, harga yang lebih terjangkau serta lebih tahan banting.

Komputer yang ada sekarang ini sudah bisa digunakan untuk memproses suara, gambar, teks serta bentuk non numerik data yang lain. Sementara yang diolah mesin komputer merupakan angka yakni angkat 1 dan juga angka 0.

Beberapa angka ini kemudian membentuk kombinasi kode yang disebut dengan kode biner dan menjadi wakil listrik aktif serta non aktif. Berikut adalah uraian perkembangan komputer selengkapnya:

1. Komputer Kelompok Angkatan Pertama

Komputer dari kelompok angkatan pertama dikembangkan di tahun 1940 sampai 1959 yang bernama ENIAC. ENIAC sendiri adalah kepanjangan dari Electronic Numerical Integrator and Computer yang dikembangkan angkatan darat Amerika Serikat. Gunanya adalah untuk menghitung tabel tembakan senjata pada Laboratorium Persenjataan.

ENIAC dirancang serta dikembangkan 2 profesor asal Universitas Pennsylvania, Amerika Serikat yakni Prof. John Presper Eckert serta John W. Mauchly yang diluncurkan pada tanggal 15 Februari tahun 1946.

ENIAC tersebut memakai 17.468 tabung vakum, 1.500 pemancar, 7.200 diode kristal, 70 ribu resistor, 5 juta sambungan yang disolder dengan tangan serta 10 ribu kapasitor.

Tabung vakum menghasilkan panas berlebihan sehingga kurang efektif serta efisien. Selain itu, ENIAC juga memerlukan asupan listrik yang besar agar bisa beroperasi. Untuk beratnya sendiri adalah 27 ton dengan ukuran 2.4 m x 0.9 m x 30 m. Sedangkan luas ruangan yang dibutuhkan adalah sekitar 167 m2 serta daya listrik 160 KW.

2. Komputer Kelompok Angkatan Kedua

Untuk komputer kelompok angkatan kedua dikembangkan tahun 1959 hingga 1965. Pada masa itu terdapat transistor yang dipakai untuk mengganti komponen tabung vakum di komputer angkatan pertama.

Transistor sendiri merupakan alat semikonduktor yang berguna untuk menyambung serta memutus arus listrik. Ukuran dari transistor ini lebih kecil dan menghasilkan panas lebih sedikit dibandingkan tabung vakum. Dengan begitu, transistor bisa memperkecil ukuran komputer dibandingkan komputer kelompok angkatan pertama.

Mesin pertama yang memakai teknologi ini adalah super komputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch sementara Sprery Rand membuat komputer dengan nama LARC.

Komputer kelompok angkatan kedua ini dikembangkan untuk laboratorium energi atom yang mampu mengatasi sebagian besar data. Namun mesin ini terlalu mahal dan lebih kompleks untuk keperluan komputasi bisnis sehingga tidak terlalu terkenal.

Tercatat hanya terdapat 2 LARC yang pernah digunakan dan dipasang. Pertama adalah di Lawrence Radiation Labs yang ada di Livermore, California dan yang kedua di US Navy Research and Development Center di Washington D.C.

Di awal tahun 1960 kemudian mulai muncul komputer angkatan ini yang sukses dalam bidang bisnis, pemerintahan serta universitas. Komputer angkatan ini sudah sepenuhnya memakai transistor dan memiliki komponen yang bisa diasosiasikan dengan komputer sekarang ini. Contohnya seperti memory, penyimpanan dalam disket, program serta sistem operasi.

3. Komputer Kelompok Angkatan Ketiga

Komputer kelompok angkatan ketiga dibuat di tahun 1965 sampai 1971. Ini ditandai dengan ditemukan serta digunakannya IC atau Integrated Circuit sebagai ganti transistor yang dilakukan Jack Kilby seorang insinyur listrik dari Texas.

Transistor di masa tersebut dikembangkan serta dibuat menjadi lebih kecil sehingga dapat dipasang bersama komponen lain di IC. Dengan begitu, dalam satu IC terdiri dari beberapa transistor, resistor dan juga kapasitor.

Temuan dari Jack tersebut membuat komputer bisa bekerja jauh lebih cepat dan efisien dibandingkan dengan komputer angkatan sebelumnya. Ditambah lagi, sistem operasi juga sudah ditemukan dan dikembangkan di masa ini.

Komputer pada kelompok ini bisa melakukan beberapa tugas dalam waktu bersamaan. Selain itu, komputer kelompok angkatan ketiga ini juga menjadi komputer pertama yang bisa berhubungan dengan hardware lain seperti keyboard. Contoh dari komputer angkatan ini diantaranya adalah GE 600, UNIVAC 9000 serta IBM/30.

Baca Juga :  Upgrade Windows 11 Gratis Online Resmi

4. Komputer Kelompok Angkatan Keempat

Pada masa ini hadir produk Large Scale Integration atau disingkat LSI. Ini adalah kombinasi dari ribuan IC pada sebuah keping yang dinamakan dengan chip. Pemadatan ribuan IC pada chip ini membuat ukuran komputer juga semakin kecil dan banyak digunakan masyarakat umum. Tidak hanya untuk bisnis, akan tetapi ada bidang lain yang juga ikut berkembang seperti bidang pendidikan dan sebagainya.

Perkembangan komputer angkatan ini tidak lepas dari perusahaan Intel sebab perusahaan ini adalah perusahaan yang membuat chip pertama dan diluncurkan di tahun 1971. Ini menjadi tahap awal dari perkembangan mesin utama komputer yang dulu berukuran satu ruangan menjadi segenggam tangan.

Pengguna dari komputer angkatan ini semakin berkembang luas. Tidak hanya untuk pebisnis dan kaum elit, akan tetapi masyarakat umum juga mulai menggunakan komputer ini. Kemudian muncul jaringan komputer untuk kelompok bisnis dengan tujuan supaya proses tukar menukar informasi antar kelompok bisnis bisa semakin cepat dilakukan.

Sesudah itu, internet lahir diikuti dengan hadirnya laptop atau komputer jinjing yang dapat dibawa bepergian. Semua jenis komputer dan laptop yang ada sekarang ini menjadi produk komputer dari kelompok angkatan keempat.

5. Komputer Kelompok Angkatan Kelima

Komputer pada kelompok ini adalah komputer dengan teknologi kecerdasan buatan. Sekarang ini juga sedang diteliti sekaligus dikembangkan secara berkelanjutan.

Negara yang sering meneliti serta memikirkan kecerdasan buatan adalah Jepang. Bahkan Jepang juga mempunyai laboratorium serta lembaga khusus yang berguna untuk menciptakan komputer dari kelompok angkatan kelima ini.

Contoh dari komputer kelompok angkatan kelima adalah HAL9000 dari novel Arthur C. Clarke yang berjudul 2001: Space Odyssey. Disini HAL menampilkan semua fungsi yang diinginkan dari komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan, HAL bisa memiliki nalar untuk melakukan percakapan dengan manusia, belajar dari pengalaman sendiri serta memakai masukkan visual.

Meski realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, akan tetapi beberapa fungsinya sudah diwujudkan. Beberapa komputer sudah bisa menerima instruksi secara lisan dan bisa meniru nalar dari manusia. Selain itu, kemampuan untuk menerjemahkan bahasa asing juga bisa dilakukan.

Meski fasilitas ini terlihat sederhana, akan tetapi jauh lebih rumit karena programmer menyadari jika pengertian dari manusia sangat tergantung dengan konteks serta pengertian dibandingkan menerjemahkan kata secara langsung.

Ada banyak kemajuan dalam bidang desain komputer serta teknologi sehingga pembuatan komputer kelompok angkatan kelima semakin mungkin dilakukan. 2 kemajuan rekayasa yang paling utama adalah kemampuan memproses pararel yang nantinya akan menggantikan model non Neumann.

Model non Neumann nantinya akan digantikan dengan sistem yang bisa mengkoordinasikan banyak CPU sehingga bisa bekerja dalam waktu bersamaan. Sedangkan kemajuan lainnya adalah teknologi superkonduktor yang membuat aliran elektrik tanpa hambatan bisa mempercepat kecepatan informasi.

Jepang sendiri menjadi negara yang sangat terkenal untuk komputer generasi ini. Lembaga ICOT [Institute for new Computer Technology] juga sudah dibentuk untuk mewujudkan hal ini. Ada banyak berita yang mengatakan jika proyek tersebut telah gagal. Akan tetapi beberapa informasi lain menyatakan jika komputer generasi ini sudah berhasil memberikan perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia.

Jenis Bilangan Dalam Komputer

Di dunia komputer dikenal 4 jenis bilangan yakni bilangan biner, desimal, okal dan juga hexadesimal. Bilangan biner atau biasa disebut dengan binary digit adalah bilangan yang terdiri dari 1 serta 0.

Bilangan oktal terdiri dari 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6 serta 7. Bilangan desimal terdiri dari 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, serta 9. Yang terakhir adalah bilangan hexadesimal yang terdiri dari 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, A, B, C, D, E serta F.

Contoh Macam Jenis Komputer

Jika dilihat dari bentuk serta ukurannya, jenis komputer dibedakan menjadi 6 yakni komputer tower, handbook atau subnotebook, komputer palmtop, komputer notebook, komputer laptop serta komputer desktop.

  • Komputer desktop: Jenis komputer yang bisa diletakkan di meja. Biasanya jenis komputer ini mempunyai CPU yang terpisah dari keyboard serta monitor.
  • Komputer laptop: Jenis komputer yang bisa dibawa bepergian. Pada laptop terdapat monitor, CPU serta keyboard yang menjadi satu pada perangkat elektronik.
  • Komputer notebook: Jenis laptop dengan ukuran lebih tipis dan biasanya dipakai pengajar, pelajar dan peneliti.
  • Komputer palmtop: Komputer berukuran kecil dan dapat digenggam yang sudah jarang dipakai ketika banyak orang yang memakai smartphone.
  • Handbook atau subnotebook: Jenis notebook berukuran lebih kecil dibandingkan notebook dengan spesifikasi rendah.
  • Komputer tower: Komputer berukuran lebih besar dibandingkan komputer desktop yang dilengkapi perangkat pendukung sebab mempunyai banyak expansion slot.
Sumber Referensi

https://salamadian.com/fungsi-komponen-pengertian-komputer/
https://kotakpintar.com/pengertian-komputer-adalah/
https://www.dosenpendidikan.co.id/pengertian-komputer/

[Total: Rata-rata: ]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa