22.5 C
Semarang
Wednesday, January 19, 2022

Pengertian Konsisten – Ciri, Kelebihan, Tips dan Contoh

Artikel Pilihan

Konsisten merupakan sesuatu yang dilakukan terus menerus serta tidak berubah-ubah. Sesuatu itu akan tetap berjalan sesuai dengan batasan serta jalur yang telah ditetapkan dan tidak boleh keluar dari batasan.

Di dalam diri sendiri, kata konsisten diartikan sebagai sikap seseorang yang berpegang teguh pada pendirian yang benar. Contoh dari konsisten seperti konsisten dalam perkataan, dalam perbuatan, dalam keputusan dan sebagainya.

Pengertian Konsisten Menurut Para Ahli

1. Menurut KBBI

Di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, konsisten diartikan sebagai taat, tetap, selaras, asas, ridak berubah atau ada kesesuaian antara ucapan dengan perbuatan.

2. Menurut Cambridge Dictionary

Di dalam Kamus Cambridge, konsisen diartikan sebagai sesuatu hal yang bersifat tetap dan tidak berubah. Konsisten juga merupakan sesuatu yang terjadi atau perbuatan yang dilakukan berulang serta sama dengan tujuan positif.

3. Menurut Oxford Dictionary

Konsisten diartikan sebagai perilaku dengan cara yang sama atau punya pendapat, standar yang sama. Konsisten juga sesuatu yang terjadi dengan cara sama serta berlanjut untuk jangka waktu tertentu.

4. Menurut Reza M. Syarif

Ia berpendapat jika konsisten merupakan sikap fokus yang dilakukan seseorang untuk satu bidang dan tidak akan berpindah ke bidang lain sebelum bidang tersebut dikuasai.

Ciri-ciri Konsisten

1. Pantang Berhenti

Ciri pertama dari orang yang konsisten adalah pantang untuk berhenti. Seseorang yang konsisten umumnya akan terlihat pada saat sedang mengalami masalah.

Keputusan yang sudah dipilih umumnya akan tetap dilakukan meski ada banyak rintangan yang harus dihadapi.

2. Bisa Diandalkan

Di segala situasi, seseorang yang konsisten akan lebih bisa diandalkan. Ini terjadi karena integritas yang dimiliki biasanya terbilang tinggi. Orang yang konsisten juga bisa dipercaya banyak orang di sekitarnya.

3. Berpendirian Teguh

Pendirian yang teguh tentunya dimiliki seseorang yang konsisten. Bahkan, mengubah pendirian orang konsisten sangat sulit untuk dilakukan.

Ini disebabkan karena mereka telah memikirkan serta mempertimbangkan dengan baik tentang sesuatu atau keputusan yang akan dibuat.

4. Hati-hati Saat Bekerja

Sikap hati-hati ketika melakukan suatu pekerjaan membuat orang yang konsisten sering dianggap lamban. Akan tetapi, sebetulnya orang yang konsisten punya komitmen pada apa yang sedang dikerjakannya.

Meski dianggap lamban, namun orang yang konsisten tetap akan bertindak sesuai keputusannya dengan terus menerus, tetap serta tidak berubah.

5. Tidak Mudah Mengubah Keputusan

Ciri orang yang konsisten selanjutnya adalah tidak mudah untuk mengubah keputusan yang telah dibuat. Terutama jika ada orang lain yang mencoba serta mempengaruhi utnuk mengubah keputusan yang telah dibuat.

Kelebihan Memiliki Sikap Konsisten

1. Lebih Dipercaya Orang Lain

Sikap konsisten yang dilengkapi usaha serta niat dapay menjadikan pribadi seseorang semakin baik. Ini bisa membuat hari-hari diri sendiri atau orang lain semakin terasa nyaman.

Akan ada banyak orang yang mengandalkan serta mempercayakan anda pada banyak hal. Ini disebabkan karena anda dianggap bisa melakukannya dengan baik.

2. Bisa Menahan Diri

Pada saat konsiten membuat seseorang menjadi orang yang lebih baik, maka umumnya orang tersebut akan selalu berpikir positif setiap saat meski situasinya dalam kondisi yang tidak baik.

Orang yang konsisten akan terbiasa mempertahankan serta menciptakan pikiran serta sifat yang baik. Dengan begitu, orang tersebut tidak akan mudah terpengaruh kondisi serta keadaan apapun juga.

3. Menjadi Lebih Bijaksana

Dengan sikap yang konsisten, maka sikap buruk di diri sendiri cepat atau lambat akan menghilang. Dengan begitu, tindakan serta emosi bisa diatur sekaligus mengendalikan diri sesuai dengan yang mau disampaikan. Dengan begitu, orang yang konsisten akan memiliki sikap tenang serta bijaksana.

4. Bisa Memotivasi Orang Lain

Jika memiliki suatu hal yang positif di dalam diri sendiri, maka orang yang ada di sekitar juga bisa merasakan. Energi positif dari dalam diri nantinya akan memotivasi serta menginspirasi orang sekitar yang juga akan ikut menerapkan sikap serupa.

Terutama jika orang di sekitar juga ikut mendukung sikap konsistensi yang terush diusahakan. Mereka tidak akan segan untuk meminta masukkan atau saran yang bersifat membangun dan bermanfaat.

5. Mudah Menyelesaikan Masalah

Kelebihan dari konsistensi berikutnya adalah bisa mengatasi banyak masalah yang dapat mengganggu pikiran atau aktivitas. Seseorang yang konsisten tidak akan mudah emosi serta selalu berpikir jernih jika ada suatu kendala yang dihadapi.

Ini sangat baik sebab bisa membuat anda terlatih untuk menghadapi semua kondisi atau situasi sulit dengan sikap serta pikiran positif.

Tips Menjadi Orang Konsisten

1. Buat Agenda Dengan Bertahap Serta Berkelanjutan

Semua tujuan tidak bisa didapatkan dengan cara instan namun perlu melakukan banyak tahapan lebih dulu supaya bisa tercapai.

Dengan membuat agenda tetntang tujuan yang mau dicapai bisa membantu memiliki sikap konsisten. Akan tetapi, agenda yang dibuat juga harus jelas serta saling berhubungan.

2. Susun Rencana Jangka Pendek Serta Jangka Panjang

Kebiasaan buruk yang dilakukan orang tidak konsisten adalah tidak pernah menyelesaikan sesuatu yang sebelumnya sudah dilakukan. Malas menjadi faktor terbesar yang mengakibatkan hal ini bisa terjadi.

Supaya usaha bisa maksimal, maka sebaiknya susun rencana tujuan supaya bisa terus konsisten.

3. Mulai dari Hal yang Sederhana

Apabila merasa berat untuk melakukan sesuatu yang besar, maka sebaiknya mulai dengan sesuatu yang sederhana. Ini berguna supaya hambatan yang dihadapi pada saat sedang berusaha menjalankan sesuatu bisa dikurangi.

4. Evaluasi Secara Berkala

Evaluasi yang dilakukan secara berkala bisa membantu agar semakin konsisten. Dengan begitu, perkembangan dari semua hal yang dilakukan bisa terlihat. Ditambah jika hal yang sedang dikerjakan terlihat semakin dekat dengan tujuan yang mau dicapai.

Contoh Sikap Konsisten

1. Konsisten Pada Keputusan

Seorang wanita melakukan jogging setiap hari untuk menurunkan berat badan. Sesudah 1 bulan, akhirnya berat badan wanita tersebut turun namun ia masih tetap melakukan jogging setiap hari untuk menjaga ketahanan fisik dan kesehatan.

2. Konsisten Pada Ucapan

Seorang calon Kepala Desa berjanji pada masyarakat jika ingin mengadakan bus sekolah untuk anak-anak apabila terpilih menjadi kepala desa.

Sesudah terpilih menjadi kepala desa, ia kemudian menepati janji untuk mengadakan bus sekolah untuk anak-anak.

3. Konsisten Belajar Akademik

Konsisten dalam belajar akademik adalah melakukan program pembelajaran dengan baik. Contohnya tidak bolos sekolah, mengikuti semua mata pelajaran dengan baik, mengerjakan tugas sesuai perintah guru atau dosen serta mengumpulkan tugas tersebut tepat waktu.

Konsisten dalam belajar akademik sangat penting sebab jika tidak konsisten, maka bisa menimbulkan kemalasan serta apatis pada proses pembelajaran dan tidak punya tanggungjawab pada proses belajaryang akhirnya akan merugikan diri sendiri.

4. Konsisten Pedagang

Konsisten pedagang merupakan ketetapan hati pedagang ketika menjalani kegiatan jual beli supaya tujuan bisa tercapau secara terus menerus.

Konsisten pedagang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis dengan baik sehingga penjualan bisa berkembang dan punya daya saing yang baik dari segi strategi, kualitas atau penjualan produk.

Sumber Referensi

https://www.sosial79.com/2020/12/pengertian-konsisten-dan-cirinya.html
https://penaindo.com/arti-konsisten/
https://id.wikipedia.org/wiki/Konsistensi_(logika)
https://www.ukulele.co.nz/konsisten-adalah/
https://www.onoini.com/konsisten/

[Total: Rata-rata: ]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa