‚Äč
30.1 C
Semarang
Wednesday, December 8, 2021

Pengertian Kreatif : Bentuk, Ciri, Perilaku dan Contoh

Artikel Pilihan

Jika dilihat secara umum, kreatif berarti kemampuan seseorang atau kelompok yang membuat mereka bisa melakukan pendekatan atau terobosan tertentu untuk memecahkan masalah dengan cara berbeda.

Kreatif juga diartikan sebagai kemampuan menciptakan hal baru atau cara baru yang berbeda dari sesuatu yang sebelumnya telah ada.

Kemudian secara etimologis, kata kreatif diambil dari bahasa Inggris yakni to create yang berarti menciptakan atau membuat. Untuk itu bisa diartikan jika kreatif merupakan kemampuan menciptakan suatu konsep atau ide untuk memecahkan masalah.

Pengertian Kreatif

Jika dilihat secara umum, kreatif berarti menciptakan sesuau yang berbeda dengan yang lain atau menghubungkan beberapa hal yang tadinya tidak berhubungan.

Sedangkan menurut Shadiq, kreatif merupakan ide pada konsep serta rencana untuk kemajuan. Ini diperlukan untuk pemikiran serta hasil karya seseorang untuk memecahkan masalah sosial yang tengah berkembang.

Pengertian Kreatif Menurut Para Ahli

1. Menurut Shadiq

Ia berpendapat jika kreatif merupakan gagasan terhadap konsep serta rencana untuk kemajuan. Gagasan tersebut diperlukan pada pemikiran serta hasil karya seseorang ketika memecahkan masalah sosial yang sedang berkembang.

2. Menurut Widyatun

Ia berpendapat jika kreatif memiliki arti kemampuan untuk menyelesaikan masalah yang memberi kesempatan untuk setiap orang bekreasi demi membuat ide baru atau adaptif yang berfungsi serta berguna secara menyeluruh untuk berkembang.

3. Menurut James R. Evans

Ia berpendapat jika kreatif merupakan kemampuan untuk menemukan hubungan baru, melihat subjek dari sudut pandang berbeda serta menggabungkan beberapa konsep mindstream menjadi konsep yang berbeda.

4. Menurut Supriadi

Ia berpendapat jika kreatif merupakan kemampuan seseorang dalam menciptakan sesuatu yang baru baik berbentuk gagasan atau karya nyata yang berbeda dengan yang sudah ada sebelumnya.

Krreativitas adalah kemampuan berpikir tingkat tinggi yang mengimplikasikan terjadinya eskalasi di dalam kemampuan berpikir, diskontinuitas, ditandai dengan suksesi, diferensiasi serta integrasi antara tahap perkembangan.

5. Menurut Havvel

Havvel berpendapat jika kreatif merupakan kemampuan menciptakan sebuah sistem atau komposisi baru.

6. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia [KBBI]

Menurut KBBI, kreatif merupakan kemampuan menciptakan atau daya cipta. Keativitas juga bisa dimaknai sebagai kreasi orisinil dan terbaru yang tercipta. Ini disebabkan karena kreativitas merupakan proses mental unik untuk menghasilkan sesuatu yang berbeda, baru dan juga orisinil.

Baca Juga :  Pengertian Sosiologi : Menurut Para Ahli, Hakikat, Ciri, Komponen dan Manfaatnya

Bentuk-bentuk Kreatif

Di dalam kehidupan manusia, hal kreatif bisa terwujud di dalam banyak bentuk, seperti:

1. Ide

Pemikiran yang kreatif dapat menghasilkan ide unik serta yang sebelumnya tidak pernah terpikiran. Ide adalah pemikiran yang menghasilkan solusi dari masalah yang ada di masyarakat.

2. Produk Jasa atau Barang

Produk yang dihasilkan juga menjadi salah satu bentuk dari kreatif. Jika tidak ada proses kreatif, maka tentunya produk yang dihasilkan tidak bisa memenuhi harapan konsumen.

3. Gagasan

Kreatif juga bisa diwujudkan dalam bentuk gagasan untuk mengatasi masalah yang sedang terjadi. Gagasan bisa dikemukakan langsung atau dengan buku, tulisan pendek dan sebagainya.

Ciri-ciri Kreatif

1. Sering Berimajinasi

Seseorang yang senang berimajinasi kemungkinan besar akan masuk ke dalam kategori kreatif. Biasanya seseorang yang senang berimajinasi punya otak kanan lebih dominan dibandingkan otak bagian kirinya.

2. Senang Dengan Tantangan

Untuk orang yang kreatif, tantangan serta kesulitan adalah sesuatu yang bisa memicu semangat. Biasanya, orang yang kreatif bisa menghadapi tantangan dengan sikap yang optimis dan berani mengambil risiko.

Kemudian ketika mengalami kegagalan, maka hal tersebut hanya akan dianggap pelajaran. Selain itu, juga ada kepuasan tersendiri ketika sudah berhasil melewati kesulitan.

3. Lebih Mudah Beradaptasi

Seseorang yang kreatif adalah orang yang bisa berpikir cepat untuk menemukan gagasan atau ide ketika ingin mengatasi masalah. Hal ini membuat orang yag kreatif bisa beradaptasi dengan lingkungan serta senang membantu menyelesaikan kasus dalam kelompok.

4. Cepat Merasa Bosan

Seseorang yang kreatif sering berimajinasi dan selalu terbuka dengan hal baru yang ada di sekitarnya. Ini yang kemudian membuat mereka lebih cepat bosan akan sesuatu dan selalu ingin mencoba hal baru.

5. Merupakan Pribadi yang Misterius

Orang yang kreatif biasanya sangat mudah terpengaruh dengan mood yang cepat berubah sehingga kepribadiannya juga susah ditebak. Sensitifitas serta rasa empatinya juga tinggi akan tetapi sikapnya sering membingungkan orang lain.

6. Selalu Penasaran

Orang yang kreatif akan selalu ingin tahu dan senang belajar suatu hal yang baru. Orang kreatif biasanya akan senang menonton video, membaca buku sampai belajar topik yang dianggap menarik.

Orang kreatif akan merasa puas ketika bisa memahami konsep yang belum diketahui serta selalu mencari kesempatan untuk mempelajari dan menggali keterampilan baru.

Baca Juga :  Pengertian Integrasi - Jenis, Bentuk, Faktor Pendorong dan Penghambat

Rasa penasaran tersebut diperlihatkan orang kreatif dengan cara mengajukan pertanyaan kenapa yang berguna untuk menghasilkan diskusi seputar ide serta eksperimen dari masalah yang mau diselesaikan. Pendekatan tersebut juga bisa berguna sebagai teknik brainstorming untuk mencari jalan keluar dari masalah.

7. Intuitif

Orang yang kreatif biasanya sering membuat keputusan atas dasar perasaan. Mereka percaya diri untuk mengikuti kata hati dibandingkan merasa dibatasi dengan tuntutan yang lebih logis.

Meski intuisi tidak selalu mengarah ke solusi sempurna, akan tetapi cara ini berguna untuk brainstorming serta menghasilkan ide.

Beberapa orang menggabngkan intuisi dengan penalaran logis. Dengan begitu sesudah menghasilkan ide dari intuisi, maka ide bisa diterapkan dengan logika yang bertujuan untuk menguji kelayakan.

8. Senang Mengambil Risiko

Orang yang kreatif biasanya senang mengambi risko untuk mencoba ide baru mereka. Orang kreatif berpendapat jika konsep punya potensi untuk diperiksa atau diuji supaya bisa menjadi sebuah solusi.

Bahkan ketika mengalami kegagalan, hal tersebut dianggap pelajaran sehingga bisa menjadi lebih baik kedepannya. Untuk para orang yang kreatif, tidak mengambil risiko hanya akan menghambat inovasi.

Agar bisa meningkatkan toleransi pada risiko yang diambil, maka seseorang yang kreatif akan memikirkan potensi imbalan yang bisa diperoleh. Dengan begitu, orang yang kreatif bisa punya pertimbangan sebelum mengambil risiko tersebut.

Contoh Perilaku Kreatif

Sebenarnya, ada banyak contoh kreatif yang dilakukan masyarakat dalam kehidupan harian. Berikut adalah beberapa contoh perilaku kreatif tersebut:

  • Mengubah barang bekas yang tidak terpakai lagi menjadi sesuatu yang bisa digunakan kembali. Contohnya seperti membuat pot bunga dari botol plastik bekas.
  • Mengubah barang rusak serta tidak dapat dipakai menjadi sesuatu yang baru serta bisa dipakai kembali. Contohnya lampu hias serta Compact Disc atau CD yang telah rusak.
  • Mengubah barang alami tidak terpakai menjadi sesuatu yang dapat digunakan kembali. Contohnya seperti membuat tas unik dari dedaunan kering.

Perbedaan Kreatif dan Kreativitas

  • Kreatif merupakan kata benda untuk orang yang punya kemampuan menciptakan sesuatu yang berbeda.
  • Kreatif merupakan daya cipta, punya kemampuan untuk menciptakan, bersifat mengandung daya cipta. Sedangkan dari KBBI dikatakan jika kreativitas merupakan kata benda yang berarti kemampuan untuk menciptakan dan daya cipta.
Sumber Referensi

https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-kreatif.html
https://www.ekrut.com/media/kreatif-adalah
https://pendidikan.co.id/pengertian-kreatif/
https://salamadian.com/pengertian-kreatif-dan-inovatif/

[Total: Rata-rata: ]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa