Pengertian Laptop – Sejarah, Fungsi, Kelebihan Kekurangan, Macam Jenis dan Contoh

Salam Kenal

Artikel Pilihan

Laptop atau biasa disebut dengan komputer jinjing memiliki bentuk kecil sehingga lebih fleksibel dan efektif dipakai dibanding komputer.

Laptop berasal dari kata lap yang berarti pangkuan serta top yang berarti atas. Dengan begitu, secara sederhana laptop bisa diartikan komputer kecil yang bisa dipakai di atas pangkuan.

Sejarah Laptop

Laptop Jadul

Wacana tentang komputer yang bisa dibawa serta digunakan di mana saja sebenarnya sudah menjadi bahan pertimbangan di tahun 1970. Dimulai dari saat itu, maka bermunculan banyak macam komputer mikro dengan fungsi yang berbeda-beda.

Sejarah laptop ditandai dengan kemunculan IBM Portable PC 5100 di tahun 1975. Ini merupakan komputer mikro pertama yang memang dibuat khusus untuk keperluan engineering serta matematika.

Sesudah itu, bermunculan juga produk yang mempunyai fitur lebih lengkap seperti Heathkit H9, Rockwell AIM 5 sampai IBM Portable PC 5110.

Di tahun 1981, Osborne Computer Corporation berhasil membuat perangkat bernama Osborne 1. Meski ada banyak kekurangan, namun perangkat ini tetap disebut dengan komputer portabel pertama.

Sedangkan perangkat pertama yang dipasarkan dengan nama laptop adalah Gavilans yang dibuat tahun 1983. Perangkat ini memiliki berat 4 kg dan memakai baterai Nickel Cadmium yang bisa tahan sampai 9 jam.

Medio 1980-an juga digunakan Compaq untuk ikut bersaing dalam perkembangan laptop. Produk yang dirilis adalah Compaq SLT 286 resolusi VGA dan processor 28 ditambah 1.44 floppy disk.

Kemudian pada tahun 1990 menjadi tahun luar biasa karena perkembangan di dunia laptop terjadi secara besar-besaran. Ini ditandai dengan kemunculan Minisport dari Znith data System.

Perangkat tersebut punya 640 kb RAM, 1.44 inch floppy disk serta 20 MB Hard Drive. Sesudah itu, muncul juga Macintosh Portable yang menjadi inovasi besar di dunia laptop.

Walau bobotnya berat yakni sekitar 8 kg, namun perangkat tersebut sudah dilengkapi layar 9.8 inch dengan resolusi 640 x 400 piksel. Macintosh ini juga sudah dilengkapi dengan trackball yang inovatif.

Di tahun 1996, muncul produk bernama Toughbooks yang dirilis Panasonic dengan desain seperti laptop sekarang ini. Toughbooks ini diklaim bisa bertahan meski jatuh dari ketinggian 70 cm.

Sesudah itu di era 2000, laptop berukuran ramping terus bermunculan. Ada banyak inovasi serta kreasi sampai membuat laptop memiliki desain yang cantik serta fitur mumpuni.

Fungsi Laptop

1. Untuk Mengetik Serta Membuat Presentasi

Dulu, mengetik hanya bisa dilakukan memakai mesin tik yang pemakaiannya terbilang sulit. Jika salah mengetik, maka berarti harus mengganti kertas dan memulainya dari awal.

Namun sekarang, dengan adanya laptop ditambah aplikasi pengolah data, maka pengguna bisa dengan bebas mengetik tanpa takut ada kesalahan. Ada juga fitur formatting yang bisa membantu proses pengeditan.

Selain untuk mengetik, laptop juga bisa dipakai untuk membuat presentasi. Salah satu perangkat lunak yang memiliki fitur ini adalah Microsoft Power Point.

2. Untuk Media Hiburan

Saat sedang jenuh atau lelah, maka laptop bisa dijadikan sebagai media hiburan. Dari mulai menonton film, membuat murottal sampai bermain game bisa dilakukan memakai laptop.

Meski bisa dilakukan di gadget lain, namun dengan laptop bisa lebih memuaskan khususnya jika menonton film. Selain itu, ada juga beberapa game yang jauh lebih seru dimainkan pada laptop.

3. Untuk Editing, Desain dan Video

Fungsi laptop selanjutnya adalah bisa digunakan untuk editing, desain serta video. Bahkan, desain pamflet, poster dan jenis desain lain juga bisa dilakukan dengan laptop.

Ada beberapa aplikasi yang bisa dimanfaatkan, seperti Adobe Ilustrator, After Effect, Photoshop sampai Corel Draw. Bahkan untuk editing video yang sederhana juga bisa memakai Movie Maker.

4. Untuk Alat Komunikasi

Laptop juga bisa dipakai sebagai media komunikasi. Aplikasi smartphone seperti WhatsApp juga bisa dipakai lewat WAWeb. Selain itu, aplikasi Skype juga bisa diinstal pada laptop untuk saling berkomunikasi jarak jauh.

5. Untuk Media Penyimpanan Data

Laptop bisa dipakai untuk menyimpan data seperti foto, dokumen, video atau format file yang lain. Untuk besarnya data yang bisa disimpan akan tergantung dari besar storage pada laptop tersebut.

6. Untuk Mempermudah Aktivitas dan Pekerjaan

Kegunaan laptop berikutnya adalah untuk mempermudah aktivitas dan pekerjaan sehari-hari. Dengan menggunakan laptop, maka banyak aktivitas yang bisa dilakukan seperti blogging, browsing dan sebagainya.

Kelebihan Laptop

Semua produk teknologi tentu punya kelebihan dan kekurangan termasuk pada laptop. Berikut adalah beberapa kelebihan dari laptop:

1. Mudah Dibawa Bepergian

Kelebihan pertama dari laptop adalah jauh lebih mudah dibawa bepergian karena ukuran yang kecil serta berat yang ringan. Ada banyak model laptop yang bisa dibawa kemana saja sehingga mempermudah penggunauntuk bekerja atau berkegiatan memakai laptop.

2. Produk Utuh dan Tidak Perlu Tambahan

Laptop sangat mudah dipakai tanpa harus menambahkan perangkat tambahan lain seperti speaker aktif, microphone, mouse dan keyboard. Laptop sudah dilengkapi dengan mousepad atau touchpad, keyboard bawaan laptop, speaker sampai microphone.

3. Mempermudah Akses Internet

Kelebihan lain dari laptop adalah bisa dipakai untuk akses internet. Ada fitur WiFi yang disediakan untuk terhubung dengan internet dari hotspot di tempat umum seperti perpustakaan, kafe, sekolah dan sebagainya.

Bahkan, pengguna juga bisa memakai tethering lewat handphone berjaringan 4G.

4. Lebih Hemat Listrik dan Bisa Offline

Laptop bisa digunakan dengan nyaman untuk mengerjakan berbagai pekerjaan seperti presentasi atau mengetik tanpa harus terhubung dengan internet.

Selain itu, laptop juga lebih hemat listrik sebab memakai baterai sebagai tenaganya.

Kekurangan Laptop

1. Lebih Mudah Rusak

Laptop bisa dikatakan lebih mudah rusak dibandingkan dengan komputer biasa. Contohnya ketika terjatuh atau terkena air hujan, maka bisa merusak komponen dalam dan luar pada laptop. Sedangkan untuk perbaikan dibutuhkan biaya yang juga besar.

2. Baterai Cepat Habis

Biasanya, laptop bisa cepat mati akibat baterai yang tidak tahan lama. Umunya, laptop hanya bisa tahan antara 5 hingga 8 jam tergantung kapasitas bateraiya.

3. Performa Kurang Baik

Performa laptop bisa dikatakan masih kurang jika dibandingkan dengan PC atau personal computer. Jika ingin merasakan performa yang lebih baik, maka butuh biaya lebih dengan cara mencari laptop spesifikasi tinggi.

Macam Jenis Laptop

1. Traditional Laptop

Jenis laptop yang pertama adalah traditional laptop. Ini adalah tipe laptop pertama yang dikenal manusia dengan ciri clamshell yakni posisi layar ada di dalam frame serta keyboard di sisi yang berlawanan.

Seiring dengan perrkembangannya, jenis laptop ini tidak lagi memiliki lengkungan pada keseluruhan namun hanya pada bagian sudut. Tipe laptop ini tidak terlalu mementingkan penampilan akan tetapi lebih kepada fungsi utama laptop sebagai komputasi, grafis serta utilitas.

Beberapa laptop yang termasuk dalam jenis ini adalah Dell Inspiron 14, Lenovo Ideapad 110, Apple Macbook Pro, Asus X452CP dan lainnya.

2. Netbook

Netbook pertama kali diperkenalkan tahun 2008 yang diambil dari kata net dan book. Dilihat dari namanya, tujuan pemakaian netbook adalah untuk browsing serta utilitas yang bersifat office.

Ciri utama dari netbook adalah bobot yang ringan serta bentuk lebih kecil dibandingkan jenis laptop lainnya. Sedangkan dari segi harga juga lebih murah dibandingkan jenis laptop lain.

Ini disebabkan karena spesifikasinya yang standar karena memang hanya untuk browsing serta office dan tidak untuk pekerjaan berat seperti desain grafis dan lainnya.

Karena pemakaian tersebut, maka baterai netbook juga tidak tahan lama. Jenis laptop ini sesuai digunakan untuk yang memiliki hobi menulis dan ringan untuk dibawa bepergian.

3. Subnotebook

Jenis laptop ini memiliki bobot ringan, berbentuk ultra portabel, ukuran yang kecil dan beberapa diantaranya sudah dibekali dengan baterai tahan lama.

Berta subnotebook hanya sekitar 0.8 kg sampai 2 kg. Bentuknya juga terbilang tipis dengan baterai yang setidaknya tahan selama 10 jam sehingga cocok untuk pengguna dengan mobilitas tinggi.

Akan tetapi sejak kehadiran ultrabook, subnetbook jadi sedikit sulit dibedakan sebab hampir serupa. Dibutuhkan ketelitian untuk membedakan keduanya. Laptop yang tergolong jenis ini diantaranya adalah Sony Vaio P Series dan Apple Macbook Air.

4. Convertible, Hybrid 2 in 1

Ini adalah jenis laptop berpadu dengan tablet yang umumnya dibekali dengan fitur layar sentuh. Dengan begitu, pengguna bisa memakainya sebagai laptop serta tablet yang fleksibel.

Walau serupa, namun laptop jenis ini punya perbedaan yang signifikan. Ini merupakan laptop dengan kemampuan berputar 360 derajat. Sementara untuk laptop jenis hybrid dilengkapi fitur detachable atau keyboard yang dapat dilepas.

Biasanya, jenis laptop ini dilengkapi dengan baterai tahan lama serta desain yang tipis. Selain fleksibel, jenis laptop ini juga dibekali dengan spesifikasi yang bisa menunjang aktivitas pengguna yang berat seperti desain grafis memakai coreldraw atau photoshop.

5. Desktop Replacement

Desktop replacement merupakan jenis laptop yang didesain khusus untuk menunjang aktivitas berat. Karena pemakaiannya yang cenderung berat, maka laptop ini didesain serta dibekali dengan spesifikasi tangguh seperti komputer akan tetapi portable sebab bisa dibawa kemana saja.

Dari bentuknya, jenis laptop ini punya bodi yang tebal karena dilengkapi kipas cukup besar untuk menjaga suhu laptop agar tetap dingin meski digunakan dalam jangka waktu lama.

Daya tahan baterai ini juga tergolong pendek bahkan ada beberapa diantaranya yang tidak punya baterai sama sekali. Karena dibekali spesifikasi tinggi, maka cocok untuk pekerjaan sepertu edit video, render video serta membuat animasi.

Contoh dari jenis laptop ini diantaranya adalah Lenovo Idepad Y700, HP Zbook Series dan lainnya.

6. Rugged Laptop

Ini adalah jenis laptop yang penggunaannya didesain khusus untuk pemakaian kondisi ekstrim seperti getararan ekstrim, suhu udara ekstrim sampai kondisi yang basah dan berdebu.

Biasanya, jenis laptop ini sudah dilengkapi dengan keyboard lapis karet, port konektor tertutup cover jhusus, harddisk yang dilindungi peredam khusus, pendingin pasif, bodi rugged dari bahan magnesium dan logam serta layar terang.

Laptop ini memang didesain untuk kebutuhan tertentu sehingga berbeda dengan jenis laptop lain sehingga jarang ditemui. Laptop ini dipakai untuk pekerjaan konstruksi, kebutuhan militer, luar angkasa dan lainnya. Contohnya seperti Panasonic Toughbook 54.

7. Laptop Gaming

Seperti namanya, ini adalah jenis laptop untuk pengguna yang senang bermain game. Laptop ini memiliki spesifikasi tinggi dari mulai kartu grafis standar gaming dunia, RAM tinggi serta storage device besar.

Laptop ini bisa memberi pengalaman visual yang menyenangkan. Contohnya seperti MSI, Dell Alienware dan masih banyak lagi.

8. Business Laptop

Sebetulnya, ini adalah jenis laptop yang serupa dengan jenis laptop lain namun dengan daya tahan lebih tinggi seperti tahan guncangan dan percikan air.

Laptop ini juga punya daya tahan tinggi. Contohnya seperti Lenovo Thinkpad, Asuspro dan masih banyak lagi.

Contoh Populer Laptop

1. Dell Alienware M14x R3

Dell Alienware M14x R3 merupakan salah satu contoh laptop populer khususnya di kalangan pencinta game. Ini adalah laptop dengan spesifikasi yang tinggi serta didesain khusus sebagai gaming laptop.

Dell Alienware M14x R3 memiliki prosesor Intel Core i7 4700QQM, TAM 16 GB serta perangkat penyimpanan 750 GB. Dengan spesifikasi seperti ini, maka dipastikan pengguna tidak akan mengalami lag saat bermain game. Untuk harganya sendiri bisa dibeli dengan harga sekitar 23 juta.

2. MSI GL62M

MSI GL62M juga menjadi laptop populer kelas mid end sebagai laptop gaming. Dalam laptop ini sudah tertanam kartu grafis memori 2 GB sehingga bisa dipakai pengguna bermain game dengan puas.

MSI GL62M dilengkapi dengan prosesor Intel Core i7, RAM 8 GB serta media penyimpanan 1 TB. Untuk harganya sendiri dibanderol sebesar 12.8 juta.

3. Asus ROG G703GX-I7832T

Asus ROG G703GX-I7832T adalah laptop gaming dari Asus terbaru memakai model VGA RTX2080 terkuat sekarang ini.

Asus ROG G703GX-I7832T memiliki spesifikasi mumpuni dari sisi hardware serta desain bodi yang kokoh. Laptop gaming ini juga menjadi laptop gaming yang paling mahal sekarang ini.

Asus ROG G703GX-I7832T memiliki keunggulan dalam segi teknologi terbaru yang bisa membantu gamer bermain lebih baik dibandingkan laptop gaming lain.

Dari mulai sensor sampai AI Asus sudah tersemat di dalam laptop ini. Untuk RAM, Asus ROG G703GX-I7832T sudah dilengkapi dengan SSD 512 GB serta memori HHD 1 TB.

4. Lenovo ThinkPad T460-1WID

Lenovo ThinkPad T460-1WID adalah laptop yang bisa memberikan pengalaman lebih untuk para penggunanya. Dari mulai material chasing kokoh sesuai standard MIL STD sampai bobotnya yang ringan semuanya ada di laptop ini.

Dari segi performa, Lenovo ThinkPad T460-1WID sudah dilengkapi dengan prosesor Intel Core I7 6500U, RAM 8 GB serta grafis tinggi sekelas Nvidia N 16S GTR. Untuk harganya sendiri adalah sekitar 20 juta.

5. ASUSPro B9440

ASUS mengklaim jika ini merupakan laptop bisnis pertama yang menjadi laptop bisnis paling ringan di dunia dengan berat hanya 1.04 Kg.

ASUSPro B9440 sudah ditanamkan dengan prosesor Intel Core i7, RAM 16 GB dengan VGA Nvidia atau Intel HD serta media penyimpanan 512 GB atau 1 TB.

Dengan performa yang lumayan tinggi tersebut, ASUSPro B9440 ini masuk dalam kategori kelas premium dan menyasar untuk profesional serta pebisnis dengan mobilitas tinggi.

6. Dell Latitude XFR

Dell Latitude XFR ini memiliki ketahanan yang sudah tidak perlu diragukan. Tipe laptop rugged ini juga dipakai Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

Dell Latitude XFR bisa menahan air bertekanan tinggi serta dilengkapi dengan protection armor supaya bisa tahan dari peluru.

Dell Latitude XFR dilengkapi dengan prosesor Intel Core, RAM 512 MB serta memori penyimpanan sebesar 320 GB. Namun untuk baterainya hanya tahan selama 3 jam dengan harga sekitar 8 juta untuk produk second karena sudah tidak di produksi lagi.

Sumber Referensi

https://salamadian.com/pengertian-laptop/
https://id.wikipedia.org/wiki/Laptop
https://www.nesabamedia.com/pengertian-laptop/
https://www.maintekno.com/definisi-laptop/
https://www.sukmaconvert.com/apa-itu-laptop-dan-sejarahnya/
https://udfauzi.com/fungsi-laptop/
http://softwaremaniapc.blogspot.com/2013/03/pengertian-dan-jenis-laptop.html
https://www.fappin.com/pengertian-laptop-fungsi-jenis-jenis-sejarah-dan-komponen/

Salam kenal dari Adam Muiz !
Support mencapai 10K Subscriber yuk
😁 Terimakasih
Follow Adam Muiz on WordPress.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis