Pengertian LinkedIn : Karier, Cara Daftar, Istilah, Fitur dan Contoh Manfaat

0
11

Bisa dikatakan jika LinkedIn merupakan sosial media yang diperuntukkan bagi para profesional untuk membantu membangun networking. Selain itu, LinkedIn juga bisa digunakan untuk saling berbagi pengalaman, resume profesional dan juga untuk mencari pekerjaan.

Pengertian LinkedIn

Secara umum definisi LinkedIn adalah situs jejaring sosial yang memang dirancang khusus untuk keperluan bisnis serta karir profesional. Akan tetapi untuk cara kerjanya tidak sama seperti media sosial yang biasanya membebaskan penggunanya untuk berteman dengan siapa saja. LinkedIn digunakan untuk mencari strategi supaya bisa membangun relasi atau hubungan yang strategis sekaligus berkualitas.

Jika dilihat dari segi profil akun juga memiliki konstruksi yang profesional. Disini tidak akan ada orang yang posting foto atau gambar ketika sedang berlibur, meme yang lucu atau status keluhan masalah pribadi serta percintaan.

Ini disebabkan karena LinkedIn memang ditujukan untuk bisnis dan karir saja. Untuk itulah sangat disarankan untuk membuat profil LinkedIn layaknya CV sebab jejaring sosial ini memang dikhususkan untuk kepentingan karir dan bisnis profesional.

Manfaat LinkedIn Untuk Karir

Sesudah pendidikan selesai ditempuh, maka hal yang selanjutnya akan dijalani adalah dunia kerja. Dalam fase tersebut, anda nantinya akan dituntut untuk bisa mandiri serta berani untuk mengaplikasikan hasil belajar yang sudah anda lakukan. Namun, kenyataannya mencari pekerjaan serta membangun karir tidaklah semudah seperti yang dipikirkan.

Agar bisa lebih membantu anda, maka LinkedIn yang merupakan media sosial hadir untuk tujuan profesional. LinkedIn bisa dikatakan berbeda dengan sosial media lain sebab digunakan untuk memasarkan diri sendiri ke perusahaan dan profesional lainnya. Berikut adalah beberapa manfaat dari LinkedIn untuk karir yang penting untuk anda ketahui:

1. Untuk membangun Profil yang Profesional

Manfaat LinkedIn yang pertama untuk karir adalah membangun progil yang profesional. Di LinkedIn, anda bisa memuat resume, vitae, foto, curriculum dan semua data diri yang anda miliki. Tujuan utamanya adalah supaya anda bisa mendapatkan kesan awal yang baik untuk para profesional yang lainnya.

2. Untuk Memperbanyak Koneksi

Tidak hanya kesan awal, namun anda juga butuh koneksi yang luas supaya nantinya bisa sukses ketika berkarir. LinkedIn yang merupakan media sosial online bisa membantu anda dalam berinteraksi dengan banyak orang dari seluruh dunia.

Lewat dunia online, nantinya semua orang bisa lebih mengenal tanpa harus bertemu secara langsung. Anda bisa menambah koneksi orang yang memang memiliki ketertarikan atau bekerja pada bidang sama dan ini menjadi salah satu kunci terpenting untuk menunjang kesuksesan.

3. Untuk Menjaga Hubungan Dengan Teman Lama

LinkedIn merupakan media yang bisa membantu anda untuk menemukan teman lama yang mungkin nantinya bisa anda ajak untuk bekerja sama. Ini tentunya sangat penting sebab manusia umumnya lebih percaya dengan orang yang sudah dikenal lama.

Dengan begitu, kerjasama yang dijalin bisa dilakukan dengan rasa saling percaya dan akhirnya membuahkan hasil yang juga tidak mengecewakan.

4. Mempermudah Melamar Pekerjaan

Di LinkedIn terdapat fitur yang bisa dipakai untuk mencari pekerjaan dari berbagai perusahaan ternama. Hanya dengan sekali klik, maka anda bisa melihat barisan lowongan pekerjaan dari banyak perusahaan kecil dan besar.

Dengan begitu, anda tidak harus repot membuang waktu, biaya, tenaga, print, transport dan sebagainya sebab lamaran akan langsung disambungkan ke LinkedIn yang sudah dilengkapi dengan data diri tersebut.

5. Berkesempatan Direkrut Perusahaan

Perlu anda ketahui jika di LinkedIn ada banyak eksekutif perusahaan yang sudah punya akun LinkedIn. Sama halnya seperti portfolio kehidupan profesional anda, LinkedIn juga tidak kalah penting bagi para profesional.

Baca Juga :  Web Developer : Pengertian, Profesi, Macam Jenis, Gaji, Tugas, Skill dan Tips

Banyak eksekutif yang memakai LinkedIn sebab memberikan akses mudah untuk melihat data profesional yang lainnya. Untuk itulah, anda sebaiknya juga memperbarui akun yang anda miliki supaya nantinya bisa lebih dikenal para profesional.

6. Untuk Menunjukkan Keahlian yang Anda Miliki

Di LinkedIn juga terdapat fitur yang bisa membuat anda bisa berkomunikasi dengan orang lain. Lewat LinkedIn, anda bisa memperlihatkan keahlian yang anda punya saat ada pertanyaan yang diajukan orang lain. Cara anda menjawab dan jawaban yang diberikan bisa membanutu untuk membangun citra agar lebih baik lagi.

7. Mencari Informasi Serta Inpirasi Terbaru Mengenai Pekerjaan

Untuk segala bidang, anda harus bisa selalu belajar sekaligus berkembang. Anda bisa menemukan banyak informasi serta inspirasi baru yang tentu berguna untuk pekerjaan yang anda miliki. Anda nantinya bisa selalu mengembangkan diri sekaligus menjadi orang yang lebih baik lagi dalam pekerjaan.

Cara Membuat Profil LinkedIn Terlihat Profesional

Bisa dikatakan jika LinkedIn merupakan jejaring sosial yang memiliki konsep unik sebab kebanyakan pengguna merupakan proofesional dengan latar belakang sama yakni bisnis.

Sama seperti identitas, LinkedIn sudah biasa dijadikan wadah untuk memperkenalkan diri dan juga bisnis yang dimiliki pada kolega atau perusahaan yang tujuannya sangat bervariasi.

Pengguna LinkedIn biasanya memang sengaja membuat akun untuk meningkatkan nilai tambah bisnis yang dimiliki sekaligus untuk promosi diri serta mencari partner bisnis yang sesuai.

Sekarang ini, sudah lebih dari 200 juta pengguna aktif pada LinkedIn dan Indonesia sendiri ada pada urutan ketiga negara dengan pertumbuhan pngguna tercepat per bula Januari 2013.

Hal terpenting yang harus anda pikirkan ketika membuat akun LinkedIn adalah haruslah bisa terlihat profesional. Meski begitu, tidak mudah untuk membuat profil LinkedIn terlihat sangat profesional khususnya jika anda memang masih baru bergabung.

Agar bisa lebih mudah, berikut ada beberapa cara untuk membuat profil terlihat lebih profesional yang bisa anda lakukan:

1. Sempurnakan Headline Profilnya

Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah menyempurnakan headline profil. Jika headline terlihat kurang profesional, maka penilaian orang lain pada anda juga terlihat tidak profesional meski sebenarnya tingkat profesionalitas harus ditunjukkan lewat tampilan profil.

Headline profil sendiri memiliki kegunaan yang sama seperti cover pada majalah. Banyak orang yang menilai isi dari sebuah majalah lewat covernya. Hal ini serupa dengan profil LinkedIn yang tidak lengkap dan hanya akan memberikan kesan yang buruk. Untuk itu, pendidikan, nama, jenis bisnis yang dijalani serta alamat lengkap dan lainnya harus dicantumkan dengan jelas.

2. Tambahkan Riwayat Pekerjaan

Pengalaman bisnis atau riwayat pekerjaan juga sangat penting jika anda ingin menjual pengalaman atau skill yang anda punya. Sebaiknya, tulis riwayat pekerjaan ang anda miliki meski tidak berkaitan dengan bisnis yang dipromosikan.  

Ini adalah informasi yang berguna bagi pengguna lainnya yang mungkin saja akan tertarik dengan pekerjaan yang sudah pernah anda lakukan sebelumnya. Selain itu, tulis juga mengenai bisnis atau pekerjaan yang sekarang sedang anda kerjakan.

3. Tambahkan Jenjang Pendidikan

Ada banyak pengguna LinkedIn yang hanya menulis riwayat pendidikan seperlunya karena ingin profilnya terlihat sederhana sekaligus lebih menghemat waktu. Namun sebenarnya, membuat daftar riwayat pendidikan dengan lengkap bisa memberikan nilai tambah yang berguna untuk para klien. Untuk itu, sebaiknya anda juga menambahkan jenjang pendidikan yang pernah anda lakukan secara lengkap.

4. Tambahkan Serta Minta Testimoni

Memiliki testimoni dari para pengguna lain seperti dari teman kerja atau staff juga bisa memberikan nilai tambah yang positif. Selain itu, anda juga harus memberikan testimoni karena anda lebih dulu harus memulai memberikan testimoni supaya nantinya bisa mendapatkan testimoni yang baik juga.

Baca Juga :  Pengertian Debug : Manfaat, dan Cara Kerjanya

5. Membuat dan Terlibat di Grup

Sama seperti jejaring sosial yang lain, anda juga harus bisa terlibat serta membuat grup yang sesuai seperti jenis pekerjaan atau bisnis yang sedang dilakukan. Supaya anda bisa terlihat lebih profesional, maka cara efektif yang bisa dilakukan adalah terlibat pada satu atau beberapa grup yang anda mengerti.

Selain itu, anda juga bisa membuat grup sendiri kemudian terlibat aktif didalamnya. Dengan terlibat langsung, maka anda bisa semakin dikenal dan kesempatan untuk memperoleh tujuan bisa semakin mudah.

6. Membuat dan Menggunakan Lencana

Lencana profil adalah salah satu cara efektif selanjutnya yang bisa anda pakai untuk promosi bisnis atau diri sendiri. Pada LinkedIn, anda dapat memiliki salah satu dari 10 lencana yang disediakan kemudian dipasang pada website, blog atau forum yang sedang anda ikuti.

7. Membuar Daftar Koneksi yang Bersifat Pribadi

Membuat koneksi merupakan salah satu fitur yang bisa anda pakai di LinkedIn. Dengan memakai fitur ini, anda nantinya bisa mengirim permintaan pada pengguna lain supaya bisa menjadi koneksi anda.

Tambahkan dengan detail yang lengkap di hubungan anda jika memang mengenal pengguna tersebut. Kemudian, buat pesan pribadi untuk pengguna itu supaya permintaan anda bisa diterima.

8. Pakai Foto Profil Terbaik

Biasanya, parapengguna jejaring sosial seperti contohnya Facebook memiliki persepsi aneh yakni dengan sengaja memasang foto model yang cantik supaya bisa menarik perhatian pengguna yang lain lalu digunakan untuk menjual sesuatu. Mungkin jika digunakan pada Facebook trik seperti ini bisa berhasil, namun tidak jika digunakan pada LinkedIn.

Kebanyakan pengguna LinkedIn adalah para profesional yang akan menilai kualitas orang lain lewat headline serta deskripsi profil contohnya seperti testimonial, pendidikan, pengalaman kerja dan pelanggan dan bukan dari foto profilnya. Untuk itu, sebaiknya pasang foto yang pantas dan sesuai, terbaru serta jelas pada profil yang anda miliki.

Cara Membuat LinkedIn

Sebetulnya, LinkedIn tidak hanya diperuntukkan bagi profesional serta pebisnis supaya bisa memperluas network dan lebih produktif. Akan tetapi LinkedIn juga bisa anda pakai untuk mencari pekerjaan. Karena lebih terkesan serius dibandingkan sosial media lain, maka membuat dan menggunakan LinkedIn sebetulnya tidak sesulit seperti yang anda pikirkan.

Agar bisa masuk serta registrasi ke LinkedIn bisa anda lakukan secara gratis. Namun anda juga bisa mengupgrade menjadi layanan berbayar premium. Akan tetapi untuk layanan gratis sudah cukup untuk mengembangkan jejaring profesional yang anda miliki. Berikut adalah tahap demi tahap membuat LinkedIn yang bisa anda lakukan:

  • Silahkan masuk ke aplikasi atau laman LinkedIn.
  • Arahkan menuju bagian LinkedIn Sign Up Page atau halaman pendaftaran LinkedIn.
  • Masukkan beberapa data diri yang anda miliki seperti nama depan dan belakang, alamat email yang aktif, kata sandi untuk akses.
  • Nantinya akan ditampilkan pop up terms and conditions atau syarat dan ketentuan. Baca dengan teliti lebih dulu supaya tidak menyesal karena telah memberikan akun milik pribadi ke LinkedIn.
  • Di dalam laman resmi, LinkedIn memberi saran untuk memakai nama atau perusahaan asli milik anda. Sedangkan pemakaian nama gaul, nama samaran atau nama kecil tidak diperbolehkan.
  • Sesudah mempunyai akun, lanjutkan dengan mengisi data diri secara lengkap dari mulai pengalaman bekerja, pendidikan sampai keahlian untuk mempermudah perusahaan mengetahui kepribadian dari pendaftar.
Baca Juga :  7 Tips Programmer Handal dan Paling Mudah Bagi Pemula

Istilah Fitur LinkedIn

Untuk anda yang belum pernah memakai atau mempunyai akun LinkedIn, maka tentu belum mengenal beberapa istilah yang biasa digunakan. Agar lebih jelas, berikut adalah beberapa istilah yang biasa digunakan dalam fitur LinkedIn:

1. Akun

Akun merupakan pengaturan yang tersedia untuk pengguna dari perusahaan penyedia jasa internet sehingga bisa memperoleh fasilitas internet seperti mengirim serta menerima unggahan digital.

2. Who Viewed Your Profile

Fitur ini bisa anda pakai untuk mengetahui orang yang pernah berkunjung ke akun yang anda miliki meski sayangnya fitur tersebut terbatas. Tidak semua orang yang melihat profil nantinya bisa diketahui. Supaya bisa membukanya secara utuh, maka disediakan format akun berbayar versi premium yang bisa anda pakai.

3. My Network

Ini merupakan fitur yang bisa dipakai untuk memperlihatkan orang yang sudah terhubung dengan akun yang anda punya sama seperti fitur Add Friends yang ada di Facebook. Nantinya, anda bisa menambah atau ditambahkan oleh orang lain.

4. Jobs

Jobs merupakan fitur yang bisa anda pakai untuk mencari pekerjaan. Saat memilih menu tersebut, nantinya anda akan diarahkan ke Search for your Job. Akan ada 2 tools yakni search by title, skill or company atau cari berdasarkan judul, keahlian atau perusahaan. Disini anda nantinya anda bisa memasukkan salah satu dari keyword yakni keahlian, judul atau perusahaan.

Sedangkan untuk tools kedua adalah city, state or ZIP code atau kota, wilayah dan kode pos. Di bagian ini, anda bisa mengisinya dengan lokasi atau daerah anda ingin bekerja. Sesudah diisi semua, maka klik search dan pekerjaan yang sudah ditentukan akan disediakan. Apabila tidak ditemukan hasil, maka kemungkinan pencarian kurang spesifik, terjadi salah input atau karena tidak ada pekerjaan di kota atau perusahaan tersebut.

Contoh Manfaat LinkedIn

1. Meningkatkan Peluang Profil Dilihat HRD

Manfaat pertama dari LinkedIn adalah untuk meningkatkan peluang profil anda dilihat oleh HRD. Ini disebabkan karena kebanyakan perusahaan juga memakai LinkedIn untuk melihat lebih dekat tentang pelamar.

Untuk itulah, anda sebaiknya memperlakukan profil pada LinkedIn layaknya CV. Dengan membuat profil LinkedIn yang baik, maka nantinya bisa membantu menambah harga jual anda sebagai seorang kandidat.

2. Memperlihatkan Keahlian Serta Kredibilitas

Manfaat berikutnya dari LinkedIn adalah untuk memperlihatkan keahlian dan juga kredibilitas. Profil LinkedIn bisa dipakai untuk membangun kepercayaan perusahaan sebab ada rekomendasi serta koneksi yang bisa dijadikan nilai tambah.

3. Untuk Mencari Tahu Seluk Beluk Perusahaan

Dengan menggunakan LinkedIn, maka anda nantinya bisa meneliti sebuah perusahaan dan bahkan untuk perekrut, orang yang melakukan wawancara hingga karyawan yang ada dalam perusahaan tersebut. Ini tentunya sangat penting untuk diketahui sebelum anda mengirim lamaran atau melakukan wawancara.

4. Disediakan Dashboard Lowongan Pekerjaan yang Bermutu

Lowongan pekerjaan baru yang terdapat di LinkedIn kemungkinan besar tidak ada di dashboard pada umumnya. Anda nantinya juga dapat langsung melamar pekerjaan memakai LinkedIn, menyimpan pencarian pekerjaan dan juga memberikan tanda untuk perekrut jika anda sedang membuka peluang mencari pekerjaan yang baru.

5. Meningkatkan Bukti Keterampilan yang Dimiliki

Ini adalah fitur yang membuat anda bisa merekomendasikan keterampilan serta pekerjaan yang anda miliki sebelumnya. Dengan begitu, maka kredibilitas anda pada perekrut atau perusahaan yang memberikan pekerjaan bisa diperkuat.

6. Mengikuti dan Melihat Lokasi Kerja yang Diimpikan

LinkedIn juga memungkinkan anda bisa mengikuti perusahaan serta orang yang sedang bekerja disana. Anda bisa mengikuti semua perkembangan untuk mempermudah anda menargetkan bekerja di perusahaan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here