26.5 C
Semarang
Wednesday, October 5, 2022

Lowongan Pekerjaan Freelance Online – Peluang Daftar Karier Untuk Kamu

Salam Kenal

Artikel Pilihan

Pekerjaan freelance online akhir-akhir ini semakin diminati oleh banyak kalangan. Mulai dari pekerja, mahasiswa bahkan pelajar tak ragu untuk terjun menggeluti dunia freelancing sebagai pekerjaan utama atau pun sampingannya.

Kemudahan dan semakin luasnya akses internet seiring kemajuan teknologi digital menjadi salah satu faktor yang mendorong tren tersebut. Pola berbisnis pun beralih untuk ikut beradaptasi dengan kemajuan era digitalisasi seperti sekarang. Maka dari itu, peluang untuk kerja freelance online semakin terbuka serta tak luput menjanjikan penghasilan yang lumayan.

Apakah kamu juga berminat untuk menekuni freelance online?, dan ingin mendapat penghasilan besar dari pekerjaan tersebut?. Artikel ini akan memandumu, maka sepatutnya simak sampai di bagian akhir.

Tapi, sebelum mengetahui bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari pekerjaan freelance online, kamu perlu memahami dahulu pengertian freelance online dan contohnya dalam ulasan berikut.

Pengertian Pekerjaan Freelance Online

Freelance adalah sistem kerja paruh waktu yang tidak terikat dengan perjanjian kerja secara tertulis. Orang yang menggeluti pekerjaan freelance biasa juga disebut freelancer. Sedangkan pemberi pekerjaan (job) freelance disebut owner proyek.

2 Pengertian Pekerjaan Freelance Online

Ciri pekerjaan freelance biasanya dilakukan seorang diri dengan jam kerja fleksibel. Meski begitu, freelance online tetap menuntut kamu untuk memiliki keahlian di bidang tertentu.

Dari penjelasan tersebut, pekerjaan freelance online juga dapat diartikan sebagai pekerjaan paruh waktu atau tidak terikat jam kerja, kontrak kerja dan bisa dilakukan secara online atau remote (dari jarak jauh).

Pekerjaan ini bisa dilakukan dari rumah. Sebagai mahasiswa atau pelajar, kamu bisa menjadikan freelance online untuk menambah uang saku bahkan membantu membiayai kuliah atau sekolah.

Sedangkan untuk kamu yang terikat hubungan kerja dengan perusahaan, tetap bisa mengelutinya sebagai pekerjaan sampingan. Yang terpenting adalah bagaimana cara kamu mengatur waktu bekerja sehingga tidak menggangu pekerjaan utamamu.

Pekerjaan ini juga bisa kamu manfaatkan untuk menyalurkan hobi atau mengembangkan potensi yang selama ini belum tergali dengan baik.

Contoh Pekerjaan Freelance Online

Beberapa contoh macam jenis pekerjaan freelance yang umumnya bisa dilakukan secara online di antaranya yaitu :

3 Contoh Pekerjaan Freelance Online

1. Penulis

Menulis bisa dikerjakan secara fleksibel dari mana pun, Menjadi penulis merupakan opsi yang ideal dengan sistem freelance online. Peluang bekerja penulis freelance online juga sangat terbuka luas dengan tingginya kebutuhan artikel konten website sekarang ini. Penulis freelance biasanya dibayar berdasarkan jumlah artikel, per bulan, per proyek atau sesuai kesepakatan lainnya dengan owner proyek.

2. Editor atau proofreading

Pekerjan ini masih berkaitan dengan bidang kepenulisan. Keterampilannya dibutuhkan untuk mengedit artikel konten website, buku elektronik (ebook) atau pun jurnal online. Proofreading akan sangat ideal dengan sistem kerja freelance online.

3. Desainer grafis

Selain kepenulisan, pekerjaan di bidang desain grafis juga ideal untuk dilakukan secara online. Peluang menjadi desainer grafis freelance online juga sangat terbuka dan tentunya menjanjikan penghasilan besar.

Keahlian ini dibutuhkan untuk proyek-proyek pembuatan logo, poster, iklan website dan sosial media, hingga pembuatan presentasi.

4. Fotografer

Tahukah kamu bahwa sekarang sudah sangat banyak platform penyedia foto berbayar di internet seperti shuterstok, istock, pixabay dan lain sebagainya. Kehadiran platform-platform online ini menunjukan kebutuhan akan keterampilan fotografi cukup tinggi.

Selain itu, foto produk untuk kepentingan penjualan dan promosi toko online akan membutuhkan jasa seorang fotografer. Keberadaan toko online yang semakin menjamur membuka peluang fotografer untuk mendapat job secara online. Peluang yang begitu besarnya terhadap profesi ini tentu menjanjikan penghasilan yang tinggi pula.

5. Arsitek

Keahlian mendesain arsitektur, interior dan eksterior cukup berpotensi untuk meraih sukses dalam dunia freelancing. Kebutuhan akan sebuah hunian, kantor studio, ataupun workshop yang nyaman saat ini terbilang cukup tinggi.

Pekerjaan ini bisa dilakukan secara online. Dan tentunya menjanjikan penghasilan yang tinggi.

6. Guru Privat

Sistem pembelajaran online cukup menarik minat banyak kalangan akhir-akhir ini. Jika memiliki keterampilan dalam mengajar, kamu bisa mencoba untuk menjadi guru privat online.

Selain itu, kamu juga perlu terampil dalam membuat bahan ajar atau materi dalam bentuk tutorial online. Untuk mengawalinya, tentukan pengetahuan atau keterampilan apa yang ingin kamu ajarkan.

Sebenarnya masih banyak pekerjaan yang bisa dilakukan secara online selain poin-poin yang diulas di atas. Beberapa contoh pekerjaan freelance online juga telah dibahas dalam artikel sebelumnya.

Bagaimana Cara Menjadi Freelancer Online?

Sebelum terjun ke dunia freelancing, ketahui terlebih dulu potensi yang kamu miliki. Apakah kamu mampu dan terampil dalam bidang kepenulisan?, atau bidang desain grafis? atau dalam bidang pemasaran?.

Setelah itu, kamu bisa menjadikannya sebagai fokus utama dalam menggeluti pekerjaan secara freelance online. Dari sini akan terbentuk brand (citra) kamu sebagai tenaga spesialis.

4 Bagaimana Cara Menjadi Freelancer Online

Penyedia kerja atau owner proyek lebih meminati dan akan mudah memberi kepercayaan kepada tenaga kerja yang memiliki keterampilan khusus. Untuk kamu ketahui pula, bahwa memfokuskan diri pada bidang pekerjaan yang dikuasai akan sangat membantu dalam meraih kesuksesan di dunia freelancing.

Simak sejumlah poin dalam uraian berikut, jika kamu ingin sukses menjadi freelance online.

1. Tentukan Tujuan

Kamu akan menghadapi kesulitan saat menjalani pekerjaan freelance online jika tidak memiliki tujuan yang jelas. Pertimbangkan betul-betul, kenapa kamu memilih pekerjaan ini.

Mulailah dari pertanyaan sederhana seperti ini ; “apakah kamu akan menjadikan peluang ini sebagai batu lompatan?”, “ingin sekadar menambah penghasilan?”, atau “bermaksud menjadikan dunia freelancing sebagai sumber pencaharian tetap?”.

Selanjutnya jadikan jawaban atas pertanyaan tersebut sebagai catatan penting untuk menentukan bidang pekerjaan yang akan kamu geluti. Dan jalankan dengan penuh komitmen.

2. Pilih Pekerjaan Yang Dikuasai

Pada pengantar di bagian ini telah disinggung bahwa sangat penting untuk memahami potensi yang kamu miliki. Meski sistem kerja freelance online lebih memberi kebebasan dalam bekerja, bukan berarti kamu dapat memilih bidang pekerjaan sebebasnya.

Pastikan dan yakini bahwa kamu memiliki potensi untuk mengerjakan job atau proyek di bidang yang dipilih. Hal ini juga akan meningkatkan kepercayaan pemberi kerja sehingga berpeluang untuk terus menggunakan jasamu.

3. Jalin Hubungan Baik

Membina hubungan kerja yang baik dengan target, lebih-lebih klien mu sendiri adalah cara yang terbaik agar dapat bekerja secara nyaman dan lancar. Ciptakan komunikasi dan tunjukan attitude yang baik dengan calon klien agar kamu meraih kepercayaannya.

Hubungan baik yang telah terjalin juga sangat penting untuk tetap dijaga. Siapa yang tahu apabila kedepannya klien akan kembali memberi kepercayaannya kepada kamu untuk mengerjakan proyeknya yang lain.

4. Buat Kesepakatan Secara Fair

Sebelum mulai mengerjakan sebuah proyek, kamu perlu memastikan syarat dan kriteria yang ditentukan oleh pemberi kerja bisa dipenuhi. Sebagai antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari, buatlah kesepakatan yang fair.

Artinya kesepakatan tersebut tidak berpotensi memberatkan kamu tapi paling tidak juga tetap dapat mengakomodir keinginan klien. Setelah itu, jalankan kesepakatan tersebut secara konsisten dan konsekuen hingga proyek selesai.

5. Mengelola Pekerjaan Se-Profesional Mungkin

Untuk sukses di berbagai proyek freelance kamu juga harus memiliki kemampuan manajerial yang baik. Komunikasi, waktu, keuangan, skala prioritas dan lain sebagainya perlu dikelola se-profesional mungkin.

Buat standar prosedur mu dalam menangani proyek dan jalankan secara konsisten dan konsekuen. Jangan ragu untuk mengevaluasi setiap kendala dan kegagalan yang dihadapi.

Demikianlah beberapa cara untuk sukses menjadi freelance online. Pada bagian selanjutnya akan dibahas tentang cara mendapatkan uang dari pekerjaan freelance online.

Cara Mendapatkan Uang Dari Pekerjaan Freelance Online

5 Cara Mendapatkan Uang Dari Pekerjaan Freelance Online

Untuk mengetahui secara lebih detil bagaimana cara mendapatkan uang dari pekerjaan freelance online, langsung simak ulasan berikut ;

1. Tentukan Klien Potensial

Seperti telah dijelaskan di bagian sebelumya, bahwa untuk menjadi pekerja freelance online perlu lebih dahulu menentukan bidang pekerjaan yang dikuasai. Dari pilihan tersebut, kemudian pertimbangkan klien seperti apa yang berpotensi membutuhkan keahlianmu.

Semisal, kamu memilih bidang pekerjaan di bidang desain grafis. Maka klien potensial di bidang ini adalah pengelola dan pengembang website, periklanan, pengusaha online shop untuk mendesain logo produk dan lain sebagainya.

2. Jelaskan Keahlianmu

Promosikan keahlianmu melalui sosial media atau website dan blog pribadi. Tuliskan secara jelas keahlian dan keterampilanmu di media-media tersebut.

Hal ini akan menarik minat dan memudahkan calon pemberi kerja atau pemilik proyek dalam mempertimbangkan apakah kemampuanmu sesuai dengan kriteria kebutuhannya.

3. Buat Portofolio Menarik

Selain mendeskripsikan keahlian dan keterampilan di media-media tadi, kamu juga bisa menambahkan portofolio atau hasil karya atau kerja dari keahlian dan keterampilanmu.

Jika kamu seorang desain grafis, maka sepatutnya terdapat desain-desain yang pernah dikerjakan sebelumnya. Karya tersebut bisa saja logo, poster, tampilan web yang pernah kamu desain dan banyak lagi.

Apabila belum ada, maka buatlah sebuah karya dari keahlianmu dan keterampilanmu. Rencanakan sebuah proyek kecil yang sifatnya pribadi dan wujudkan hal tersebut menjadi sebuah karya. Langkah ini bertujuan untuk lebih meyakinkan calon owner bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk direkrut dalam proyeknya.

4. Tentukan Harga Jasa

Setelah owner proyek yakin dengan kemampuan, ditambah telah melihat sendiri hasil karyamu, hal yang akan dipertimbangkan selanjutnya adalah harga jasa. Dalam hal owner mendapat lebih dari satu tawaran, harga jasa yang terendah memiliki peluang lebih besar untuk direkrutnya. Hal ini cukup realistis.

Untuk itu, sebagai pekerja freelance online, kamu juga perlu menentukan harga jasa yang kompetitif. Pertimbangkan tingkat kesulitan, jumlah (kuantitas) tugas dan waktu pengerjaan yang dibutuhkan dalam proyek tersebut. Tapi belum selesai hanya sampai di situ, kamu juga masih perlu menyesuaikan nilai tadi dengan ketersediaan budget owner. Untuk itu, kemampuan negosiasi yang baik akan kamu perlukan pada tahap ini.

5. Tingkatkan Skill Dan Kemampuan

Ini adalah cara yang terakhir dan sangat penting untuk menjaga kesinambungan dalam mendapatkan proyek atau pekerjaan freelance online. Setiap proyek tentunya akan memiliki tantangan dan kendala yang beragam. Dan itu berarti memerlukan teknik-teknik khusus sebagai solusi.

Di lain sisi, persaingan dunia freelance tak tertutup kemungkinan makin kompetitif. Pastinya kamu tidak ingin kalah bersaing dengan pendatang baru yang bisa jadi memiliki keterampilan lebih spesifik dan mumpuni. Keahlian di bidang apapun itu, sudah pasti akan mengalami perkembangan. Tanpa melakukan upaya-upaya pengembangan keahlian, keterampilan dan kemampuan, maka kemungkinan besar kamu akan tertinggal dan kalah bersaing.

Nah, itulah gambaran mengenai pekerjaan freelance online, mulai dari pengertian,contoh hingga cara sukses mendapatkan penghasilan darinya. Persiapkan segala sesuatunya dengan sempurna sebelum terjun dan semoga kamu meraih sukses sebagai pekerja freelance online.

Salam kenal dari Adam Muiz !
Support mencapai 10K Subscriber yuk
😁 Terimakasih
Follow Adam Muiz on WordPress.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis