26 C
Semarang
Wednesday, November 30, 2022

Pengertian Materialis : Macam Jenis, Ciri Paham, Teori, Filsafat, Tokoh, Kritik dan Contoh

Materialis merupakan paham di dalam filsafat yang menyatakan jika sesuatu yang bisa dikatakan benar merupakan materi. Sebenarnya, semua hal terdiri dari materi dan seluruh fenomena merupakan hasil interaksi dari material. Sedangkan materis merupakan satu-satunya substansi.

Pengertian Materialis

Sebagai teori, materialis merupakan paham ontologi monistik. Namun, materialis berbeda dengan teori ontologis yang didasari pada dualisme atau pluralisme. Ketika memberikan penjelasan tunggal mengenai realita, maka materialis juga berseberangan dengan idealis.

Materialis tidak mengakui entitas nonmaterial seperti hantu, roh, setan dan malaikat. Materialis juga tidak mengakui Tuhan atau dunia adikodrati. Realitas menjadi satu-satunya materi dan semuanya adalah manifestasi dari aktivitas materi tersebut.

Jika dilihat secara terminologi, pengertian materialis bisa dibagi menjadi 3 macam, yakni:

  • Menurut pengertian orang awam: Materialis merupakan orang yang menghargai kekayaan atau harta melebihi dari segala hal lainnya.
  • Menurut ilmu pengetahuan: Materialis merupakan ilmu yang bekerja atas dasar materi yakni ilmu eksakta atau ilmu alam.
  • Menurut pendapat filsafat: Materialis adalah seluruh hal dan lebih dalam lagi menganggap jika materi adalah dasar dari kenyataan.

Pengertian Materialis Menurut Para Ahli

  • Richins dan Dawson: Materialis dalam psikologi diartikan sebagai keyakinan yang berhubungan dengan seberapa penting perolehan serta pemilikkan barang di dalam hidup.
  • Belk: Materialis adalah the importance a consumer attaches to worldly possessions atau sebuah kelekatan konsumen di kepemilikkan barang duniawi yang penting.
  • Kasser: Materialis adalah pandangan tentang sikap, orientasi, keyakinan serta nilai hidup yang menekankan kepemilikan barang material di atas nilai hidup yang lainnya seperti intelektual, spiritual, budaya dan sosial.
  • Menurut KBBI: Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, materialis diartikan sebagai pandangan hidup yang mencari dasar semua hal termasuk kehidupan manusia di alam kebendaan semata namun mengesampingkan semua hal yang mengatasi alam indera.

Jenis Materialis

  • Materialis rasionalistik: Menyatakan jika semua realita bisa dimengerti seluruhnya berdasarkan ukuran serta bilangan.
  • Materialis mitis atau biologis: Menyatakan jika peristiwa material pada misteri yang mengungguli manusia. Misteri tersebut tidak berhubungan dengan prinsip immaterial.
  • Materialis parsial: Menyatakan jika pada sesuatu material tidak ada karakteristik khusus akan unsur immaterial atau formal.
  • Materialis antropologis: Menyatakan jika jiwa tidak ada karena yang dinamakan jiwa pada dasarnya hanya materi atau perubahan fisik kimiawi materi.

Ciri Paham Materialis

Setidaknya terdapat 5 dasar ideologi yang dijadikan sebagai dasar keyakinan paham materialis. Berikut adalah penjelasan selengkapnya:

  • Semua yang ada berasal dari satu sumber yakni materi.
  • Tidak meyakini adanya alam ghaib.
  • Menjadikan pancaindera sebagai satu-satunya alat untuk mencapai ilmu.
  • Memposisikan ilmu sebagai pengganti agama pada peletakkan hukum.
  • Menjadikan kecondongan serta tabiat manusia sebagai akhlak.

Teori Materialis

Paham materialis berpegang pada kenyataan yang mudah dimengerti dan bukan dalil yang abstrak. Teorinya juga dijelaskan berdasarkan teori pengetahuan yang sudah umum.

Akan tetapi, paham materialis banyak ditentang tokoh agama sebab tidak mengakui adanya Tuhan. Seseorang yang anti materialis yakni Friedrich Paulsen berkata jika materialis ada, maka semua yang ada di dunia bisa diterangkan termasuk bagaimana cara atom membentuk teori materialis tersebut yakni bisa berpikir dan berfilsafat.

Hal tersebut sama sekali tidak bisa diterangkan kaum materialis. Filsafat materialis tersebut yang mempengaruhi filosof alam ketika menyelidiki asal-usul kejadian alam dan beberapa filosof alam tersebut diantaranya adalah:

  • Thales: Berpendapat jika unsur asal merupakan air.
  • Anaximandros: Berpendapat jika unsur asal adalah apeiron yakni unsur yang tidak terbatas.
  • Anaximenes: Berpendapat jika unsur asal adalah udara.
  • Heraklitos: Berpendapat jika unsur asal adalah api.
  • Demokritus: Berpendapat jika hakikat alam merupakan atom yang banyak serta halus dan menjadi asal dari kejadian alam semesta.

Filsafat Materialis

Filsafat materialis terdiri dari 4 jenis yakni mekanis, metafisik, dialektis dan historis:

1. Materialis Mekanis

Aliran filsafat yang punya pandangan materialis dengan cara mekanis. Aliran ini beranggapan jika materi akan selalu bergerak mekanis serta berubah.

Gerak mekanis disini mengartikan gerak yang tetap serta berulang tanpa perubahan atau perkembangan kualitatif. Menurut filsafat materialis mekanis, semua perubahan serta gejala alam terjadi otomatis lewat pola gerakan mekanika yang bersifat pasti.

2. Materialis Metafisik

Materialis metafisik merupakan aliran materialis yang menyatakan jika materi akan dalam kondisi statis atau diam serta terpisah antara satu dengan yang lainnya. Perubahan materi tersebut bisa terjadi karena pengaruh atau faktor luar.

3. Materialis Dialektis

Ini merupakan aliran filsafat materialis yang berpegang pada benda atau matter dengan memakai metoda dialektis. Aliran ini beranggapan jika antara materi punya hubungan dan keterkaitan yang saling mempengaruhi serta tergantung antara satu dengan yang lainnya.

Meski terlihat diam, namun materi pada kenyataannya selalu bergerak, berubah serta berkembang. Metoda dialektis berarti jika gerakan materi bersifat dialektis atau bergerak serta berubah ke bentuk yang lebih maju dan lebih tinggi seperti bentuk spiral.

4. Materialis Historis

Ini adalah penerapan pandangan dari filsafat materialis dialektis di gejala sosial masyarakat. Pada pandangan ini, manusia bisa dipahami pada saat diposisikan dalam kontks sejarah.

Ini disebabkan karena manusia pada hakikatnya merupakan insan bersejarah yang semua kejadiannya akan selalu berkaitan dengan manusia.

Tokoh Materialis

  • Demokritos: Seorang pencetus sekaligus pelopor paham materialis klasik yang dikenal dengan atomisme.
  • Epikuros: Ia adalah filsuf pertama yang memperkenalkan paham ini di masa filsafat kuno. Pendapatnya tentang materialis bisa disamakan dengan materialisme yang juga berkembang di Perancis di masa pencerahan.
  • Karl Marx: Seorang sejarawan, filsuf, sosiolog serta ekonom asal Jerman yang terkenal dengan paham Marxisme: Ia adalah tokoh yang menganut paham materialis dimana menurutnya hal yang hanya ada di masyarakat adalah masyarakat yang bekerja sebab dengan bekerja maka membuat seseorang bisa hidup.
  • Thomas Hobbes: Memiliki pandangan jika materialis menolak adanya roh dan jiwa serta beranggapan keduanya merupakan pancaran materi.
  • Ludwig Feuerbach: Berpendapat jika semua yang ada hanya merupakan materi yang pasti mempunyai jumlah serta bisa diukur.
  • Baron d’Holbach: Ia mengemukakan materialis ateisme yang serupa dalam hal bentuk serta subtansinya. Akan tetapi, paham ini tidak mengakui adanya Tuhan secara mutlak dan jiwa sebenarnya sama seperti fungsi otak.
  • Van Der Welj: Ia mengemukakan jika materialis terdiri dari aglomerasi atom yang dikuasai hukum fisika serta kimiawi.

Kritik Pada Materialis

Salah satu kritik pada paham materialis dikemukakan oleh aliran filsafat eksistensialisme. Materialis mengajarkan jika manusia pada akhirnya merupakan benda sama seperti benda lainnya.

Namun, bukan berarti manusia sama seperti sapi, pohon atau benda lainnya karena manusia dipandang lebih unggul. Secara mendasar, manusia dipandang hanya sebagai materi yakni hasil proses unsur kimia.

Filsafat eksistensialisme memberi kritik untuk pandangan yang seperti ini. Cara pandang materialis seperti ini mereduksi totalitas manusia. Manusia dilihat hanya menurut hukum kimia, hukum alam serta biologi. Dengan begitu, manusia seolah seperti tumbuhan, hewan serta benda lainnya.

Meski sebenarnya, manusia punya kompleksitas yang tidak bisa diukur. Contohnya seperti ketika berhadapan dengan momen eksistensial seperti pengambilan keputusan, takut, kecemasan dan lainnya.

Contoh Materialis

  • Sistem perhitungan dasar satuan adalah 1 hingga 10 sebab jumlah jari manusia adalah sepuluh.
  • Ide pembuatan e commerce terjadi sesudah adanya teknologi atau material sehingga hal tersebut dapat diwujudkan.
Sumber Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Materialisme
https://www.plimbi.com/article/160673/pengertian-dan-definisi-materialisme-matre-
https://haloedukasi.com/materialisme
https://www.sosial79.com/2020/07/pengertian-materialisme-ciri-faktor.html

Kenalan dengan Adam yuk !
Mohon bantu saya mencapai 1000 Subscriber
😁 Terimakasih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Rekomendasi

Cara Memilih Investasi Saham di Indonesia Keuntungan dan Resiko

Cara Memilih Investasi Saham di Indonesia : Keuntungan dan Resiko

0
Begitu kata kunci “investasi saham” terbesit dalam benakmu, lantas kemudian menelusurinya di mesin pencari dan tertuju ke halaman di website ini, apakah itu berarti...
Cara Menabung yang Benar Untuk Pelajar

Cara Menabung yang Benar Untuk Pelajar

2
Ungkapan “menabung pangkal kaya” sudah sangat akrab dikenal oleh berbagai lapisan masyarakat. Ungkapan tersebut memang sangat masuk akal dan terdengar mudah. Tapi cukup sulit...
Mending Deposito atau Reksadana, Pilih Mana

Mending Deposito atau Reksadana, Pilih Mana ?

0
Tingginya minat masyarakat terhadap investasi dalam kurun beberapa tahun terakhir, secara tidak langsung menempatkan investasi sebagai komoditas yang sangat penting. Terbukanya akses terhadap informasi,...
Pentingnya Investasi di Usia Muda

Pentingnya Investasi di Usia Muda dan Tips Invest Bagi Pemula

0
Kata investasi kini semakin akrab terdengar di telinga berbagai kalangan termasuk anak muda seperti kamu. Pada saat ini juga banyak orang membicarakan tentang investasi...
1 Pengertian Tips Reksadana Untuk Pemula Biar Untung

Tips Reksadana Untuk Pemula Biar Untung

0
Bagi sebagian orang yang awam, investasi acap kali dianggap menjadi suatu hal yang rumit untuk dilakukan dan memerlukan modal besar. Padahal belum tentu demikian. Reksadana...

Artikel Terkait

Free Download Driver Printer Versi Terbaru Gratis Unduh Last Version Untuk Komputer PC Laptop Windows Vista XP 7 8 10 11 32 64 Bit

Download Driver Canon S200SP [Terbaru 2022]

0
Unduh Juga : Download Office 2021 Gratis Saat menggunakan model Canon PIXMA S200SP, beberapa spesifikasi luar biasa termasuk bentuk bodi yang ringkas untuk performa terbaik....