Pengertian Narasi – Fungsi, Ciri, Macam Jenis, Struktur, Unsur dan Tujuan

Salam Kenal

Artikel Pilihan

Narasi merupakan jenis pengembangan paragraf pada sebuah tulisan yakni bagian dari rangkaian kejadian dari waktu ke waktu yang dijelaskan memakai urutan awal, tengah serta akhir.

Sedangkan pengertian lain dari narasi adalah suatu paragraf yang disusun untuk menyampaikan pengalaman atau hiburan yang baik untuk pembaca.

Narasi bisa berbentuk fiksi dan non fiksi. Umumnya ini ditemukan dalam suatu karya seperti biografi, cerpen, novel dan lainnya.

Pengertian Narasi

Narasi adalah bentuk pengembangan paragraf yang ada pada suatu karangan atau karya tulis. Tujuannya adalah untuk menjelaskan rangkaian peristiwa atau kejadian secara berurutan dari waktu ke waktu yaitu awal, tengah sampai akhir.

Pendapat lainnya mengatakan jika narasi adalah karangan yang disajikan atas dasar alur atau plot yang mengandung peristiwa, tokoh dan konflik. Suatu narasi bisa berisi cerita atas dasar fakta atau narasi ekspositoris atau cerita fiksi yakni narasi sugestif.

Narasi berasai dari bahasa Latin yakni Narre yang berarti memberi tahu. Dengan begitu, narasi berkaitan dengan usaha untuk memberitahu akan sesuatu atau sebuah peristiwa.

Narasi berguna untuk menjelaskan gambaran pada pembaca akan peristiwa yang sudah terjadi. Dengan begitu, pembaca bisa larut sekaligus merasakan ada dalam kondisi tersebut.

Namun di dalam cerita, narasi berhubungan dengan struktur atau anatomi cerita serta tokoh yang ada di dalam suatu cerita. Dalam sebuah kesatuan, narasi akan mengandung unsur cerita atau story dan juga wacana atau discourse.

Pengertian Narasi Menurut Para Ahli

1. Menurut Gorys Keraf

Narasi adalah bentuk wacana yang berusaha untuk mengisahkan peristiwa atau kejadian sehingga pembaca seakan melihat dan mengalami peristiwa tersebut. Narasi lebih mengisahkan sebuah kehidupan dinamis pada sebuah rangkaian waktu.

2. Menurut Atar Semi

Narasi adalah bentuk percakapan atau tulisan yang bertujuan untuk menyampaikan atau menceritakan rangkaian peristiwa atau kejadian manusia berdasarkan perkembangan dari waktu ke waktu.

3. Menurut Widjono H.S

Narasi adalah uraian yang menceritakan sesuatu atau rangkaian kejadian, tindakan, kondisi secara berurutan dari awal hingga akhir. Dengan begitu, akan terlihat rangkaian kaitan antara satu dengan yang lainnya.

4. Menurut Ismail Marahimin

Narasi adalah cerita yang dibuat atas dasar rangkaian kejadian atau peristiwa yang didalamnya terdapat tokoh yang sedang menghadapi konflik dengan tikaian.

5. Menurut KBBI

Menurut KBBI, narasi adalah cerita atau deskripsi kejadian atau peristiwa, kisah dan tema dari sebuah karya seni.

Fungsi Narasi

  • Menyampaikan informasi atau wawasan dan memperluas pengetahuan.
  • Menyampaikan pengalaman indah untuk para pembacanya.

Ciri-ciri Narasi

Semua jenis bacaan atau teks punya karakteristik yang berbeda. Sebuah bacaan bisa diketahui apakah narasi atau bukan lewat beberapa ciri sebagai berikut:

1. Peristiwa Nyata dan Imajinasi

Narasi menceritakan tentang peristiwa nyata, imajinasi atau bahkan gabungan keduanya. Penulis nantinya bisa membuat tulisan atas dasar kisah nyata yang berasal dari pengalaman pribadi, kehidupan seseorang atau dari sejarah.

Selain itu, penulis juga dapat membuat tulisan yang berasal dari kisah khayalan, fiktif atau imajinasi.

2. Menekankan Pada Kronologis Peristiwa

Naskah sangat menekankan pada kronologis peristiwa atau urutan waktu yang tersusun detail serta mengandung konflik didalamnya. Ini berguna untuk menampilkan peristiwa yang terjadi dalam cerita.

3. Konflik

Narasi sama seperti tulisan sastra lain yang mengandung konflik didalamnya. Konflik sendiri merupakan fenomena atau peristiwa sosial yakni terjadinya pertikaian atau pertentangan baik antara individu atau antara individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok.

4. Mempunyai Pesan

Narasi berdasarkan dari kisah nyata atau fiktif sama-sama harus mengandung pesan atau amanat bagi pembacanya. Dengan begitu, orang yang membaca narasi tersebut bisa memperoleh wawasan atau pengetahuan dari kisah yang diceritakan tersebut.

Selain itu, masih ada beberapa ciri dari narasi lainnya, seperti:

  • Memperlihatkan unsur tindakan atau perbuatan.
  • Disusun pada urutan waktu.
  • Terdapat konflik.
  • Berusaha untuk bisa menjawab pertanyaan apa yang terjadi.
  • Memiliki wujud cerita terkait peristiwa atau pengalaman dari penulisnya.
  • Peristiwa atau kejadian yang diberikan berbentuk peristiwa nyata yang terjadi, bisa berbentuk imajinasi atau gabungan keduanya.
  • Atas dasar konflik sebab tanpa konflik, maka narasi terlihat tidak menarik.
  • Punya nilai estetika atau keindahan.
  • Susunan secara kronologisnya ditekankan ke pokoknya.

Jenis-jenis Narasi

1. Narasi Informatif

Narasi informatif merupakan jenis narasi yang mempunyai sasaran penyampaian informasi secara tepat berhubungan dengan kejadian yang berguna untuk memperluas wawasan seseorang tentang kisah orang lain.

2. Narasi Ekpositorik

Narasi ekpositorik merupakan jenis narasi yang berguna untuk memberi informasi tepat berhubungan dengan kejadian untuk memperluas pengetahuan seseorang tentang kisah orang lain.

Pada narasi ekpositorik ini, penulis akan bercerita tentang suatu peristiwa atau kejadian dengan data yang memang benar adanya. Pelaku yang ditunjukkan umumnya hanya berjumlah satu orang.

Pelaku akan bercerita yang diawali dari sesuatu yang kecil sampai sekarang ini atau sampai akhir kehidupannya. Karangan narasi ini diwarnai dengan eksposisi. Dengan begitu, ketentuannya berhubungan dengan pemakaian bahasa logis, berdasarkan fakta yang terjadi, tidak membawa unsur sugestif atau bersifat objektif.

3. Narasi Artistik

Narasi artistik merupakan jenis narasi yang berusaha memberikan maksud tertentu, memberi amanat tersembunyi untuk pembaca atau pendengar sehingga seakan seperti ikut melihatnya.

Kejadian tersebut berhubungan dengan pemakaian bahasa yang logis, didasari dengan fakta yang terjadi serta tidak membawa unsur sugestif atau bersifat objektif.

4. Narasi Sugestif

Narasi sugestif merupakan jenis narasi yang berusaha untuk menyediakan maksud tertentu, memberi amanat tersembunyi untuk pembacanya.

Struktur Narasi

  • Pengenalan: Pada bagian ini berisi tentang pengenalan tokoh, suasana, latar dan sebagainya.
  • Awal pertikaian: Di bagian inni berisi tentang ilustrasi konflik utama yang ditujukan oleh penulis.
  • Klimaks atau puncak pertikaian: Pada bagian ini berisi tentang ilustrasi konflik utama atau inti cerita.
  • Antiklimaks atau penyelesaian: Pada bagian ini berisi tentang penyelesaian masalah yang terjadi dalam cerita serta pertanda dari akhir cerita.

Unsur-unsur Narasi

  • Alur atau plot: Alur atau plot merupakan urutan peristiwa yang mengatur hubungan peristiwa demi peristiwa supaya bisa saling berhubungan secara logis.
  • Pengembangan: Pengembangan merupakan rututan kejadian yang diawali dengan pengenalan atau pendahuluan atau pengenalan tokoh, isi kejadian atau konflik diantara tokoh dan penyelesaian atau penutup.
  • Tokoh: Pelaku yang ada pada sebuah cerita.
  • Latar: Keterangan tentang waktu, tempat serta suasana.
  • Ruang atau tempat: Contohnya di kantor, di sekolah dan sebagaina.
  • Urutan kejaduian: Barisan peristiwa yang dijelaskan secara berurutan berdasarkan kronologisnya.

Tujuan Narasi

  • Untuk memberi wawasan atau informasi serta memperluas pengetahuan.
  • Untuk memberi pengalaman estetis pada para pembaca.

Cara Menuliskan Narasi

  • Menentukan tema serta pesan yang mau disampaikan.
  • Merancang peristiwa utama yang akan dijelaskan dalam bentuk skema alur.
  • Membagi peristiwa utama menjadi bagian awal, pengembangan serta akhir dari cerita.
  • Merinci peristiwa utama menjadi detail peristiwa untuk pendukung cerita.
  • Menyusun tokoh serta watak, latar serta sudut pandang.
  • Mengerti aturan tanda baca di dalam kalimat.
Sumber Referensi

https://duniapendidikan.co.id/apa-itu-narasi/
https://pendidikan.co.id/pengertian-narasi/
https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-narasi-adalah.html
https://www.seputarpengetahuan.co.id/2017/09/pengertian-narasi-tujuan-ciri-ciri-jenis-struktur-unsur-cara-penulisan-contoh.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Narasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis