32 C
Semarang
Wednesday, October 27, 2021
HomeSosialEkonomiPengertian Negara Maju : Klasifikasi, Ciri-Ciri dan Contoh Daftar

Ternak Uang

Pengertian Negara Maju : Klasifikasi, Ciri-Ciri dan Contoh Daftar

Negara maju merupakan sebutan untuk negara yang memiliki standar hidup lumayan tinggi lewat teknologi tinggi serta ekonomi merata. Beberapa negara dengan pendapatan minimal US$11.906 per tahun atau bahkan lebih bisa disebut dengan negara maju. Umumnya, negara dengan GDP per kapita yang tinggi dianggap sebagai negara maju.

Gross Domestic Product yang disingkap GDP atau Produk Domestik Bruto yang disingkat PDB merupakan salah satu indikator terpenting yang dipakai untuk mengukur kondisi perekonomian sebuah negara.

Pengertian Negara Maju

Negara maju adalah sebutan untuk negara yang sudah bisa menikmati standar hidup relatif tinggi lewat teknologi serta ekonomi yang merata. Umumnya, negara dengan GDP per kapita yang tinggi sudah bisa dianggap sebagai negara berkembang.

Namun, beberapa negara sudah mencapai GDP yang tinggi lewat eksplitasi sumber daya alam. Contohnya seperti Brunei Darussalam lewat penngambilan minyak bumi dan Nauru dengan pengambilan fosfor tanpa harus mengembangkan industri yang beragam.

Istilah dari negara maju atau advance country digunakan untuk mengelompokkan beberapa negara yang telah berkembang serta maju dari segi ekonomi dan industri ketiga serta sektro industri keempat lebih mendominasi dibandingkan sektor industri yang lainnya.

Sedangkan sektor industri yang pertama pada kegiatan ekonomi meliputi usaha atau kegiatan yang mengubah sumber daya alam menjadi barang setengah jadi untuk sektor industri. Yang termasuk di dalam sektor ini adalah sektor agribisnis, pertanian, pertambangan serta kehutanan.

Untuk sektor industri kedua pada kegiatan ekonomi meliputi usaha atau kegiatan mengolah barang setengah jadi hasil kegiatan pertama dan diolah kembali menjadi barang siap pakai. Beberapa hal yang termasuk dalam sektor ini adalah kegiatan konstruksi serta manufaktur.

Kemudian sektor industri ketiga merupakan lanjutan sektor industri sebelumnya yang biasanya berkaitan dengan bisnis jasa bersifat intelektual. Contohnya seperti bisnis informasi dan komunikasi, pendidikan, konsultasi, penelitian dan pengembangan, kultur, kesehatan dan sebagainya.

Bisa dikatakan jika industri tingkat ketiga serta keempat yang ada di negara maju diposisikan di tingkat negara dengan pendapatan per kapita serta indeks pertumbuhan manusia yang cukup tinggi.

Selain menggunakan kata negara maju, beberapa orang juga memakai kata industri, negara yang lebih maju, negara pasca industri serta negara yang lebih maju secara ekonomi.

Istilah Lain dari Negara Maju

Istilah lain yang berhubungan dengan konsep negara maju adalah negara yang lebih maju, negara industri, negara yang lebih maju secara ekonomi, negara dunia pertama, negara Utara Global serta negara pasca industri.

Istilah negara industri bisa dikatakan agak ambigu sebab industrialisasi merupakan proses yang berkelanjutan sehingga sulit didefinisikan. Negara industri pertama yaitu Britania Raya dan dilanjutkan dengan Belgia. Sesudah itu semakin menyebar ke Amerika Serikat, Jerman, Prancis dan beberapa negara Eropa Barat lain.

Namun menurut beberapa ekonom seperti Jeffrey Sachs, kesenjangan sekarang ini antara negara maju serta negara berkembang menjadi fenomena di abad ke-20. Mathis Wackernagel mengatakan jika pelabelan 2 golongan negara ini tidak deksriptif serta tidak jelas.

Klasifikasi Negara Maju

Untuk menentukan apakah suatu negara merupakan negara berkembang atau negara maju harus dilihat dari berbagai sisi. Selain itu, ada juga beberapa indikator yang dijadikan tolak ukur untuk menentukan status tersebut. Beberapa indikator yang bisa dipakai untuk menentkan sebuah negara menjadi negara maju diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Product Domestic Bruto [PDB]

Sebuah negara memiliki roda perekonomian yang berguna untuk menopang perekonomian supaya bisa menghidupi rakyat didalamnya. Roda perekonomian ini bisa digerakkan salah satunya dengan perdagangan bersama orang lain.

Ketika melakukan perdagangan, maka negara harus memiliki komoditi masing-masing yang dihasilkan rakyatnya dan didapat dari wilayah di dalam negara. Dengan begitu, setiap negara pasti memiliki Produk Domestic Bruto yaitu pendapatan dari wilayah negara itu baik yang dihasilkan masyarakat pribumi atau penduduk asing. Negara maju inilah yang biasanya punya tingkat pendapatan yang tergolong tinggi.

2. Pendapatan Nasional Bruto [PNB]

Selain punya pendapatan domestik bruto, negara juga harus memiliki pendapatan nasional. Apabila pendapatan atau produk domestik bruto merupakan pendapatan yang dihasilkan sebuah negara dari penduduk pribumi atau asing, maka pendapatan nasional bruto adalah kebalikan dari PNB tersebut.

Pendapatan Nasional Bruto merupakan pendapatan dari warga negara baik yang ada di wilayah tersebut atau di wilayah asing atau di luar negara. Negara bisa digolongkan menjadi negara maju jika memiliki pendapatan nasional bruto yang tinggi.

3. Pendapatan Per Kapita

Umumnya, indikator yang berhubungan dengan ekonomi selain pendapatan domestik bruti dan pendapatan nasional bruto adalah pendapatan per kapita. Pendapatan per kapita adalah tolak ukur terbaik untuk melihat kesejahteraan masyarakat perorangan.

Pendapatan per kapita adalah pendapatan yang menunjukkan pendapatan yang didapat setiap orang dalam sebuah negara. Pendapatan per kapita bisa dihitung dengan rumus pendapatan nasional dibagi jumlah penduduk dalam sebuah negara.

Negara bisa dikatakan sebagai negara maju jika punya pendapatan per kapita dengan jumlah di atas garis kemiskinan. Meski tidak semua warganya punya jumlah pendapatan yang sama seperti pendapatan per kapita, akan tetapi pendapatan per kaita sudah cukup memberi gambaran sebab menjadi nilai rata-rata.

Saat pendapatan per kapita jauh di atas garis kemiskinan, maka kesejahteraan penduduknya juga akan semakin tinggi.

4. Infrastruktur

Negara maju punya salah satu ciri yang khas yakni infrastruktur yang mencukupi. Infrastruktur yang ada di negara maju jauh lebih modern serta lebih kompleks jika dibandingkan dengan negara berkembang.

Negara maju punya banyak bangunan yang didesain dengan modern serta kuat. Umumnya, di negara maju lebih banyak gedung pencakar langit, jalan layang serta gedung berdesain baru yang tidak ada di dalam negara berkembang.

5. Tingkat Industrialisasi

Jika melihat negara berkembang, maka ciri khasnya adalah lebih bergantung ke sektor agraris dibandingkan industri. Sedangkan di negara maju lebih banyak bidang industri dibandingkan agraris.

Ini disebabkan karena negara maju sudah didukung dengan banyak faktor seperti sumber daya manusia, teknologi, peralatan dan sumber daya alam. Dengan sektor industri yang meningkat dan maju, maka perekonomiannya juga bertambah baik. Industri bisa meningkatkan perekonomian negara lebih cepat dibandingkan sektor pertanian atau bidang ekstraktif lain.

6. Taraf Standar Hidup

Taraf standar hidup di negara maju termasuk tinggi. Ini disebabkan karena negara maju punya banyak kecanggihan serta kemajuan di segala bidang. Negara maju juga punya pendapatan nasional dan per kapita yang tinggi. Dengan begitu, gaya hidup masyarakatnya juga lebih maju dan tinggi dibandingkan negara berkembang.

Ciri-ciri Negara Maju

1. Punya Pertumbuhan Ekonomi yang Pesat

Ciri pertama dari negara maju adalah mempunyai pertumbuhan ekonomi yang pesat serta pendapatan per kapita yang juga tinggi. Pendapatan per kapita tersebut dipakai untuk menunjukkan rata-rata dari penghasilan penduduk di sebuah negara.

Negara maju memproduksi barang yang bernilai tinggi contohnya seperti mobil, pesawat terbang serta barang elektronik yang lain. Ditambah lagi, profesi masyarakat sebagian besar juga dalam bidang jasa yakni hiburan, pendidikan, jasa keuangan serta konsultan.

2. Angka Pengangguran yang Rendah

Pengangguran yang ada di negara maju biasanya sudah memperoleh jaminan sosial dari pemerintah. Namun, ini bukan berarti membuat pengangguran jadi malas karena punya kesadaran untuk bekerja serta mencari pekerjaan yang baru.

3. Maju Dalam Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Di negara maju, bidang ilmu pengetahuan serta teknologi juga berkembang dengan pesat. Pemerintah memberikan banyak fasilitas yang berguna untuk menunjang keberhasilan dalam kedua bidang ini.

Ilmuwan punya semangat yang tinggi untuk observasi serta praktik sehingga menemukan banyak temuan baru dalam bidang teknologi dan ilmu pengetahuan. Beberapa negara maju yang masuk dalam kategori ini adalah Jerman, Inggris, Jepang, Perancis serta Amerika Serikat.

4. Memiliki Sistem Pendidikan dan Kesehatan yang Baik

Penduduk yang ada di negara maju telah melek huruf dan bisa menulis dengan baik. Pemerintah juga memberi pelayanan dan fasilitas memadai yang bisa menunjang pendidikan.

Pemerintah memberikan juga jaminan berbentuk pendidikan dasar untuk seluruh rakyatnya serta pendidik sehingga punya tingkat kesejahteraan yang baik . Pemerintah di negara maju juga memberikan fasilitas kesehatan yang baik sehingga penduduk punya kesejahteraan yang amat tinggi.

5. Mempunyai Infrastruktur yang Berkembang

Infrastruktur yang ada di negara maju biasanya punya infrastruktur berkembang. Perkembangan tersebut turut menopang pertumbuhan ekonomi penduduk serta memberi keuntungan bagi negara.

6. Pendapatan Negara Biasanya Berasal dari Jasa dan Industri

Di negara maju seperti Eropa dan Amerika Serikat lebih mengutamakan pekerjaan dalam bidang industri. Contohnya seperti otomotif, elektronk, kuliner dan lainnya. Ditambah lagi, jasa yang dimiliki juga sanga baik dalam bidang keuangan, pendidikan dan lainnya.

7. Pendapatan Perkapita yang Tinggi

Karena industri sangat berkembang pesat di negara maju, maka sektor jasanya juga semakin baik. Di negara maju umumnya punya pendapatan perkapita atau pendapatan rata-rata penduduk per tahun yang besar yakni lebih dari $11.456.

8. Disiplin dan Sangat Menghargai Waktu

Disiplin dan menghargai waktu menjadi sifat positif dan umumnya ada pada warga di negara maju. Ini disebabkan karena nilau disiplin dan selalu menghargai waktu sudah ditanamkan sejak kecil sehingga membuat penduduk di negara maju lebih berkembang dan sumber daya bisa dipakai secara maksimal.

9. Pertumbuhan Penduduk yang Lambat

Ciri dari negara maju yang selanjutnya adalah pertumbuhan penduduknya yang rendah. Tingkat kelahiran yang rendah serta kematian bayi yang rendah membuat negara maju tidak mengalami kelebihan penduduk.

Ini disebabkan karena masyarakat di negara maju sudah sadar dengan perencanaan keluarga, memiliki fasilitas kesehatan yang baik, menunda usia pernikahan serta banyak wanita yang berkarir.

10. Sebagian Penduduknya Tinggal di Kota

Di negara maju, biasanya penduduk tinggal di kota karena fasilitasnya sudah lengkap. Dari segi pendidikan, kesehatan serta transportasi semuanya sudah bisa ditemui di kota beberapa negara maju.

Daftar Negara Maju di Dunia

Jumlah negara maju yang ada di dunia cukup banyak. Namun jika dibandingkan dengan negara berkembang, maka jumlah negara maju terbilang lebih sedikit. Berikut adalah daftar dari beberapa negara yang masuk dalam golongan negara maju:

1. Australia

Negara maju pertama di dunia adalah Australia yang ada di tenggara Indonesia dan menjadi benua paling kecil di dunia. Australia tidak hanya memiliki gaya hidup yang modern namun juga dalam teknologi dan berbagai bidang lain.

Australia menjadi salah satu negara yang dijadikan tujuan pendidikan dan juga wisata. Australia punya GDP sebesar USD 918.978 Milyar selama 5 tahun berturut-turut. Selain itu, negara ini juga punya pendapatan per kapita sebesar TSD 40.836 dan HDI sebesar 0.933. Australia juga menenmpati rangking pertama di dunia untuk kualitas hidup masyarakatnya.

2. Belanda

Negara maju selanjutnya adalah Belanda yang menjadi negara tidak terlalu luas namun kaya. Belanda banyak memiliki infrastruktur memadai serta dilengkapi fasilitas maju.

Belanda juga menjadi salah satu kiblat dari pendidikan dunia, memiliki banyak fasilitas canggih, peralatan yang modern dan juga teknologi canggih. Ditambah lagi, belanda juga memiliki ekonomi stabil serta masyarakat yang tercatat sebagai masyarakat paling bahagia di dunia. Sedangkan untuk pendapatan per kapita mencapai USD 29.697 serta HDI 0.915.

3. Norwegia

Norwegia menjadi salah satu negara maju berikutnya yang ada di benua Eropa. Alasan mengapa negara ini masuk dalam daftar negara maju adalah karena tingkat pengangguran rendah dan angka harapan hidup yang tinggi yakni mencapai 80.2 tahun.

Bahkan, Norwegia dinobatkan sebagai negara paling maju di dunia dengan pendapatan per kapita USD 32.093 dan HDI 0.944. Selain itu, masyarakat Norwegia juga dikenal sebagai masyarakat yang cinta tanah airnya sendiri.

4. Amerika Serikat

Amerika Serikat menjadi negara maju selanjutnya sekaligus sebagai negara adikuasa. Negara ini maju dalam banyak bidang seperti militer, eknomi, politik, teknologi dan sebagainya.

Amerika Serikat juga merupakan negara yang memimpin PBB dan banyak orang yang menjadikan Amerika Serikat sebagai negara untuk tujuan belajar. Untuk pendapatan per kapitanya sendiri adalah USD 93.531 serta HDI 0.914.

5. Kanada

Kanada adalah negara maju berikutnya yang masih berada di benua Eropa. Negara yang tercatat sebagai negara terbesar nomor 2 di dunia sesudah Rusia ini berbatasan langsung dengan Amerika Serikat.

Kanada dinobatkan menjadi negara maju karena banyak alasan seperti salah satunya karena bidang pendidikan. Masyarakat Kanada dikenal dengan tingkat pendidikan yang tinggi dan kecerdasannya di atas rata-rata manusia pada umumnya. Untuk pendapatan per kapitanya sendiri adalah 23.938 serta HDI 0.902.

6. New Zealand

New Zealand atau disebut dengan Selandia Baru adalah negara dengan wilayah besar yang juga dinobatkan sebagai negara maju. New Zealand punya tingkat GDP USD 157.877 Milyar dan pendapatan per kapita USD 35.374 untuk populasi penduduk yang hanya sekitar 4.3 juta jiwa. Sementara untuk HDI New Zealand adalah 0.910.

7. Irlandia

Sebagai negara berbentuk republik, Irlandia juga masuk dalam daftar negara maju di dunia dengan jumlah penduduk yang sedikit yakni sekitar 4.5 juta jiwa. 99% penduduk Irlandia disebut sudah berhasil mengenyam pendidikan hingga tingkat tinggi sehingga menghasilkan banyak SDM baru untuk meningkatkan roda perekonomian.

8. Liechtenstein

Meski tidak terlalu terkenal, namun Liechtenstein juga termasuk dalam daftar negara maju. Negara dengan luas 160 km persegi ini mempunyai penduduk yang hanya berjumlah 33 ribu ini memiliki pendapatan domestik bruto tertinggi di dunia yang bisa meningkatkan kesejahteraan rakyatnya.

9. Jerman

Salah satu negara maju berikutnya adalah Jerman dengan perekonomian tertinggi dibandingkan negara lainnya. Meski tingkat populasinya besar mencapai 82.2 juta penduduk, akan tetapi angka kesejahteraannya juga sangat tinggi dibandingkan negara lain.

10. Swiss

Swiss atau biasa disebut Switzerland merupakan negara maju dengan pendapatan per kapita sekitar UED 30.745 serta HDI 0.917. Selain itu, penduduk Swiss juga mempunyai angka harapan hidup tinggi hingga 83 tahun.

Sumber Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Negara_maju
https://www.gurupendidikan.co.id/negara-maju/
https://ilmugeografi.com/ilmu-sosial/negara-maju
https://www.dosenpendidikan.co.id/negara-maju-dan-berkembang/
https://kelasips.com/negara-maju-dan-berkembang/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Populer