Home Unduh Browser Download Opera 32 / 64-bit (Terbaru 2022)

Download Opera 32 / 64-bit (Terbaru 2022)

0
Opera

Opera merupakan peramban web serta paket perangkat lunak internet antar platform. Opera terdiri dari kumpulan perangkat lunak untuk internet seperti peramban web dan perangkat lunak untuk membaca serta mengirimkan surat elektronik.

Opera dibuat Opera Software bertempat di Oslo, Norwegia. Opera bisa dijalankan untuk banyak sistem operasi seperti MacOS X, Microsoft Windows, Solaris, Linux dan juga FreeBSD.

Opera dikenal dengan banyak fitur yang kemudian diadopsi peramban web lainnya. Meski punya banyak kelebihan, namun sayangnya opera hanya mendapat panngsa pasar yang kecil untuk browser pribadi seluruh dunia.

Meski begitu, Opera tetap punya pangsa besar untuk gadget seperti perangkat mobile seperti ponsel pintar, ponsel serta personal digital assistant.

Ada banyak edisi Opera yang bisa dipakai untuk perangkat yang menggunakan Blackberry, Maemo, Windows Mobile, Symbian, Android, Sistem operasi iPhone dan Java ME.

Ada sekitar 120 juta ponsel pintar yang sudah dipasarkan memakai browser Opera. Opera menjadi satu-satunya penjelajah web komersial yang tersedia untuk Nintendo DS serta Wii.

Baca Juga : Pengertian Browser – Sejarah, Fungsi, Cara Kerja, Fitur, Contoh

Sejarah Opera

Opera mulai dibuat di tahun 1994 sebagai proyek penelitian Telenor yakni perusahan telekomunikasi terbesar yang ada di Norwegia.

Di tahun 1995, Telanor bercabang menjadi perusahaan terpisah bernama Opera Software ASA. Untuk memanfaatkn kemunculan pasar perangkat genggam yang terhubung internet, projek untuk mengintegrasikan Opera ke platform perangkat mobile akhirnya dilakukan di tahun 1998.

Opera 4.0 yang dirilis tahun 2000 menampilkan core cross platform baru yang memfasilitasi pembuatan versi Opera untuk beberapa sistem operasi serta platform.

Hingga sekarang, Opera menjadi perangkat lunak uji coba serta harus dibeli sesudah masa percobaannya berakhir. Versi 5.0 yang juga dirilis pada tahun 2000 adalah versi trialware terakhir. Sesudah itu, Opera mendapat sponsor iklan sehingga akan menampilkan iklan untuk pengguna yang sudah membayarnya.

Versi Opera berikutnya memberikan pilihan pada pengguna untuk melihat iklan banner atau iklan teks yang ditargetkan dari Google. Di versi 8.5 yang rilis tahun 2005, iklan sudah dihapus semuanya dan dukungan finansial utama Opera datang dari Google.

Di versi 9.1 yang rilis tahun 2006, ada beberapa fitur baru yang diperkenalkan seperti pelindung penipuan atau fraud protection memakai teknologi dari GeoTrust.

Selain itu, ada juga fitur PhishTank serta penyedia sertifikat digital yakni organisasi yang dikenal bisa melacak situs web phising.

Fitur tersebut kemudian ditingkatkan serta dikembangkan pada versi 9.5 pada saat GeoTrust diganti Netcraft. Selain itu, perlindungan virus malware dari Haute Secure juga sudah ditambahkan.

Kemudian di tahun 2006, Opera dibuat serta dirilis untuk Nintendo DS serta Nintendo Wii. Opera untuk Wii disebut dengan Internet Channel yang rilis 12 April 2007 yang bebas diunduh hingga 30 Juni 2007.

Sesudah tanggal tersebut, pengguna harus membayar 500 Wii Points yakni sekitar 5 US$ untuk mengunduh. Di tanggal 2 September 2009, Opera kembali bisa diunduh gratis.

Pengguna yang sebelumnya sudah membayar untuk mengunduh akan ditawarkan permainan NES pilihannya dengan nilai yang sama.

Pada Nintendo DS Browser, Opera tidak gratis dan dijual sebagai physical DS game cartridge. Dsi mempunyai saluran internet yang bisa diunduh gratis dari toko DSI.

Mesin JavaScript yang disebut Carakan dinamai sesuai dengan aksara Jawa yang ditampilkan dalam versi 10.50. Menurut Opera Software, Carakan 7x lebih cepat di SunSpider dibandingkan dengan Opera 10.10 dengan Futhark di Windows.

Pernyataan tersebut juga dikonfirmasi pihak lain sesudah rilis resmi pra alpha di bulan Desember 2009. Selain itu, vector graphics library milik Opera bernama Vega juga diperkenalkan.

Ini berguna untuk menangani seluruh penerjemahan atau rendering browser. Ini memungkinkan penerjemahan kode platform yang spesifik supaya kode menjadi kode sesuai untuk Vega. Dengan begitu, akan lebih mudah untuk mengatur seluruh platform.

Baca Juga : Download Google Chrome 32 / 64-bit

Fitur Opera

1. Speed Dial

Ini merupakan fitur yang membuat pengguna bisa menambahkan sampai 25 link atau lebih yang akan ditampilkan dalam bentuk thumbnail pada halaman jika tab baru dibuka.

Thumbnail yang terhubung dengan halaman secara otomatis dihasilkan serta berfungsi untuk pengenalan visual di halaman speed dial atau bisa diubah memakai Opera Image Dial Generator. Sesudah diatur, fitur ini akan mempermudah pengguna dalam navigasi ke halaman web yang sudah dipilih.

2. Opera Widgets

Ini merupakan aplikasi web kecil yang ada di dalam Opera. Selain Widgets, User JavaScript bisa dipakai untuk menambah kustom JavaScript untuk halaman web.

Unduh Juga : Download Mozilla Firefox 32 / 64-bit

Kelebihan Opera

1. Resource Memory Kecil

Karena resource memory Opera kecil, maka jauh lebih ringan serta cepat ketika melakukan startup. Opera browser adalah salah satu browser dengan resources yang amat ringat.

Serupa dengan Google Chrome, Opera juga menawarkan pengalaman berinternet dengan proses startup yang cepat dan konsumsi memory lebih kecil jika dibandingkan dengan browser lain.

Opera sangat cocok diaplikasikan serta diinstall di komputer dengan spesifikasi rendah. Selain itu, Opera juga cocok untuk telepon genggam yang tidak memakai platform Java atau tidak memakai sistem operasi.

2. Support JavaScript dan RSS Feed

Untuk sebagian orang, membuka mode desktop pada browser handphone sangat penting. Untuk itu, Opera sangat cocok karena bisa menampilkan mode PC desktop tanpa kendala yang berarti.

3. Kecepatan Loading dan Render Lebih Cepat

Kelebihan Opera selanjutnya adalah kecepatan pengolahan situs, render serta loading yang cepat. Ini bisa dibandingkan dengan browser lain.

Opera adalah salah satu browser tercepat dan punya rating tertinggi dari segi utilitas serta fungsi dibandingkan dengan browser lain.

4. Navigasi Nyaman dan Mudah

Ketika memakai Opera, maka pengguna akan merasa nyaman ketika menjelajah web dengan fitur navigasi yang mudah dioperasikan serta nyaman untuk browsing.

5. Punya Fitur Keamanan Lengkap

Untuk pengguna yang memerlukan rasa aman ketika browsing serta surfing internet, maka bisa memakai Opera. Opera punya fitur keamanan termasuk proteksi virus serta malware yang juga punya manajemen data yang dapat diatur secara manual.

User nantinya bisa mengatur apakah akan loading semua halaman situs atau tidak memakai Opera. Ini juga dapat menjaga keamanan jaringan komputer atau laptop yang dipakai untuk browsing dan data yang berhubungan.

6. Manager Download

Ini adalah fitur untuk membantu mengelola unduhan serta untuk alat bantu unduh. Dengan begitu, pengguna bisa mendownload video yang sedang dilihat meski tidak ada tombol download pada situs yang dikunjungi.

7. Blokir Situs Lebih Mudah

Dengan menggunakan Opera, maka blokir situs juga bisa dilakukan lebih praktis dan mudah. Dengan menggunakan Opera, maka memblokir situs bisa dilakukan hanya dengan 1 kali klik kanan di halaman yang mau diblokir kemudian pilih block this page.

Baca Juga : Download Brave 32 / 64-bit untuk Windows

Kekurangan Opera

1. Mengonsumsi Banyak RAM

Salah satu kekurangan dari browser Opera adalah daya konsumsi RAM yang lumayan tinggi sehingga cukup menjadi kendala untuk beberapa handphone.

2. Belum Support Gambar Bergerak

Opera belum memiliki fitur gambar bergerak karena memang belum support.

3. Clipboard Terbatas

Ketika menggunakan Opera browser dan mau menyimpan beberapa teks dalam jumlah banyak, maka tidak bisa ditemukan. Ini disebabkan karena Opera hanya bisa menyimpan data yang disimpan terakhir saja.

Baca Juga : Download Vivaldi 32 / 64-bit untuk Komputer

Download Opera Browsers

Unduh Opera v84.0.4316.31 (Versi Terbaru)

Opera 64 bit (Offline Installer) / 80MBGoogle Drive
Opera 32 bit (Offline Installer) / 76MBGoogle Drive
Opera Semua Versi LengkapOfficial Link

Unduh Opera v82.0.4227.23 (Versi Lama)

Opera 82.0.4227.23 64bit (Standalone Installer) / 78MBGoogle Drive
Opera 82.0.4227.23 32bit (Standalone Installer) / 74MBGoogle Drive
Opera Setup (Online Installer)Google Drive
Sumber Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Opera_(peramban_web)
https://www.astalog.com/7819/apa-pengertian-browser-opera.htm
http://cetolkurus.blogspot.com/2018/08/pengertian-kelebihan-dan-kekurangan_24.html
https://www.isplbwiki.net/2018/05/18-kelebihan-dan-kekurangan-opera.html

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version