Pengertian Fashion : Sejarah, Fungsi, Manfaat, Ciri, Contoh, Perkembangan dan Tipe Gaya

Salam Kenal

Artikel Pilihan

Jika dilihat secara khusus, fashion bisa diartikan sebagai gaya berpakaian yang digunakan setiap hari oleh seseorang baik untuk kehidupan sehari hari atau pada acara tertentu.

Pengertian Fashion Secara Umum

Jika dilihat secara khusus, fashion bisa diartikan sebagai gaya yang dipakai seseorang setiap hari dalam kehidupann harian dan juga acara tertentu untuk menunjang penampilan.

Pengertian fashion lainnya adalah gaya berbusana populer di sebuah budaya atau disebut sebagai mode. Ada juga pendapat yang mengatakan jika fashion adalah gaya busana yang menentukan penampilan seseorang.

Kata fashion diambil dari bahasa Inggris yang bisa diartikan sebagai model, mode, cara gata atau kebiasaan. Fashion sendiri tidak hanya berhubungan dengan gaya berpakian namun juga dengan kosmetik, gaya aksesoris, rambut dan sebagainya.

Pengertian Fashion Stylist

Walau profesin sebagai fashion stylist sudah terkenal, akan tetapi masih banyak orang yang tidak mengetahui arti dari fashion stylist yang sebenarnya. Fashion stylist merupakan orang yang memiliki profesi sebagai perancang busana.

Pekerjaan ini bisa dikatakan memang menjanjikan tidak hanya dari segi keuntungan akan tetapi juga dengan popularitas. Ini semakin menjanjikan ketika klien yang dimiliki adalag public figure ternama yang tentunya bisa memberikan banyak keuntungan.

Sebagai fashion stylisy, ada hal dasar yang harus dikuasai yakni semua yang berhubungan dengan trend mode lengkap dengan perkembangan fashion tersebut. Seorang fashion stylist dituntut supaya dapat menciptakan tampilan serasi dan juga indah pada setiap konsumen. Contohnya ketika sedang membuat akan dilakukan mulai dari membuat pola sampai memilih corak, warna serta aksesoris yang sesuai.

Pengertian Fashion Secara Etimologi

Etimologi merupakan cabang ilmu lingustik yang secara khusus mempelajari serta mendalami asal usul suatu kata. Dari segi etimologi, fashion nyatanya belum masuk dalam daftar Kamus Besar Bahasa Indonesia sehingga istilah resmi yang digunakan adalah mode.

Mode memiliki arti yang bervariasi dalam menyebutkan sebuah benda atau gaya terbaru di masa tertentu. Mode meliputi cuku banyak hal dari mulai tata busana, potongan rambut, jenis perhiasan dan lain sebagainya.

Ini semua berhubungan dengan penampilan seseorang sehingga mode yang dipakai seseorang memang bisa menjadi cerminan dari pengguna itu sendiri. Selain itu, memilih barang serta gaya menyesuaikan kepribadian serta karakter memang sudah menjadi sifat alami dari manusia.

Pengertian Fashion Menurut Para Ahli

Penggunaan istilah biasanya ditujukan untuk mengekspresikan bentuk dari perkembangan zaman. Berikut adalah beberapa pengertian dari fashion menurut para ahli:

1. Menurut Pendapat Thomas Karlyle

Ia berpendapat jika pakaian merupakan lambang dari jiwa. Pakaian tidak bisa dipisahkan dari perkembangan sejarah budaya manusia dan juga kehidupan. Dengan kata lain, fashion juga bisa diartikan kulit dari segi sosial yang mengandung pesan serta cara hidup seseorang atau komunitas tertentu dan menjadi bagian kultur sosial.

Fashion juga berguna untuk memperlihatkan identitas pemakainya. Untuk itu, sangatlah wajar jika sekarang ini banyak orang yang sangat peduli dengan mode yang dikenakan. Ini disebabkan karena dianggap bisa memberikan dampak unutuk nilai diri sendiri di hadapan orang lain. Inilah yang menjadi alasan kenapa fashion sangat penting untuk perkembangan hidup manusia.

2. Menurut Pendapat Malcolm Barnard

Barnard mengatakan jika dilihat dari sisi etimologi, kata fashion sangat berkaitan dengan kata berbahasa Latin yakni Factio yang berarti Membuat. Untuk itu, fashion bisa diartikan aktivitas yang sedang dilakukan seseorang.

Akan sekarang ini maknanya sudah semakin dipersempit. Sekarang, fashion lebih mengarah ke sebuah mode yang digunakan seseorang atau kelompok seperti busana lengkap dengan perhiasaannya meski sebetulnya fashion memiliki arti sebuah bentuk jenis, tindakan atau tata cara.

Sejarah Fashion

Dari sejarah perkembangannya, fashion adalah lambang dari peristiwa fase perubahan budaya sebuah kelompok. Fashion juga bisa dijadikan tolak ukur untuk menentukan status sosial dan lainnya.

Di awal tahun 1000 Masehi, fashion di Eropa memiliki gaya klasik dengan ciri khas baju berukuran besar. Ini berhubungan dengan adat serta budaya Eropa di masa tersebut yang menjunjung tinggi nilai kesopanan.

Sementara di zaman modern, hampir seluruh bangsa serta negara sedang berlomba untuk menciptakan trend. Biasanya setiap negara mempunyai ciri khas, persepsi serta pandngan berbeda tentang fashion. Ini menyebabkan perkembangan dari desain fashion juga semakin tidak terbatas. Berikut adalah sejarah fashion dari tahun ke tahun selengkapnya:

1. Abad 700 Hingga 1000 SM

Jika dilihat secara historis semenjak 700 hingga 1000 SM, tekstil serta kain sudah didokumentasikan sebagai salah satu dari produk penting yang diperdagangkan antar bangsa bangsa serta kerajaan Asia Tenggara.

Contohnya seperti Kerajaan Sriwijaya yang memperdagangkan sumber daya alam untuk ditukar dengan gerabah dan sutra dari China dan menukarkan dengan kapas pada India.

Melihat sejarah fashion di Indonesia tidak akan lepas dari kebaya dan batik. Keduanya juga sekarang sedang berusaha untuk mempopulerkan kembali dengan banyak modifikasi desainer terkenal tanah air.

2. Abad ke-15 atau Abad ke-16 Masehi

Di masa ini, kebaya sudah digunakan oleh wanita Indonesia. Kata kebaya sendiri juga bisa diartikan sebagai jenis pakaian blouse atau atasan. Lombard mengatakan dalam bukunya berjudul Silang Budaya jika kebaya diambil dari bahasa Arab yakni kaba yang berarti pakaian dan diperkenalkan lewat bahasa Portugis pada saat mendarat di Asia Tenggara.

Argumen dari Lombard ini tentunya bisa diterima khususnya lewat analog penelusuran linguistik yang hingga sekarang masih dikenal dengan nama abaya yang bisa diartikan sebagai tunik panjang khas Arab.

3. Abad ke-17

Batik dikenal mulai abad ke-17 yang dilukis di daun lontar. Ketika itu, pola atau motif batik masih didominasi bentuk tanaman serta binatang. Akan tetapi pada sejarah perkembangan juga muncul corak lukisan tanaman serta binatang yang kemudian beralih menjadi motif abstrak berbentuk awan, relief candi, wayang beber dan lain sebagainya.

Kemudian lewat penggabungan corak lukisan dengan seni dekorasi pakaian muncul juga seni batik tulis seperti yang kita lihat sekarang ini.

4. Abad ke-18

Sampai pertengahan abad ke-18, terdapat 2 jenis kebaya yang banyak dikenakan. Pertama adalah kebaya encim yakni busana perempuan Cina keturunan Indonesia serta kebaya Putu Baru yang bergaya tunik pendek berwarna dan bermotif indah.

5. Abad ke-19

Di abad ke-19. Kebaya dipakai semua kelas sosial untuk kegiatan setiap hari baik oleh perempuan Jawa atau wanita peranakan Belanda. Bahkan, kebaya juga sempat dijadikan busana wajib untuk wanita Belanda yang sedang hijrah ke Indonesia.

Fungsi Fashion

Untuk sekarang ini, fashion tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup harian akan tetapi juga sudah menjadi gaya hidup. Ini berkaitan dengan posisi wanita sekarang yang berperan kompleks pada kehidupan masyarakat.

Dulu, aktivitas wanita hanya di sekitar rumah sehingga tidak butuh terlalu banyak fashion. Akan tetapi wanita sekarang ini punya peran lebih penting di kehidupan keluarga serta sosial.

Wanita tidak lagi identik dengan dapur dan rumah namun juga ikut dalam membantu perekonomian keluarga dengan bekerja sebagai pebisnis dan wanita karir. Dari sini, fashion muncul untuk menunjang berbagai karir, kebutuhan harian dan pekerjaan. Wanita sekarang sudah bisa berpenampilan trendy serta modis sesuai karakter dan kepribadian sendiri.

Manfaat Fashion

Fashion tidak hanya sebagai identitas diri namun juga memiliki banyak manfaat di dalam kehidupan. Berikut adalah beberapa manfaat dari fashion untuk kehidupan sehari-hari:

1. Memberikan Rasa Percaya Diri

Manfaat fashion yang pertama adalah untuk memberikan rasa percaya diri. Secara psikologis, wanita dengan penampilan menarik serta nyaman mempunyai rasa percaya diri yang lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang kurang menarik. Rasa percaya diri tersebut nantinya bisa memberikan semangat untuk beraktivitas atau melakukan sesuatu.

2. Memberikan Daya Tarik

Memakai pakaian serta berpenampilan menarik juga dapat memberi daya tarik tersendiri yang memikat. Ditambah lagi jika ditunjang dengan sikap sopan dan ramah, maka aura menarik akan muncul yang membuat orang lain merasa lebih nyaman ketika berbicara atau berada dekat dengan orang tersebut.

3. Memberikan Rasa Bahagia

Memanjakan diri sendiri tidak hanya bisa dilakukan dengan berbelanja pakaian serta barang yang baru. Rasa puas juga bisa didapat dengan memakai fashion yang menjadi pusat perhatian sehingga memberikan rasa bahagia.

Ciri Serta Contoh Khas Fashion

Salah satu contoh dari ciri khas fashion Indonesia adalah batik. Desainer busana di dalam negeri sekarang ini sudah banyak mengembangkan karya fashion batik sehingga lebih terlihat modern serta tidak monoton.

Contohnya seperti sebagian batik yang bisa dipakai orang tua untuk acara tertentu. Ada juga batik yang bisa dipakai remaja bahkan untuk santai karena tidak terlihat terlalu formal. Kaerna zaman yang semakin berkembang, maka batik ada banyak macam model serta dapat dikombinasikan dengan pakaian lain. Contohnya bisa dikombinasikan dengan jeans.

Perkembangan Fashion

Perkembangan fashion di tanah air dipengaruhi dengan budaya Asia dan Eropa khususnya busana Korea sekarang ini. Fashion Indonsia sudah berkembang dengan sangat baik di dalam sejarah. Dimulai dari munculnya Non Kawilarang serta Peter Sie di tahun 1960, dunia mode Indonesia sudah menunjukkan potensi serta bakat yang sangat luar biasa.

Pada perkembangan fashion Indonesia di awal lebih meniru gaya barat baik dari segi desain atau bahan. Dari segi usia, orang tua Indonesia biasanya lebih nyaman memakai kostum tradisional seperti kebaya khususnya ketika sedang menghadiri acara khusus. Hal ini berbeda dengan anak muda yang lebih senang memakai mode gaya barat atau Korea. Semenjak itu, busana tradisional secara harmonis terus berkembang sama bagusnya dengnan desain barat sampai sekarang.

Faktor yang Mempengaruhi Fashion

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi fashion di tanah air yakni media massa, dunia entertainment, internet, bisnis dan musik.

1. Media Massa

Semua orang tidak bisa terhindar dari dampak pengaruh media massa termasuk dalam menyebarkan perkembangan fashion terbaru. Dengan adanya media massa, fashion di seluruh dunia bisa diupdate dengan mudah sehingga trend yang sedang berkembang tersebut bisa diikuti. Media massa seperti bertugas mensosialisasikan fashion ke masyarakat seperti contohnya mode barat yang sekarang ini banyak mempengaruhi anak muda Indonesia.

2. Dunia Entertainment

Faktor yang mempengaruhi perkembangan fashion di Indonesia berikutnya adalah dunia entertainment. Selebritas selalu muncul di banyak media serta menjadi idola terus berganti mode busana mengikuti trend fashion saat itu.

Ini menyebabkan masyarakat juga mengikuti mode fashion dari para selebriti. Ini seperti sudah menjadi hukum alam dimana idola yang mengikuti trend fashion tertentu akan menjadi trendsetter serta diikuti penggemarnya.

3. Media Internet

Tanda disadari, media internet juga merupakan faktor penyebaran trend fashion khususnya sekarang ini. Informasi tentang trend fashion terbaru akan semakin cepat menyebar di masyarakat lewat internet.

Selain itu, penyedia busana secara online juga turut andil menyediakan banyak busana yang selalu mengikuti trend fashion. Dengan begitu, mau tidak mau masyarakat juga akan mengikuti trend fashion terbaru.

4. Dunia Bisnis

Dunia bisnis juga menjadi faktor dari perkembangan trend fashion termasuk di dalam negeri. Ini disebabkan permintaan di pasar yang berhubungan dengan trend fashion juga ikut berkembang.

Untuk mendapatkan keuntungan, para penjual juga berlomba memanfaatkan trend fashion untuk menarik minat pembeli. Dengan menambahkan imajinasi merancang busana, trend fashion tentunya bisa berkembang luas.

5. Dunia Musik

Faktor yang mempengaruhi dunia fashion selanjutnya adalah dunia musik. Seperti sekarang ini, dunia musik sedang terkena wabah boyband dan girlband. Boyband dan girlband sekarang ini mengikuti trend fashion dari Jepang dan juga Korea.

Dengan begitu, mau tidak mau penggemar juga mengikuti trend fashion idola masing masing. Sekarang ini bisa dilihat banyak busana yang menyerupai style dari orang Jepang dan Korea. Ini bisa terjadi karena kemunculan boyband dan girlband di dunia musik tanah air.

Tipe Gaya Fashion

Ada banyak jenis dan tipe fashion yang mencirikan penampilan seseorang. Jika dilihat menyeluruh, gaya fashion bertumpu ke karakter seseorang atau teman khusus dari cara berpakaiannya. Berikut adalah beberapa tipe dari gaya fashion yang banyak digunakan sekarang ini:

1. Gaya Casual

Tipe fashion yang pertama adalah casual yang memiliki banyak penggemar di tanah air sebab mudah digunakan untuk sehari-hari. Semua orang bisa menggunakan gaya fashion ini karena tergolong murah, simple dan lebih mengutamakan kenyamanan.

2. Gaya Seksi

Gaya fashion seksi juga banyak disukai orang Indonesia dan bahkan menjadi tren tersendiri untuk wanita yang memiliki kelas. Memiliki penampilan yang seksi dianggap bisa menggoda lawan jenis atau pria.

3. Gaya Romantis

Gaya fashion yang satu ini sering diidentikkan dengan semua warna yang berhubungan dengan pink. Akan tetapi, gaya romantis tidak harus selalu menggunakan warna pink. Gaya ini hanya ingin memperlihatkan garapan romantis dan tidak selalu diwakili warna pink.

4. Gaya Glamour

Gaya fashion berikutnya adalah gaya glamour yang juga terkenal di Indonesia bahkan identik dengan gaya fashion tanah air. Ini disebabkan karena gaya fashion ini bisa menunjukkan status derajat seseorang. Gaya ini biasanya sangat diidamkan orang Indonesia khususnya untuk wanita.

5. Gaya Flamboyan

Gaya fashion berikutnya yang banyak digunakan adalah gaya flamboyan. Untuk seseorang yang senang dengan warna cerah dan padupadan warna, maka gaya fashion yang satu ini sangat cocok untuk digunakan.

6. Gaya Eksotis

Jika membahas tentang gaya fashion yang satu ini, maka sangat erat kaitannya dengan baju yang terlihat unik dari segi desain serta coraknya. Dengan begitu, gaya fashion yang satu ini akan memberikan kesan yang misterius untuk orang yang melihatnya.

7.  Gaya Klasik

Gaya fashion klasik juga banyak disukai wanita Indonesia. Biasanya, gaya ini dipakai untuk memperoleh kesan foto vintage atau elegan sekaligus cantik.

8. Gaya Chic

Gaya fashion berikutnya yang juga banyak digemari adalah gaya chic. Gaya ini sangat populer karena sangat mudah diikuti serta simple. Umumnya ada banyak wanita yang mau terlihat trend serta fashionable untuk berkegiatan sehari-hari terutama ketika menghadiri acara tertentu seringkali menggunakan gaya fashion yang satu ini.

9. Gaya Arty

Gaya fashion yang banyak digunakan berikutnya adalah gaya arty yang juga banyak digunakan wanita Indonesia. Ada persamaan antara gaya arty dengan gaya bohemian yakni memakai sisi artistic yang menyukai semua hal berhubungan dengan art.  

Sumber Referensi

http://www.pengertianku.net/2015/11/definisi-atau-pengertian-fashion-secara-umum.html
https://veradamayanti.weebly.com/pengertian-fashion.html
https://adalah.co.id/fashion/
https://jagad.id/pengertian-fashion-stylist-secara-umum-dan-menurut-para-ahli/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis