25 C
Semarang
Saturday, August 20, 2022

Pengertian Visi – Syarat, Manfaat, Kegunaan dan Contoh

Salam Kenal

Artikel Pilihan

Saat mendirikan sebuah perusahaan, organisasi atau universitas, maka pendiri umumnya akan menggagas tujuan atau impian yang mau dicapai. Tidak hanya tujuan, biasanya juga ada gagasan tentang target jangka panjang atau jangka pendek.

Agar bisa diwujudkan, maka harus ada gagasan tertulis pada sebuah sistem manajemen. Visi dan misi termasuk ke dalam bentuk gagasan atau pedoman tertulis tersebut.

Visi dan misi harus tertuang dalam bentuk tulisan agar semua pihak mengetahui apa yang menjadi tujuan dari perusahaan, organisasi atau instansi.

Pengertian Visi

Visi adalah rangkaian kata yang memperlihatkan cita-cita, impian atau nilai inti suatu perusahaan, organisasi atau instansi. Visi adalah tujuan masa depan dari suatu perusahaan, organisasi atau instansi tersebut.

Visi juga merupakan pikiran yang ada di dalam benak pendiri. Berbagai pikiran itu merupakan gambaran tentang masa depan yang mau dicapai. Visi juga merupakan pandangan tentang arah suatu manajemen. Jika dirangkum, maka berikut adalah pengertian dari visi:

  • Visi merupakan tulisan yang menyatakan cita-cita dari instansi, perusahaan atau organisasi di masa depan.
  • Visi merrupakan tulisan singkat, jelas dan fokus tentang tujuan utama dari didirikannya sebuah instansi, perusahaan atau organisasi.

Pembuatan strategi yang efektif diawali dari suatu visi. Visi merupakan konsep bisnis yang berorientasi ke masa depan. Membentuk visi yang strategis merupakan latihan untuk memikirkan ke mana perusahaan harus menuju sehingga bisa menjadi sukses.

Visi merupakan gambaran mental mengenai kemungkinan serta kondisi masa depan perusahaan yang diharapkan bisa terjadi di masa depan.

Syarat-syarat Visi

Ada beberapa syarat yang harus terpenuhi dalam sebuah visi. Berikut beberapa diantaranya:

  • Berorientasi di masa depan.
  • Sebagai wujud dari ekspresi kreativitas.
  • Tidak berdasar ke kondisi saat itu.
  • Berdasar ke prinsip serta nilai yang mengandung penghargaan pada masyarakat.

Manfaat Visi

  • Menjadi media untuk menjembatani kondisi dari suatu organisasi sekarang ini dan pada masa depan.
  • Untuk meningkatkan standar kerja yang jauh lebih baik.
  • Untuk menumbuhkan rasa memiliki pada suatu organisasi.
  • Untuk menumbuhkan serta meningkatkan tanggung jawab serta etos kerja karyawan.

Kegunaan Visi Perusahaan

Visi dan juga misi perusahaan menjadi hal yang sangat penting dan biasanya sudah ditetapkan sejak awal oleh perusahaan tersebut. Bahkan sebelum suatu perusahaan beroperasi, visi dan misi sudah ditentukan pemilik perusahaan. Berikut adalah kegunaan dari visi sebuah perusahaan:

1. Memberi Standar Kerja

Salah satu kegunaan dari visi perusahaan adalah untuk memberi standar kerja. Standar kerja tersebut berlaku untuk tenaga kerja dan karyawan yang bekerja di dalam perusahaan tersebut.

Dengan adanya standar kerja tersebut, maka semua karyawan bisa bekerja dengan optimal dan hasil yang diperoleh juga semakin baik.

2. Meningkatkan Produktivitas serta Kinerja

Visi yang dimiliki suatu perusahaan bisa memberikan motvasi yang nantinya akan membuat karyawan semakin produktif. Ini juga didorong dengan semangat atau motivasi untuk karyawan sehingga semakin ingin mencapai tujuan dari perusahaan.

Produktivitas serta kinerja karyawan nantinya akan meningkat sehingga visi perusahaan dapat dijalankan dengan lancar dan sesuai dengan harapan.

3. Menjadi Acuan Perusahaan

Ketika suatu perusahaan didirikan, maka tentunya memakai sebuah acuan. Dengan kata lain, acuan yang dipakai perusahaan menjadi landasan atau sebagai tonggak untuk perkembangan bisnis.

Acuan yang sudah ditetapkan perusahaan bisa dijadikan seperrti pegangan untuk perusahaan supaya bisa berkembang. Dengan begitu, perusahaan tidak akan hilang arah dan semua kegiatannya disesuaikan dengan yang sudah ditetapkan sebagai acuan.

4. Menjadi Pedoman Kerja Karyawan

Selain dijadikan sebagai acuan suatu perusahaan, visi perusahaan juga bisa dijadikan sebagai pedoman. Dalam hal ini, visi perusahaan menjadi suatu pedoman untuk karyawan yang bekerja pada perusahaan. Hal ini nantinya bisa membuat karyawan semakin yakin ketika melakukan pekerjaan karena adanya pedoman tersebut.

5. Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Tidak hanya kinerja serta produktivitas yang akan meningkat dengan ditetapkannya suatu visi. Namun untuk kedepannya, loyalitas karyawan juga bisa meningkat.

Loyalitas yang meningkat nantinya membuat karyawan berusaha bekerja semaksimal mungkin. Dengan begitu, visi dari perusahaan bisa dicapai dengan jauh lebih mudah.

6. Berpengaruh Dalam Pengambilan Keputusan

Pada dasarnya, semua hal yang dilakukan perusahaan tidak akan menyimpang jauh dari tujuan yang telah ditetapkan. Demikian juga dengan visi perusahaan yang akan berpengaruh pada perusahaan ketika mengambil keputusan.

Pengambilan keputusan bisa dilakukan untuk mencapai visi yang sudah ditetapkan.

7. Memastikan Tujuan Dasar

Kegunaan visi pada perusahaan berikutnya adalah untuk dijadikan tujuan dasar sebuah perusahaan. Dengan tujuan dasar tersebut, maka kegiatan perusahaan bisa semakin mudah dilakukan.

Ini disebabkan karena kegiatan perusahaan yang dilakukan karyawan sudah memiliki arah serta pandang yang jelas.

Cara Membuat Visi Perusahaan yang Efektif

Pernyataan visi dari kebanyakan perusahaan memperlihatkan jika umumnya mereka akan dengan jelas mengkomunikasikan maksud dari manajemen. Meski begitu, beberapa diantaranya ada yang tidak memberi inspirasi.

Pernyataan visi dari beberapa perusahaan diisi dengan kata abstrak yang bagus namun sebenarnya tidak ada arah yang jelas. Pernyataan visi tersebut gagal untuk menjelaskan sesuatu yang spesifik dan benar-benar mengandung makna. Contohnya seperti kalimat “menjadi pemimpin global”.

Beberapa pernyataan visi yang mencolok juga kurang mengandung identitas khas. Untuk itu, manajemen organisasi harus berhati-hati ketika mengembangkan pernyataan dari visi.

Semua pemangku kepentingan juga harus terlibat ketika mengembangkan visi perusahaan. Tujuannya adalah untuk memastikan pernyataan sudah disusun dengan efektif.

Suatu visi yang efektif harus mengandung beberapa karakteristik berikut supaya bisa berfungsi sebagai alat manajemen untuk memberikan arah pada perusahaan:

  • Grafik: Visi harus bisa memberikan gambaran yang bisa mengungkapkan ke arah mana tujuan perusahaan serta juga bisa menunjukkan posisi pasar dengan jelas.
  • Arahan: Bisa memberikan arahan jelas untuk manajer serta karyawan dan juga memberi gambaran masa depan dari perusahaan tersebut.
  • Terfokus: Secara khusus bisa memandu manajer untuk mengambil keputusan serta mengalokasikan sumber daya perusahaan tersebut.
  • Fleksibel: Harus fleksibel sehingga dengan perubahan teknologi atau produk atau pasar, visi tersebut juga bisa diubah mengikuti perubahan dari situasi yang terjadi.
  • Layak: Visi harus bisa memberi gambaran harapan masa depan yang bisa dicapai tidak hanya mengeja harapan untuk bercerita tentang harapan tersebut.
  • Diinginkan: Visi harus bisa menunjukkan kenapa jalan yang dipilih tersebut masuk akal untuk bisnis yang baik.
  • Mudah untuk dikomunikasikan: Visi harus dirumuskan dengan baik sehingga bisa dikomunikasikan dengan mudah ke para pemangku kepentingan khususnya karyawan, pemegang saham, pengelola serta pada pelanggan.

Contoh Visi

  • Contoh visi organisasi: Mewujudkan generasi muda yang mandiri, tangguh, berakhlak mulia serta terampil.
  • Contoh visi Kemenristekdikti: Terwujudnya pendidikan tinggi yang bermutu dan kemampuan iptek serta inovasi untuk mendukung daya saing bangsa.
  • Contoh visi Indosatooredo: Menjadi perusahaan telekomunikasi terdepan di Indonesia.
  • Contoh visi Universitas Indonesia: Mewujudkan Universitas Indonesia menjadi PTN BH mandiri serta unggul dan bisa menyelesaikan masalah serta tantangan di tingkat nasional atau global menuju ungulan di Asia Tenggara.
  • Contoh visi menikah: Menciptakan rumah tangga yang sakinnah, mawaddah dan warrahmah.
Sumber Referensi

https://salamadian.com/pengertian-contoh-perbedaan-visi-dan-misi/
https://www.jojonomic.com/blog/visi-dan-misi/
https://belajarekonomi.com/visi/
https://www.maxmanroe.com/vid/organisasi/pengertian-visi-dan-misi.html
https://www.gurupendidikan.co.id/visi-dan-misi/
https://duniapendidikan.co.id/visi-dan-misi/

Salam kenal dari Adam Muiz !
Support mencapai 1000 Subscriber yuk
😁 Terimakasih
Follow Adam Muiz on WordPress.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis