Pengertian Pilot – Syarat, Tugas, Ketentuan, Jenjang Karir dan Gaji

Salam Kenal

Artikel Pilihan

Pilot atau juru terbang merupakan untuk seseorang yang mengawaki atau mengemudikan pesawat terbang. Sebagai salah satu bentuk profesi yang menuntut skill atau keahlian mengemudikan pesawat terbang, pilot sebelumnya harus menempuh ujian resmi yang diadakan sekolah penerbang serta otoritas penerbangan.

Apabila sudah dinyatakan lulus ujian, maka pilot akan memperoleh sertifikasi terbang atau ijazah penerbang yakni surat pengakuan kemampuan pilot untuk menerbangkan pesawat dengan ukuran atau tipe tertentu.

Pengertian Pilot

Pilot adalah penamaan untuk orang yang mengemudikan pesawat. Dari Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 Pasal 53 ayat 1 dikatakan jika seriap orang dilarang menerbangkan atau mengoperasikan pesawat udara yang bisa membahayakan keselamatan pesawat udara.

Pilot memiliki tanggung jawab yang besar dalam pekerjaannya sehingga tidak sembarang orang bisa memiliki lisensi. Di dalam sekolah penerbangan, selain kemampuan teknis, calon pilot juga harus mengetahui etika profesi pilot.

Syarat Menjadi Pilot

Syarat menjadi seorang pilot yang paling utama adalah mengikuti pendidikan pilot lebih dulu. Pendidikan tersebut bisa dilakukan siapa saja asalkan sudah memenuhi persyaratan serta telah lolos seleksi.

Selain itu, ada persyaratan tinggi lain yang juga harus terpenuhi untuk menjadi seorang pilot, seperti:

  • Tinggi badan setidaknya 160 cm.
  • Mempunyai kondisi fisik yang sehat.
  • Tidak buta warna.
  • Punya kemampuan bahasa Inggris yang baik.
  • Pesawat tebang bisa diterbangkan pilot yang sudah punya sertifikasi piqsels.
  • Pesawat terbang bisa diterbangkan pilot yang sudah punya sertifikasi.

Untuk jurusan yang bisa diambil ketika ingin menekuni profesi ini diantaranya adalah Keselamatan Penerbangan, Teknik Penerbangan serta Manajemen Penerbangan.

Tugas Pilot

1. Menerbangkan Pesawat

Tugas pilot yang pertama adalah menerbangkan pesawat. Keselamatan pesawat sudah menjadi tanggung jawab dari pilot sebab sudah menjadi tugas pilot untuk menerbangkan pesawat dengan profesional dengan memperhatikan cuaca dan teknik penerbangan.

2. Menjaga Keselamatan Penumpang

Tidak hanya mahir menerbangkan pesawat, namun pilot juga harus memiliki tanggung jawab serta menjamin seluruh penumpang yang menaiki pesawat tersebut tiba di tempat tujuan dengan selamat.

Sebetulnya, ini adalah tugas yang dikhususkan untuk pilot komersial yang bekerja di maskapai penerbangan serta menerbangkan pesawat untuk dibayar.

Selain itu, pilot juga harus memastikan jika penumpang tersebut juga merasa nyaman selama perjalanan.

3. Menjaga Kesehatan Diri Dengan Baik

Hampir seluruh profesi yang bergerak dalam bidang jasa punya tanggung jawab terbesar untuk para konsumen. Akan tetapi, pilot juga tidak boleh melupakan kesehatan diri sendiri.

Ini sudah menjadi tanggung jawab bagi semua orang termasuk juga pilot. Ini disebabkan karena ketika sedang bertugas, kondisi tubuh pilot harus dalam kondisi yang baik. Jika kondisi tubuh tidak sehat, maka akan berpengaruh pada penerbangan serta keselamatan penumpang.

Ketentuan Profesi Pilot

Indonesia sendiri sudah menerapkan batasan jam terbang pilot yang tertuang pada Peraturan Menteri Perhubungan No.28 Tahun 2013.

Di dalam bagianlampiran Permen tersebut dikatakan jika seorang pilot serta kopilot dilarang terbang berturut-turut lebih dari 9 jam dalam 1 hari.

Maskapai juga harus memperhatikan variabel durasi kerja pilot dalam kurun waktu yang lainnya. Variabel inni tidak boleh lebih dari 1.050 jam tahun kalender, lebih dari 110 jam dalam bulan kalender serta lebih dari 30 jam dalam 7 hari berturut-turut.

Pilot bisa bekerja pada Maskapai penerbangan atau Pesawat Komersial, Helikopter untuk menyalurkan informasi serta barang atau pesawat kecil.

Berbeda dengan pengemudi moda transportasi lain, pilot terikat dengan aturan yang lebih spesifik. Kondisi kebugaran dari pilot bahkan sudah diatur pada International Civil Aviation Organization yang disingkat ICAO Council serta diterapkan pada International Standard and Recommended Practices atau yang biasa disebut SARPs. ICAO menekankan jika kondisi penerbang atau pilot sangat pentin yakni harus bebas dari kelelahan.

Jenjang Karir Pilot

Pilot pesawat adalah salah satu profesi yang banyak diminati. Berikut adalah jenjang karir pilot dari yang paling mendasar:

1. Second Officer

Jenjang karir pilot yang pertama adalah second officer. Untuk pilot pemula yang baru lulus sekolah pilot, maka pengalaman yang dimiliki juga masih sangat sedikit.

Maskapai penerbangan tidak akan langsung memberi jam terbang berlebihan untuk lulusan baru sebab tidak mau mengambil risiko yang kemungkinan dapat terjadi.

Umumnya, second officer hanya diperkenankan membawa pesawat kecil dan masih didampingi oleh kapten.

2. First Officer

First officer sudah diperbolehkan untuk mengemudikan pesawat namun masih didampingi kapten. Umumnya, first officer akan membantu kapten untuk mengendalikan laju pesawat dalam urusan navigasi.

Terkadang, first officer juga akan menggantikan posisi kapten ketika kapten sedang berhalangan. Beberapa syarat yang harus dimiliki first officer adalah punya lisensi ATPL serta ME lebih dulu.

3. Captain

Kapten atau dalam bahasa Inggris disebut dengan captain adalah jenjang karir tertinggi untuk pilot. Kapten pilot memiliki tugas mengawasi FO pada saat sedang menerbangkan pesawat. Kapten juga memiliki tanggung jawab pada semua yang terjadi selama penerbangan.

Kode Sandi Pilot

1. Doors To Arrival

Kode sandi pertama yakni Doors To Arrical yakni instruksi bersifat kritis atau darurat yang ditujukan untuk pramugara atau pramugari untuk bersiap karena pesawat akan mendarat.

Tujuan dari kata sandi ini adalah supaya para awak kabin segera menonaktifkan sistem perosotan darurat yang menempel pada pintu agar tidak mengembang di gate.

Apabila sistem perosotan darurat tidak dinonaktifkan, maka secara otomatis akan mengembang ketika pintu dibuka.

2. Crosscheck

Kata sandi kedua ini dipakai pilot serta awak kabin yang menandakan jika mereka harus memeriksa tugas rekan lainnya. Di dalam kabin, pramugari atau pramugara akan saling memeriksa apakah tugas sudah dilakukan.

Contohnya untuk memastikan pintu darurat diaktifkan atau dinonaktifkan sesuai kebutuhan.

3. All Call

All call merupaan permintaan langsung untuk setiap awak kabin supaya melaporkan lewat interkom dari pos masing-masing.

4. Flight Deck

Flight deck merupakan kata sandi berikutnya yakni sinonim dari kokpit atau kabin tempat pilot serta kopilot berada.

5. Final Approach

Final approach merupakan kata sandi pada saat mendekat ke landasan pacu untuk mendarat, ketika mencapai bagian lurus di jalur pendaratan atau ada sejajar dengan garis tengah landas pacu yang tidak memerlukan manuver tambahan.

6. Direct Flight

Direct flight atau penerbangan langsung berbeda dengan non stop flight yang sama sekali tidak berhenti, dari lepas landas sampai tujuan akhir.

Penerbangan langsung berarti penerbangan dengan rute yanng tidak berubah akan tetapi tetap mungkin pesawat akan berhenti untuk melakukan transit penumpang.

Gaji Pilot

Dari berbagai sumber dikatakan jika gaji pilot per bulan berada di angka 30 sampai 50 juta. Akan tetapi, gaji pilot per bulan tersebut akan tergantung dari jenis pesawat yang diterbangkan serta jumlah jam terbang yang sudah ditempuh.

Sumber Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Pilot
https://www.gramedia.com/literasi/pilot/
https://www.futuready.com/artikel/travel/ini-pekerjaan-utama-pilot-pesawat-yang-belum-banyak-diketehui/
https://adjar.grid.id/read/543060336/profesi-pilot-syarat-tugas-prospek-kerja-jenjang-karier-dan-gaji?page=all

Salam kenal dari Adam Muiz !
Support mencapai 10K Subscriber yuk
😁 Terimakasih
Follow Adam Muiz on WordPress.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis