Pengertian Pinterest : Sejarah, Fitur, Manfaat, Cara Menggunakan, Contoh Kelebihan dan Kekurangan

0
164

Salah satu jejaring sosial media yang bagus untuk diikuti adalah Pinterest. Dimulai dari tahun 2010, Pinterest memberikan penawaran konsep yang unik serta berbeda dari layanan jejaring sosial lain. Anda nantinya bisa dengan bebas mengoleksi serta berbagi foto tanpa limit. Selain itu, foto yang dibagikan juga tidak hanya foto yang diunggah namun juga foto pengguna lainnya serta dari situs lain.

Untuk Twitter dan Facebook digunakan untuk membuat status singkat memakai tulisan pendek. Sedangkan untuk Pinterest, momen yang dibagikan berbentuk foto dan dinamakan dengan Pin. Sementara untuk koleksi terbaiknya dinamakan dengan Board. Bisa dikatakan jika Pinterest merupakan Instagram namun dalam versi yang jauh lebih kompleks.

Pengertian Pinterest

Pinterest adalah virtual pinboard yang membuat pengguna bisa membuat album atau koleksi foto. Yang unik dari Pinterest adalah koleksi atau album bisa dibuat dari unggahan sendiri atau kumpulan foto pengguna lain yang bisa ditemukan pada Pinterest.

Media sosial Pinterest bisa dipakai pada perangkat PC atau ponsel. Karena fleksibel, maka membuat Pinterest sangat populer digunakan dan sudah banyak penggunanya tidak kalah dengan sosial media lain. Sama seperti sosial media lain, di Pinterest juga memiliki lingo atau beberapa istilah yang harus dimengerti. Beberapa istilah tersebut diantaranya adalah:

  • Pin: Konten visual yang dibagikan pada Pinterest.
  • Pinning: Mengunggah, membagikan atau menambah konten visual ke Pinterest.
  • Repin: Membagikan pin milik pengguna lainnya.
  • Pinboard atau board: Halaman atau area pin atau repin akan digabungkan. Umumnya akan ditampilkan menyesuaikan dengan tema yang sudah diatur pengguna.
  • Pinner: Para pengguna Pinterest.

Sejarah Pinterest

Untuk pertama kalinya, Pinterest didirikan Ben Silbermann, Evam Sharp dan Paul Sciarra yakni di bulan Desember 2009. Setahun kemudian, penggunaan Pinterest hanya terbatas untuk kalangan tertentu atau masuk ke fase beta tertutup. Selanjutnya di bulan September, Pinterest sudah memiliki pengguna sekitar 10 ribu orang.

Aplikasi berbasis iOS kemudian dihadirkan Ben di Maret 2011 sehingga popularitasnya semakin meningkat. Kemudian di April 2012, Pinterest secara resmi membuang sistem undangan untuk anggota baru yang tentu sangat ditunggu para penggunanya. Secara singkat, Pinterest kemudian semakin berkembang dan mendapat posisi ketiga sesudah Facebook dan Twitter sebagai jejaring sosial paling besar di Amerika Serikat.

Pinterest yang memiliki markas di San Fansisco, California, Amerika Serikat lalu memperoleh dana $225 juta di tahun 2012. Ini kemudian membuat nilai situs juga meningkat sekitar $3.8 miliar. Selanjutnya, ekspensasi dilakukan dengan membeli Hackermeter, Livestar dan juga Hike Labs.

Walau layanan serta fitur yang ada pada Pinterest berfungsi sama seperti berjejaring dengan pengguna yang lainnya, akan tetapi Ben memberi gambaran Pinterest sebagai sebuah catalog of ideas dan bukan jejaring sosial wawancara dengan Fortune.

Fitur Pinterest

1. Koleksi Serta Berbagi Foto

Salah satu fitur utama Pinterest yang bisa anda gunakan adalah berbagi foto yang disebut dengan Pin. Berbagai foto tersebut akan dikumpulkan berdasarkan kategorinya. Contohnya seperti desain, gaya hidup, dekorasi, masakan, kesehatan dan sebagainya. Berbagai kategori ini disebut dengan nama Board dalam Pinterest. Board sendiri tidak hanya bisa diisi dengan foto unggahan pribadi namun juga Pin yang diunggah pengguna lain.

Pinterest juga dijadikan sebagai tempat kumpulan koleksi foto yang berasal dari situs tertentu. Dengan menggunakan ekstensi BrowserButton, maka para pengguna bisa mengumpulkan foto yang disukai dari situs tertentu dan dibagikan kembali untuk pengguna Pinterest lain.

Baca Juga :  Software Programming : Definisi, Manfaat, dan Contohnya

2. Pesan

Fitur kedua di Pinterest yang bisa digunakan adalah Pesan. Untuk fungsinya sendiri sama seperti fitur pesan pribadi pada jejaring sosial yang lain. Dengan menggunakan fitur ini, maka anda bisa mengirim Pin ke pengguna lainnya yang sebelumnya sudah dipilih.

3. Pertemanan

Sebenarnya, Pertemanan merupakan fitur standar dari situs jejaring sosial termasuk di Pinterest. Namun untuk sistem follow di Pinterest memiliki perbedaan. Pengguna nantinya bisa memutuskan untuk mengikuti Board tertentu tanpa harus mengikuti pemilik atau pengunggahnya.

4. Hati

Fitur selanjutnya yakni Hati merupakan indikasi jika pengguna menyukai Pin tertentu. Fungsinya sendiri sama seperti tombol Like di Facebook atau hati pada Twitter. Tombol hari ini memiliki bentuk serta warna yang khas dan terletak di atas foto satu baris dengan tombol Send dan Pin.

5. Visual Search

Pada Pinterest juga terdapat fitur visual search dengan nama Lens. Fitur ini membuat penggunanya bisa menemukan produk dari hasil foto kamera perangkat milik pribadi. 80 persen pengguna dari Pinterest sudah memakai fitur ini pada saat ingin membeli sebuah produk.

6. Pinterest Browser Button

Fitur selanjutnya dari Pinterest adalah Pinterest Browser Button yang bisa dipakai untuk menympan Pin yang disukai. Extension ini juga sudah mendukung visual search supaya pengguna bisa lebih mudah menemukan konten terkait pada Pinterest.

7. Organisasi dan Pengaturan Ulang Board

Pengguna nantinya bisa dengan bebas mengatur board sesuai keinginan. Terdapat 3 pilihan pengaturan yang bisa digunakan, yakni:

  • A to Z: Untuk mengurutkan board berdasarkan dari abjadnya.
  • Las Saved to: Untuk menyortir board berdasarkan waktu pembuatan.
  • Drag and drop: Untuk mengatur board dengan cara memindahkan atau menggeser secara manual.

8. Group Boards

Ketika anda sedang mengerjakan project dengan keluarga atau rekan, maka anda bisa memakai fitur Group Boards. Ini bisa digunakan jika anda mau berkolaborasi bersama pengguna lainnya.

9. Search dan Filter

Dengan fitur yang satu ini, pengguna tidak akan sulit mencari konten yang diinginkan. Anda nantinya juga dapat menyortir hasil pencarian atas dasar Pin, Board dan juga penggunanya.

Manfaat Pinterest

1. Bisa Memberikan Banyak Inspirasi

Jika anda sedang mencari inspirasi untuk mengembangkan project, maka Pinterest bisa digunakan. Ini adalah saluran terbaik yang menyediakan editing foto, tutorial DIY hingga desain produk yang semuanya bisa ditemukan di Pinterest.

2. Promosi Jasa atau Produk

Pinterest juga bisa dijadikan wadah untuk promosi jasa atau produk yang anda punya. Pinterest juga memiliki engagement yang banyak sehingga layanan atau produk yang anda milikibisa viral dan mendapatkan audiens yang luas.

3. Untuk Meningkatkan Traffic

Pinterest bisa anda pakai untuk meningkatkan traffic website. Satu pin pada Pinterest 100x lebih mudah disebarkan dibandingkan dengan tweet. Umumnya, pin juga bisa menghasilkan 2 kunjungan website serta 6 pageviews.

4. Menambah Conversion Rates

Pada Pinterest terdapat fitur Promoted Pins serta Promoted Videos. Ini bisa membantu para pengguna supaya bisa terhubung dengan audiens yang sama seperrti goal bisnisnya. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan Pinterest Tag untuk melihat apa saja yang dilakukan audiens sesudah melihat iklan milik anda di Pinterest.

5. Up to Date Dengan Tren yang Baru

Pinterest merupakan saluran yang banyak dipakai pengguna untuk berbagi desain, trend produk atau konten terkini yang lain. Untuk bisnis, menjadi up to date sangat membantu supaya bisa selalu terdepan dan memiliki gambaran lebih jelas tentang hal yang prospeknya diminati.

6. Untuk Berbagi Informasi

Pinterest bisa digunakan untuk media berbagi serta bertukar informasi. Anda sebagai pengguna bisa mengunggah gambar atau foto dari artikel yang menarik untuk dibagikan. Bisa saja foto atau gambar tersebut menjadi inspirasi untuk pengguna lainnya. Hal ini membuat Pinterest berbeda dengan sosial media lain yang acak serta tidak bbisa menjamin inspirasi atau ide.

Baca Juga :  7 Tips Programmer Handal dan Paling Mudah Bagi Pemula

Pada Pinterest ada fitur analytics yang bisa dipakai untuk melihat seberapa banyak pinboard sudah dilihat dan nilai klik yang diperoleh. Tingkat efektivitas Pinterest untuk menjangkau audience juga jaug lebih baik dibandingkan dengan sosial media lain seperti Instagram, Facebook atau Twitter.

7. Digunakan Sebagai Media Promosi Alternatif

Kegunaan lain dari Pinterest adalah bisa dijadikan sebagai media promosi alternatif. Ini sudah dibuktikan internet marketer ketika promosi produk yang dimiliki. Walau Pinterest belum terlalu populer di Indonesia, akan tetapi di luar negeri sudah dijadikan alternatif promosi produk marketplace atau e commerce memakai sistem affiliate.

Blogger juga bisa berbagi artikel yang sudah diterbitkan ke Pinterest. Ini adalah salah satu teknik optimasi atau SEO blog atau web. Jika konten yang dibagikan semakin banyak, maka akan berdampak baik untuk web di Search Engine atau mesin pencari. Selain itu, penulis juga bisa memanfaatkan Pinterest untuk berbagi artikel yang sudah diterbutkan.

Tidak hanya untuk promosi artikel, namun pengguna juga bisa menggunakan Pinterest untuk memperoleh uang dengan cara berbagi produk digital dan non digital berbasis affiliate atau referral program. Contohnya seperti berbagi foto atau gambar premium dari microstock seperti DepositPhotos, Shutterstock dan lain sebagainya.

Kelebihan dan Kekurangan Pinterest

Sama seperi sosial media lain, Pinterest juga memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari Pinterest:

Kelebihan Pinterest

  • Bisa dijadikan sumber inspirasi serta berbagi: Pinterest bisa dijadikan sumber inspirasi serta berbagi dalam banyak hal. Untuk pecinta seni, fotografi serta desain, Pinterest bisa dijadikan area alternatif untuk saling berbagi.
  • Memiliki fitur analytics: Fitur ini bisa mempermudah para pengguna untuk melihat tingkat interaksi dari pinboard yang sudah dibuat dan juga dibagikan.
  • Untuk promosi blog atau artikel: Para blogger bisa menggunakan Pinterest untuk saling berbagi artikel lewat share link pinboar. Nantinya, pengguna bisa memilih gambar serta ditambahkan dalam bentuk Pinboard.
  • Terhubung dengan Instagram, Web serta YouTube: Anda bisa menghubungkan akun Pinterest yang dimiliki dengan sosial media lain atau web. Lewat menu pengaturan, anda bisa mengatur dan juga mengintegrasikan sesuai keinginan.

Kekurangan Pinterest

  • Banyak spam: Pinterest banyak digunakan pihak tertentu untuk menyebarkan spam dan juga gambar yang tidak mendasar. Akan tetapi, dari pihak Pinterest sendiri masih terus berusaha untuk mengurangi hal tersebut.
  • Interaksi diantara pengguna tidak semasif sosial media yang lain: Interaksi di antara pengguna pada Pinterest tidak semasif seperti sosial media lain. Contohnya Twitter, Instagram dan Facebook. Pengguna Pinterest bisa dikatakan jarang menambah suka atau Love dan juga komentar.

Cara Menggunakan Pinterest

Untuk anda yang masih baru dan ingin mengetahui cara membuat serta menggunakan Pinterest, berikut panduan yang bisa diikuti:

1. Mendaftar ke Pinterest

  • Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah pastikan sudah mempunyai akun Google. Sesudah itu, lanjutkan dengan membuka situs Pinterest kemudian klik Sign Up untuk mendaftar.
  • Agar proses pendaftaran bisa dipercepat, maka pakai akun Google. Klik continue with Google atau juga bisa memakai akkun Facebook.
  • Nantinya akan ditampilkan pop up kemudian pilih akun Google yang mau disambungkan ke Pinterest.
  • Pembuatan akun Pinterest akan otomatis berhasil dan anda sudah bisa eksplore beranda Pinterest. Kemudian, silahkan ikuti tour Pinterest kemudian verifikasi diri ke Pinterest.
Baca Juga :  Pengertian VK : Sejarah, Fitur, Bahasa, Cara Daftar, Kelebihan dan Kekurangan

2. Menggunakan Pinterest

Untuk menambah pin pada Pinterest, anda bisa masuk ke halaman profil Pinterest. Berikut beberapa langkah yang harus dilakukan:

  • Pada bagian sudut kanan bawah, klik ikon + kemudian buat pin untuk pinboard baru.
  • Anda nantinya akan melihat tampilan judul, unggahan sampai deskripsi untuk membuat Pin yang baru. Untuk unggah gambar, anda dapat klik di unggahan atau juga bisa seret gambar. Selain itu, anda juga bisa mengambil gambar yang ada di situs dengan klik Simpan dari situs.
  • Untuk menambah pinboard di Pinterest, anda bisa klik Simpan dari situs kemudian Masukkan link dan hasilnya yakni berupa beberapa gambar akan terlihat. Silahkan pilih gambar yang mau dijadikan pinboard dan tambahkan Pin untuk ditambahkan.

3. Menambahkan Gambar dan Judul Link Pada Pinterest

  • Untuk menambah gambar, pertama silahkan buat judul untuk Pin. Tambahkan papan atau bisa juga membuat papan yang baru untuk Pinboard. Klik Simpan agar bisa menerbitkan Pinboard tersebut.
  • Sesudah tersimpan, maka hasilnya bisa terlihat.

Cara Mendapatkan Uang dari Pinterest

Meski Pinterest tidak terlalu populer jika dibandingkan dengan media sosial lain seperti Twitter, Instagram dan sebagainya, namun untuk sebagian orang ini merupakan cara terbaik untuk menghasilkan uang serta menaikkan nilai bisnis yang dimiliki. Bahkan, Pinterest menjadi acuan seniman dan desainer untuk mencari referensi karya dan juga inspirasi.

Bisa dikatakan jika cara kerja Pinterest sederhana yakni berbagi foto yang disesuaikan dengan tema yang sudah diklasifikasikan. Dengan begitu, para pengguna bisa mencari referensi dari tema yang dicari tersebut.

Ini bisa dijadikan peluang yang bagus untuk internet marketer dan juga pemilik blog sehingga bisa promosi jasa serta produk lewat konten yang memperoleh Pin dari pengguna. Selain itu, anda juga bisa memperoleh uang dari Pinterest dan berikut tutorial yang bisa anda coba:

1. Buat Akun Memakai Tema yang Disukai dan Sesuai Passion

Cara untuk memperoleh uang dari Pinterest yang pertama adalah dengan Signup lalu membuat akun sesuai dengan passion anda. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuat akun dengan tema yang disukai.

Contohnya jika menyukai fashion tentang hijab terbaru, maka bisa membuat akun yang menampilkan konten berhubungan dengan hal ini. Nantinya, anda bisa memperoleh peminat yang berinteraksi dengan konten yang anda Pin sebagai Followers. Dengan begitu, kesempatan untuk mendapatkan lebih banyak yang juga bisa terbuka lebar.

2. Memakai Fitur Pinterest for Business

Cara kedua supaya bisa memperoleh uang dari Pinterest adalah menggunakan fitur Pinterest for Business. Dengan semakin meningkatnya pengguna Pinterest dan juga sudah digunakan perusahaan besar, maka Pinterest menyiapkan fitur ini untuk membantu pencipta kreator atau pebisnis supaya kontennya bisa lebih terarah dan memperoleh perhatian peminat yang tepat.

Fitur ini mempunyai tools yang lengkap tentang cara memperluas konten serta mendata cara Pinterest bekerja di board yang sudah anda buat. Dengan menggunakan fitur ini, maka pebisnis serta pencipta konten bisa menjadwalkan serta merencanakan konten yang paling tepat supaya penghasilan yang didapat juga semakin besar.

3. Bangun Penonton Serta Buat Konten yang Menarik

Cara terakhir yang bisa anda lakukan adalah membuat konten semenarik mungkin sama seperti media sosial yang lain. Setidaknya, anda harus membuat konten yang dianggap menarik kemudian ajak orang lain untuk memberikan respon pada konten tersebut. Konten yang menarik nantinya akan membuat akun anda menjadi rujukan dan akhirnya banyak followers yang juga menyukai semua postingan anda.

Gratis Unduh Aplikasi Smartphone Pinterest

Free Download Pinterest Last Update VersionOfficial Download Link
Pinterest For AndroidGoogle Play Store
Pinterest For iOSApple App Store

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here