Tips Kiat Kerja dan Situs Freelancing Untuk Programer

1
109
Tips Kiat Kerja dan Situs Freelancing Untuk Programer

Kemampuan membangun sebuah program, mau itu perangkat lunak komputer, website bahkan aplikasi mobile sejak dulu sampai era digitalisasi seperti sekarang ini diakui sebagai keahlian yang luar biasa hebat.

Kamu dan banyak orang pasti akan mengakui bahwa tidaklah gampang agar mampu menyandang status programmer. Dalam prosesnya membutuhkan pembelajaran panjang, pengetahuan khusus tentang bahasa pemrograman hingga logika yang baik agar dapat meniti karir sebagai programmer.

Saat berhasil menjadi programmer, peluang untuk terserap lapangan kerja pun bakalan tidak terlalu sulit. Hampir semua industri membutuhkan tenaga dan keahlian mereka. Sementara itu, pekerjaan freelance sedang menjadi tren dan banyak diminati oleh pekerja dari berbagai profesi. Dan satu di antaranya adalah programmer.

Fenomena ini mendorong dua kondisi. Pertama, sebagian programmer memilih pekerjaan freelance sebagai alternatif atau sampingan. Dan ke dua, programmer yang terikat hubungan kerja di sebuah perusahaan, beralih memfokuskan diri secara total untuk berkarir sebagai freelance.

Untuk beberapa alasan, poin ke dua ini mungkin terasa wajar. Tapi, jika kamu berada di posisi poin ke dua, dan sekadar bermaksud menambah penghasilan dengan memilih opsi tersebut, maka ada baiknya untuk berfikir ulang lagi.

Pasalnya, masih cukup banyak pekerjaan freelance yang bisa dilakukan programmer seperti kamu tanpa harus berhenti bekerja dari perusahaan. Apabila demikian, apakah kamu masih yakin untuk beralih menjadi programmer freelance secara total?. Kalau begitu, pertimbangkanlah beberapa hal yang akan diulas di bagian selanjutnya berikut ini.

Pekerjaan Freelance Yang Ideal Untuk Programmer

Pekerjaan freelance diakui menawarkan penghasilan yang menggiurkan sehingga menarik banyak minat pekerja. Apalagi sistem kerja terutama freelance online diketahui lebih fleksibel ketimbang bekerja di kantoran.

Pekerjaan Freelance Yang Ideal Untuk Programmer

Sebagai seorang programmer di sebuah perusahaan, mungkin kamu menghadapi rutinitas yang hampir sama setiap harinya sehingga mengalami kejenuhan. Aktivitas kantor yang cenderung monoton, bisa saja mendorong keinginanmu untuk mencari tantangan baru di tempat lain.

Tapi, jika alasannya adalah sekadar meningkatkan penghasilan, maka kamu tidak perlu berhenti dari tempat bekerja yang sekarang.  Cobalah beberapa pekerjaan freelance berikut yang mungkin akan sangat ideal dengan kemampuanmu sebagai programmer.

1. Menjadi Blogger

Blogging tentunya bukan bidang yang asing bagi seorang programmer. Kemampuan kamu sebagai programmer pasti sudah sangat mumpuni untuk merancang, membangun hingga mengelola sebuah blog. Dan ini adalah modal plus.

Kamu bisa menjadikan blog tersebut sebagai media edukasi dan berbagi pengalaman mengenai pemrograman dan coding. Apalagi saat ini sangat banyak orang yang ingin mempelajari tentang pengetahuan tersebut.

Baca Juga :  Apa Itu Pekerjaan Freelance - Online atau Offline ?

Dengan demikian, tak tertutup kemungkinan blogmu akan banyak dikunjungi. Ini juga berarti membuka peluang bagi kamu untuk mendapat penghasilan tambahan melalui monetisasi, iklan, google adsense, affiliasi dan sponsor post.

Blog juga bisa kamu manfaatkan untuk “menjual” keahlianmu ke kalangan lebih luas. Kamu justru akan lebih mudah mempromosikan keterampilan melalui blog pribadimu sendiri. Dan kelebihannya lagi, hal itu bisa blogger lakukan secara gratis.

Jika blogmu bagus dan mengundang daya tarik bagi orang lain, maka kamu bisa menawarkan jasa pembuatan blog. Cara ini tentunya akan kembali membuka peluangmu untuk mendapat penghasilan.

Selain itu, bisa juga membuat ebook dari kumpulan blog yang telah kamu posting. Kamu bisa menjualnya melalui blog sendiri atau platform yang menjual buku digital. Salah satu platform jual-beli buku digital di Indonesia adalah karyavirtual.com. Sementara untuk internasional tentunya amazon.com.

2. Membuka Kursus Online

Pada uraian sebelumnya disebutkan bahwa minat mempelajari pemrograman sampai saat ini masih sangat tinggi. Pengetahuan dan pengalamanmu sebagai programmer tentunya bisa dimanfaatkan untuk mengajar teknik-teknik pemrograman. Jika peluang untuk mengajar di tempat kursus lainnya sangat kecil, maka membuka kursus private online tentang pemrograman cukup memungkinkan untuk dicoba.

Kalangan pelajar, mahasiswa dan programmer pemula yang ingin meningkatkan kemampuannya bisa menjadi target potensial bagi kursus onlinemu. Pekerjaan ini bisa kamu lakukan dari mana saja secara menyambi. Selain akan sangat bagus untuk menambah penghasilan, kamu juga tidak perlu berhenti dari perusahan tempatmu bekerja.

3. Menjadi Youtuber

Youtube merupakan platform blog dalam bentuk audio-visual. Atau biasa juga dikenal dengan istilah vlog. Platform berbagi video tersebut sangat populer dan berpotensi memberi penghasilan tambahan melalui monetisasi. Sama halnya dengan blog atau website, kamu bisa memanfaatkan youtube untuk membuat konten-konten video mengenai tutorial pemrograman untuk menghimpun subscriber.

Semakin menarik konten seorang youtuber, maka tak menutup kemungkinan banyak pula yang akan mengikuti channel youtubenya. Dengan demikian peluang untuk mendapat penghasilan lebih besar akan menjadi semakin terbuka. Jika cara ini menarik minatmu, maka tidak ada salahnya untuk mencobanya sekarang. Mulailah dengan menentukan niche (topik) yang akan kamu bahas. Selain itu, kamu perlu sebaik mungkin mengatur waktu antara membuat konten video youtube dengan jam kerja sebagai programmer di kantor.

4. Menjadi Podcaster

Podcast adalah konten audio yang dibagikan secara online. Nyaris sama dengan youtube. Kamu juga bisa menekuni dunia podcasting untuk membuat konten-konten tentang pemrograman. Kontennya bisa berbagai macam seperti tips bagi pemula, software yang direkomendasikan untuk digunakan programmer, dan masih banyak lagi materi yang bisa disebar luaskan.

Baca Juga :  Yahoo Search Engine : Pengertian, Sejarah, Fitur, Layanan dan Tips Cara Menggunakan

Kamu bisa memanfaatkan website atau blog pribadi sebagai media publikasi konten podcast yang telah dibuat. Atau bisa juga melalui platform pihak ketiga seperti spotify, soundcloud dan sejenis lainnya. Sumber penghasilan podcast biasanya diperoleh dari sponsor, donasi, afiliasi, biaya berlangganan dan lain sebagainya.

5. Menjual Software Atau Aplikasi

Cara ini bisa juga kamu lakukan di samping bekerja secara full time sebagai programmer. Kamu bisa saja menjual program atau aplikasi rancanganmu sendiri atau buatan orang lain.

Demikian sejumlah pekerjaan freelance yang bisa disambi oleh seorang programmer. Mengenai seberapa besar peluang untuk sukses di pekerjaan-pekerjaan tersebut, tentunya bergantung pada kreatifitas dan potensi yang dimiliki oleh programmer itu sendiri.

Untuk itu, pada bagian selanjutnya akan mengupas tentang kiat kerja programmer freelance. Jadi simak terus artikel ini sampai di bagian akhir.

Kiat Kerja Programmer Freelance

Memilih pekerjaan programmer freelance sebagai pekerjaan utama maupun sampingan tentu akan menimbulkan konsekuensi. Tentang kelebihan dan kekurangan pekerjaan freelance itu sendiri sebenarnya telah dibahas pada artikel sebelumnya,

Singkatnya, harus diakui bahwa sistem kerja freelance lebih fleksibel ketimbang kerja kantoran, sekaligus memiliki posisi tawar tinggi dari segi penghasilan. Tapi bukan berarti pekerjaan freelance terlepas dari risiko. Karena tak tertutup kemungkinan apabila seorang freelancer tidak mendapat proyek atau pekerjaan dalam waktu yang cukup lama.

Kiat Kerja Programmer Freelance

Jika kamu sudah memikirkan matang-matang untuk menggeluti dunia freelancing, maka patutlah menyimak beberapa kiat sukses berikut ;

1. Tentukan Rencana

Rancang dan buatlah perencanaan dalam jangka pendek maupun panjang sebelum kamu menjalani pekerjaan freelance yang notabene akan penuh dengan rintangan dan tantangan. Hal ini akan menentukan perjalanan karirmu di bidang freelancing.

Dengan membuat perencaan, kamu juga bisa mengambil langkah-langkah strategis dalam berbagai situasi yang akan dihadapi kedepannya. Selanjutnya, jalankan rencana tersebut secara konsisten dan konsekuen.

2. Membuat portofolio menarik

Pemilik (owner) proyek atau pekerjaan tentu menerapkan aturan yang selektif ketika merekrut calon pekerja. Portofolio adalah hasil karya atau pengalaman yang bisa dijadikan sebagai salah satu acuan owner sebuah proyek untuk merekrut seorang pekerja.

Di tahap awal meniti pekerjaan sebagai programmer freelance, sebaiknya kamu membuat sebuah portofolio sebagai bukti dari keterampilan dan kemampuan yang dimiliki.  Jika belum ada, maka kamu perlu menginisiasi sebuah proyek sederhana agar dapat dijadikan sebagai portofolio. Dengan begitu akan memudahkan calon owner untuk melihat potensi yang kamu miliki.

3. Bangun Jaringan

Memperluas pertemanan, bahkan bergabung dengan komunitas programmer akan membuka banyak peluang. Sebuah ungkapan menyatakan bahwa “banyak teman, banyak rejeki”.  Maka dari itu, jangan pernah anggap hubungan pertemanan sebagai atau aktif di sebuah komunitas merupakan kegiatan yang sia-sia.

Baca Juga :  Pengertian Blogger : Profesi, Keuntungan, Penghasilan, Keahlian dan Tips

Dengan cara ini, kamu bukan hanya bisa mengenal lebih banyak orang, tapi juga mendapat pengalaman, berbagi ilmu dan pengetahuan tentang pemrograman. Bahkan, tidak tertutup kemungkinan berbagi informasi mengenai proyek atau peluang kerja.

4. Upgrade Skill Dan Kemampuan

Pemrograman sama halnya dengan teknologi, merupakan bidang yang terus mengalami perkembangan. Jika kamu tidak mampu beradaptasi dengan perubahan di bidang ini, maka bersiaplah untuk tertinggal.

Dalam pekerjaan programmer freelance, kamu mungkin tidak dituntut untuk menguasai seluruh teknik pemrograman atau coding. Lagi pula, sebagian besar owner mungkin hanya membutuhkan keahlianmu untuk tugas-tugas yang tidak terlalu kompleks.

Yang terpenting adalah kepekaan terhadap perkembangan bidang yang sedang digeluti. Selain itu, jangan segan untuk mengasah terus keahlian (skill) dan kemampuanmu.  Sebuah ungkapan juga menyebutkan bahwa “Skill tidak datang dari lahir. Hanya mereka yang terus melatihnya yang akan menjadi mahir”.

5. Miliki Kemampuan Manajerial

Pekerjaan programmer freelance akan memerlukan kemampuan manajerial (pengelolaan) yang mumpunni. Programmer freelance bukan hanya akan mengatur tentang proyek yang sedang dikerjakannya, tapi kesinambungan karirnya di bidang freelancing. Dengan kemampuan manejerial yang baik, akan membuat seluruh pekerjaan dan karirmu sempurna.

Mencari Proyek di Situs Freelancer

Setelah memiliki bekal skill dan kemampuan serta memahami kiat-kiat menjadi seorang programmer freelance, selanjutnya adalah merealisasikan keinginan kamu. Pembahasan berikut ini berupa ulasan ulang tentang apa yang telah dikulik pada artikel sebelumnya tentang daftar situs pekerjaan freelancer populer di Indonesia dan luar negeri.

Tidak banyak yang membedakan freelancer umum dengan programmer freelance dalam cara mencari proyek atau pekerjaan. Cara berikut ini sudah umum, bahkan terbilang sangat mudah dilakukan oleh para programmer freelancer di era digital seperti sekarang.

Sebagai programmer freelance kamu bisa bergabung di sebuah atau beberapa platform bursa kerja (job marketplace) freelance, memilih dan menawar sebuah proyek yang dinginkan.

Mencari Proyek di Situs Freelancer

Beberapa platform bursa kerja freelance populer di Indonesia yang bisa kamu coba untuk bergabung adalah sribulancer.com, projects.co.id atau fastwork.id. Tetapi jika ingin memperluas target, kamu bisa juga bergabung di situs freelance internasional seperti fiverr.com, upwork.com, freelance.com, toptal.com.

Dari situs-situs tersebut kamu akan menemukan beberapa pilihan pekerjaan programmer freelance yang meliputi :

  1. Pemrograman website
  2. Pembuatan website e-commerce
  3. Pengembangan web wordpress
  4. Pembuatan game mobile
  5. Pembuatan aplikasi mobile
  6. dll

Demikian tips kiat kerja dan situs freelancing untuk programmer. Semoga pembahasan dalam artikel ini dapat memberikan insipirasi bagi kamu untuk menggeluti dunia freelancing.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here