32 C
Semarang
Wednesday, October 27, 2021
HomeTeknologi7 Tips Programmer Handal dan Paling Mudah Bagi Pemula

Ternak Uang

7 Tips Programmer Handal dan Paling Mudah Bagi Pemula

Sebagai seorang yang baru terjun di dalam dunia pemrograman, Anda mungkin mengalami masa sulit selama beraktivitas. Hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah mulai dari kesulitan pembuatan program hingga menurunnya kesehatan fisik maupun mental. Untuk menghindarinya, Anda perlu mengetahui tips programmer handal seperti pada penjelasan berikut ini.

Tips Programmer

Untuk menjadi programmer yang handal, Anda perlu mempelajari 7 tips terbaik yang dapat diterapkan secara mudah.

Menekuni Bahasa Pemrograman Secara Konsisten

Saat memutuskan untuk belajar terkait suatu bahasa pemrograman, Anda perlu fokus untuk memahaminya secara konsisten. Memulai dengan fokus terhadap satu bahasa pemrograman terlebih dahulu akan memudahkan Anda dalam membuat program. Hal ini dapat menjauhkan Anda dari rasa bingung atau bias saat menulis kode program karena terbayang dengan bahasa pemrograman lainnya.

Sebagai panduan dalam mempelajari suatu bahasa pemrograman, Anda dapat memperoleh materi dari berbagai sumber yang kredibel. Adapun sumber yang dimaksud dapat berasal dari buku, platform belajar pemrograman, YouTube, dokumentasi resmi yang disediakan oleh pengembang source code, dan masih banyak lagi.

Saat dirasa telah memahami suatu bahasa pemrograman tingkat lanjut, Anda dapat menambah bahasa baru untuk dipelajari. Hal ini tentu menyesuaikan dengan keinginan jenis program yang akan dibangun. Jenis program dapat berupa aplikasi mobile, aplikasi desktop, situs web, perangkat IoT, dan masih banyak lagi.

Memilih Tools Development Terbaik

Untuk menulis kode program, Anda perlu memilih tools development terbaik. Penggunaan software programming ditentukan berdasarkan kebutuhan, kemampuan programmer, keunggulan fitur, harga, reputasi pengembang, dan masih banyak lagi. Berbagai tools development dapat diakses melalui aplikasi desktop maupun secara online melalui web browser. Anda juga perlu mengikuti pembaruan versi tools development supaya dapat menghasilkan program secara kekinian.

Tools development yang tepat menjadi kunci pengembangan produk. Tidak hanya sebagai platform menulis kode program, Anda pun dapat melakukan aktivitas lain, seperti debugging, testing, hingga deployment secara all-in-one di dalam sebuah tools development. Konektivitas dengan version control pun menjadi fitur wajib di dalam tools development karena efisiensi yang diinginkan oleh programmer.

Setelah melakukan instalasi tools pengembangan produk, Anda perlu mengenali berbagai aturan dalam penulisan program maupun penggunaan fitur yang berlaku. Meskipun beberapa tools development memiliki fitur yang sama, namun Anda mungkin harus melakukan urutan aksi yang berbeda untuk realisasi fitur tersebut.

Mengatur Jadwal Rutin

Karena terlalu fokus dalam membangun program, Anda sangat mungkin tidak menyadari bahwa waktu begitu cepat berlalu. Tidak sedikit para programmer yang lupa makan dan lupa istirahat hanya demi memperbaiki bug. Akibatnya, mereka mengalami gangguan kesehatan fisik terutama mata, leher, dan punggung. Tidak jarang pula mereka mengalami gangguan kesehatan psikis atau mental karena terlalu stres.

Supaya dapat terhindari dari penyakit, Anda perlu mengatur jadwal rutin untuk istirahat, makan, dan minum air. Penggunaan cara kerja secara fokus namun tetap mampu beristirahat secara efektif dapat dilakukan dengan teknik podomoro. Sementara jadwal makan atau minum air dapat dilakukan dengan memasang alarm manual maupun alarm pada aplikasi smartphone.

Melatih Skill Secara Nyata

Setelah mempelajari bahasa pemrograman secara konsisten, kini Anda dapat membuktikan skill secara nyata. Hal ini dapat dilakukan melalui pelatihan atau workshop, mengikuti kompetisi, atau mengerjakan proyek seputar pemrograman. Para programmer pun menambah portofolio atau karya yang dapat diakses oleh rekruter atau banyak orang.

Cara melatih skill yang populer saat ini adalah partisipasi dalam course online dengan sertifikat penyelesaian. Anda dapat memilih platform dengan reputasi yang baik namun gratis. Bahkan, platform pemrograman seperti GitHub kerap memuat challenge pemrograman yang menuntut kontribusi aktif dari programmer.

Sebagai pemula, Anda tidak perlu khawatir jika merasa belum mampu mengikuti kompetisi atau challenge tertentu. Anda dapat berlatih dari hal yang sederhana seperti troubleshooting, pembuatan item pengujian atau test case, atau mengembangkan produk secara mandiri. Artinya, Anda dapat menyusun portofolio yang mencerminkan skill melalui pemanfaatan library, pembuatan fungsi atau prosedur tertentu, dan masih banyak lagi.

Meningkatkan Networking Sebagai Tips Programmer

Pentingnya networking atau membangun jejaring kian menjadi prioritas bagi semua orang, termasuk programmer. Manfaat networking yang terbukti secara nyata adalah bantuan saat kesulitan program. Anda bisa mengakses potensi solusi pada forum programmer maupun grup komunitas programmer.

Dalam membangun jejaring, Anda dapat melakukan cara langsung seperti acara offline, kopi darat, serta konferensi produk berskala lokal maupun nasional. Selain menambah wawasan terkait inovasi produk, Anda pun dapat mencari potensi partner untuk kolaborasi dalam menghasilkan program yang kekinian.

Memahami Pola Kerja Sebagai Tips Programmer

Sudah menjadi rahasia umum bahwa programmer handal mampu bekerja sama dalam tim dengan baik. Maka Anda perlu mengetahui pola kerja yang biasa dipraktikkan dalam tim pengembangan produk. Adapun dua metode yang digunakan saat ini adalah waterfall dan agile. Pendekatan ini dipilih berdasarkan kondisi bisnis, kondisi tim pengembang produk, dan preferensi atau gaya kerja tim yang sudah ada.

Pada kultur kerja startup, metode agile banyak menerapkan framework scrum. Aktivitas ini melibatkan seremoni seperti sprint planning, sprint review, daily stand-up, dan agenda lain yang wajib diikuti oleh programmer sebagai anggota aktif suatu tim. Dalam melatih pola kerja, Anda dapat mendaftar pada perusahaan yang diinginkan seperti program magang.

Dari berbagai tips yang telah diberikan, Anda dapat mulai menerapkannya satu demi satu. Jika mampu melakukannya secara konsisten, Anda akan mampu menjadi programmer handal karena skill dan kemampuan manajemen yang semakin baik. Selamat mencoba tips di atas, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Populer