24.7 C
Semarang
Wednesday, May 25, 2022

Topologi Hybrid – Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan

Adam Muiz
Adam Muizhttps://adammuiz.com/
The only thing I know is that on the other side of a decision, I'm there. And if I'm there, no matter what path I go, there'll always be something to love.

Artikel Pilihan

Pengertian Topologi Hybrid

Topologi hybrid adalah jaringan dari gabungan dua atau lebih topologi, seperti topologi mesh, topologi star, topologi bus, dan topologi ring.

Dalam bahasa Inggris Topologi Hybrid dikenal dengan nama Hybrid Topology, sedangkan dalam bahasa Indonesia juga dikenal sebagai Topologi Campuran.

Penggunaan dan pilihannya bergantung pada penerapan dan persyaratannya seperti kinerja jaringan yang diinginkan, dan jumlah komputer, serta lokasinya.

Topologi Hybrid menawarkan struktur yang kompleks, berbagai teknologi diperlukan untuk implementasi fisiknya.

Keuntungan Topologi Hybrid seperti meningkatkan fleksibilitas; dapat meningkatkan toleransi kesalahan, dan memungkinkan topologi dasar baru untuk ditambahkan atau dihapus dengan mudah.

Topologi hybrid lebih berguna ketika perlu memenuhi keragaman di Jaringan Komputer.

Dalam topologi ini, semua bagian jaringan dapat menyertakan konfigurasi Topologi Jaringan yang berbeda.

Baca Juga : Topologi Jaringan – Macam Contoh, Kelebihan dan Kekurangan

Fungsi Topologi Hybrid

Karena penggunaannya yang efektif, ada berbagai aplikasi yang menggunakan topologi hybrid. Dibandingkan dengan mekanisme fundamental lainnya, mekanisme topologi hybrid efisien; ini juga dapat digunakan di lingkungan yang berbeda.

Dengan demikian, memberikan manfaat kepada pengguna untuk membuat, menjalankan, dan mengelola organisasi. Ada berbagai sektor di mana topologi hybrid banyak digunakan, seperti banyak lembaga pendidikan, sektor perbankan, industri, sektor keuangan, organisasi penelitian, dan perusahaan multinasional.

Topologi Hybrid memiliki pengaturan yang fleksibel dan dinyatakan sebagai opsi cerdas; oleh karena itu banyak orang menggunakan topologi hybrid untuk di rumah dan kantor. Topologi ini digunakan untuk memberikan efisiensi maksimum berdasarkan kebutuhan karena memberikan banyak manfaat.

Baca Juga : Topologi Bus – Gambar, Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Topologi Hybrid

Ada beberapa keuntungan dari Topologi Hybrid; antara lain yaitu sebagai berikut :

  • Handal: Lebih dapat diandalkan karena memiliki toleransi kesalahan yang lebih baik. Jika sebuah node rusak di antara jaringan, mungkin dalam jaringan ini untuk mengabaikan node yang bermasalah.
  • Efektif: Kelemahan dari beberapa topologi yang terhubung pada topologi ini bisa diabaikan. Sebagai contoh, kemampuan toleransi yang tinggi ditawarkan oleh topologi star, dan keandalan data yang baik disediakan oleh topologi ring. Oleh karena itu, pada topologi cincin bintang hibrida, kedua fungsi ini bekerja dengan cukup baik.
  • Dapat diskalakan: Jaringan hibrid adalah jenis jaringan yang dirancang sedemikian rupa, yang membuatnya dengan mudah mengintegrasikan titik konsentrasi tambahan atau komponen perangkat keras baru lainnya. Tanpa mengganggu arsitektur yang ada, sangat mudah untuk memperluas ukuran jaringan dengan penambahan elemen baru terbaru.
  • Fleksibel: Salah satu manfaat besar topologi hybrid adalah fleksibilitas. Topologi ini dapat diimplementasikan untuk berbagai lingkungan jaringan yang berbeda saat dibuat. Jaringan hybrid dapat dibuat dengan memaksimalkan sumber daya yang tersedia dan sesuai dengan tuntutan korporasi.
  • Jaringan hybrid dirancang dengan menggabungkan berbagai jaringan yang menggunakan banyak teknik titik gabungan untuk perangkat seperti komputer pribadi dan komponen perangkat keras lainnya, yang terhubung ke server. Mereka juga menawarkan banyak manfaat seperti komunikasi data, kekuatan sinyal, throughput, serta peralatan kelas atas.
  • Topologi Hybrid memiliki kemampuan untuk mentransfer data dengan mudah di antara berbagai jenis jaringan.

Baca Juga : Topologi Mesh – Pengertian, Gambar, Kelebihan dan Kekurangan

Kekurangan Topologi Hybrid

Ada juga beberapa kelemahanatau kerugian dari topologi hybrid, yaitu sebagai berikut:

  • Kompleksitas: Untuk mengelola topologi ini akan menjadi tantangan, karena topologi yang berbeda dihubungkan dalam topologi hybrid. Sehingga menjadi pekerjaan yang sulit bagi desainer dan tidak mudah untuk membuat jenis arsitektur ini.
  • Mahal: Membeli dan memelihara topologi hybrid jauh lebih mahal dibandingkan dengan topologi lain. Hub juga diperlukan dalam topologi jaringan ini yang digunakan untuk menghubungkan dua jaringan yang berbeda, dan harganya juga mahal. Selain itu, topologi hybrid mungkin memerlukan perangkat jaringan canggih, banyak kabel, dengan jumlah yang lebih banyak karena arsitekturnya biasanya berskala lebih besar.
  • Salah satu kelemahan topologi hybrid lainnya; meskipun dapat mendeteksi kesalahan dengan mudah, ia membutuhkan unit akses multi-stasiun untuk mem-bypass perangkat yang rusak.

Baca Juga : Topologi Star – Pengertian, Kelebihan, Kekurangan dan Contoh

Gambar Topologi Hybrid Terbaru Gabungan Jaringan
Gambar Topologi Hybrid Terbaru Gabungan Jaringan

Macam Tipe Topologi Hybrid

Ada berbagai jenis topologi hybrid yang mengintegrasikan banyak topologi dasar untuk membuat bentuk topologi baru berdasarkan kebutuhan. Topologi tersebut adalah topologi jaringan hirarkis, topologi jaringan Star wire Ring, dan topologi star wired bus.

Seperti topologi jaringan dasar lainnya, mekanisme topologi hybrid juga bergantung pada alamat IP-nya. Tapi, dalam fungsi topologi logika, ada sedikit perbedaan; ia memiliki jenis konfigurasi yang unik.

Topologi hybrid memiliki kemampuan untuk mengintegrasikan kedua jenis topologi, topologi fisik dan logis. Ada berbagai macam tipe topologi hybrid, yang dijelaskan secara detail di bawah ini:

Baca Juga : Topologi Ring – Pengertian, Gambar, Kelebihan dan Kekurangan

Topologi hybrid Star-Ring

Topologi star dan topologi ring digunakan untuk membuat struktur topologi star. Melalui topologi cincin, dua atau lebih topologi bintang dihubungkan dengan bantuan koneksi kabel. Dalam topologi ring, data mencapai node penghubung dalam jenis topologi bintang ini.

Metode aliran data adalah searah atau dua arah. Dalam topologi ring asli, metode aliran data dua arah memberikan kepastian bahwa tidak ada efek pada seluruh jaringan aliran data jika satu node dari topologi ring asli gagal.

Topologi hybrid Star-Bus

Topologi bus berbasis star dibangun dengan menggabungkan dua jenis topologi yaitu topologi star dan topologi bus. Topologi bus memungkinkan dua atau lebih topologi bintang untuk dihubungkan satu sama lain melalui koneksi kabel.

Topologi bus menghubungkan topologi bintang yang berbeda karena menawarkan struktur backbone yang berarti ia menyediakan koneksi kabel.

Topologi Jaringan Hirarki

Struktur topologi jaringan hierarki, juga dikenal sebagai topologi pohon jaringan, dirancang seperti pohon hierarkis. Level minimumnya seperti dua ke level maksimum, dan maksimum disebut ke root atau simpul induk.

Tingkat berikutnya dari struktur topologi jaringan hierarkis mencakup simpul anak, yang mengembalikan simpul anak sebagai tingkat tiga. Jadi, kecuali untuk simpul tingkat atas, setiap simpul menyediakan simpul induk maksimum karena mereka berada pada tingkat yang diperlukan.

Node pada level minimum, node perifer berfungsi seperti orang tua untuk node lainnya. Jenis simpul ini disebut simpul daun.

Baca Juga : Download Cisco Packet Tracer Terbaru Original Gratis

Sumber Referensi

https://www.javatpoint.com/what-is-hybrid-topology

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis