22.5 C
Semarang
Wednesday, January 19, 2022

Artikel Pilihan

Tor yakni singkatan dari The Onion Router merupakan server yang membuat penggunanya menjadi anonim di internet. Tor bekerja dengan cara mengarhkan lalulintas internet lewat jaringan sukarelawan yang disediakan gratis di seluruh dunia dengan 4 ribu relai lebih.

Tor berguna untuk menyembunyikan pengguna internet. Seseorang yang memakai jaringan Tor akan memakai jaringan onion routers sehingga lokasi pengguna akan tetap dirahasiakan.

Tor dapat dipakai untuk hal yang dianggap melanggar hukum. Contohnya seperti mengkritik pemimpin negara, menyebarkan berkas hak cipta hingga p*rnografi yang menyimpang.

Apa Itu Tor?

Jika dilihat secara umum, Tor merupakan aplikasi atau software komputer yang berguna untuk browsing sama seperti Opera, Google Chrome atau Firefox.

Akan tetapi, browser ini tidak sama dengan browser lain karena dibuat serta dioptimalkan untuk tujuan keamanan dan privasi penggunanya.

The Oinion Router adalah jaringan virtual untuk meningkatkan kerahasiaan dan keamanan di dunia maya. Dasar dari program Tor ini adalah aplikasi Mozilla Firefox yang sudah biasa dipakai. Namun beberapa orang sudah memperbaiki sistemnya sehingga bisa mendapatkan proteksi keamanan yang lebih tinggi.

Tor merupakan gratis yang memberi pengguna anonimitas total ketika menjelajahi web. Dengan memakai Tor, maka bisa mencari serta mengakses situs web normal serta gelap tanpa memberi identitas pribadi.

Pengguna bisa mengakses situs web normal serta gelap tanpa memberi identitas pribadi. Pengguna bisa mengakses secara anonim yakni dengan menyembunyikan identitas digital pengguna.

Dengan menyembunyikan info digital seperti nama jaringan, lokasi, alamat IP dan lainnya, maka pengguna bisa mengakses situs web yang diblokir yang tidak dapat diakses jaringan normal atau situs web lainnya.

Pengguna juga bisa mengakses situs web berbasis geolokasi dan sebagainya. Jaringan Tor mencegah orang lain seperti Vendor iklan untuk melacak riwayat pencarian serta lokasi pengguna.

Cara Kerja Tor

Karena lebih mengutamakan sistem anonim, maka Tor beroperasi pada jaringan khusus yang terdiri dari banyak server. Setiap kali digunakan, maka sistem akan memilih random 3 relay untuk menyambungkan koneksi ke internet.

Setiap koneksi yang dipakai juga harus melewati proses enkripsi. Dengan begitu, setiap relay hanya dapat melihat UP dari setiap ujung sebab lintasan jaringan sepenuhnya membentuk pola simpul.

Karena pola keamanan berlapis, maka hasil lalulinter internet pengguna tidak mudah dilacak orang lain lewat alamat IP. Di sisi lain, pengguna dapat menembus filter atau pemblokiran pada sebuah konten yang dimuat dalam website.

Walau bersifat anonim dan dapat menembus seluruh konten pada internet, namun Tor lemah dalam urusan kecepatan akses internetnya. Ini adalah dampak dari relay ke beberapa server secara sekaligus yang tersebar di seluruh dunia sebelum akhirnya tiba di situs tujuan.

Agar bisa lebih memahami cara kerja Tor, maka harus memahami lebih dulu tentang 3 bagian utama dari keseluruhan proses jaringan Tor seperti berikut:

1. Pengguna

Bagian utama dari jaringan Tor adalah Tor browser. Sebelumnya dikenal sebagai TBB atau TOR yang terdiri dari browser ESR Moxilla Firefox yang sudah dimodifikasi, NoScript, Launcher, proxy dan HTTPS EFE.

Sesudah pengguna mengirim permintaan atau website yang dituju, maka browser akan mengenkripsi serta membawa pengguna ke situs tujuan.

Fitur unik yang ada pada Tor adalah bisa diinstal serta dijalankan dari USB atau portable drive sebab tidak harus berinteraksi dengan sistem komputer.

Ini merupakan fitur penting sebab bisa mencegah kemungkinan orang lain meretas browser Tor dan menemukan histori aktifitas online.

Sesudah selesai memakai Tor browser, maka seluruh cookie, data serta histori penjelajahan akan dihapus dari perangkat serta jaringan Tor. Tidak akan ada jejak alamat IP yang ditinggalkan.

Ketika streaming atau browsing, maka anda tidak hanya menjadi pengguna namun juga proxy untuk penggula lain yang memakai alamat UP sebagai jaringan untuk menutupo alamat UP mereka.

Dengan begitu, semua pengguna akan saling berkontribusi untuk memberi anonimitas serta keamanan jaringan. Walau penggun Tor lainnya memakai laptop atau PC milik anda sebagai proxy, akan tetapi seluruh informasi yang diminta pengguna lain akan tetap dienkripsi serta terfragmentasi. Dengan begitu, browser akan tetap aman dan privasi terjaga.

2. Jaringan

Jaringan Tor memakai server khusus serta seluruh lalu lintas dilakukan melewati perangkat pengguna. Tor memperbaiki titik lemah dari koneksi proxy dengan hanya mengandalkan koneksi peer to peer atau P2P untuk menutupi alamat IP.

Sesudah mengirim permintaan ke halaman web, layanan atau aplikasi lain secara online, maka permintaan tersebut akan dilempar secara acak lewat beberapa koneksi di seluruh dunia sebelum sampai ke tujuan. Dengan begitu, mustahil untuk orang lain bisa mengetahui di mana lokasi pengguna lain yang sebenarnya.

3. The Request Complier

Sesudah permintaan terkirim dari perangkat, maka Tor akan mengirimkan kembali ke jaringan pengguna yang sedang online, secara acak sampai akhirnya situs dapat dibuka pada browser.

Dengan begitu, tidak mungkin untuk melakukan ping kembali ke seluruh IP yang dialamatkan pada anda. Ini nantinya bisa mencegah pihak lain menemukan alamat IP milik anda.

Dengan cara tersebut, Tor akan bertindak sama seperti layanan VPN yang sepenuhnya melindungi pengguna dari peretas dan malware.

Cara Instal Tor

Sebenarnya, cara instal Tor sangat mudah namun disesuaikan untuk OSX, Windows, Android serta Linux atau Unix. Berikut adalah beberapa cara instal Tor:

1. Tor Untuk Windows

Browser Tor serta instalasi berlangsung pada direktori pilihan pengguna. Pada saat sudah diinstal, buka file Tor.exe yang akan membuka jendela koneksi sehingga pengguna akan memulai koneksinya.

Sesudah terhubung, klien Tor akan memulai browser Firefox ringan yang sudah terintegrasi dengan jaringan Tor.

2. Tor Untuk Sistem Opeasi UNIX

  • Pertama, tambahkan repositori PPA ke mesin sistem operasi LINUX:
  • Ketika perintah – [Sudo add-apt-repository ppa:webupd8team/tor-browser].
  • Jalankan perintah tersebut untuk memperbarui instalasi sistem operasi UNIX.
  • Ketik perintah – [sudo apt-get update].
  • Ketika perintah – [Sudo apt-get install tor-browser].

3. Tor Untuk Android

Tor bisa diinstal untuk Android langsung dari Google Play Store yang dikenal dengan sebutan aplikasi Orbot.

Kelebihan Tor

  • Dapat dipakai untuk mengakses konten tanpa batasan sensor.
  • IP Address tidak dapat diketahui orang lain.
  • Lebih privat dari browser standar.
  • Bisa digunakan untuk situs web deep dark internet serta situs web yang diblokir.
  • Bisa mengakses halaman yang tidak diindeks pada mesin pencari Bing, Google, Yandex dan sebagainya.
  • Melindungi informasi yang diteruskan ke jaringan.

Kekurangan TOR Browser

  • Kecepatan akses sangat lambat.
  • Kurang efisien untuk memalsukan lokasi IP Address.
  • Tidak ada support atau pihak yang bertanggung jawab untuk memelihara sistem.
  • Tidak bisa mengunggah atau mengunduh atau mengunggah file besar.
  • Jaringan sangat lambat karena dipakai banyak pengguna.
  • Bisa dipakai untuk aktivitas ilegal sehingga pengguna harus menggunakannya dengan hati-hati.

Download TOR Browser

TOR Browser v11.0.3 (Online Installer)Official Link
TOR Browser 64Bit v11.0.3 (Online Installer)Google Drive
TOR Browser v11.0.3 MacOSGoogle Drive
TOR Browser v11.0.3 LinuxGoogle Drive
TOR Browser AndroidGoogle Drive
Sumber Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Tor_(jaringan_anonim)
https://qwords.com/blog/apa-itu-tor-browser/
https://adjar.grid.id/read/542870543/pengertian-cara-kerja-dan-perbedaan-tor-browser-dengan-browser-lain?page=all
https://vpn.co.id/tor-browser/

[Total: Rata-rata: ]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa