Transportasi Darat : Pengertian, Jenis, Sistem, Fungsi dan Manfaat

Salam Kenal

Artikel Pilihan

Dengan berkembangan arus usaha perdagangan sekarang ini, maka pembuatan jalan juga terus diperbaiki untuk mengakomodir aktivitas manusia untuk melakukan kegiatan. Penemuan roda menjadi cikal bakal dari kemudahan perkembangan transportasi.

Sampai sekarang, masih ada banyak transportasi darat yang digunakan seperti mobil, sepeda motor, sepeda, kereta api dan sebagainya.

Pengertian Transportasi Darat

Tranportasi darat merupakan semua bentuk kendaraan yang memakai jalan untuk mengangkut barang atau penumpang. Jenis transportasi ini lebih dominan di Indonesia dibandingkan dengan transportasi udara serta laut.

Dari sejarahnya, transportasi darat yang ada di Indonesia dipengaruhi Belanda ketika menjajah Indonesia. Saat itu, masyarakat hanya mengandalkan gerobak, kuda, pedati dan becak untuk angkutan pribadi sampai barang.

Perkembangan transportasi darat sudah yang bisa dirasakan sampai saat ini adalah kehadiran kereta api serta infrastruktur jalan yang membentang di Pulau Jawa. Secara perlahan, seluruh moda transportasi dulu tergantikan karena perubahan zaman, kemajuan teknologi hingga kebijakan politik yang berkuasa.

Selain itu, penemuan roda menjadi cikal bakal dari perkembangan transportasi darat yang memberi pengaruh besar di moda transportasi darat. Sampai sekarang ini, transportasi darat bisa digolongkan ke dalam beberapa jenis tergantung dari roda yang dipakai.

Jenis Transportasi Darat

Ada beberapa jenis transportasi darat yang dapat dilihat dalam keseharian. Berikut adalah alat transportasi darat yang banyak digunakan di Indonesia:

1. Sepeda

Sepeda adalah alat transportasi darat yang paling sederhana tanpa memakai mesin. Sepeda sudah dikenal sejak dulu sampai sekarang ini. Sepeda tidak hanya berfungsi sebagai angkutan pribadi dan barang skala ringan namun sudah menjadi gaya hidup sekarang ini.

2. Delman

Delman digunakan untuk mengangkut penumpang yang ada di beberapa daerah seperti Semarang, Yogyakarta, Solo, Magelang dan wilayah sekitarnya. Sementara untuk beberapa daerah lain hanya memakai delman sebagai kendaraan wisata.

Delman termasuk transportasi darat roda dua yang menggunakan tenaga kuda untuk menarik kereta. Maksimal kapasitasnya adalah hanya 4 hingga 6 orang saja.

3. Sepeda Motor

Sepeda motor merupakan kendaraan terpopuler di Indonesia. Hampir seluruh orang sudah pernah menggunakan sepeda motor untuk mobilitas karena ukurannya yang praktis, mudah perawatan serta terjangkau.

Motor memakai bahan bakar bensin serta mesin untuk penggeraknya. Untuk bisa mengendarai sepeda motor, maka ada syarat yang harus terpenuhi yakni SIM C, kelengkapan dokumen kendaraan sampai keahlian mengemudi untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

4. Becak

Di beberapa daerah yang ada di Indonesia masih mengandalkan becak untuk transportasi darat beroda tiga. Becak dipakai dengan cara dikayuh memakai tenaga manusia dan penumpang akan duduk di bagian depan.

Dengan perkembangan zaman, becak sekarang ini juga ada yang memakai motor sebagai penggerak. Tidak hanya di Indonesia, namun becak juga bisa ditemukan di beberapa negara seperti Malaysia, Vietnam dan India.

5. Bajaj

Transportasi roda tiga bernama bajaj mengandalkan mesin untuk penggeraknya. Sopir akan ada di depan, sementara penumpang ada di belakang maksimal berjumlah 2 orang. Di jakarta, becak masih diperbolehkan beroperasi meski hanya untuk beberapa wilayah saja.

6. Truk

Truk adalah alat transportasi darat yang berfungsi untuk membantu manusia mengangkut barang serta mempermudah pemindahan barang ke lokasi lain.

Kelebihan dari alat transportasi darat ini adalah bisa menampung barang dalam jumlah banyak. Sedangkan kelemahannya adalah bisa menyebabkan macet sebab muatan barangnya yang banyak membuat truk tidak bisa berjalan dengan cepat.

7. Bus

Bus adalah salah satu jenis alat transportasi darat yang digerakkan memakai mesin. Umumnya, bus dipakai untuk mengangkut penumpang berjumlah banyak.

Ada beberapa kelebihan dari bus seperti hemat bahan bakar, praktis karena tidak butuh tempat parkir, punya jalur khusus sehingga bisa lebih cepat sampai ke tujuan.

Sedangkan kekurangan dari bus adalah terkadang bisa terlambat, waktunya tidak sesuai dengan keinginan, menunggu terlalu lama karena mencari penumpang dan lain sebagainya.

8. Mobil

Mobil merupakan alat transportasi darat yang bergerak memakai tenaga mesin. Mobil memiliki roda genap dari mulai 4 roda atau bahkan lebih. Sedangkan bahan bakar yang dipakai adalah bensin atau solar yang berguna untuk mengerakkan mesin.

Kelebihan dari alat transportasi darat ini adalah bisa mengangkut penumpang dalam jumlah yang banyak. Sedangkan kelemahan mobil adalah butuh tempat parkir yang luas dan menyebabkan polusi udara.

9. Kereta

Kereta adalah alat transportasi darat modern yang dipakai untuk mengangkut orang dan juga barang. Ada beberapa jenis kereta yang ada sekarang ini seperti kereta api, kereta barang, kereta gantung, kereta kuda, kereta mobil, kereta salju dan sebagainya.

Kelebihan dari kereta api adalah punya jalur khusus sehingga tidak menyebabkan macet dan lebih cepat sampai ke tujuan. Sedangkan kekurangannya adalah sering ada penumpang yang tidak disiplin, kondisi rel yang tidak bagus sehingga menyebabkan kereta anjlok dan hanya bisa berhenti pada stasiun tujuan yang telah ditentukan.

Sistem Transportasi Darat

Beberapa Sistem transportasi darat sudah dirancang dari mulai sistem paling dasar manusia yang membawa barang dari suatu tempt sampai jaringan transportasi darat tercanggih yang memakai banyak jenis kendaraan serta infrastruktur. Yang mencakup sistem transportasi darat adalah tenaga manusia, tenaga hewan dan juga tenaga mesin.

  • Transportasi Tenaga Manusia: Biasanya digunakan di negara berkembang dan menjadi salah satu bentuk transportasi berkelanjutan. Transportasi tenaga manusia ini adalah pengangkutan barang atau manusia dalam bentuk jalan kaki, lari dan renang yang memakai otot manusia.
  • Transportasi Tenaga Hewan: Transportasi bertenaga hewan merupakan pemakaian hewan pekerja untuk pergerakan barang atau manusia. Manusia bisa mengendarai beberapa hewan secara langsung, memakainya sebagai hewan untuk membawa barang atau menggunakannya di dalam tim seperti kendaraan beroda atau kereta luncur.
  • Transportasi Tenaga Mesin: Untuk transportasi mesin membutuhkan jalan sebagai medianya. Ini merupakan kendaraan penumpang beroda yang memiliki motor sendiri termasuk truk, sepeda motor, bus, sepeda dan lainnya.

Fungsi dan Manfaat Transportasi

Fungsi serta manfaat transportasi bisa diklasifikasikan menjadi beberapa bagian penting. Transportasi dari segi fungsinya dibagi menjadi 2 yakni melancarkan arus barang serta manusia dan juga menunjang perkembangan pembangunan. Selain itu, manfaat transportasi bisa dibagi menjadi 3 klasifikasi, yakni:

1. Manfaat Ekonomi

Kegiatan ekonomi berguna untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan cara menciptakan manfaat. Transportasi merupakan salah satu jenis kegiatan yang berkaitan dengan peningkatan kebutuhan manusia dengan cara mengubah letak geografis barang serta orang sehingga transaksi bisa terjadi.

2. Manfaat Sosial

  • Transportasi memberikan beberapa kemudahan, seperti:
  • Pelayanan untuk kelompok atau perorangan.
  • Penyampaian atau pertukaran informasi.
  • Perjalanan untuk bersantai.
  • Mengurangi jarak.
  • Menyebarkan penduduk.

3. Manfaat Politis

Transportasi darat bisa menciptakan pelayanan yang lebih luas, persatuan, keamanan negara, mengatasi bencana dan lain sebagainya.

4. Manfaat Kewilayahan

Transportasi darat bisa memenuhi kebutuhan penduduk di kota, desa atau pedalaman khususnya yang berhubungan dengan sirkulasi serta mobilitas dan perangsang pembangunan.

Sumber Referensi

https://id.wikipedia.org/wiki/Transportasi_darat
https://daihatsu.co.id/tips-and-event/tips-sahabat/detail-content/sejarah-singkat-transportasi-darat-dan-jenis-jenisnya/
https://cipendawa.com/pengertian-transportasi-darat-dan-jenis.html
http://www.radarplanologi.com/2015/11/pengertian-transportasi-manfaat-fungsi-jenisnya.html
https://jagad.id/transportasi-darat-pengertian-contoh-kelebihan-dan-kekurangan/

Salam kenal dari Adam Muiz !
Support mencapai 10K Subscriber yuk
😁 Terimakasih
Follow Adam Muiz on WordPress.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis