25 C
Semarang
Saturday, August 20, 2022

Transportasi Udara : Pengertian, Sejarah, Karakteristik, Jenis, Kelebihan dan Kekurangan

Salam Kenal

Artikel Pilihan

Transportasi udara merupakan moda transportasi yang beroperasi di udara. Sama seperti transportasi darat dan laut, transportasi udara juga memiliki fungsi yang beragam tergantung dari jenis transportasi udara tersebut. Transportasi udara terdiri dari banyak jenis tergantung dari indikator jenis transportasi udara.

Pengertian Transportasi Udara

Jika dilihat secara umum, transportasi merupakan pengangkutan barang yang dilakukan berbagai jenis kendaraan sesuai kemajuan teknologi. Sedangkan dalam pengertian yang lebih spesifik, transportasi berarti sarana atau media pemindagan barang, manusia atau objek fisik dari satu tempat ke tempat lain yang digerakkan mesin, hewan, manusia, udara atau angin.

Sedangkan pengertian dari transportasi udara adalah semua bentuk sarana atau alat yang berguna untuk membawa, memindagkan atau membawa penumpang serta barang dengan menggunakan ruang udara sebagai media lalu lintasnya.

Sejarah Transportasi Udara di Indonesia

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki 5 pulau besar, ratusan pulau sedang dan ribuan pulau kecil. Laut dan juga angkasa menjadi prasarana perangkutan yang dijadikan pemersatu beberapa pulau menjadi kesatuan wilayah negara.

Sejarah berdirinya perusahaan penerbangan bendera negara Indonesia tidak terpisahkan dengan sejarah perjalanan bangsa Indonesia. National flag carrier kemudian diberi nama Garuda Indonesian oleh Soekarno yang selalu siap untuk melakukan tugas kenegaraan.

Tugas kenegaraan pertama adalah membawa Soekarno dari Yogyakarta ke Jakarta ketika akan dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia Serikat di tahun 1949. Garuda Indonesia secara resmi menjadi perusahaan negara di tahun 1950. Garuda Indonesia sendiri memiliki beberapa kegiatan usaha di beberapa bidang, seperti:

  • Pengangkutan udara untuk penumpang, barang serta pos dalam negeri dan luar negeri.
  • Pengangkutan udara borongan untuk penumpang serta barang dalam negeri serta luar negeri.
  • Jasa pelayanan sistem informasi yang berhubungan dengan pengangkutan udara.
  • Jasa konsultasi, pendidikan serta pelatihan yang berhubungan dengan pengangkutan udara.
  • Jasa pelayanan kesehatan personil penerbangan.

Sarana dan Prasarana Transportasi Udara

  • Sarana transportasi udara: Pesawat terbang atau kapal terbang: Kendaraan yang bisa terbang di udara atau atmosfer.
  • Prasarana transportasi udara: Banda udara yakni fasilitas pesawat terbang untuk lepas landas dan mendarat. Untuk yang sederhana saja butuh landasan pacu. Namun pada landasan besar biasanya dilengkapi dengan fasilitas lain seperti operator layanan penerbangan.

Pengelolaan Infrastruktur dan Transportasi Banda Udara

Bandar udara sekarang ini tidak hanya dipakai sebagai tempat mendarat dan berangkatnya pesawat, naik turunnya penumpang, barang serta kargo. Bandara sudah menjadi kawasan yang penting untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta pembangunan wilayah di sekitar. Ini disebabkaan karena penataan ruang serta kawasan menjadi penting untuk beberapa daerah yang ada di sekitarnya.

Pengelolaan bandara menjadi salah satu unsur yang menarik dan harus diperhatikan. Bandara adalah penghubung antara dunia internasional dengan dalam negeri sehingga harus bisa dikelola secara profesional. Beberapa fungsi pokok dari bandara diantaranya adalah:

  • Untuk mengendalikan dan mengatur lalu lintas angkutan udara yakni pesawat.
  • Untuk tempat pergantian moda penumpang.
  • Untuk tempat naik dan turunnya penumpang serta bongkar barang atau muatan.
  • Untuk tempat operasi banyak jasa seperti fasilitas umum, perdagangan, fasilitas sosial, promosi, fasilitas transit dan sebagainya.
  • Untuk elemen tata ruang wilayah yakni titik tumbuh pada perkembangan wilayah.

Karakteristik Kinerja Transportasi Udara

  • Kecepatan: Diartikan sebagai perbandingan jarak tempuh perjalanan dengan besaran waktu pada saat moda transportasi mulai bergerak sampai ke titik tujuan. Transportasi udara punya kelebihan yakni kecepatan sampai 10x lebih cepat dibandingkan dengan moda transportasi lainnya.
  • Kelengkapan moda: Jaringan moda serta jumlah moda yang berhubungan dengan transportasi. Akses transportasi udara sangat terbatas meski dari fungsi pencapaiannya bisa bergerak lewat batasan negara dengan sangat cepat.
  • Ketergantungan: Transportasi udara sangat tergantung dengan cuaca ketika akan beroperasi. Kabut, awan dan asap umumnya bisa mengakibatkan penerbangan tertunda atau terhenti. Meski sekarang ini sudah ada sistem navigasi yang canggih serta pengawasan lalu lintas udara, akan tetapi kondisi cuaca tertentu tetap bisa menyebabkan penerbangan terhenti.

Jenis Transportasi Udara Berdasarkan Penggunaannya

1. Pesawat Penumpang Sipil

Jenis transportasi udara ini berguna untuk mengangkut penumpang dari kalangan sipil atau non militer. Transportasi udara ini dapat menampung penumpang sipil sampai 500 orang.

2. Pesawat Eksperimental

Jenis transportasi udara ini adalah pesawat yang sedang dalam masa uji coba. Jenis transportasi pesawat eksperimental ini umumnya memiliki bentuk serta mesin berbeda dengan pesawat umumnya.

3. Pesawat Militer

Seperti namanya, jenis transportasi pesawat militer biasanya dipakai untuk kepentingan militer. Jenis transportasi ini dibagi menjadi 3 jenis yakni pesawat tempur, pesawat intai serta pesawat tempur latih.

4. Pesawat Angkut

Pesawat angkut berguna untuk mengangkut barang. Pesawat yang juga disebut dengan pesawat kargo ini bisa dipakai pihak militer atau sipil. Untuk militer, biasanya pesawat angkut digunakan untuk mengangkut kendaraan, tentara serta senjata.

Jenis Transportasi Udara Berdasarkan Mesinnya

1. Pison

Pison merupakan alat transportasi udara yang memiliki kapasitas 3 hingga 8 orang. Pesawat ini biasanya digunakan untuk penerbangan jarak dekat dan kepentingan tertentu. Contohnya seperti foto udara, latihan penerbangan dan penyemprotan udara.

2. Turbofan

Turbofan adalah jenis transportasi udara berbentuk jet dengan turbofan sebagai mesin penggeraknya. Ini adalah pesawat yang beroperasi dengan cara menghisap udara kemudian dipadatkan oleh kompresor dan dibakar.

Hasil pembakaran nantinya akan memutar turbin bertekanan tinggi kemudian dikembangkan turbin bertekanan rendah. Nantinya akan terbentuk gas pembakaran yang keluar melalui noise. Pesawat turbofan ini memiliki 2 bentuk, yakni:

  • Airlines: Pesawat jet dengan mesin turbofan yang digunakan untuk kepentingan komersial. Kapasitasnya bisa memuat antara 50 hingga 500 orang yang bisa dipakai untuk penerbangan jarak jauh.
  • Jet Executive: Jenis pesawat jet bermesin turbofan yang digunakan untuk kalangan tertentu. Pelaku bisnis kelass atas umumnya menggunakan pesawat ini yang bisa terbang dalam jangka menengah serta jauh dan bisa menampung antara 4 hingga 16 penumpang.

3. Turboprop

Ini adalah jenis pesawat yang berkapasitas antara 4 hingga 70 penumpang dan hanya dipakai untuk terbang selama 2 hingga 4 jam. Prinsip kerja dari pesawat ini hampir serupa dengan turbofan.

Bedanya adalah bahan bakar pesawat turboprop yang memakai alloy nikel. Namun selain bahan bakar ini, jenis pesawat turboprop juga bisa memakai bahan bakar lain yang tahan dengan suhu tinggi.

4. Roket

Roket biasa disebut juga dengan pesawat luar angkasa. Bahan bakar yang dipakai pada roket memiliki bentuk padat atau cair. Sebelum dijadikan alat transportasi udara, roket lebih dulu sudah dipakai sebagai senjata.

Kelebihan dan Kekurangan Alat Transportasi Udara

Kelebihan Alat Transportasi Udara

  • Bisa mencapai tujuan yang jauh dalam waktu lebih singkat.
  • Cocok digunakan untuk membawa atau mengirimkan benda atau barang penting contohnya seperti dokumen dan buah serta sayuran yang mudah busuk.
  • Bisa sampai ke wilayah yang sulit dijangkau alat transportasi darat atau laut.

Kekurangan Alat Transportasi Laut

  • Biaya yang dibutuhkan biasanya lebih tinggi dibandingkan alat transportasi laut atau darat.
  • Perjalanannya sangat tergantung dari kondisi alam atau cuaca. Dengan begitu, pihak maskapai bisa melakukan delay karena cuaca yang buruk seperti badai angin, hujan lebat dan lainnya.
  • Jika alat transportasi udara berbentuk pesawat, maka diperlukan landasan sebagai tempat pesawat mendarat.
Sumber Referensi

https://daihatsu.co.id/tips-and-event/tips-sahabat/detail-content/jenis-jenis-transportasi-udara-berdasarkan-penggunaan-dan-mesin-penggerak/
https://id.wikipedia.org/wiki/Angkutan_udara
https://jagad.id/pengertian-transportasi-udara/
http://lisaherdiana.blogspot.com/2012/04/transportasi-udara.html
https://kumparan.com/berita-hari-ini/jenis-jenis-alat-transportasi-udara-yang-sering-ditemui-1v1MFshpbO6
https://seputarpengertian.blogspot.com/2014/08/pengertian-dan-karakteristik-transportasi-udara.html

Salam kenal dari Adam Muiz !
Support mencapai 1000 Subscriber yuk
😁 Terimakasih
Follow Adam Muiz on WordPress.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Trending

Artikel Serupa

Download Gratis