32 C
Semarang
Wednesday, October 27, 2021
HomeSainsSosialPengertian Transportasi : Sejarah, Fungsi, Manfaat, Jenis, Prasarana dan Contoh

Ternak Uang

Pengertian Transportasi : Sejarah, Fungsi, Manfaat, Jenis, Prasarana dan Contoh

Transportasi merupakan proses pengangkutan atau pemindahan barang, manusia atau hewan dari satu lokasi ke lokasi lain memakai alat transportasi. Pada awalnya, perkembangan transportasi dilakukan memakai teknologi sederhana berdasarkan pengamatan alamiah.

Alat transportasi merupakan sarana yang digerakkan memakai hewan, mesin atau manusia. Transportasi dibagi menjadi dua yakni transportasi tradisional serta modern yang bisa dipakai di laut, darat dan juga udara.

Pengertian Transportasi

Transportasi adalah proses pemindahan atau pengangkutan manusia, barang dan juga hewan dari satu lokasi ke lokasi yang lain dengan memakai alat transportasi.

Sedangkan pengertian lain dari transportasi adalah pemindahan manusia serta barang dari satu lokasi ke lokasi lain memakai alat atau kendaraan yang digerakkan manusia atau mesin.

Filosofi dasar pengembangan teknologi transportasi adalah usaha untuk meningkatkan kinerja pergerakan penumpang serta barang yang tertuju ke indikator jenis serta karakteristik teknologi transportasi.

Hingga sekarang, masih belum dihasilkan bentuk teknologi transportasi yang mampu memenuhi seluruh aspek yakni kapassitas angkut, jarak tempuh, kecepatan pergerakan, kenyamanan serta keringanan biaya transportasi. Unsur Transportasi sendiri dibagi menjadi beberapa bagian seperti:

  • Manusia: Membutuhkan transportasi.
  • Barang: Membutuhkan manusia.
  • Kendaraan: Sebagai sarana transportasi.
  • Jalan: Sebagai prasarana transportasi.
  • Organisasi: Sebagai pengelola kegiatan transportasi.

Sebagian besaraktivitas atau kegiatan manusia selalu berkaitan dengan pemakaian alat transportasi. Dengan memakai alat pengangkutan, maka manusia bisa lebih mudah berpindah dari satu lokasi sekaligus memindahkan barang ke tempat tujuan.

Pengertian Transportasi Menurut Para Ahli

Pengertian Transportasi Adalah Sejarah, Fungsi, Manfaat, Jenis, Prasarana dan Contoh
  • Steenbrink: Transportasi adalah perpindahan manusia atau barang memakai alat termasuk kendaraan dari tempat terpisah secara geografis.
  • Morlok: Transportasi adalah aktivitas atau kegiatan memindahkan atau mengangkut sesuatu dari satu lokasi ke lokasi lainnya.
  • Bowersox: Transportasi adalah perpindahan barang atau penumpang dari satu lokasi ke lokasi lain dimana produk tersebut akan dipindahkan ke lokasi tujuan.
  • Hasim Purba: Transportasi adalah aktivitas atau kegiatan pemindahan manusia atau barang dari suatu lokasi ke lokasi lainnya lewat darat, perairan dan udara memakai alat angkutan tertentu.
  • Soegijatna Tjakranegara: Transportasi adalah proses memindahkan barang dan penumpang dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Dengan begitu, pengangkut tersebut akan menghasilkan jasa angkutan atau produksi jasa untuk masyarakat yang butuh pengiriman barang atau pemindahan.
  • Miro: Transportasi adalah usaha untuk menggerakkan, memindahkan, mengangkut atau mengalihkan sebuah objek dari satu tempat ke tempat lain. Objek yang dipindahkan tersebut bisa lebih bermanfaat juga untuk beberapa tujuan tertentu.
  • Salim: Transportasi adalah kegiatan memindahkan barang serta penumpang dari satu lokasi ke lokasi lainnya.
  • Adisasmita: Transportasi adalah sarana penghubung daerah produksi dengan pasar atau jembatan antara konsumen dan produsen. Transportasi berguna untuk mendekatkan, menghubungkan serta menjembatani beberapa pihak yang saling memerlukan.

Sejarah Transportasi

Transportasi yang dipakai untuk memindahkan objek pertama kali dilakukan memakai tenaga manusia seperrti memikul atau menjinjing. Karena kemampuannya yang terbatas, maka manusia mulai memakai perahu atau rakit untuk memindahkan objek memakai bantuan tenaga manusia yang kemudian digantikan angin.

Sesudah roda ditemukan, manusia mulai membuat alat transportasi memakai tenaga hewan untuk memindahkan objek. Daya angkut serta jarak tempuh kemudian semakin bertambah yang kemudian terpecahkan di era revolusi industri tahun 1829 dimana mesin uap ditemukan.

Tenaga hewan sebagai tenaga gerak kemudian mulai diganti dengan tenaga mesin uap. Sesudah era mesin uap, tenaga gerak digantikan kembali dengan mesin bakar.

Karena keterbatasan daya angkut dari menjinjing dan memikul, maka tenaga hewan dipakai untuk memindahkan objek dengan kapasitas angkut yang masih terbatas. Sesudah roda ditemukan, maka ukuran serta tipe kendaraan mulai dibuat seperti pedati.

Seiring dengan perkembangan tekonologi otomotif, elektronika, metal serta informatika, manusia kemudian memakai sumber daya alam yang tersedia untuk menciptakan banyak jenis dan ukuran kendaraan bermotor serta lokomotif.

Semuanya ini berhasil menjawab tuntutan kapasitas angkut, jarak tempuh, kenyamanan, kecepatan pergerakan dan juga keselamatan.

1. Sejarah Transportasi Laut

Sebelum menggunakan tenaga angin, sampan dan rakit adalah pilihan utama untuk angkutan barang dan penumpang. Transportasi laut untuk niaga atau komersial mulai dilakukan 3000 tahun SM oleh bangsa Yunani sekitar 800 tahun SM.

Di abad ke-18, kapal yang digerakkan mesin uap telah beroperasi untuk menggantikan kapal layar. Di tahun 1916, sistem transportasi laut yang diatur untuk pertama kalinya hadir dengan rute Liverpool – New York.

2. Sejarah Transportasi Udara

Belajar dari kemampuan alami burung merpati untuk terbang, manusia kemudian mengembangkan teknologi elektronika, automotif serta mekanika untuk membuat bentuk teknologi.

Transportasi yang bisa secara cepat dan nyaman memindahkan penumpang serta barang pada jumlah yang lebih banyak sampai ke lokasi yang jauh. Secara historis, sistem transportasi udara adalah moda transportasi yang berkembang belakangan ini dibandingkan dengan moda transportasi lain.

Di tahun 1903, pesawat terbang pertama kalinya akhirnya berhasil diterbangkan. Di tahun 1914, angkutan penerbangan yang bersifat komersil dan terjadwal mulai diperkenalkan. Kemudian di tahun 1969, manusia sudah bisa berhasil mendarat di bulan.

Fungsi Transportasi

Alat transportasi memiliki beberapa fungsi utama untuk membantu manusia. Berikut adalah beberapa fungsi dari transportasi untuk manusia:

  • Alat mempermudah kegiatan harian manusia.
  • Memperlancar proses perpindahan manusia atau barang kebutuhan manusia.
  • Media yang bisa membantu pertumbuhan serta perkembangan pembangunan pada daerah tertentu.
  • Media penunjang pertumbuhan serta perkembangan ekonomi nasional lewat bisnis jasa transportasi.

Manfaat Transportasi

Jika dilihat secara umum, manfaat transportasi bisa dibagi menjadi 4 bagian yakni manfaat untuk ekonomi, sosial, kewilayahan serta politis:

1. Manfaat Transportasi untuk Ekonomi

Manfaat pertama dari transportasi adalah dalam bidang ekonomi. Kebanyakan aktivitas atau kegiatan ekonomi yang dilakukan memerlukan transportasi untuk memindahkan barang, manusia atau hewan.

Ini berarti setiap transaksi ekonomi yang terjadi melibatkan bisnis jasa angkutan. Jika tanpa jasa transportasi, maka aktivitas atau kegiatan ekonomi akan berjalan lambat atau bahkan bisa lumpuh.

Sediaan barang di pasar yang berbeda-beda nantinya bisa disamakan. Sedangkan untuk perbedaan harga di antara satu tempat yang barangnya sulit diperoleh dengan tempat yang memiliki barang berlimpah juga disamakan karena adanya transportasi yang baik.

Selain itu, spesialisasi pada kegiatan ekonomi juga semakin dipermudah dan didukung dengan harga suatu barang di banyak tempat yang bisa dibuat menjadi seragam.

2. Manfaat Transportasi Untuk Sosial

Manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan. Dengan kehadiran transportasi, maka akan lebih mempermudah manusia untuk saling berinteraksi. Berikut adalah beberapa manfaat dari transportasi untuk sosial:

  • Mempercepat proses perpindahan manusia dari satu lokasi ke lokasi lainnya.
  • Mempermudah proses pertukaran informasi dari setiap daerah.
  • Sebagai sarana pelayanan untuk semua masyarakat perorangan atau kelompok.
  • Membuka peluang bisnis di bidang perjalanan atau jasa angkutan.

3. Manfaat Transportasi Untuk Kewilayahan

Indonesia terdiri dari banyak pulau sehingga sangat membutuhkan transportasi agar bisa menjangkau setiap wilayah di Indonesia. Inilah sebabnya pembangunan prasarana untuk transportasi seperti jalan raya dan tol laut sangat diperlukan untuk beberapa daerah di pedalaman.

Dengan begitu, daerah bisa dijangkau dengan lebih mudah untuk proses pemenuhan kebutuhan pada daerah tersebut yang bisa dilakukan lebih cepat.

4. Manfaat Transportasi Untuk Politis

Manfaat transportasi selanjutnya adalah untuk bidang politis terutama di wilayah Indonesia. Berikut adalah beberapa fungsi transportasi dalam bidang politis:

  • Untuk mempersatukan setiap wilayah yang ada di Indonesia.
  • Untuk meningkatkan keamanan negara Indonesia.
  • Untuk memudahkan perluasan pelayanan untuk masyarakat.
  • Meningkatkan kekayaan serta pendapatan nasional yang menjadi sumber pendapatan negara.
  • Untuk mempermudah akses beberapa lokasi termasuk ketika terjadi bencana.

5. Manfaat Transportasi Untuk Kebutuhan Lain

  • Membantu memenuhi kebutuhan manusia di sebuah lingkungan seperti makanan, minuman dan alat kebutuhan yang lain.
  • Membantu proses interaksi manusia antara satu wilayah dengan wilayah lain.
  • Untuk mempercepat perpindahan manusia, mempermudah pertukaran informasi antar daerah serta mempermudah mobilisasi masyarakat berjumlah banyak.
  • Menghindari isolasi sekaligus merangsang perkembangan di seluruh bidang kehidupan seperti industri, perdagangan hingga pertanian.
  • Membantu meningkatkan standar hidup masyarakat sebab bisa membantu meningkatkan produksi sehingga meningkatkan standar hidup.
  • Membantu penyebaran ilmu pengetahuan dengan kemudahan perpindahan untuk belajar serta mengirimkan tenaga pengajar.
  • Membantu penanganan bencana alam di kondisi darurat dan menyalurkan bantuan.

Jenis Transportasi

Jika dilihat secara umum, jenis transportasi yang dipakai manusia bisa dibagi ke dalam 3 jenis yakni darat, laut dan juga udara:

1. Transportasi Darat

Transportasi darat bisa dibagi menjadi 2 kelompok yakni transportasi jalan raya dan juga kereta api listrik:

a). Transportasi Jalan Raya

Sebuah kendaraan yang beroperasi memakai jasa beton atau aspal. Beberapa prasarana yang diperlukan diantaranya adalah jembatan, jalan raya, rambu lalu lintas, halte dan sebagainya. Berikut adalah beberapa contoh transportasi jalan raya:

  • Mobil untuk penumpang yakni alat transportasi yang digerakkan motor serta umumnya dilengkapi dengan 8 tempat duduk maksimal tidak termasuk dengan tempat duduk supir.
  • Mobil untuk angkutan barang yakni alat transportasi bermotor yang dipakai untuk mengangkut barang.
  • Bus yakni kendaraan sama seperti mobil penumpang namun dengan muatan atau tempat duduk yang jumlahnya lebih banyak.
  • Sepeda motor sebagai kendaraan beroda dua memakai motor penggerak yang banyak digunakan di Indonesia.
  • Sepeda: Kendaraan roda dua yang digerakkan manusia.

b). Kereta Api atau Listrik

Kendaraan yang bergerak memakai bahan bakar batu bara serta listrik dengan arah laju menyesuaikan rel. Ini adalah alat transportasi populer untuk dipakai karena ekonomis, cepat dan bebas macet.

Prasarana yang diperlukan diantaranya adalah stasiun kereta, rel kereta api, rambu kereta, rangkaian listrik dan sebagainya.

2. Transportasi Udara

Transportasi udara adalah kendaraan yang beroperasi di udara baik untuk mengangkut barang, manusia atau hewan. Prasarana yang diperlukan untuk transportasi udara diantaranya adalah operator penerbangan, bandara udara dan lainnya.

Bandara adalah fasilitas untuk pesawat terbang supaya bisa lepas landas dan mendarat. Umumnya, bandara akan dilengkapi dengan operator layanan penerbangan dan lain sebagainya.

3. Transportasi Air atau Laut

Transportasi air adalah seluruh jenis kendaraan yang beroperasi di perairan. Contohnya seperti kapal selam, kapal laut, feri, perahu dan lain sebagainya. Prasarana untuk angkutan air yang diperlukan adalah pelabuhan sebagai tempat mengangkut barang atau penumpang. Beberapa jenis transportasi laut diantaranya adalah:

  • Sampan: Alat transportasi yang berukuran antara 3 hingga 5 meter. Biasanya sampan dipakai di area sungai atau danau sebagai alat transportasi dan juga untuk menangkap ikan.
  • Kapal:  Alat transportasi untuk mengangkut manusia, barang serta hewan di laut atau perairan.
  • Feri: Alat transportasi laut jarak dekat yang berguna untuk pengangkutan di banyak kota pesisir pantai. Feri bisa membuat transit langsung di antara 2 tujuan dengan biaya yang lebih murah atau lebih kecil.

Prasarana Transportasi

1. Prasarana Transportasi di Darat

Beberapa prasarana transportasi yang ada di darat diantaranya adalah jalan raya, jembatan dan bagian perlengkapan lain seperti halte bus. Sedangkan untuk kereta api memakai jalur khusus bernama rel yang berguna mengarahkan kereta hingga ke stasiun tujuan.

2. Prasarana Transportasi di Laut

Beberapa prasarana transportasi yang ada di laut adalah pelabuhan. Pelabuhan merupakan fasilitas yang ada di ujung danau, sungai atau samudra yang berfungsi sebagai tempat singgah kapal laut, memindahkan barang, mengangkut barang serta mengangkut atau menurunkan penumpang.

Contoh Transportasi Masa Depan

Kendaraan yang dianggap biasa sekarang ini dikatakan sebagai imajinasi atau khayalan orang kurang waras di beberapa puluh tahun yang lalu. Sama seperti sekarang ini saat melihat mobil terbang contohnya atau mobil yang bisa dilipat, maka akan dianggap fiksi yang tidak mungkin terjadi.

Namun sebenarnya dengan teknologi serta kemajuan di segala bidang, semua ini bukan tidak mungkin bisa diwujudkan. Berikut adalah beberapa contoh alat transportasi yang menurut prediksi bisa dibuat beberapa tahun berikutnya:

1. Mobil Tanpa Setir

Mobil tanpa setir atau disebut mobil otonom bukan hal yang aneh di beberapa negara khususnya Amerika Serikat. Disana, mobil tanpa setir sudah dipakai beberapa tahun terakhir seperti yang digunakan layanan transportasi online bernama Uber.

Mobil tersebut adalah gabungan dari beberapa sensor seperti radar, GPR, sonar serta sistem kontrol yang canggih untuk mengidentifikasi jalur navigasi yang tepat. Sedangkan beberapa produsen otomotif yang memproduksi mobil ini diantaranya adalah Nissan, Tesla, General Motors, Nutomy, Waymo dan sebagainya.

2. Pesawat Bertenaga Listrik

Di tanggal 28 Mei tahun 2020 yang lalu, pesawat sCaravan sudah berhasil mengudara di Washington memakai mesin bertenaga listrik. Walau hanya berkapasitas 9 kursi penumpang, akan tetap tetap menjadi tonggak sejarah penting mengenai keberhasilan penerbangan pesawat listrik.

Pesawat jenis ini mungkin bisa diaplikasikan ke pesawat komersil berkapasitas yang lebih besar. Jika hal ini berhasil dilakukan, maka tentunya biaya penerbangan bisa lebih murah serta ramah lingkungan.

3. Kereta Super Cepat

Kereta super cepat sedang dikembangkan perusahaan Tesla bernama Hyperloop. Berbeda dengan kereta api biasa, kereta ini memakai tabung untuk menggantikan rel. Kecepatannya sendiri bisa sampai 1.000 km per jam. Jik berjalan sesuai rencana, kereta ini dikabarkan sudah bisa beroperasi beberapa tahun mendatang.

4. E-Palette

e-Palette adalah kendaraan yang diprediksi bisa memenuhi kebutuhan kendaraan di masa depan. Minibus produksi Toyota ini dioperasikan di ajangOlympic serta Paralympic Tokyo tahun 2020 yang lalu.

Kendaraan ini memiliki tampilan luar yang unik berbentuk kotak dengan roda di keempat tepi. Dengan begitu, mobil ini memiliki kabin yang lebih tinggi, lapang dan juga rata.

Sedangkan daya tampung minibus ini bisa sampai 20 orang untuk kondisi normal. E-Palette jugabisa menampung 4 kursi roda serta 7 penumpang secara sekaligus. Pada arena Olimpiade, kendaraan ini dipakai oleh staf serta para atlet untuk berpindah venue.

Sumber Referensi

https://salamadian.com/pengertian-transportasi/
https://www.gurupendidikan.co.id/transportasi-adalah/
https://id.wikipedia.org/wiki/Transportasi
https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/fungsi-transportasi
https://www.maxmanroe.com/vid/umum/pengertian-transportasi.html
https://pendidikan.co.id/pengertian-transportasi-unsur-fungsi-manfaat-jenis-dan-contoh/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Populer